- Beranda
- Kendaraan Roda 4
Komunitas Isuzu Panther Kaskus - Part 1
...
TS
Cielo Type-R
Komunitas Isuzu Panther Kaskus - Part 1
D-I-Y Tutorial
:
Spoiler for Coppermine : cara bersihkan water separator... plus buang anginnya..:
Quote:
Original Posted By Coppermine►Iseng2 sharing cara bersihkan water separator... plus buang anginnya..
Water separator gunanya untuk memisahkan air dan kotoran sebelum masuk ke filter.., mknya klo water separator penuh, kasihan filternya bakal cepet kotor... klo filter dah kotor, maka yang selanjutnya kena ya nozel itu
klo ada indikator water separator nyala, itu tandanya water separator udah penuh, bisa air ato endapan lumpur...
klo boil bro ga pernah di bersihkan water separatornya selama ini, maka jangan kaget klo bro dapetin isinya endapan lumpur, saya pernah dapat satu plastik isi kira2 500 ml lumpur .... campur solar kotor sih...
tp yang indikator water separatornya ga nyala, jgn bingung, sebab water separator di kapsul, ga ada sensor yang nyambung ke dashboard, klo water separator ini penuh...
tp caranya cukup pake senter di setrong, maka akan keliatan seberapa banyak lumpur di dalamnya....
ok... kita mulai berkotor2 ria...
sebelumnya saya kasi cara yang mudah aja... ini untuk memudahkan teman2 yang belum terbiasa membersihkan separator dan ingin mencoba mian bengkel-bengkel an...
klo dha biasa ntar aku kasi tips lain yang bersihnya lebih tuntas...
1. perhatikan di bawah separator ada keran dari plastik...
untuk membuang isi separator, maka kancing itu perlu di buka, coba putar ke arah kanan... hati2 ini dari plastik, bisa patah....
ingat untuk membuka arah putarannya searah jarum jam...
2. kendorkan sampe lepas..... dan tampung ceceran solar pake gelas aqua, kaleng ato apa ajah biar solarnya ga ke mana2 mengotori ruang mesin..
3. klo udah lepas pencet pompa di atasnya sampe solar habis, dan perhatikan gimana 'bersihnya' solar indo...
4 pasangkan kembali kancung penutup bawah separator....
ok langkah selanjutnya buang angin..., ini dilakukan klo abis ganti filter solar, bersihkan water separator, or kehabisan solar...
1. pastikan kancing bawah dah terpasang rapat...
2. di atas di dekan pencetan pompa, ada baut kecil ukuran 10...
nah itu di kendorkan... terus di pompa... klo kerasa ada angin keluar dari sana, berarti dah cukup longgar..
klo blom kerasa ada udara keluar dari sana berarti kurang longgar...
3. kita masuk ke main course..
bagi yang mobilnya tua, siapkan tenaga extra buat pompanya hehe... habisnya kadang berlangsung lama..
pompa terus sampe ada solar keluar dr baut itu...
4. awal2 solar yang keluar berbusa... teruskan sampai kira2 yang keluar cuman solar ga ada gelembung udara2...
5. klo udah ga ada udara, kencangkan kembali bautnya
kemudian start mesin... klo bisa di bantu teman start di dalam...
sedang bro terus memompa2 pompa sampe terasa berat...
klo masi ringan, teruskan mesin hidup sambil di pompa tangan...
6. klo mesin terasa pincang itu artinya masi ada angin... terukan pompa, sambil teman yang di dalam memainkan pedal gas sampe klo langsam ga pincang lagi...
ok selamat anda sudah berhasil membersihkan separator plus buang angin sendiri..... bole dong bangga jadi montir jadi2an hehehe
Water separator gunanya untuk memisahkan air dan kotoran sebelum masuk ke filter.., mknya klo water separator penuh, kasihan filternya bakal cepet kotor... klo filter dah kotor, maka yang selanjutnya kena ya nozel itu
klo ada indikator water separator nyala, itu tandanya water separator udah penuh, bisa air ato endapan lumpur...
