- Beranda
- Cinta Indonesiaku
★★★ Event Akhir Tahun Forum Cinta Indonesiaku 2013 ★★★
...
TS
farhan
★★★ Event Akhir Tahun Forum Cinta Indonesiaku 2013 ★★★
Salam Satu Bangsa buat kaskuser sekalian
Langsung di subscribe gan threadnya
Untuk meramaikan event akhir tahun di kaskus
Kali ini bersama kami di Sub Forum
CINTA INDONESIAKU
ingin mengajak anda untuk berpartisipasi dalam lomba yg kami adakan.
jangan khawatir ada hadiahnya juga lo
Cekidot
Langsung di subscribe gan threadnya
Untuk meramaikan event akhir tahun di kaskus
Kali ini bersama kami di Sub Forum
CINTA INDONESIAKU
ingin mengajak anda untuk berpartisipasi dalam lomba yg kami adakan.
jangan khawatir ada hadiahnya juga lo
Cekidot
Quote:
Jenis Lomba
Quote:
Periode Lomba
Quote:
- 20 November 2013 - 20 Desember 2013 = Mulai dan Akhir perlombaan
- 22 Desember 2013 - 30 Desember 2013 = Penjurian
- 31 Desember 2013 = Pengumuman Pemenang dan Proses Pengiriman Hadiah
Peraturan Umum
Quote:
- Tiap-tiap peserta wajib mematuhi peraturan-peraturan, prosedur dan ketentuan yang ditetapkan pihak panitia
Cinta Indonesiaku. - Materi karya yang dikirimkan orisinil buatan sendiri, tidak mengutip sebagian atau keseluruhan materi orang lain dan belum pernah dipublikasikan serta tidak sedang diikutsertakan dalam acara atau perlombaan apapun.
- Hasil karya tidak boleh mengandung unsur pelecehan, penghinaan, SARA, pornografi, abuse.
- Keputusan juri adalah mutlak dan tak bisa diganggu gugat.
- Peserta yang melakukan penyimpangan/pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku serta menyalahi prosedur akan dieliminasi tanpa pemberitahuan dari pihak panitia.
- Hasil karya berhak digunakan oleh pihak Forum Cinta Indonesiaku untuk keperluan forum.
Ketentuan dan Persyaratan Umum
Quote:
- Peserta merupakan kaskuser aktif, WNI yang bertempat tinggal di Indonesia maupun menetap di luar Indonesia.
- Peserta boleh mengikuti lebih dari 1 kategori perlombaan dan mengirimkan maks 2 karya per kategori
- Reward peserta tidak boleh di alihkan ke ID/orang Lain.
- Hasil karya yang dikirimkan tidak melenceng dari tema Cinta Indonesiaku dan nilai-nilai ke-Indonesiaan serta ketentuan-ketentuan dan format yang berlaku pada kategori lomba yang diikuti
- Peserta bertanggung jawab penuh terhadap originalitas dan validitas karya yang dikirimkan
- Semua karya yang masuk akan diseleksi kelengkapannya terlebih dahulu oleh panitia sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku. Karya yang lolos seleksi akan dipublikasikan di thread lomba ini
- Kaskuser yang berpartisipasi maupun tidak berpartisipasi dalam event Cinta Indonesiaku diharapkan bekerja sama untuk mengawasi jalannya acara
Disclaimer Cinta Indonesiaku
Quote:
- Kaskus Cinta Indonesiaku beserta management Kaskus tidak bertanggung jawab terhadap originalitas dan validitas serta HAKI dari karya-karya yang dikirimkan peserta
- Peserta dianggap telah menyetujui semua prosedur, ketentuan dan peraturan yang berlaku yang telah ditetapkan panitia Kaskus Cinta Indonesiaku serta peraturan umum dan Terms of Use Kaskus
Panitia & Juri Lomba
Quote:
Lomba Thread :
Lomba Foto :
Lomba Menggambar :
Lomba Foto :
Lomba Menggambar :
Quote:
Quote:
*Mau daftar lombanya dimana?
di thread ini gan sesuai format pendaftaran masing masing lomba di atas
*Isi lomba sama isi format pendaftaran di pisah gak gan
di pisah, di harapkan tidak double post (kecuali jarak post sudah lebih dari 5 menit)
*Boleh gak ikutan semua lomba?
