- Beranda
- Kendaraan Roda 2
Serba Serbi Yamaha Soul GT
...
TS
SGCI
Serba Serbi Yamaha Soul GT


Quote:
SELAMAT DATANG !!
di thread info, sharing, dan ngobrol seputar YAMAHA SOUL GT
di thread info, sharing, dan ngobrol seputar YAMAHA SOUL GT

SUGUS(Soul GT On Kaskus) sendiri bukanlah bagian dari SGCI atau pecahan dari club motor manapun.
SUGUS adalah murni pengguna dan penghuni thread ini dan terbuka untuk siapa saja dan merupakan wadah dari para pengguna Yamaha Soul GT untuk sharing satu sama lain.
SUGUS sebagai sebuah komunitas tidak mengharuskan pendaftaran anggota dll, jadi cukup "Salam kenal" dan ikut "SENSUS" di thread ini.
SUGUS sebagai sebuah komunitas bersifat independen yang artinya Suguser bisa bikin Kopdar sesuai dengan masing-2 daerahnya.

Quote:
GENERAL RULES
Thread ini terbuka untuk semua pecinta YamahaSoul GT Silakan bergabung disini.
WELCOME ABOARD
Thread ini terbuka untuk semua pecinta YamahaSoul GT Silakan bergabung disini.
WELCOME ABOARD
#1. Harap menggunakan id primary setiap hari senin - jumat. ID klonengan harap menggunakan ciri prime ID, bisa avatar atau lainnya.
#2. Biasakan menggunakan quote atau multiquote.
#3. Bila ingin menggunakan image, harap ukuran di sesuaikan.Maksimal ukuran 640 x 480 danmenggunakan spoiler.
#4. Dilarang Post absen, one liner, bumping (up/nyundul) thread tanpa ada komentar jelas (hanya gambar atau tulisan "up/sundul lagi" dan sejenisnya).
#5. Isi postingan tidak boleh bersifat menyerang, memancing kerusuhan/pertengkaran, NO PORNOGRAFI + NO SARA. RESPECT OTHER BIKERS BRO
Catatan lainnya:
* Tata tertib akan di update bilamana di perlukan.
* SUGUS ini adalah milik bersama, jadi mari bersama-sama menjaga/merawat/membersihkan thread dari hal-hal yang tidak dinginkan. Saling menghargai itu emang perlu dalam suatu komunitas
Quote:
INDEX PAGE ONE
POST #1 - General Rules dan Board of Info
POST #2 - Sugus HOMEBASE (Struktur, Suguser se-Indonesia, Sugus History, dan PO Corner)
POST #3 - Sugus NARSISME (FR-Foto Kopdar, Touring, Foto SGT Suguser)
POST #4 - All About Yamaha SOUL-GT (Spek, Fitur, Varian, Berita, dan Videotainment)
POST #5 - Indeks TIPS & TRIKS (Ban, Kelistrikan, Mesin, dan Lain-Lain)
POST #6 - Racun Yamaha SOUL-GT (Menu Racun, Tukang Racun, Best Modif, dan Inspirasi Modif)
Quote:
BOARD OF INFO
Quote:
------ INFO KOPDAR------
Spoiler for Info Kopdar Rezim-2:
JAKARTA
Waktu: Jumat (2 minggu sekali)
Jam: start 19:00 - ampe bubar
Lokasi: Cuaca cerah --> Silang Monas; Cuaca hujan --> Indomaret Point Hang Tuah (Seberang Sency)
Contact Person:
KLIK Lokasi Monas (Thanks om desoleng petanya)
BEKASI
Waktu: Jumat malem
Jam: 19:00
Lokasi: Indomaret Point, samping RS Mekarsari
Contact Person:
HP - 085693443844 / Pin BB .......
TANGERANG
Waktu: Sabtu malem
Jam: 19:00
Lokasi: Meet point Oemproek Kopi
Contact Person:
Mobile : +62878-843-49-288
WA / WeChat : S E N S O R-851-99-363
Pin : 276ca4e8
SOLO
Waktu: .... (udah 1x Kopdar)
Jam: ....
Lokasi: ....