klo boil bro ga pernah di bersihkan water separatornya selama ini, maka jangan kaget klo bro dapetin isinya endapan lumpur, saya pernah dapat satu plastik isi kira2 500 ml lumpur .... campur solar kotor sih...
tp yang indikator water separatornya ga nyala, jgn bingung, sebab water separator di kapsul, ga ada sensor yang nyambung ke dashboard, klo water separator ini penuh...
tp caranya cukup pake senter di setrong, maka akan keliatan seberapa banyak lumpur di dalamnya....
ok... kita mulai berkotor2 ria...
sebelumnya saya kasi cara yang mudah aja... ini untuk memudahkan teman2 yang belum terbiasa membersihkan separator dan ingin mencoba mian bengkel-bengkel an...
klo dha biasa ntar aku kasi tips lain yang bersihnya lebih tuntas...
1. perhatikan di bawah separator ada keran dari plastik...
untuk membuang isi separator, maka kancing itu perlu di buka, coba putar ke arah kanan... hati2 ini dari plastik, bisa patah....
ingat untuk membuka arah putarannya searah jarum jam...
2. kendorkan sampe lepas..... dan tampung ceceran solar pake gelas aqua, kaleng ato apa ajah biar solarnya ga ke mana2 mengotori ruang mesin..
3. klo udah lepas pencet pompa di atasnya sampe solar habis, dan perhatikan gimana 'bersihnya' solar indo...
4 pasangkan kembali kancung penutup bawah separator....
ok langkah selanjutnya buang angin..., ini dilakukan klo abis ganti filter solar, bersihkan water separator, or kehabisan solar...
1. pastikan kancing bawah dah terpasang rapat...
2. di atas di dekan pencetan pompa, ada baut kecil ukuran 10...
nah itu di kendorkan... terus di pompa... klo kerasa ada angin keluar dari sana, berarti dah cukup longgar..
klo blom kerasa ada udara keluar dari sana berarti kurang longgar...
3. kita masuk ke main course..
bagi yang mobilnya tua, siapkan tenaga extra buat pompanya hehe... habisnya kadang berlangsung lama..
pompa terus sampe ada solar keluar dr baut itu...
4. awal2 solar yang keluar berbusa... teruskan sampai kira2 yang keluar cuman solar ga ada gelembung udara2...
5. klo udah ga ada udara, kencangkan kembali bautnya
kemudian start mesin... klo bisa di bantu teman start di dalam...
sedang bro terus memompa2 pompa sampe terasa berat...
klo masi ringan, teruskan mesin hidup sambil di pompa tangan...
6. klo mesin terasa pincang itu artinya masi ada angin... terukan pompa, sambil teman yang di dalam memainkan pedal gas sampe klo langsam ga pincang lagi...
ok selamat anda sudah berhasil membersihkan separator plus buang angin sendiri..... bole dong bangga jadi montir jadi2an hehehe
Spoiler for Coppermine: radiator & visco fan:
Quote:
Original Posted By Coppermine►radiator bagus pa kaga harus di test bro...
berkurang krn bocor hanyalah salah satu penyakitnya...
klo lubang2 buntu, sehingga ga bisa melepas panas bukan di lihat dr bocornya..
kuras doang jg ga bisa bersih total..., klo dah lama ga pernah bersihkan, ya di coba bawa ke tukang radiator biar di sogok lubang2nya...
visco fan itu yang kipas di balakang radiator... kan ada kipas masuk ke benda bulat2 kyk tabung... nah itu di lepas terus di buka... dalemnya ada minyaknya..
coba mesin abis dipake lagi panas...
mesin di matikan, terus kipas di putar.... klo putarnya berat, tandanya minyak bagus... tp klo putarnya enteng, berarti minyak perlu di ganti...
ingat waktu meisn mati abis di pake jalan2 ya.. klo mesin dah adem ya emang enteng...
waterpump klo asnya kalah br airnya berkurang...
klo bilah2 dalemnya yang keropos ga terdeteksi bro....
ini jadi opsi ganti waterpump yang terakhir ajah klo abis bersihkan radiator dkk ga ngefek...