boleh donk, siapa yang ga ngebolehin
Quote:
Selamat berlomba dan Terima Kasih atas partisipasinya
Diubah oleh farhan 21-11-2013 12:03
nona212 dan abellacitra memberi reputasi
2
60.5K
Kutip
517
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cinta Indonesiaku
5.3KThread•2.5KAnggota
Tampilkan semua post
RandiiiiBoo
#565
Quote:
Quote:
Kesusastraan, Bahasa & Dongeng
Kesusastraan Makassar
Quote:
SINRILIK
Karya Sastra Makassar cukup memiliki arti dalam kehidupan penutur Bahasa Makassar. Salah satu karya sastra di antara sekian banyak karya satra adalah sinrilik. Sinrilik adalah karya sastra Makassar yang berbentuk prosa yang cara penyampaiannya dilagukan secara berirama baik dengan menggunakan alat musik maupun tanpa alat musik.
Quote:
ROYONG
Menurut Matthes Royong adalah sejenis nyanyian untuk anak-anak kecil (bayi) yang masih berumur empat puluh hari. Berdasarkan bunyi pertama dari permulaan royong itu, maka royong ada yang disebut pajjappa daeng atau turinanung, cuwi, dan kurru-kurru jangang yang bermakna bahwa umat manusia selalu melihat ke tempat yang tinggi. Royong biasanya dilantunkan oleh perempuan yang sudah berusia lanjut, terutama pada pesta penyunatan ‘passunnakkang’, perkimpoian ‘pakbuntingang’, ataupun pada acara akikah ‘ pattompalang’ (angngalle areng)’ khusus pesta adapt, Royong biasanya diiringi dengan alat musik tradisional, sperti : anak backing (dua anak besi yang dipukulkan), kancing ( dua buah priring tembaga yang diperpukulkan), curiga (rantai-rantai yang diperpukulkan), gong, ganrang, puik-puik, dengkang dan lain-lain.
Quote:
PAU-PAU
Pau-pau merupakan salah satu bentuk karya sastra yang berusaha mengungkapkan realitas yang ada dimasyarakat. Pau-pau termasuk jenis prosa dalam sastra Makassar, namun dalam sastra Indonesia dikategorikan sebagai Hikayat, Pau-pau/ hikayat adalah cerita yang berbentuk prosa (Hooykas dalam Baried dkk, 1985:6). Pada masa sekarang ini pau-pau/hikayat diprgunakan dalam arti kisah yang melukiskan celah-celah kehidupan manusia.
Quote:
DOANGANG
Doangang merupakan salah satu jenis puisi lama dalam sastra Makassar yang hamper sama maknanya dengan mantra dalam sastra Indonesia. Kata doangang mengandung makna permohonan, permintaan, atau harapan
Doangang berbda dengan jenis sastra lainnya sebab doangang dianggap memiliki brkah dan mengandung kesaktian atau kekuatan gaib bila diyakini oleh pemakainya. Oleh karena itu, hampir seluruh aktifitas masyarakat pada masa lampau didahului dengan membaca doangang dengan harapan agar mereka selamat di dunia dan akhirat.
Doangang berbda dengan jenis sastra lainnya sebab doangang dianggap memiliki brkah dan mengandung kesaktian atau kekuatan gaib bila diyakini oleh pemakainya. Oleh karena itu, hampir seluruh aktifitas masyarakat pada masa lampau didahului dengan membaca doangang dengan harapan agar mereka selamat di dunia dan akhirat.
Quote:
KELONG
Kelong adalah salah satu jenis sastra Makassar yang berbentuk puisi. Dilihat dari segi bentuknya kelong, terutama kelong tradisional memiliki kemiripan dengan pantun dalam sastra Indonesia, seperti empat baris dalam sebait, memiliki persajakan, serta tidak mempunyai judul.
Quote:
ANNGARU
Aru adalah sejenis puisi dalam sastra Makassar. Anngaru adalah semacam ikrar atau ungkapan sumpah setia yang sering disampaikan oleh orang – orang gowa pada masa silam. Aru biasanya diucapkan oleh bawahan kepada atasannya, abdi kepada rajanya, prajurit kepada komandannya, masyarakat kepada pemerintahannya, bahkan raja atau pmrintah trhadap rakyatnya, apa yang diungkapkan dalam aru itu akan dilaksanakan dengan sungguh – sungguh, baik untuk kepentingan pemerintah pada masa damai maupun pada saat perang.
