Kaskus

Hobby

  • Beranda
  • ...
  • Sipil
  • Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur

Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur


  1. Struktur Pembahasan Thread
  2. Pengantar Mekanika Teknik

  3. Dasar-dasar Struktur Statis Tertentu
  4. Beberapa Contoh Struktur Statis Tertentu

  5. Analisa Penampang Profil

  6. Struktur Statis Tak Tentu

  7. Sepintas Tentang Dinamika Struktur Jembatan

  8. Beberapa Contoh Kasus

  9. Obrolan Santai

  10. Kepustakaan
  11. Sumbangan Kaskuser
  12. Dokumentasi Fabrikasi Struktur Jembatan yang TS Kunjungi di Luar Negeri



ngindeksnya masih dilanjutin...
selalu update untuk setiap pertanyaan/komentar tentang analisis struktur.
Diubah oleh Bridge Engineer 22-10-2017 17:45
pt.tsm.importAvatar border
alexsaputrraAvatar border
febrinxAvatar border
febrinx dan 8 lainnya memberi reputasi
9
417.1K
1.9K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sipil
Sipil
KASKUS Official
1.8KThread884Anggota
Tampilkan semua post
Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
#29
Contoh kasus
Supaya gak terlalu monoton yang dibahas angka melulu, kita coba beri contoh kasus kejadian nyata yang ada kaitannya dengan mekanika. Untuk bahasan selanjutnya, kita akan berdiksusi tentang rangka batang. Alangkah baiknya jika kita mengenal aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Tentunya agan/sis pernah membaca berita ini (buka)

itu adalah kilasan berita jembatan katingan di provinsi kalimantan tengah yang ditabrak pisau buldozer saat diangkut dengan truk trailler.

lokasi jembatan di sini
Spoiler for lokasi jembatan:



DATA TEKNIS JEMBATAN

a. Letak Jembatan :
Nama : Jembatan Katingan
Lokasi : Ruas Palantaran-Kasongan-Tangkiling (PLK) KM 90,
Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah

b. Bangunan Atas (Super Structure)
Tipe Struktur : Rangka Baja Australia (RBA)
Kelas Jembatan : B
Tipe Lintasan : Sungai
Pelat Lantai : Beton Bertulang
Panjang Jembatan : 100 m
Lebar Lajur Kendaraan : 6 m
Lebar Trotoar : 2 x 0.5 m
Jumlah Bentang : 5 Bentang
Konfigurasi Bentang : 60m + 60m + 100m + 60m + 60m
Jumlah Jalur / Lajur : 1 Jalur / 2 Lajur
Tahun bangun selesai : 1991

c. Bangunan Bawah (Sub Structure)
Tipe Pondasi : Tiang Pancang Baja

fotonya seperti ini :
Spoiler for foto jembatan katingan:



kejadiannya seperti ini gan/sist :

Pada hari Minggu (30 September 2012) Jembatan katingan dilewati oleh trailer dengan nopol L 9192 UH yang mengangkut alat berat jenis Buldozer merek Komatsu dari arah Palangka Raya ke arah Kasongan.

Sekitar pukul 14.30 WIB blade (pisau) Buldozer menghantam batang diagonal HD1 dan HD2 pada segmen 5 dari batang utama jembatan (sisi kiri) yang mengakibatkan batang baja diagonal dari jembatan menjadi robek/terkoyak dan bengkok pada bagian sayap dan badannya, juga mengakibatkan kerusakan pada sandaran. Setelah menghantam batang diagonal, buldozer oleng/miring ke kanan dan menghantam/menindih truck nopol DA 9799 HR yang datang dari arah berlawanan mengakibatkan lalu lintas menjadi macet total.

Pukul 16.30 WIB trailer dan buldozer baru bisa di evakuasi dan lalu lintas bisa melewati jembatan dengan satu jalur secara bergantian karena masih ada truk yang belum dievakuasi. Pukul 16.00 WIB truk baru bisa dievakuasi dan lalu lintas yang melewati jembatan menjadi lancar seperti biasa. Pada peristiwa ini tidak ada korban jiwa.

Atas permintaan dari Kepala Dinas PU Provinsi Kalimantan Tengah dan Kasatker PJN Wilayah I Kalimantan Tengah, maka pada tanggal 2 dan 3 Oktober 2012, tim dari Direktorat Bina Teknik dan Direktorat Bina Pelaksanaan Wilayah II beserta jajaran Dinas PU Provinsi Kalimantan Tengah, Satker PJN wilayah I Kalimantan Tengah, Dinas PU Kabupaten Katingan, Dinas Perhubungan Kabupaten Katingan dan Polres Kabupaten Katingan bersama-sama melihat kondisi jembatan dan pemerikaan secara menyeluruh dan mencari alternatif penanganan kerusakan.

Saat ini upaya penanganan sementara telah dilakukan oleh P2JN Wilayah I Provinsi Kalimantan Tengah di Jembatan Katingan yang bekerja sama dengan Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan dan Polres Kabupaten Katingan setelah kejadian, yaitu dengan pemasangan rambu pengaturan lalu lintas yang membatasi intensitas beban kendaraan berat yang diizinkah lewat, pengaturan jumlah kendaraan berat di atas jembatan dan menurunkan kecepatan kendaraan.

permasalahannya sbb :
Kerusakan yang terjadi pada Jembatan Katingan berupa deformasi (perubahan bentuk) batang diagonal HD1 dan diagonal HD2 bentang 100m yang diiringi sobek sebagian pelat badan dan sayap diagonal.
Gambar berikut menunjukkan posisi diagonal HD1 dan HD2.
Spoiler for diagonal HD1 dan HD2:


Pergeseran rotasi pada pelat buhul sekitar 3° akibat tertabak bulldozer yang diangkut oleh truk tronton. Kerusakan nonstruktural pada railing dan sandaran. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, kerusakan yang ditimbulkan akibat tabrakan hanya mengakibatkan deformasi pada dua batang diagonal pada sisi hilir saja dan tidak terjadi mengakibatkan deformasi pada rangka baja yang lain.
Oleh karena itu, untuk menjaga agar jembatan tetap berfungsi sesuai dengan desainnya diperlukan upaya perkuatan dan/atau penggantian batang diagonal tersebut dengan metode yang tepat, murah dan efisien.

berikut adalah dokumentasi kerusakan jembatan katingan,
Spoiler for foto0:

Spoiler for foto1:

Spoiler for foto2:

Spoiler for foto3:

Spoiler for foto4:






bagaimana penanganannya tanpa memasang tumpuan sementara ?
bagaimana analisis strukturnya ?
ada kejadian apa selama penggantian elemen yang rusak ?
bagaimana dokumentasi pelaksanaan penggantian elemen rangka ?
bagaimana reaksi masyarakat selama penanganan kerusakan ?

nantikan update selanjutnya....


selamat tahun baru 2014

Diubah oleh Bridge Engineer 31-12-2013 15:02
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.