Kaskus

Hobby

  • Beranda
  • ...
  • Sipil
  • Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur

Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur


  1. Struktur Pembahasan Thread
  2. Pengantar Mekanika Teknik

  3. Dasar-dasar Struktur Statis Tertentu
  4. Beberapa Contoh Struktur Statis Tertentu

  5. Analisa Penampang Profil

  6. Struktur Statis Tak Tentu

  7. Sepintas Tentang Dinamika Struktur Jembatan

  8. Beberapa Contoh Kasus

  9. Obrolan Santai

  10. Kepustakaan
  11. Sumbangan Kaskuser
  12. Dokumentasi Fabrikasi Struktur Jembatan yang TS Kunjungi di Luar Negeri



ngindeksnya masih dilanjutin...
selalu update untuk setiap pertanyaan/komentar tentang analisis struktur.
Diubah oleh Bridge Engineer 22-10-2017 17:45
pt.tsm.importAvatar border
alexsaputrraAvatar border
febrinxAvatar border
febrinx dan 8 lainnya memberi reputasi
9
417.1K
1.9K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sipil
Sipil
KASKUS Official
1.8KThread884Anggota
Tampilkan semua post
Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
#49
Quote:


makasih gan atas pertanyaannya...
sangat menarik...

Lendutan adalah perpindahan linear (maksudnya, bukan angular) dari titik yang ditinjau pada elemen struktur karena ada gangguan dari lingkungan.
lendutan merupakan bagian dari deformasi elemen struktur (yang terdiri dari translasi dan rotasi) karena ada gaya yang bekerja yang menyebabkan terjadi perubahan bentuk sesuai dengan karakteristik materialnya. Yang dimaksud gaya di sini berupa gaya terpusat, gaya merata atau kombinasi keduanya.

Lendutan struktur dianalisis secara mendalam karena
pertama :
berkaitan dengan gaya-gaya kelebihan (redundant) pada analisis struktur statik tak tentu.
Misalnya :
Spoiler for gambar:


Gaya-gaya reaksi perletakan tidak bisa dicari hanya dengan persamaan

ΣFx = 0

ΣFy = 0

ΣM = 0

tapi harus ada persamaan tambahan berupa,

ΣΔ = 0

artinya jumlah lendutan harus sama dengan nol, atau setidaknya penurunan perletakan diketahui.




kedua :
lendutan berkaitan langsung dengan kriteria desain terutama aspek kekakuan.
Meskipun kekakuan struktur tidak berkaitan langsung dengan kapasitas struktur menahan beban, tetapi faktor kekakuan berhubungan dengan kenyamanan pengguna yaitu dengan menetapkan lendutan izin struktur ketika menerima beban dari luar. Orang tidak akan nyaman jika melalui (contohnya : jembatan) jika jembatannya sudah melendut.
oleh karena itu, untuk contoh di atas....
untuk jembatan lalu lintas, ditetapkan lendutan izin sebesar :

δ = L/800 (untuk beban hidup)

δ = L/360 (untuk beban mati)

lendutan ini harus diantisipasi dengan desain camber yang tepat pada saat pabrikasi atau pelaksanaan konstruksi di lapangan.

demikian juga untuk bangunan lain seperti gedung-gedung, menara transmisi, atau bangunan struktur lain, pasti terdapat hal penting dari lendutan maksimum yang masih diizinkan berkaitan dengan kriteria desain masin-masing...
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.