Quote:
Bahasa Makassar
Quote:
Bahasa Makassar, juga disebut sebagai Basa Mangkasara' adalah bahasa yang dituturkan oleh suku Makassar, penduduk Sulawesi Selatan, Indonesia. Bahasa ini dimasukkan ke dalam suatu rumpun bahasa Makassar yang sendirinya merupakan bagian dari rumpun bahasa Sulawesi Selatan dalam cabang Melayu-Polinesia dari rumpun bahasa Austronesia.
Bahasa ini mempunyai abjadnya sendiri, yang disebut Lontara, namun sekarang banyak juga ditulis dengan menggunakan huruf Latin.
Huruf Lontara berasal dari huruf Brahmi kuno dari India. Seperti banyak turunan dari huruf ini, masing-masing konsonan mengandung huruf hidup "a" yang tidak ditandai. Huruf-huruf hidup lainnya diberikan tanda baca di atas, di bawah, atau di sebelah kiri atau kanan dari setiap konsonan.
Bahasa ini mempunyai abjadnya sendiri, yang disebut Lontara, namun sekarang banyak juga ditulis dengan menggunakan huruf Latin.
Huruf Lontara berasal dari huruf Brahmi kuno dari India. Seperti banyak turunan dari huruf ini, masing-masing konsonan mengandung huruf hidup "a" yang tidak ditandai. Huruf-huruf hidup lainnya diberikan tanda baca di atas, di bawah, atau di sebelah kiri atau kanan dari setiap konsonan.
joppa-joppa = jalan-jalan;
lompo = besar
sallo = lama
tabe' = permisi
tena = tidak
karaeng = raja
apa kareba? = apa kabar?
lakéko mae? = mau ke mana?
battu kémae ko? = dari mana?
motere` = Pulang
nganre = makan
jarang = kuda
botto' = berbau busuk
bembe' = kambing
nakku' = rindu
tinro = tidur
mempo = duduk
menteng = berdiri
cini' = lihat
tamparang = laut
battu = datang, tiba
mingka = tetapi
anjo = itu
anne = ini
lompo = besar
sallo = lama
tabe' = permisi
tena = tidak
karaeng = raja
apa kareba? = apa kabar?
lakéko mae? = mau ke mana?
battu kémae ko? = dari mana?
motere` = Pulang
nganre = makan
jarang = kuda
botto' = berbau busuk
bembe' = kambing
nakku' = rindu
tinro = tidur
mempo = duduk
menteng = berdiri
cini' = lihat
tamparang = laut
battu = datang, tiba
mingka = tetapi
anjo = itu
anne = ini
Quote:
Dongeng
Quote:
I Lapung Tau Tolo
Pada zaman dahulu kalah, hiduplah seorang pemuda yang diberi nama, I Lapung Tau Tolo “ orang bodoh”. Sejak menginjak dewasa, I Lapung Tau Tolo, tidak lagi mau bermain dengan teman sebayanya, tidak lagi mau membantu orang Tua nya, entah apa yang sedang di pikirnya, sehingga Dia hanya berdiam diri di rumah.
Pagi itu, Ibu I Lapung tau Tolo, melihat anak semata wayangnya sedang bermain ayunan, karena tidak seperti biasanya. Ibu I Lapung tau Tolo pun, bertanya, kamu kan sudah besar kenapa kamu main ayunan? I Lapung tau Tolo pun, turun dari ayunan nya dan mengulang perkataan Ibu nya itu, oh.. Aku suda besar dan pergi begitu saja. Ke esokan harinya, Ibu I Lapung tau Tolo mendapati I Lapung tau Tolo, sedang loncat-loncat di atas tempat tidurnya. Melihat hal itu, Ibu I Lapung tau Tolo pun menceritakan tentang hal-hal yang tidak seperti biasanya dilakukan I Lapung tau Tolo, mendengar hal itu, Ayah I Lapung tau tolo pun, menjelaskan apa maksud dari anaknya itu.
