- Beranda
- The Lounge
Ini Alasan Kenapa Menyalakan Lampu Kendaraan Siang Hari ( Fisika )
...
TS
thecovenant
Ini Alasan Kenapa Menyalakan Lampu Kendaraan Siang Hari ( Fisika )
Thanks Kaskuser, This is my First HT
And
ALWAYS REMEMBER SAFETY RIDING
Untuk tambahan ilmu,kaskuser baca juga komen dan saran penting dari kaskuser lainnya di POS 5
Spoiler for HT:
And
ALWAYS REMEMBER SAFETY RIDING
Untuk tambahan ilmu,kaskuser baca juga komen dan saran penting dari kaskuser lainnya di POS 5
Bila berkenan berilah
buat yang belum ISO berilah 
Quote:
Sebagian dari kita pasti masih ada yang belum tau kenapa harus nyalain lampu kendaraan di terang hari
Mari kita ingat pelajaran Fisika yang dulu pernah kita pelajari
Menurut ilmu Fisika Perhitungan Kecepatan Cahaya Adalah Sebagai berikut:
cahaya memiliki kecepatan
300.000 km/detik = 1.080.000.000 Km/jam
sedangkan kecepatan suara
hanya344 m/detik = 1238 km/jam
ini berarti membuktikan respon yang lebih dulu di tangkap oleh pengendara lain adalah cahaya ketimbang suara, sebagai contoh saat agan nyalain lampu kendaraan walau terang hari,cahaya lampu headlamp akan segera terlihat oleh kendaraan lain melalui spion.
Contoh lain bila agan mengendarai mobil pribadi,apalagi dengan window tertutup, secara otomatis suara klakson kendaraan lain pasti tidak terlalu terdengar begitu jelas di dalam mobil. Apalagi kita pasti sering melihat akhir akhir ini pengendara yang senang berkendara sambil mendengar musik
misalnya.
Mungkin agan yang mengendarai motor ingin mencoba mendahului kendaraan di depannya, akan tetapi belum tentu klakson yang agan bunyikan terdengar oleh pengendara di depan agan.
Dan inilah cara lain agan memberi sign pd pengendara lain terutama MOBIL yaitu dengan menyalakan lampu kendaraan untuk memberitahu kendaraan lain.
Contoh lain bila agan mengendarai mobil pribadi,apalagi dengan window tertutup, secara otomatis suara klakson kendaraan lain pasti tidak terlalu terdengar begitu jelas di dalam mobil. Apalagi kita pasti sering melihat akhir akhir ini pengendara yang senang berkendara sambil mendengar musik
misalnya.Mungkin agan yang mengendarai motor ingin mencoba mendahului kendaraan di depannya, akan tetapi belum tentu klakson yang agan bunyikan terdengar oleh pengendara di depan agan.
Dan inilah cara lain agan memberi sign pd pengendara lain terutama MOBIL yaitu dengan menyalakan lampu kendaraan untuk memberitahu kendaraan lain.
Spoiler for ilustrasi:
Quote:
FAQ
Q: Gan ente polisi ya?
A: Bukan gan,ane cuma ngeshare Pengetahuan
Q: Gan ente bantuin polisi ya?
A: Ga Ada Urusan ane sama Polisi,sekali lagi cuma ngeshare Pengetahuan
Q: Gan tu ilmiah dari mana?
A: Itu ilmu fisika gan
Q: Gan accunya kan bisa boros?
A: Bener gan,tp klo kita kecelakaan dan masuk rumah sakit,mahalnya harga accu jd ga sebanding gan.
Q:Gan kalo siang kan ga keliatan cahayanya?
A: coba praktekin gan. emang sih cahaya yg di pancarkan ga keliatan tp pantulan cahayanya tetep mantul di spion(cermin) kendaraan yg lain.
Q: gan kalo lampu dinyalain trus bisa pemanasan global?
A:
wah ane juga ga tau dari mana dasarnya bs pemanasan global, ane cuma mikir kenapa peraturan tu di buat dan berdasarkan apa?
Q: Owh gitu gan,tapi ane nyalain lampu karena takut di tilang gan?
A: Gpp gan,urusan menaati peraturan adalah urusan kesadaran masing masing.
Q: Gan sistem ini ga efektif, boros accu,bohlam, dan ada juga yg ga mau liat spion?
A: Kurang lebih dari sistem ini bila agan protes,agan bisa protes sama yang ngeluarin peraturan ini. Sekali lagi ane hanya menjelaskan dari FISIKA dasar aja.