coba ke bengkel minta cek 4 item dulu aja... mereka lebih berpengalaman
oh klo ac di nyalain mo mati berarti bisa idle up rusak, ato idle terlalu rendah... klo ada tacho, coba di post rpm idle ama rpm ada nyala ac ya..
tp ini ga ada hubungan ama overheat broo...
ini alat cuman membantu pas idle....
normalnya rpm idle tanpa ac 800 klo ac nyala 1000
kurang2 dikit ga masalah sih, cuman kira2 ajah...
berkurang krn bocor hanyalah salah satu penyakitnya...
klo lubang2 buntu, sehingga ga bisa melepas panas bukan di lihat dr bocornya..
kuras doang jg ga bisa bersih total..., klo dah lama ga pernah bersihkan, ya di coba bawa ke tukang radiator biar di sogok lubang2nya...
visco fan itu yang kipas di balakang radiator... kan ada kipas masuk ke benda bulat2 kyk tabung... nah itu di lepas terus di buka... dalemnya ada minyaknya..
coba mesin abis dipake lagi panas...
mesin di matikan, terus kipas di putar.... klo putarnya berat, tandanya minyak bagus... tp klo putarnya enteng, berarti minyak perlu di ganti...
ingat waktu meisn mati abis di pake jalan2 ya.. klo mesin dah adem ya emang enteng...
waterpump klo asnya kalah br airnya berkurang...
klo bilah2 dalemnya yang keropos ga terdeteksi bro....
ini jadi opsi ganti waterpump yang terakhir ajah klo abis bersihkan radiator dkk ga ngefek...
coba ke bengkel minta cek 4 item dulu aja... mereka lebih berpengalaman
oh klo ac di nyalain mo mati berarti bisa idle up rusak, ato idle terlalu rendah... klo ada tacho, coba di post rpm idle ama rpm ada nyala ac ya..
tp ini ga ada hubungan ama overheat broo...
ini alat cuman membantu pas idle....
normalnya rpm idle tanpa ac 800 klo ac nyala 1000
kurang2 dikit ga masalah sih, cuman kira2 ajah...
Spoiler for 22091988 : ampere & relay:
Quote:
Original Posted By 22091988►kayanya klo ampere nya kgedean jg ga bagus klo kapasitas akinya ga gede. ntar umur pakai aki jd ga lama.
klo ga salah, arus yg baik bwt pngisian aki yg dipakai sehari2 itu skitar 10-15% dari kapasitas aki (Ah).
jd klo akinya 70Ah, arus pengisiannya sekitar 7 Ampere.klo terlalu gede dari itu, aki cepet panas n umur sel aki berkurang.
jadi pertama2 kita perkirakan aja jumlah total daya pemakaian listrik di mobil kita, lalu kita bagi dengan tegangan pada mobil yaitu 13Volt, nanti kita dapat tahu besarnya arus yg dipakai pada mobil.
buat contoh, seandainya total daya yg dipakai pada mobil 130Watt, lalu kita bagi 13 volt maka hasilnya 10 Ampere.
Berarti kita harus punya alternator dengan besar arus pengisian 17 Ampere. karena 10 amperenya dari alternator uda terpakai untuk penggunaan di mobil, maka tinggal tersisa 7 ampere yg digunakan bwt mengisi aki. jadi itu masi dalam batas aman.
itu mnurut gw.
klo ga salah, arus yg baik bwt pngisian aki yg dipakai sehari2 itu skitar 10-15% dari kapasitas aki (Ah).
jd klo akinya 70Ah, arus pengisiannya sekitar 7 Ampere.klo terlalu gede dari itu, aki cepet panas n umur sel aki berkurang.
jadi pertama2 kita perkirakan aja jumlah total daya pemakaian listrik di mobil kita, lalu kita bagi dengan tegangan pada mobil yaitu 13Volt, nanti kita dapat tahu besarnya arus yg dipakai pada mobil.
buat contoh, seandainya total daya yg dipakai pada mobil 130Watt, lalu kita bagi 13 volt maka hasilnya 10 Ampere.