Bahwa sanya I Lapung tau tolo, ingin menikah, mendengar hal itu, Ibu I Lapung tau tolo pun, bingung. Bagaimana menikahkan anaknya itu untuk menafkahi dirinya sendiri saja tidak bisa, tak apalagi untuk menafkahi orang lain. Ayah I Lapung tau Tolo pun, memberi usul kepada istrinya, bagaimana kalau kita memberi tahu anak kita, kalau dia ingin di nikahkan dia terlebih dulu harus menjual gentong untuk di jadikan uang pinangan. Mendengar hal itu, I Lapung tau tolo pun, dengan gembira mengiakan apa pinta Orang tuanya itu. Ke esokan harinya I Lapung tau tolo pun, pergi menjual gentong dengan cara di pikul, dalam perjalanan I Lapung tau tolo, menghitung keuntungan yang akan dia dapatkan dari menjual gentog yang di bawanya itu, karena keasikan menghitung, I Lapung tau tolo pun, jatu terpeleset dan semuah gentong yang di bawanya itu pecah.
Dengan sedih I Lapung tau tolo pun pulang dan menjelaskan kejadian yang di alaminya. Mendengar hal itu, Ibu dan Ayah I Lapung tau tolo pun, menyurh anaknya itu untuk pergi mencari Kerbau kecil untuk di peliharanya. I Lapung tau tolo pun, pergi mencari kerbau yang di surukan itu, dalam perjalanan, I Lapung tau tolo mendengar anak kecil sedang bermain Kerbau-kerbauan bersama teman-temannya. I Lapung tau tolo pun singga dan bertanya kamu sedang main apa? Anak kecil itu pun menjawab kami sedang bermain kerbau-kerbau an, kerbau yang di maksud anak itu, (adalah tikus yang sedang di aduh). Karena pada dasarnya orang bodoh, I Lapung tau tolo pun, meminta anak itu agar mau menjual kerbau-kerbau annya itu, dengan harga satu ekor kerbau kecil yang di suru kan orang tuanya. Anak kecil itu pun dengan gembira memberikan semuah kerbau-kerbau annya itu, kepada I Lapung tau tolo.
Dengan gembira I Lapung tau tolo pun, pulang membawa kerbau nya itu dan menaronya di loteng rumah, ketika Ibu dan Ayah, I Lapung tau tolo pulang kerumah, Ibu dan Ayah I Lapung tau tolo pun, bertanya di mana kerbau kamu? I Lapung tau tolo pun menjawab ada kerbau Saya sedang makan, Ayah dan Ibu I Lapung pun, bertanya dimana? tu di atas loteng rumah. Mendengar perkataan anaknya itu, Ayah dan Ibu I Lapung tau tolo pun, heran mendengarnya dan memastikan kerbau yang dimaksud anaknya itu, Ibu I Lapung tau tolo pun naik keloteng kaget melihat kerbau yang dimaksud anaknya itu, yang ternyata hanya delapan ekor tikus besar yang sedang memakan jagung.
Karena tidak tega Ayah dan Ibu, I Lapung tau tolo pun menikahkan anaknya itu dengan seorang wanita bisu yang tidak jauh dari rumah tempat dimana I Lapung tau tolo tinggal. Siang harinya I Lapung tau tolo menikah, malam harinya Istri I Lapung tauu tolo pun meninggal, sunggu naas hidup seorang I Lapung tau tolo, karena tidak menerima Istrinya meninggal I Lapung tau tolo meninggal, dia pun menyimpan jasad Istrinya di atas loteng rumah nya. Ke esokan harinya Ibu dan Ayah I Lapung tau tolo bertanya di mana Istri mu, I Lapung tau tolo pun menjawab di masi tidur. Ke esokan harinya lagi Orang tuah I Lapung tau tolo pun, bertanya dimana Istri mu, jawaban I Lapung tau tolo pun, masi sama seperti ketika di tanya pada hari sebelumnya. Pada malam harinya Ibu I Lapung tau tolo pun mencium bau tidak sedap dari atas loteng rumah nya dan bertanya kepada I Lapung tau tolo apakah yang kamu simpan di atas Loteng rumah. Karena penasaran Ibu I Lapung tau tolo pun, naik keatas loteng untuk memastikannya, Ibu I Lapung tau tolo kaget ketika mendapati menantunya telah terbujur kaku. Ibu dan Ayah I Lapung tau tolo pun, memutuskan untuk mengubur mayat menantunya pada malam itu juga.