Q: Tapi masih tetep aja banyak yg kecelakaan gan?
A: MASALAH KECELAKAAN ADALAH MASALAH KESADARAN MASING MASING DALAM MENGIKUTI TATA TERTIB LALIN.
Q: wah trims gan infonya..
A: Sama sama gan
Q: Gan ente polisi ya?
A: Bukan gan,ane cuma ngeshare Pengetahuan
Q: Gan ente bantuin polisi ya?
A: Ga Ada Urusan ane sama Polisi,sekali lagi cuma ngeshare Pengetahuan
Q: Gan tu ilmiah dari mana?
A: Itu ilmu fisika gan
Q: Gan accunya kan bisa boros?
A: Bener gan,tp klo kita kecelakaan dan masuk rumah sakit,mahalnya harga accu jd ga sebanding gan.
Q:Gan kalo siang kan ga keliatan cahayanya?
A: coba praktekin gan. emang sih cahaya yg di pancarkan ga keliatan tp pantulan cahayanya tetep mantul di spion(cermin) kendaraan yg lain.
Q: gan kalo lampu dinyalain trus bisa pemanasan global?
A:
wah ane juga ga tau dari mana dasarnya bs pemanasan global, ane cuma mikir kenapa peraturan tu di buat dan berdasarkan apa?Q: Owh gitu gan,tapi ane nyalain lampu karena takut di tilang gan?
A: Gpp gan,urusan menaati peraturan adalah urusan kesadaran masing masing.
Q: Gan sistem ini ga efektif, boros accu,bohlam, dan ada juga yg ga mau liat spion?
A: Kurang lebih dari sistem ini bila agan protes,agan bisa protes sama yang ngeluarin peraturan ini. Sekali lagi ane hanya menjelaskan dari FISIKA dasar aja.
Q: Tapi masih tetep aja banyak yg kecelakaan gan?
A: MASALAH KECELAKAAN ADALAH MASALAH KESADARAN MASING MASING DALAM MENGIKUTI TATA TERTIB LALIN.
Q: wah trims gan infonya..
A: Sama sama gan
Quote:
Ane pengendara juga gan, mengingat Safety Riding itu penting apalagi kita semua masih punya keluarga,sahabat dan temen pasti mereka semua pengen kita selamat.
"Gan ini bisa membuat kita silau", Nih ane kasih penjelasannya :
Quote:
Spoiler for cekidot:
Quote:
Lampu motor membuat silau?
Kata siapa? Pernahkah anda merasa silau melihat lampu motor lain menyala di siang hari? Lampu motor yang menyala hanya menimbulkan biasan di sekitar sumbernya saja ketika kita melihatnya. Tak akan silau karena sinar lampu tersebut jelas terkalahkan oleh sinar ultra violet. Sinar ultra violet yang dihasilkan matahari meredam cahaya yang dihasilkan bohlam sehingga jarak jangkaunya melemah.
Kata siapa? Pernahkah anda merasa silau melihat lampu motor lain menyala di siang hari? Lampu motor yang menyala hanya menimbulkan biasan di sekitar sumbernya saja ketika kita melihatnya. Tak akan silau karena sinar lampu tersebut jelas terkalahkan oleh sinar ultra violet. Sinar ultra violet yang dihasilkan matahari meredam cahaya yang dihasilkan bohlam sehingga jarak jangkaunya melemah.
Quote:
Contoh Uji Coba :
Coba sesekali ketika macet anda berhenti di belakang mobil berwarna hitam. Perhatikan. Refleksi cahaya lampu motor anda di body mobil tersebut. Bandingkan refleksi tersebut antara siang dan malam. Refleksi cahaya motor anda disiang hari lebih lemah ketimbang refleksi saat malam. Bahkan disiang hari, melalui refleksi di body mobil anda bisa melihat jelas detail lampu motor anda. Ini membuktikan bahwa intensitas cahaya lampu saat siang lebih lemah. So, alasan silau tidak bisa dijadikan alasan kuat untuk membantah atau mencari kelemahan aturan ini. Aturan menyalakan lampu adalah aturan tak berdasar.