Berarti kita harus punya alternator dengan besar arus pengisian 17 Ampere. karena 10 amperenya dari alternator uda terpakai untuk penggunaan di mobil, maka tinggal tersisa 7 ampere yg digunakan bwt mengisi aki. jadi itu masi dalam batas aman.
itu mnurut gw.
Quote:
Original Posted By 22091988►yg ane tau, Relay itu komponen yang digunakan sebagai saklar penghubung/pemutus untuk arus beban yang cukup besar, dikontrol oleh sinyal listrik dengan arus yang kecil.
Dengan relay, kabel yang menuju saklar tidak perlu kabel yang tebal, sebab arus yang terhubung ke saklar sangatlah kecil. slain penstabil arus, juga bwt proteksi kelistrikan aja.klo ada komponen mobil yg butuh arus besar dan sering di on-off kaya klakson ato lampu, klo tanpa relay lama2 komponen tersebut bisa rusak. dgn relay, kita cm prlu arus kecil aja bwt on-off, tp hasilnya arus yg besar bisa disuplai bwt komponen tersebut.
klo masalah ampere nya, mnurut gw, 30 Ampere ud lbh dr cukup bwt lampu, itu ud optimal.klo pake yg lbh dr itu, terminal relay nya pasti lebih gede n butuh disesuaikan dgn kabel2nya.
mungkin klo ada yg lbh paham mngenai masalah otomotif bs kasi koreksi.
Dengan relay, kabel yang menuju saklar tidak perlu kabel yang tebal, sebab arus yang terhubung ke saklar sangatlah kecil. slain penstabil arus, juga bwt proteksi kelistrikan aja.klo ada komponen mobil yg butuh arus besar dan sering di on-off kaya klakson ato lampu, klo tanpa relay lama2 komponen tersebut bisa rusak. dgn relay, kita cm prlu arus kecil aja bwt on-off, tp hasilnya arus yg besar bisa disuplai bwt komponen tersebut.
klo masalah ampere nya, mnurut gw, 30 Ampere ud lbh dr cukup bwt lampu, itu ud optimal.klo pake yg lbh dr itu, terminal relay nya pasti lebih gede n butuh disesuaikan dgn kabel2nya.
mungkin klo ada yg lbh paham mngenai masalah otomotif bs kasi koreksi.
Spoiler for kebunbunga : fuel injector cleaner:
Quote:
Original Posted By kebunbunga►@akien
kalo mobil panther u boros, bisa coba cara yang paling murah dulu, coba beli PRESTON FUEL INJECTION CLEANER , khusus untuk mesin diesel, jangan pilih yg untuk bensin..
mobil panther gw dulu jg boros, dlm kota 1:9,5.
habis itu gw kasih PRESTON FUEL INJECTION CLEANER khusus diesel, hasilnya ok banget !!
dalam kota jadi 1: 11,5 ..naik 2 km / liter ..
luar kota dulu 1:12, jadi 1:15
murah kog, harga PRESTON cuma 37ribuan ..
pemaikaian setiap 6000 km
fungsinya utk membersihkan injector mobil panther kita (2,5 L ) , membersihkan kerak2/ endapan kotoran di saluran bahan bakar, emisi gas buang lebih bersih,tarikan jadi enteng, ujung2nya BBM jadi irit..
kalo utk tune up mesin tidak harus boss pump atau nozelnya, kadang setelan bukaan mesin / fur- furan nya aja kebesaran, jadi perlu diperkecil supaya suara mesin tidak kasar. alhasil mobil panther saya Grand Royal 97 (2,5 ) yg dulunya suara mesin kasar, sinjal ,gas emisi hitam, tarikan berat , bbm boros, sekarang suara mesin diesel saya jadi halus,tidak sinjal, gas emisi normal , tarikan jadi enteng, dan yang paling utama : BBM irit book !!
coba aja. murah kog gak sampe 50 ribu udah kelihatan hasilnya !!
mudah2an bisa bermanfaat ..