Ke esokan harinya I Lapung tau tolo pun, mencium bau tidak sedap yang berasal dari kedua orang tuanya yang sedang kentut. I Lapung tau tolo pun, mengubur kedua orang tuanya karena bauh, sama halnya dengan istrin I Lapung tau tolo yang di kubur karena bauh yang di cium oleh kedua orang tuanya. Setelah mengubur kedua orang tuanya, I Lapung tau tolo pun, kentut dan memutuskan untuk mengubur dirinya sendiri.
Pagi itu, Ibu I Lapung tau Tolo, melihat anak semata wayangnya sedang bermain ayunan, karena tidak seperti biasanya. Ibu I Lapung tau Tolo pun, bertanya, kamu kan sudah besar kenapa kamu main ayunan? I Lapung tau Tolo pun, turun dari ayunan nya dan mengulang perkataan Ibu nya itu, oh.. Aku suda besar dan pergi begitu saja. Ke esokan harinya, Ibu I Lapung tau Tolo mendapati I Lapung tau Tolo, sedang loncat-loncat di atas tempat tidurnya. Melihat hal itu, Ibu I Lapung tau Tolo pun menceritakan tentang hal-hal yang tidak seperti biasanya dilakukan I Lapung tau Tolo, mendengar hal itu, Ayah I Lapung tau tolo pun, menjelaskan apa maksud dari anaknya itu.
Bahwa sanya I Lapung tau tolo, ingin menikah, mendengar hal itu, Ibu I Lapung tau tolo pun, bingung. Bagaimana menikahkan anaknya itu untuk menafkahi dirinya sendiri saja tidak bisa, tak apalagi untuk menafkahi orang lain. Ayah I Lapung tau Tolo pun, memberi usul kepada istrinya, bagaimana kalau kita memberi tahu anak kita, kalau dia ingin di nikahkan dia terlebih dulu harus menjual gentong untuk di jadikan uang pinangan. Mendengar hal itu, I Lapung tau tolo pun, dengan gembira mengiakan apa pinta Orang tuanya itu. Ke esokan harinya I Lapung tau tolo pun, pergi menjual gentong dengan cara di pikul, dalam perjalanan I Lapung tau tolo, menghitung keuntungan yang akan dia dapatkan dari menjual gentog yang di bawanya itu, karena keasikan menghitung, I Lapung tau tolo pun, jatu terpeleset dan semuah gentong yang di bawanya itu pecah.
Dengan sedih I Lapung tau tolo pun pulang dan menjelaskan kejadian yang di alaminya. Mendengar hal itu, Ibu dan Ayah I Lapung tau tolo pun, menyurh anaknya itu untuk pergi mencari Kerbau kecil untuk di peliharanya. I Lapung tau tolo pun, pergi mencari kerbau yang di surukan itu, dalam perjalanan, I Lapung tau tolo mendengar anak kecil sedang bermain Kerbau-kerbauan bersama teman-temannya. I Lapung tau tolo pun singga dan bertanya kamu sedang main apa? Anak kecil itu pun menjawab kami sedang bermain kerbau-kerbau an, kerbau yang di maksud anak itu, (adalah tikus yang sedang di aduh). Karena pada dasarnya orang bodoh, I Lapung tau tolo pun, meminta anak itu agar mau menjual kerbau-kerbau annya itu, dengan harga satu ekor kerbau kecil yang di suru kan orang tuanya. Anak kecil itu pun dengan gembira memberikan semuah kerbau-kerbau annya itu, kepada I Lapung tau tolo.
Dengan gembira I Lapung tau tolo pun, pulang membawa kerbau nya itu dan menaronya di loteng rumah, ketika Ibu dan Ayah, I Lapung tau tolo pulang kerumah, Ibu dan Ayah I Lapung tau tolo pun, bertanya di mana kerbau kamu? I Lapung tau tolo pun menjawab ada kerbau Saya sedang makan, Ayah dan Ibu I Lapung pun, bertanya dimana? tu di atas loteng rumah. Mendengar perkataan anaknya itu, Ayah dan Ibu I Lapung tau tolo pun, heran mendengarnya dan memastikan kerbau yang dimaksud anaknya itu, Ibu I Lapung tau tolo pun naik keloteng kaget melihat kerbau yang dimaksud anaknya itu, yang ternyata hanya delapan ekor tikus besar yang sedang memakan jagung.