Contact Person:
SURABAYA
Waktu: Jumat malem / Sabtu malem
Jam: 19:00
Lokasi: Warkop Sampingnya Jatim Expo
Contact Person:
*(Daerah Sidoarjo dan Gresik Monggo Gabung)*
Waktu: Jumat (2 minggu sekali)
Jam: start 19:00 - ampe bubar
Lokasi: Cuaca cerah --> Silang Monas; Cuaca hujan --> Indomaret Point Hang Tuah (Seberang Sency)
Contact Person:
- Kimas
KLIK Lokasi Monas (Thanks om desoleng petanya)
BEKASI
Waktu: Jumat malem
Jam: 19:00
Lokasi: Indomaret Point, samping RS Mekarsari
Contact Person:
- Bonbon
HP - 085693443844 / Pin BB .......
TANGERANG
Waktu: Sabtu malem
Jam: 19:00
Lokasi: Meet point Oemproek Kopi
Contact Person:
- Yono
Mobile : +62878-843-49-288
WA / WeChat : S E N S O R-851-99-363
Pin : 276ca4e8
SOLO
Waktu: .... (udah 1x Kopdar)
Jam: ....
Lokasi: ....
Contact Person:
- Dhimas (id DhimDhum) 083865708228
SURABAYA
Waktu: Jumat malem / Sabtu malem
Jam: 19:00
Lokasi: Warkop Sampingnya Jatim Expo
Contact Person:
- Wisnu (id anakkesasar) - Call, SMS, WA & BBM : 083830389203 / 746D4322
- Adit - (id adhyttabung) - Call, SMS, WA & BBM : 082199999336 / 085799999336 / 27E75604
*(Daerah Sidoarjo dan Gresik Monggo Gabung)*
Spoiler for PESAN SPESIAL Kopdar:
#1. KOPDAR adalah forum pertemuan Suguser untuk membahas masalah modif, touring, dan rencana kegiatan lainnya.
#2. Pentingnya kehadiran di KOPDAR karena:
#3. Untuk daerah luar Jabodetabek yang sudah mengadakan KOPDAR minimal 3x akan diberikan stiker (pengiriman dikoordinasikan lebih lanjut).
#2. Pentingnya kehadiran di KOPDAR karena:
Quote dulu ahh kalimat bijak dari forum FR2:
"...di dalam pertemuan Kodpar tersebut mungkin bakal ada info-info terbaru yang mungkin penting bagi kita semua. Perlu diingat, tidak semua info yang berasal dari Kopdar dapat ditayangkan via postingan lho."
"...di dalam pertemuan Kodpar tersebut mungkin bakal ada info-info terbaru yang mungkin penting bagi kita semua. Perlu diingat, tidak semua info yang berasal dari Kopdar dapat ditayangkan via postingan lho."
#3. Untuk daerah luar Jabodetabek yang sudah mengadakan KOPDAR minimal 3x akan diberikan stiker (pengiriman dikoordinasikan lebih lanjut).
Quote:
------ INFO SENSUS------
Spoiler for Info Sensus:
#1. Sensus SUGUSadalah kegiatan pendataan Suguser yang aktif ataupun pernah 1-2x bikin post di thread ini. Atau ada yg cuman jadi pemantau (belom pernah posting sama sekali) silahkan posting langsung isian format sensus.
#2. Sensus SUGUS bertujuan agar semua Suguser terpantau ID dan lokasi/daerahnya, sehingga memudahkan untuk para Suguser sedaerah buat saling kopdar atau bikin acara lainnya.
#3. Format Sensus SUGUS adalah sebagai berikut:
- Nama:
- ID Kaskus:
- Daerah Saat Ini:
- Varian SGT:
#4. Hasil Sensus bakal dipajang di PAGE ONE.
Catatan lainnya:
* Sensus akan di update dalam waktu berkala.
* Untuk saat ini sensus tidak memerlukan foto.
* Bila ada Suguser yg udah sensus tapi belom dimasukin Page One dimohon PM-in TS ya, TS juga kan bisa khilap.
#2. Sensus SUGUS bertujuan agar semua Suguser terpantau ID dan lokasi/daerahnya, sehingga memudahkan untuk para Suguser sedaerah buat saling kopdar atau bikin acara lainnya.
#3. Format Sensus SUGUS adalah sebagai berikut:
- Nama:
- ID Kaskus:
- Daerah Saat Ini:
- Varian SGT:
#4. Hasil Sensus bakal dipajang di PAGE ONE.

Catatan lainnya:
* Sensus akan di update dalam waktu berkala.