kalo mobil panther u boros, bisa coba cara yang paling murah dulu, coba beli PRESTON FUEL INJECTION CLEANER , khusus untuk mesin diesel, jangan pilih yg untuk bensin..
mobil panther gw dulu jg boros, dlm kota 1:9,5.
habis itu gw kasih PRESTON FUEL INJECTION CLEANER khusus diesel, hasilnya ok banget !!
dalam kota jadi 1: 11,5 ..naik 2 km / liter ..
luar kota dulu 1:12, jadi 1:15
murah kog, harga PRESTON cuma 37ribuan ..
pemaikaian setiap 6000 km
fungsinya utk membersihkan injector mobil panther kita (2,5 L ) , membersihkan kerak2/ endapan kotoran di saluran bahan bakar, emisi gas buang lebih bersih,tarikan jadi enteng, ujung2nya BBM jadi irit..
kalo utk tune up mesin tidak harus boss pump atau nozelnya, kadang setelan bukaan mesin / fur- furan nya aja kebesaran, jadi perlu diperkecil supaya suara mesin tidak kasar. alhasil mobil panther saya Grand Royal 97 (2,5 ) yg dulunya suara mesin kasar, sinjal ,gas emisi hitam, tarikan berat , bbm boros, sekarang suara mesin diesel saya jadi halus,tidak sinjal, gas emisi normal , tarikan jadi enteng, dan yang paling utama : BBM irit book !!
coba aja. murah kog gak sampe 50 ribu udah kelihatan hasilnya !!
mudah2an bisa bermanfaat ..
Lanjutan D-I-Y Tutorial part ,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15,16,17,18
Info Lainnya(SPBU Pertadex, Seller Parts, dkk) disini
arieaduh dan 4 lainnya memberi reputasi
1
635.6K
Kutip
2.4K
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
25KThread•11.5KAnggota
Tampilkan semua post
TS
Cielo Type-R
#6
Tips Membeli Panther 2nd
Mencegah kemalingan dashboard di kucing kapsul lewat kaca belakang :
Quote:
Original Posted By launcelotus►Gan, karetnya ganti kaya kucing ane punya aja..
Ga bisa disilet dr luar. Ane udah pernah kejadian mau disilet dia ga bisa. akhirnya kesel trus ban ane kiri kanan yg gantian di silet sampe kempes.
Untung ada asuransi.. diganti deh.
Jadi si karet bagian dalem ditempel ke kaca. Karet kecil dibagian luarnya cuma seal doang. Keliatannya jg jadi lebih rapi.
Ga bisa disilet dr luar. Ane udah pernah kejadian mau disilet dia ga bisa. akhirnya kesel trus ban ane kiri kanan yg gantian di silet sampe kempes.
Untung ada asuransi.. diganti deh.
Spoiler for gambarnya:
Jadi si karet bagian dalem ditempel ke kaca. Karet kecil dibagian luarnya cuma seal doang. Keliatannya jg jadi lebih rapi.
Tips Membeli Panther 2nd
Quote:
Original Posted By bdlzz►Ane berpendapat sedikit yah....barangkali ada yg berkenan.
periksa dari ujung roda sampai ujung kap !! hehehhe.
Jangan meremehkan gejala-gejala kurang beres walaupun sedikit, sedikit2 juga bisa tambah pengeluaran.
- Buka kap mesin, lihat ada oli yg menetes/merembes tidak, terutama di oli mesin dan power steering.
- lihat radiator ada yang bocor ndak? buka penutupnya, lihat bersih atau tidak air radiator, bocor sedikit memperbaikinya juga membutuhkan waktu dan biaya.
- lihat semua parts engine bay lengkap tidak? penutup-penutup minyam rem, power steering dsb.
- cek tanki wiper dan karet wiper, berfungsi normal tidak.
- nyalakan mesin. rasakan starter masih mantap tidak? nyalakan semua lampu, lihat satu persatu. nyalakan air wiper, semprotannya masih bagus tidak, tes klakson sambil putar stir kanan dan kiri, masih bunyi bagus tidak.