Karena tidak tega Ayah dan Ibu, I Lapung tau tolo pun menikahkan anaknya itu dengan seorang wanita bisu yang tidak jauh dari rumah tempat dimana I Lapung tau tolo tinggal. Siang harinya I Lapung tau tolo menikah, malam harinya Istri I Lapung tauu tolo pun meninggal, sunggu naas hidup seorang I Lapung tau tolo, karena tidak menerima Istrinya meninggal I Lapung tau tolo meninggal, dia pun menyimpan jasad Istrinya di atas loteng rumah nya. Ke esokan harinya Ibu dan Ayah I Lapung tau tolo bertanya di mana Istri mu, I Lapung tau tolo pun menjawab di masi tidur. Ke esokan harinya lagi Orang tuah I Lapung tau tolo pun, bertanya dimana Istri mu, jawaban I Lapung tau tolo pun, masi sama seperti ketika di tanya pada hari sebelumnya. Pada malam harinya Ibu I Lapung tau tolo pun mencium bau tidak sedap dari atas loteng rumah nya dan bertanya kepada I Lapung tau tolo apakah yang kamu simpan di atas Loteng rumah. Karena penasaran Ibu I Lapung tau tolo pun, naik keatas loteng untuk memastikannya, Ibu I Lapung tau tolo kaget ketika mendapati menantunya telah terbujur kaku. Ibu dan Ayah I Lapung tau tolo pun, memutuskan untuk mengubur mayat menantunya pada malam itu juga.
Ke esokan harinya I Lapung tau tolo pun, mencium bau tidak sedap yang berasal dari kedua orang tuanya yang sedang kentut. I Lapung tau tolo pun, mengubur kedua orang tuanya karena bauh, sama halnya dengan istrin I Lapung tau tolo yang di kubur karena bauh yang di cium oleh kedua orang tuanya. Setelah mengubur kedua orang tuanya, I Lapung tau tolo pun, kentut dan memutuskan untuk mengubur dirinya sendiri.
Quote:
Kerajinan & Ukiran
Quote:
Songkok To Bone
Quote:
Songkok To Bone artinya songkok orang bone. Dari namanya sudah tahu kan asal dari songkok ini. Yup benar, dari Bone. Songkok khas suku bugis ini biasa juga di sebut Songkok Recca'. Songkok ini terbuat dari serat pelepah daun lontar dengan cara dipukul-pukul (bahasa bugisnya : di recca-recca).
Menurut sejarahnya Songkok To Bone ini tercipta ketika terjadi perang antara Bone dan Tanah Toraja pada Tahun 1683. Pasukan Bone pada waktu itu menggunakan Songkok Recca' sebagai tanda untuk membedakan dengan pasukan tator.
Menurut sejarahnya Songkok To Bone ini tercipta ketika terjadi perang antara Bone dan Tanah Toraja pada Tahun 1683. Pasukan Bone pada waktu itu menggunakan Songkok Recca' sebagai tanda untuk membedakan dengan pasukan tator.
Quote:
Sutera Sengkang
Quote:
Sutera Sengkang merupakan hasil tenunan handmade tradisional dari daerah Sengkang-Wajo. Ciri khas dari kain sutera Sengkang ini adalah motifnya yang bergaris-garis dengan warna-warna yang cerah alias ngejreng. Harganya bervariatif tergantung kualitas bahannya.
Quote:
Sarung Mandar
Quote:
Sarung tenun khas mandar ini merupakan masih dilakukan dengan cara tradisional (Handmade). Perbedaannya dengan kain sutera sengkang tadi adalah motifnya. Motif kotak-kotak merupakan ciri khas sarung ini dengan warna-warna ngejreng tentunya. Harganya juga variatif lagi-lagi tergantung kualitas bahannya.
Quote:
Ukiran Khas Toraja
Quote:
Kerajinan Dari Perak
0
Kutip
Balas