Coba sesekali ketika macet anda berhenti di belakang mobil berwarna hitam. Perhatikan. Refleksi cahaya lampu motor anda di body mobil tersebut. Bandingkan refleksi tersebut antara siang dan malam. Refleksi cahaya motor anda disiang hari lebih lemah ketimbang refleksi saat malam. Bahkan disiang hari, melalui refleksi di body mobil anda bisa melihat jelas detail lampu motor anda. Ini membuktikan bahwa intensitas cahaya lampu saat siang lebih lemah. So, alasan silau tidak bisa dijadikan alasan kuat untuk membantah atau mencari kelemahan aturan ini. Aturan menyalakan lampu adalah aturan tak berdasar.
"Gan ini bisa membuat Aki Boros", untuk itu motor sekarang ada ALTERNATOR,lebih jelasnya yuk kita sama sama belajar :
Quote:
Spoiler for Alternator:
Quote:
Alternator atau generator atau magnetos menghasilkan tenaga listrik AC (alternating current, atau listrik bolak-balik). Arus AC ini dapat digunakan untuk menyalakan headlamp, lampu senja, lampu speedometer, dan juga sistem pengapian
Alternator merupakan komponen pembangkit listrik pada sepeda motor. Fungsinya adalah mengubah energi gerak (kinetik) menjadi energi listrik. Alternator terdiri dari dua bagian, yaitu 1) stator dan 2) rotor magnet atau flywheel magnet.
Stator berupa inti (core) besi yang terbentuk atas lapisan plat-plat tipis dengan sejumlah pole yang tersusun melingkar, seperti jari-jari pada roda pedati (kereta kayu yang ditarik oleh sapi atau kuda). Seutas kawat tembaga dililitkan sebanyak sekian lilitan/putaran di tiap-tiap pole. Ada pula stator yang terdiri dari tiga kumparan kawat tembaga untuk menghasilkan tiga arus listrik AC, disebut stator 3-phase. Stator ini bisa dikenali dari tiga kabel berwarna kuning atau putih sebagai jalur output AC.
Stator bisa memiliki berbagai desain … bisa terdiri dari satu hingga beberapa pole … bisa terdiri dari satu atau lebih kawat tembaga, tergantung spesifikasi output yang diinginkan. Tapi pada dasarnya semua stator memiliki prinsip kerja yang sama.
Flywheel magnet berupa “mangkok” bermagnet yang terdiri dari sepasang magnet — kutub S (South, Selatan) dan kutub N (North, Utara) — yang bergerak memutari stator. Jika magnet ini bergerak melewati kumparan pada stator akan menghasilkan energi listrik. Besarnya energi listrik ini tergantung dari jumlah lilitan kawat, diameter kawat, kekuatan magnet, juga kecepatan putaran magnet.
Beberapa sepeda motor ada yang memiliki dua stator, salah satunya biasanya digunakan untuk sistem pengapian. Biasanya motor dengan sistem pengapian AC menganut metode ini.
Ada juga stator yang dilengkapi dengan pulser — biasanya diletakkan di sisi luar flywheel magnet. Pulser bertugas untuk mengirim “pulsa” atau “denyut” listrik ke CDI sesuai sudut crank melalui satu atau beberapa benjolan (reluctor) yang menempel di sisi luar flywheel magnet. Fungsi utama pulser adalah menentukan timing pengapian. CDI kemudian akan mengalirkan arus listrik ke koil pengapian (ignition coil) sesuai timing pengapian. Di dalam koil pengapian ini tegangan listrik akan dilipat-gandakan hingga lebih dari 10 ribu volt, yang selanjutkan dialirkan ke busi.
sumber
Spoiler for From Kaskuser:
Quote:
Original Posted By Flazz.X►gan nambahin dikit nih soal aki boros
sebenernya aki itu cuman digunain buat stater doang
setelah mesin nyala, semua komponen kelistrikan diambil alih sama sistem pengisian (alternator, regulator, kiprok/dioda)
pernah penasaran gk kenapa kalo gas dibuka lebar, lampu makin terang, kalo lagi idling malah rada redup?
itu karena motor agan kelistrikan buat lampu nya masih menggunakan sistem AC (alternate current), rata rata motor bebek sama motor matic
kalo AC, sumber listrik dari sistem pengisian, kalo DC (direct current) langsung dari aki
itulah kenapa rata" motor bebek gk bisa nyala lampunya, sedangkan motor laki bisa nyala lampunya walaupun mesin mati
dan 1 lagi, tegangan dari sistem pengisian lebih besar (14 V - 16 V) dari tegangan aki (12,4 V)
itulah kenapa sistem pengisian bisa nge-charge aki sekaligus jadi sumber listrik saat kendaraan nyala
jadi gk usah takut aki boros
apalagi agan pake lampu / sistem penerangan standard
pasti udah dihitung dong gan sama pembuatnya
gk mungkin aki jadi boros / tekor
kecuali sistem pengisian agan bermasalah
taro pejwan kalo berkenan gan
sebenernya aki itu cuman digunain buat stater doang
setelah mesin nyala, semua komponen kelistrikan diambil alih sama sistem pengisian (alternator, regulator, kiprok/dioda)
pernah penasaran gk kenapa kalo gas dibuka lebar, lampu makin terang, kalo lagi idling malah rada redup?