* Untuk saat ini sensus tidak memerlukan foto.
* Bila ada Suguser yg udah sensus tapi belom dimasukin Page One dimohon PM-in TS ya, TS juga kan bisa khilap.
Quote:
------ INFO TOURING ------
Spoiler for Agenda Touring Jakarta:
SUGUS NEXT TOURING BULAN XXXX
Waktu:
to be announced
Start Point:
to be announced
Peserta:
open
Agenda:
to be announced
Rest Area:
to be announced
Waktu:
to be announced
Start Point:
to be announced
Peserta:
open
Agenda:
to be announced
Rest Area:
to be announced
Spoiler for Agenda Touring Rezim:
SUGUS TOURING REZIM ( ....... )
Waktu:
to be announced
Start Point:
to be announced
Peserta:
to be announced
Agenda:
to be announced
Rest Area:
to be announced
Waktu:
to be announced
Start Point:
to be announced
Peserta:
to be announced
Agenda:
to be announced
Rest Area:
to be announced
Spoiler for PESAN SPESIAL Touring:
#1. Touring SUGUSdilakukan berdasarkan kesepakatan bersama yg dibahas pada saat kopdar, bukan di bahas di thread ini.
#2. Ketentuan dan perlengkapan pada saat Touring SUGUS disiapkan dan dibahas pada saat kopdar, bukan di bahas di thread ini.
#3. Peserta Touring SUGUS adalah agan semua yg berminat ikut dimana pendaftarannya dilakukan pada saat kopdar bukan melalui thread ini.
#2. Ketentuan dan perlengkapan pada saat Touring SUGUS disiapkan dan dibahas pada saat kopdar, bukan di bahas di thread ini.
#3. Peserta Touring SUGUS adalah agan semua yg berminat ikut dimana pendaftarannya dilakukan pada saat kopdar bukan melalui thread ini.
Spoiler for Kode dalam Touring:
Quote:
------ INFO PRE-ORDER ------
Spoiler for :
*COMING SOON KLOTER 2*
JENIS BARANG dan HARGA
- Barang yg di PO: ..........
- Harga barang: ..........
KETENTUAN PEMESANAN
- Membayar DP sebesar: ..........
- Account Bank: ..........
- Berikan notifikasi telah membayar kepada nomer ..........
- Sisa pembayaran di lakukan pada saat Kopdar (Daerah Jakarta dsk), bagi yang diluar kota transfer lagi gan saat paket siap dikirim.
- Bagi yg diluar kota Jakarta sisa pembayaran ditambah dengan ongkos kirim di kota tujuan masing-2 plus harga stiker yang dipesan.
- Yg paling penting ini adalah pemesanan Pre-Order (PO), artinya bayar DP dulu baru dicetak.Artinya lama/cepet produksi tergantung om-om sekalianbuat bayar DP karena uang DP dipake buat ongkos naek produksi.
SPESIFIKASI JAKET
- Warna dominan hitam dengan ciri khas warna Kaskus dan skotlight warna abu-2.
- Bahan taslan
- Ini adalah JAKET sekaligus ROMPI dimana pada bagian kedua lengannya dapat dilepas-pasang (reseleting).
DESAIN JAKET
DESAIN STIKER
DAFTAR UKURAN
JENIS BARANG dan HARGA
Spoiler for :
- Barang yg di PO: ..........
- Harga barang: ..........
KETENTUAN PEMESANAN
- Membayar DP sebesar: ..........
- Account Bank: ..........
- Berikan notifikasi telah membayar kepada nomer ..........
- Sisa pembayaran di lakukan pada saat Kopdar (Daerah Jakarta dsk), bagi yang diluar kota transfer lagi gan saat paket siap dikirim.
- Bagi yg diluar kota Jakarta sisa pembayaran ditambah dengan ongkos kirim di kota tujuan masing-2 plus harga stiker yang dipesan.
- Yg paling penting ini adalah pemesanan Pre-Order (PO), artinya bayar DP dulu baru dicetak.Artinya lama/cepet produksi tergantung om-om sekalianbuat bayar DP karena uang DP dipake buat ongkos naek produksi.
SPESIFIKASI JAKET
- Warna dominan hitam dengan ciri khas warna Kaskus dan skotlight warna abu-2.
- Bahan taslan
- Ini adalah JAKET sekaligus ROMPI dimana pada bagian kedua lengannya dapat dilepas-pasang (reseleting).
