Kaskus

Hobby

  • Beranda
  • ...
  • Sipil
  • Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur

Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur


  1. Struktur Pembahasan Thread
  2. Pengantar Mekanika Teknik

  3. Dasar-dasar Struktur Statis Tertentu
  4. Beberapa Contoh Struktur Statis Tertentu

  5. Analisa Penampang Profil

  6. Struktur Statis Tak Tentu

  7. Sepintas Tentang Dinamika Struktur Jembatan

  8. Beberapa Contoh Kasus

  9. Obrolan Santai

  10. Kepustakaan
  11. Sumbangan Kaskuser
  12. Dokumentasi Fabrikasi Struktur Jembatan yang TS Kunjungi di Luar Negeri



ngindeksnya masih dilanjutin...
selalu update untuk setiap pertanyaan/komentar tentang analisis struktur.
Diubah oleh Bridge Engineer 22-10-2017 17:45
pt.tsm.importAvatar border
alexsaputrraAvatar border
febrinxAvatar border
febrinx dan 8 lainnya memberi reputasi
9
417.1K
1.9K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sipil
Sipil
KASKUS Official
1.8KThread884Anggota
Tampilkan semua post
Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
#44
Spoiler for posting yang lalu:


Bersumber dari Bridge Management Systems (BMS 1992), terdapat bentang ekonomis jembatan yang menghubungkan tipe bangunan atas jembatan dengan panjang bentang utamanya, berikut diagramnya:
Spoiler for bentang ekonomis:


terlihat bahwa jembatan tipe rangka baja memiliki bentang ekonomis pada rentangan 40m s/d 200m meskipun kenyataan dilapangan tidak pernah dibuat jembatan rangka baja lebih dari 100m terkecuali jika termasuk jembatan khusus bentang panjang seperti :
jembatan teluk mesjid,
Spoiler for jbt teluk mesjid:


jembatan batanghari
Spoiler for jbt batanghari:


jembatan martadipura
Spoiler for jbt martadipura:


dan lain-lain.

Jadi untuk jembatan standar, tipe bangunan atas rangka baja menempati posisi bentang ekonomis 40m sampai 100m berdasarkan kondisi di indonesia.

Tipe jembatan standar (untuk lalu lintas) yang ada di Indonesia ada beberapa macam, diantaranya :

tipe Callendar Hamilton (CH) dari Inggris,
Spoiler for CH:


tipe Australia,
Spoiler for australia:


tipe Belanda,
Spoiler for belanda:


sejalan dengan diberikannya kewenangan setiap wilayah dalam pengadaan rangka baja, maka sesuai dengan fungsi direktorat jenderal bina marga :

  1. Perumusan Jakstra di bidang BM, meliputi penyelenggaraan jalan nasional, provinsi, kabupaten, kota, dan desa;
  2. Pelaksanaan Jakstra penyelenggaraan BM termasuk penyusunan program dan anggaran, evaluasi kinerja pelaksanaan kebijakan, pengembangan sistem pembiayaan dan pola investasi serta penanggulangan darurat dan rehabilitasi kerusakan jalan akibat bencana alam;
  3. Penyusunan norma, standar, pedoman, prosedur, dan kriteria di bidang bina marga;
  4. Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi bidang bina marga termasuk pembinaan sistem jaringan jalan provinsi, kabupaten, kota, dan desa termasuk pembinaan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat;
  5. Pengembangan kemampuan teknis di bidang bina marga; dan
  6. Pelaksanaan administrasi direktorat jenderal bina marga.


maka untuk menghindari hasil desain jembatan rangka baja yang tidak memenuhi kriteria desain, direktorat bina teknik - ditjen bina marga sudah mengeluarkan spesifikasi interim pengadaan rangka baja dan spesifikasi khusus jembatan baja.
Kedua spesifikasi tersebut bisa didownload dibawah ini....

[url]http://www.4*shared.com/web/preview/doc/xW5z4bVDba[/url]
[url]http://www.4*shared.com/web/preview/doc/wDuEuiGeba[/url]

hilangkan dulu tanda asteriknya ( * ) setelah itu bisa didownload...
Diubah oleh Bridge Engineer 14-01-2014 20:19
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.