itu karena motor agan kelistrikan buat lampu nya masih menggunakan sistem AC (alternate current), rata rata motor bebek sama motor matic
kalo AC, sumber listrik dari sistem pengisian, kalo DC (direct current) langsung dari aki
itulah kenapa rata" motor bebek gk bisa nyala lampunya, sedangkan motor laki bisa nyala lampunya walaupun mesin mati
dan 1 lagi, tegangan dari sistem pengisian lebih besar (14 V - 16 V) dari tegangan aki (12,4 V)
itulah kenapa sistem pengisian bisa nge-charge aki sekaligus jadi sumber listrik saat kendaraan nyala
jadi gk usah takut aki boros
apalagi agan pake lampu / sistem penerangan standard
pasti udah dihitung dong gan sama pembuatnya
gk mungkin aki jadi boros / tekor
kecuali sistem pengisian agan bermasalah
taro pejwan kalo berkenan gan

Sekian trit ane semoga bermanfaat.

Thanks Buat Kaskuser yang sudah Kasih ane
& 
Spoiler for :
Alasan Lain Kenapa Harus Menyalakan Lampu Kendaraan
Spoiler for :
Quote:
Original Posted By petani.jengkol►gini gan gini.....
ini alasan nya knp siang2 kudu nyalain lampu...
1. mengurangi cost produksi pabrikan dalam pembuatan saklar lampu (krn motor skrg dah ga pake saklar lampu, jadi posisi lampu "always on" misalnya suzuki hayate)
2. meningkatkan penjualan bohlam lampu motor, kasian bengkel yg udah nyeok lampu tp ga ada yg beli
3. bner kata agan TS di atas tadi, di jalanan org paling respon dengan cahaya, secara ga mungkin ada org buta mengendarai kendaraan bermotor, tp kl org budek msh bisa mengendarai kendaraan bermotor, buktinya udah di klakson aja pada ga mau minggir....
4. ini yg terakhir gan....jangan percaya komeng ane gan, krn ini cm hasil riset pribadi aja
ini alasan nya knp siang2 kudu nyalain lampu...
1. mengurangi cost produksi pabrikan dalam pembuatan saklar lampu (krn motor skrg dah ga pake saklar lampu, jadi posisi lampu "always on" misalnya suzuki hayate)
2. meningkatkan penjualan bohlam lampu motor, kasian bengkel yg udah nyeok lampu tp ga ada yg beli
3. bner kata agan TS di atas tadi, di jalanan org paling respon dengan cahaya, secara ga mungkin ada org buta mengendarai kendaraan bermotor, tp kl org budek msh bisa mengendarai kendaraan bermotor, buktinya udah di klakson aja pada ga mau minggir....
4. ini yg terakhir gan....jangan percaya komeng ane gan, krn ini cm hasil riset pribadi aja
Quote:
Original Posted By Jerryjulistus►kl TS menjelaskan dr sisi fisika, maka ane akan menjelaskan dr sisi biologi.
lampu utama itu memiliki 2 fungsi:
utk yg pertama kayaknya semua org udeh pd tahu deh, jd ane gak perlu jelasin.
ane akan jelasin yg kedua, yaitu sebagai indikator bagi org lain. sebagian sdh di jelasin ama TS diatas, tp msh ada lg yg msh terlewatkan oleh sebagian org, yaitu utk melawan efek fatamorgana. ini penjelasannya: http://id.wikipedia.org/wiki/Fatamorgana
jd ketika kita hendak menyeberang jalan yg kosong , kita pasti akan menengok kekiri dan kekanan, nah ketika siang hari yg sangat terik, biasanya kita akan melihat seperti adanya genangan air di kejauhan, dan object kecil seperti motor akan sulit utk di deteksi jaraknya, sehingga kita tidak bisa menentukan jarak motor tsb dgn tepat, dan jgn lupa, ketika matahari sangat terik, kita pasti akan menyipitkan mata kita, fungsinya utk mengurangi cahaya yg masuk ke kornea mata kita, sedangkan pupil mata yg fungsinya utk mengatur cahaya yg masuk blm mampu dengan cepat utk mengecil, bahkan kadang kita msh jg menggunakan tangan kita di atas mata (posisi hormat) utk mengurangi cahaya yg masuk.