DESAIN JAKET
Spoiler for :

DESAIN STIKER
Spoiler for :

DAFTAR UKURAN
Spoiler for :
Size S:
- panjang = 68 cm
- lebar dada = 56 cm
- lebar pinggang = 48 cm
- panjang tangan = 61 cm
- lebar lengan atas = 22 cm
- lebar lengan bawah = 12 cm
Size M :
- panjang = 69 cm
- lebar dada = 58 cm
- lebar pinggang = 50 cm
- panjang tangan = 62 cm
- lebar lengan atas = 23 cm
- lebar lengan bawah = 13 cm
Size L :
- panjang = 70 cm
- lebar dada = 62 cm
- lebar pinggang = 54 cm
- panjang tangan = 58 cm
- lebar lengan atas = 24 cm
- lebar lengan bawah = 14 cm
Size XL :
- panjang = 71 cm
- lebar dada = 66 cm
- lebar pinggang = 58 cm
- panjang tangan = 64 cm
- lebar lengan atas = 25 cm
- lebar lengan bawah = 15 cm
- panjang = 68 cm
- lebar dada = 56 cm
- lebar pinggang = 48 cm
- panjang tangan = 61 cm
- lebar lengan atas = 22 cm
- lebar lengan bawah = 12 cm
Size M :
- panjang = 69 cm
- lebar dada = 58 cm
- lebar pinggang = 50 cm
- panjang tangan = 62 cm
- lebar lengan atas = 23 cm
- lebar lengan bawah = 13 cm
Size L :
- panjang = 70 cm
- lebar dada = 62 cm
- lebar pinggang = 54 cm
- panjang tangan = 58 cm
- lebar lengan atas = 24 cm
- lebar lengan bawah = 14 cm
Size XL :
- panjang = 71 cm
- lebar dada = 66 cm
- lebar pinggang = 58 cm
- panjang tangan = 64 cm
- lebar lengan atas = 25 cm
- lebar lengan bawah = 15 cm
Quote:
------ INFO LAINNYA ------
Spoiler for Info Lainnya:
#1. Saat ini MERCHANDISE yang telah tersedia adalah STIKER dan JAKET-ROMPI. Stiker yang dibagikan gratis adalah stiker biasa (bukan cutting). Jaket kloter pertama telah selesai dan bagi yang berminat akan dibuka kloter kedua.
#2. Saat ini telah dibentuk grup chat di Whatsapp. Silahkan ditindak lanjuti sebagaimana mestinnya. Kuncen grup --> Sky 083870892466
#3. Info lainnya bakal terus diupdate.
#2. Saat ini telah dibentuk grup chat di Whatsapp. Silahkan ditindak lanjuti sebagaimana mestinnya. Kuncen grup --> Sky 083870892466
#3. Info lainnya bakal terus diupdate.
Polling
0 suara
Gimana tanggapan Suguser semua tentang desain Xeon GT-125?
Diubah oleh SGCI 13-05-2014 07:21
0
1.4M
Kutip
9.7K
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
19.2KThread•14.8KAnggota
Tampilkan semua post
pasarireng
#4400
Tentang Setting CO
Kemarin di Grup WhatsApp sempat ada pertanyaan ttg CO.
(Setting CO bisa dilakukan dengan alat di BeRes Yamaha - yg biisa dihubungkan ke sebuah komputer untuk membaca berbagai data ttg motor kita yg terekam/terpantau oleh ECU di dalam motor kita).
Sebenarnya sudah sering dibahas di thread ini walaupun tidak secara khusus.
Mudah2an info2 yg saya kutipkan di bawah ini ini bisa membantu.
Cendol nggak nolak

Setting ulang kandungan CO (carbonmonoksida) pada Motor Injeksi Yamaha V-Ixion maupun Mio J biasanya diperlukan jika motor tersebut telah mengalami perubahan saluran buang misalkan saja mengganti knalpot dari yang standard ke knalpot racing.
Karena setelah mengganti knalpot, terjadi perubahan saluran buang yang lebih besar, jadi jika tidak di imbangi dengan masukan udara dan bensin yang disuplay ke ruang bakar, maka tentunya akan sangat mempengaruhi performa Motor.