- lihat kondisi mesin (bawa montir aja biar gampang).
- cek roda; lihat ban masih bagus tidak, lihat pelek, masih mulus dan lurus tidak, termasuk cek ban serep.
- lihat dengan detail seluruh bodi. putari perlahan sambil melihat masih solid atau tidak cat bodinya, baret2 sedikit mgk masih bisa ditolerir, tapi kalau penyoknya sudah lebih dari 3, itu juga PR, service bodi mobil bisa berhari-hari.
- lihat KARAT yang paling umum ada di panther. biasanya di sekitar roda dan pintu bagian bawah. kalau karat terlalu banyak juga PR service bodi.
- lihat bagian kolong, apa sudah pakai anti karat belum?, sukur2 dapat yg sudah pakai tuff kote dinol.
- coba kunci alarm, berfungsi dg baik tidak, alarm berfungsi normal tidak, syukur2 dapat alaram yg bagus.
- buka pintu, coba semua rasakan bantingannya saat ditutup, masih bagus tidak. buka pintu dan angkat sedikit ke atas, koplak tidak. koplak dan bantingan yg keras jadi perlu setel pintu. itu bisa jadi PR juga. cari yg pintunya masih bagus, tidak koplak dan bantingannya enak.
- masuk ke dalam interior. coba semua tombol driver; wiper, sein, power window naikkan dan turunkan, masih bagus tidak. terutama lihat power window bagian tengah kanan dan kiri.
- lihat door trim pintu, masih rapat dan kokoh tidak.
- coba audionya.
- lihat semua kursi, rasakan dan tes setelan kursi.
- nyalakan mesin, tutup semua pintu. rasakan apakah kedap suara atau tidak. membuat kabin kedap suara juga butuh waktu dan biaya. tetapi mendapat mobil yg sdh kedap suara juga lebih baik lagi.
- nyalakan AC, hidupkan double blower. cek semua knob AC, masih normal tidak. dengarkan ada suara aneh tidak ketika AC on dan off. suara aneh AC itu pertanda siap-siap ke ATM hehehehe....
- tes drive. jalankan mobil, rasakan kopling nyaman tidak, rem, pedal gas, steering, rasakan ada roda yang kurang sempurna tidak; bunyi, bergelombang, kalau sanggup, periksa roda sekalian; dongkrak bagian belakang, goyang roda ada bearing yg kocak tidak. demikian juga roda depan.
- rasakan tenaga yg muncul dari speed 60 - 80 km/h. ada bunyi2an tidak. bila ada suara dengung pada kisaran kecepatan itu, berarti ada bearing yang aus; bisa roda atau gardan.
- rasakan getaran mesin ketika berhenti dan masuk gigi 2 dan 3. getaran yg lebih halus akan lebih baik. (halus versi diesel yah...)
- lihat karpet dasar, berapa lapis. lebih tebal lebih bagus.
- lihat kaca film. lebih bagus lebih baik, paling tidak sdh Solar guard/spectrum/3M/Llumar/Vkool. kaca film jelek juga kita jadi kurang puas.
Kebanyakan ya....hehehe....
Intinya, kalau bisa dapat yang kondisi lengkap dan normal, kita ndak perlu lagi bolak-balik ke bengkel untuk perbaikan ini itu. paling tidak ke bengkel sekedar untuk mengganti semua oli; mesin/transmisi/gardan/rem/power steering/filter udara sbg. hanya tune up. atau ke bengkel variasi hanya untuk mempercantik mobil.
Maaf bila kurang berkenan, CMIIW.
Wassalam.
periksa dari ujung roda sampai ujung kap !! hehehhe.
Jangan meremehkan gejala-gejala kurang beres walaupun sedikit, sedikit2 juga bisa tambah pengeluaran.
- Buka kap mesin, lihat ada oli yg menetes/merembes tidak, terutama di oli mesin dan power steering.
- lihat radiator ada yang bocor ndak? buka penutupnya, lihat bersih atau tidak air radiator, bocor sedikit memperbaikinya juga membutuhkan waktu dan biaya.