nah ketika kita sulit utk menentukan jarak motor tsb, lampu utama motor adalah solusinya, kita bisa langsung mengetahui jarak motor tsb dgn cepat.
begitu jg lampu blkg, jika kita menyalakan lampu utama otomatis lampu blkg jg akan menyala, fungsinya adalah utk memberikan indikator pd pengendara di blkg kita KETIKA KITA MASUK KE DAERAH GELAP, (contoh: dibawah bayangan pohon)
ketika kita berada di bawah sinar matahari, pupil mata kita mengecil, nah ketika kita tiba2 berada di bawah bayangan pohon atau gedung, pupil mata kita membutuhkan waktu utk membesar (beradaptasi), nah lampu blkg motor adalah satu2nya object yg msh bisa ditangkap oleh mata ketika pupil mata sdg beradaptasi.
sbg contoh: ketika kita mematikan lampu di kamar, kita pasti akan merasa buta dan membutuhkan waktu bbrp saat spy kita bisa melihat sekitar kita. begitupun jika kita menyalakan lampu, otomatis kita akan memejamkan mata utk mengurangi sinar yg masuk.
sekian penjelasan dr ane, semoga membantu.
taro pejwan gan buat nambahin penjelasan.
lampu utama itu memiliki 2 fungsi:
- sebagai penerangan pd malam hari.
- sebagai indikator bagi orang lain pd siang hari.
utk yg pertama kayaknya semua org udeh pd tahu deh, jd ane gak perlu jelasin.
ane akan jelasin yg kedua, yaitu sebagai indikator bagi org lain. sebagian sdh di jelasin ama TS diatas, tp msh ada lg yg msh terlewatkan oleh sebagian org, yaitu utk melawan efek fatamorgana. ini penjelasannya: http://id.wikipedia.org/wiki/Fatamorgana
jd ketika kita hendak menyeberang jalan yg kosong , kita pasti akan menengok kekiri dan kekanan, nah ketika siang hari yg sangat terik, biasanya kita akan melihat seperti adanya genangan air di kejauhan, dan object kecil seperti motor akan sulit utk di deteksi jaraknya, sehingga kita tidak bisa menentukan jarak motor tsb dgn tepat, dan jgn lupa, ketika matahari sangat terik, kita pasti akan menyipitkan mata kita, fungsinya utk mengurangi cahaya yg masuk ke kornea mata kita, sedangkan pupil mata yg fungsinya utk mengatur cahaya yg masuk blm mampu dengan cepat utk mengecil, bahkan kadang kita msh jg menggunakan tangan kita di atas mata (posisi hormat) utk mengurangi cahaya yg masuk.
nah ketika kita sulit utk menentukan jarak motor tsb, lampu utama motor adalah solusinya, kita bisa langsung mengetahui jarak motor tsb dgn cepat.
begitu jg lampu blkg, jika kita menyalakan lampu utama otomatis lampu blkg jg akan menyala, fungsinya adalah utk memberikan indikator pd pengendara di blkg kita KETIKA KITA MASUK KE DAERAH GELAP, (contoh: dibawah bayangan pohon)
ketika kita berada di bawah sinar matahari, pupil mata kita mengecil, nah ketika kita tiba2 berada di bawah bayangan pohon atau gedung, pupil mata kita membutuhkan waktu utk membesar (beradaptasi), nah lampu blkg motor adalah satu2nya object yg msh bisa ditangkap oleh mata ketika pupil mata sdg beradaptasi.
sbg contoh: ketika kita mematikan lampu di kamar, kita pasti akan merasa buta dan membutuhkan waktu bbrp saat spy kita bisa melihat sekitar kita. begitupun jika kita menyalakan lampu, otomatis kita akan memejamkan mata utk mengurangi sinar yg masuk.
sekian penjelasan dr ane, semoga membantu.
taro pejwan gan buat nambahin penjelasan.