Nah untuk Motor Injeksi seperti Yamaha V-Ixion dan Mio J, mengatur komposisi campuran bahan bakar bensin dengan udara dapat dilakukan dengan penyetelan CO (carbonmonoksida) dimana untuk setting CO pada Motor Injeksi ini diperlukan alat sensor yang bernama FI Diagnostic Tool.
FI Diagnostic Tool Yamaha
FI Diagnostic Tool merupakan alat untuk mensetting CO, penggunaannya cukup dengan menghubungkan ke konektor yang menyambung ke ECU (Electronic Contol Unit) dan Baterai. Selain memberikan info CO, Alat ini juga berfungsi untuk mengetahui putaran, suhu mesin, kode kerusakan, tegangan baterai, pengapian, kipas pendingin radiator dan mengetahui posisi TPS.
Setelah FI Diagnostic Tool tersambung, lanjutkan penyetelan dengan menghidupkan alat FI Diagnostic Tool dan memilih mode CO. CO disetel dalam kondisi mesin motor hidup.
Pencet tombol Up atau Down untuk atur CO
Dari pabrikan secara default CO disetel di angka nol (0). Karena ada perubahan knalpot, maka adjuster gas bakar perlu di setting antara range -30 s/d +30, jadi totalnya ada 60 tingkat penyetelan dimana tiap tingkat sekitar 0,005 cc bahan bakar bertambah atau berkurang. “bila angka dinaikkan (+) atau bertambah dari 0, maka campuran gas bakar kaya akan bensin, sebaliknya jika angka diturunkan (-) maka bensin lebih sedikit.
Ingat setting CO ini sangat berpengaruh terhadap performa mesin. Jika setting CO-nya tidak tepat maka motor malah bisa jadi tidak bertenaga. Nah, untuk mengetahui apakah setting CO sudah tepat ataupun belum, penambahan CO harus dilakukan secara step by step dan motor harus dijajal di trek lurus.
SUMBER
Sedikit Panduan praktis dari seorang rekan saya yg kebetulan Supervisor /Mekanik di salah satu BeRes Yamaha:
Setting CO rentangnya dari -30 s/d +30.
jadi totalnya ada 60 tingkat penyetelan dimana tiap tingkat sekitar 0,005 cc bahan bakar bertambah atau berkurang. “bila angka dinaikkan (+) atau bertambah dari 0, maka campuran gas bakar kaya akan bensin, sebaliknya jika angka diturunkan (-) maka bensin lebih sedikit.
Dari pabriknya, Soul GT setting CO-nya = 0.
Settingan tsb terlalu 'irit' (bahan bakar)..tanda settingan terlalu irit adalah warna busi menjadi putih...secara kasar..irit berarti motor lebih pelan.
Untuk Mesin standard, Setting CO +10 adalah terlalu 'boros' (bahan bakar).... tandanya, busi cenderung coklat atau hitam.
Secara kasar, semakin boros harusnya motor semakin kencang.
Namun sampai dengan settingan boros-pun, misalnya, CO +10, sebetulnya Soul GT tidak akan terlalu boros spt yg mungkin dikhawatirkan, karena di bagian knalpot Soul GT kita ada tertanam yg namanya "O2 Sensor"..umpama bila keadaan macet, maka O2 Sensor itu otomatis memberitahu ECU untuk 'mengirit'-kan pemakaian bahan bakar dengan (mungkin) menurunkan setelan CO untuk sementara waktu.
'Happy Medium' adalah pd settingan CO = +4, +5, atau +6. (busi keabu-abuan).
Tapi itu untuk Mesin standard, setiap perubahan yg mempengaruhi bisa menjadikan angka tsb berbeda.
Demikian yg saya dapatkan informasinya...
Semoga bermanfaat..
Salaam
(Setting CO bisa dilakukan dengan alat di BeRes Yamaha - yg biisa dihubungkan ke sebuah komputer untuk membaca berbagai data ttg motor kita yg terekam/terpantau oleh ECU di dalam motor kita).
Sebenarnya sudah sering dibahas di thread ini walaupun tidak secara khusus.
Mudah2an info2 yg saya kutipkan di bawah ini ini bisa membantu.
Cendol nggak nolak

Spoiler for Tentang Setting CO:
Setting ulang kandungan CO (carbonmonoksida) pada Motor Injeksi Yamaha V-Ixion maupun Mio J biasanya diperlukan jika motor tersebut telah mengalami perubahan saluran buang misalkan saja mengganti knalpot dari yang standard ke knalpot racing.