- lihat semua parts engine bay lengkap tidak? penutup-penutup minyam rem, power steering dsb.
- cek tanki wiper dan karet wiper, berfungsi normal tidak.
- nyalakan mesin. rasakan starter masih mantap tidak? nyalakan semua lampu, lihat satu persatu. nyalakan air wiper, semprotannya masih bagus tidak, tes klakson sambil putar stir kanan dan kiri, masih bunyi bagus tidak.
- lihat kondisi mesin (bawa montir aja biar gampang).
- cek roda; lihat ban masih bagus tidak, lihat pelek, masih mulus dan lurus tidak, termasuk cek ban serep.
- lihat dengan detail seluruh bodi. putari perlahan sambil melihat masih solid atau tidak cat bodinya, baret2 sedikit mgk masih bisa ditolerir, tapi kalau penyoknya sudah lebih dari 3, itu juga PR, service bodi mobil bisa berhari-hari.
- lihat KARAT yang paling umum ada di panther. biasanya di sekitar roda dan pintu bagian bawah. kalau karat terlalu banyak juga PR service bodi.
- lihat bagian kolong, apa sudah pakai anti karat belum?, sukur2 dapat yg sudah pakai tuff kote dinol.
- coba kunci alarm, berfungsi dg baik tidak, alarm berfungsi normal tidak, syukur2 dapat alaram yg bagus.
- buka pintu, coba semua rasakan bantingannya saat ditutup, masih bagus tidak. buka pintu dan angkat sedikit ke atas, koplak tidak. koplak dan bantingan yg keras jadi perlu setel pintu. itu bisa jadi PR juga. cari yg pintunya masih bagus, tidak koplak dan bantingannya enak.
- masuk ke dalam interior. coba semua tombol driver; wiper, sein, power window naikkan dan turunkan, masih bagus tidak. terutama lihat power window bagian tengah kanan dan kiri.
- lihat door trim pintu, masih rapat dan kokoh tidak.
- coba audionya.
- lihat semua kursi, rasakan dan tes setelan kursi.
- nyalakan mesin, tutup semua pintu. rasakan apakah kedap suara atau tidak. membuat kabin kedap suara juga butuh waktu dan biaya. tetapi mendapat mobil yg sdh kedap suara juga lebih baik lagi.
- nyalakan AC, hidupkan double blower. cek semua knob AC, masih normal tidak. dengarkan ada suara aneh tidak ketika AC on dan off. suara aneh AC itu pertanda siap-siap ke ATM hehehehe....
- tes drive. jalankan mobil, rasakan kopling nyaman tidak, rem, pedal gas, steering, rasakan ada roda yang kurang sempurna tidak; bunyi, bergelombang, kalau sanggup, periksa roda sekalian; dongkrak bagian belakang, goyang roda ada bearing yg kocak tidak. demikian juga roda depan.
- rasakan tenaga yg muncul dari speed 60 - 80 km/h. ada bunyi2an tidak. bila ada suara dengung pada kisaran kecepatan itu, berarti ada bearing yang aus; bisa roda atau gardan.
- rasakan getaran mesin ketika berhenti dan masuk gigi 2 dan 3. getaran yg lebih halus akan lebih baik. (halus versi diesel yah...)
- lihat karpet dasar, berapa lapis. lebih tebal lebih bagus.
- lihat kaca film. lebih bagus lebih baik, paling tidak sdh Solar guard/spectrum/3M/Llumar/Vkool. kaca film jelek juga kita jadi kurang puas.
Kebanyakan ya....hehehe....
Intinya, kalau bisa dapat yang kondisi lengkap dan normal, kita ndak perlu lagi bolak-balik ke bengkel untuk perbaikan ini itu. paling tidak ke bengkel sekedar untuk mengganti semua oli; mesin/transmisi/gardan/rem/power steering/filter udara sbg. hanya tune up. atau ke bengkel variasi hanya untuk mempercantik mobil.
Maaf bila kurang berkenan, CMIIW.
Wassalam.
0
Kutip
Balas