Kaskus

Hobby

  • Beranda
  • ...
  • Sipil
  • Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur

Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur


  1. Struktur Pembahasan Thread
  2. Pengantar Mekanika Teknik

  3. Dasar-dasar Struktur Statis Tertentu
  4. Beberapa Contoh Struktur Statis Tertentu

  5. Analisa Penampang Profil

  6. Struktur Statis Tak Tentu

  7. Sepintas Tentang Dinamika Struktur Jembatan

  8. Beberapa Contoh Kasus

  9. Obrolan Santai

  10. Kepustakaan
  11. Sumbangan Kaskuser
  12. Dokumentasi Fabrikasi Struktur Jembatan yang TS Kunjungi di Luar Negeri



ngindeksnya masih dilanjutin...
selalu update untuk setiap pertanyaan/komentar tentang analisis struktur.
Diubah oleh Bridge Engineer 22-10-2017 17:45
pt.tsm.importAvatar border
alexsaputrraAvatar border
febrinxAvatar border
febrinx dan 8 lainnya memberi reputasi
9
417.1K
1.9K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sipil
Sipil
KASKUS Official
1.8KThread884Anggota
Tampilkan semua post
Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
#43
Spoiler for sebelumnya:


kita coba diskusi satu tipe bangunan rangka baja pada jembatan.
berdasarkan bentuk rangka bajanya, bentuk jembatan terbagi menjadi :

  1. Howe truss
  2. Pratt truss
  3. Warren truss
  4. Quadrangular warren truss
  5. Whipple truss
  6. Camel back truss
  7. Baltimore truss
  8. K truss tipe 1
  9. K truss tipe 2
  10. Petit truss


skemanya seperti ini,
Spoiler for skema truss:


data dari direktorat jenderal bina marga, jumlah jembatan yang ada di indonesia ada 89000 unit (ekivalen dengan panjang 1050 km) yang terbagi menjadi 72000 unit jembatan (ekivalen dengan 734 km) di jalan provinsi, kabupaten, pedesaan dan perkotaan, dan 17000 unit jembatan (setara dengan 374 km) ada di ruas jalan nasional. Dari jumlah tersebut, 32% adalah jembatan rangka yang banyak sekali dibangun di awal program pembangunan nasional.

Jembatan rangka menjadi pilihan saat itu mengingat pelaksanaan konstruksinya sangat cepat dan relatif mudah sehingga diharapkan titik-titik simpul perekonomian segera terhubung dan roda perekonomian segera berjalan. Namun seiring dengan waktu, dan sifat iklim di negara tropis yang curah hujannya dan kelembaban udaranya cukup tinggi, ternyata untuk pemeliharaan jembatan rangka membutuhkan biaya dan perhatian yang sangat besar.


masih di lanjut nanti....selamat menjalankan sholat jumat bagi yang menjalankannya.....

0
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.