Karena setelah mengganti knalpot, terjadi perubahan saluran buang yang lebih besar, jadi jika tidak di imbangi dengan masukan udara dan bensin yang disuplay ke ruang bakar, maka tentunya akan sangat mempengaruhi performa Motor.
Nah untuk Motor Injeksi seperti Yamaha V-Ixion dan Mio J, mengatur komposisi campuran bahan bakar bensin dengan udara dapat dilakukan dengan penyetelan CO (carbonmonoksida) dimana untuk setting CO pada Motor Injeksi ini diperlukan alat sensor yang bernama FI Diagnostic Tool.
FI Diagnostic Tool Yamaha
FI Diagnostic Tool merupakan alat untuk mensetting CO, penggunaannya cukup dengan menghubungkan ke konektor yang menyambung ke ECU (Electronic Contol Unit) dan Baterai. Selain memberikan info CO, Alat ini juga berfungsi untuk mengetahui putaran, suhu mesin, kode kerusakan, tegangan baterai, pengapian, kipas pendingin radiator dan mengetahui posisi TPS.
Setelah FI Diagnostic Tool tersambung, lanjutkan penyetelan dengan menghidupkan alat FI Diagnostic Tool dan memilih mode CO. CO disetel dalam kondisi mesin motor hidup.
Pencet tombol Up atau Down untuk atur CO
Dari pabrikan secara default CO disetel di angka nol (0). Karena ada perubahan knalpot, maka adjuster gas bakar perlu di setting antara range -30 s/d +30, jadi totalnya ada 60 tingkat penyetelan dimana tiap tingkat sekitar 0,005 cc bahan bakar bertambah atau berkurang. “bila angka dinaikkan (+) atau bertambah dari 0, maka campuran gas bakar kaya akan bensin, sebaliknya jika angka diturunkan (-) maka bensin lebih sedikit.
Ingat setting CO ini sangat berpengaruh terhadap performa mesin. Jika setting CO-nya tidak tepat maka motor malah bisa jadi tidak bertenaga. Nah, untuk mengetahui apakah setting CO sudah tepat ataupun belum, penambahan CO harus dilakukan secara step by step dan motor harus dijajal di trek lurus.
SUMBER
Spoiler for Informasi Lain yg Berhubungan:
Spoiler for Informasi Yg Saya Dapat Dari Supervisor BeRes Yamaha:
Sedikit Panduan praktis dari seorang rekan saya yg kebetulan Supervisor /Mekanik di salah satu BeRes Yamaha:
Setting CO rentangnya dari -30 s/d +30.
jadi totalnya ada 60 tingkat penyetelan dimana tiap tingkat sekitar 0,005 cc bahan bakar bertambah atau berkurang. “bila angka dinaikkan (+) atau bertambah dari 0, maka campuran gas bakar kaya akan bensin, sebaliknya jika angka diturunkan (-) maka bensin lebih sedikit.
Dari pabriknya, Soul GT setting CO-nya = 0.
Settingan tsb terlalu 'irit' (bahan bakar)..tanda settingan terlalu irit adalah warna busi menjadi putih...secara kasar..irit berarti motor lebih pelan.
Untuk Mesin standard, Setting CO +10 adalah terlalu 'boros' (bahan bakar).... tandanya, busi cenderung coklat atau hitam.
Secara kasar, semakin boros harusnya motor semakin kencang.
Namun sampai dengan settingan boros-pun, misalnya, CO +10, sebetulnya Soul GT tidak akan terlalu boros spt yg mungkin dikhawatirkan, karena di bagian knalpot Soul GT kita ada tertanam yg namanya "O2 Sensor"..umpama bila keadaan macet, maka O2 Sensor itu otomatis memberitahu ECU untuk 'mengirit'-kan pemakaian bahan bakar dengan (mungkin) menurunkan setelan CO untuk sementara waktu.
'Happy Medium' adalah pd settingan CO = +4, +5, atau +6. (busi keabu-abuan).
Tapi itu untuk Mesin standard, setiap perubahan yg mempengaruhi bisa menjadikan angka tsb berbeda.
Demikian yg saya dapatkan informasinya...
Semoga bermanfaat..
Salaam

Diubah oleh pasarireng 16-10-2013 02:24
0
Kutip
Balas