Kaskuser yang meghitung dari segi EKONOMI

Quote:
Original Posted By zetha22►ane malah baru tw kalo sering nyalain lampu malah cepet ngerusak aki,. kalo motornya cc gede sih iya, cz lampunya langsung ngambil dari aki, lah kalo motor2 yg rata2 di jalan kan dia pake putaran mesin... ane udah 4tahun ngga pernah ganti aki tuh, malah masih bisa buat stater...
lgian harga bohlam lampu itu cuman sekitar 20an, aki baru yaa paling 300an...
paling cepet2 rusak yaa 1,5tahun lah...
seandainya di tilang cz lampu nyogoknya 50, kalo sering di tilang yaa tekor juga lebih dari harga aki n bohlamnya,. blum lagi kalo kecelakaan, kan bisa nyampe ratusan...
haduh2... ngga cerdas nihh yg pemikirannya kaya gtu...
lgian harga bohlam lampu itu cuman sekitar 20an, aki baru yaa paling 300an...
paling cepet2 rusak yaa 1,5tahun lah...
seandainya di tilang cz lampu nyogoknya 50, kalo sering di tilang yaa tekor juga lebih dari harga aki n bohlamnya,. blum lagi kalo kecelakaan, kan bisa nyampe ratusan...
haduh2... ngga cerdas nihh yg pemikirannya kaya gtu...
Nice Comment and Real Experience Another Kaskuser
Spoiler for Must Read!!!:
Quote:
Original Posted By athonksama►sebenernya masih kurang gan.
kurang spion standar. kalo spion modifikasi yg kecil msh gak keliatan.
sebenernya semua ada itungannya. kadang kita aja yg merasa nyawa lebih murah daripada aki. nyawa ilang lebih gaul dari pada spion asli bawaan.
kurang spion standar. kalo spion modifikasi yg kecil msh gak keliatan.
sebenernya semua ada itungannya. kadang kita aja yg merasa nyawa lebih murah daripada aki. nyawa ilang lebih gaul dari pada spion asli bawaan.
Quote:
Original Posted By hajirama1►ane paling benci ama yg slengek-an pake motor kecil gaya kek pegang moge 
ane termasuk orang yang paling getol nyalain lampu di siang hari dan ngingetin keluarga ane buat nyalain lampu
apadaya selalu dianggap "boros accu", padahal gak nyalain lampu malah "boros nyawa"
buat yg masih slengek-an + gak nyalain lampu sambil ngebut" sana-sini
mending intropeksi diri dulu lah
kalo celaka sendiri sih itu derita lo, kalau bawa celaka orang lain apalagi sampai bawa nyawa orang lain makan tuh "boros accu"

ane termasuk orang yang paling getol nyalain lampu di siang hari dan ngingetin keluarga ane buat nyalain lampu

apadaya selalu dianggap "boros accu", padahal gak nyalain lampu malah "boros nyawa"

buat yg masih slengek-an + gak nyalain lampu sambil ngebut" sana-sini
mending intropeksi diri dulu lah

kalo celaka sendiri sih itu derita lo, kalau bawa celaka orang lain apalagi sampai bawa nyawa orang lain makan tuh "boros accu"
Quote:
Original Posted By grey.spark►
kembali kasih gan
oh...jd kelupaan
terakhir saya membumi akhir juli lalu. membumi gara2 spd mtr saya ditusbol motor lain dr blakang
jadi saat itu skitar jam 4 sore, jalan lg lengang2nya....dan saya berada di jalan yg teduh oleh rimbunan pepohonan (jalur ijo gan).
di dpan cuma ada MX yg jalannya agak d tngah, namun agak lambat.
saya putuskan utk salip dia dari kanan
lirik spion kanan, belakang kosong!
lirik spion kiri, belakang kosong!
hidupkan sein kanan, n saya mulai bergeser ke kanan.
sesaat setelah geser kanan (masih d blakang MX), saya plintir gas lbh dalem..
tapi bukannya spd mtr melaju dgn lbh cepat, eh di buritan ada sensasi bhwa motor malah ketarik ke arah belakang, dan.......mak BRUAKKK!!
penglihatan tiba2 nge-blank....leher, punggung, bahu n tangan nyeri bukan main..
eh trnyata saya lg tergeletak d tngah jalan.
saya liat, motor saya lg "berasyik-masyuk" ama supra x
ban dpan supranya masuk ke antara ban blkg n knalpot motor saya..
si Bapak yg nabrak saya trnyata jatuh terduduk ga jauh dari saya.....dan dia memaki-maki saya, kurang lebihnya menuduh bhwa saya sengaja ngehalangin jalannya saat dia melaju kencang
waddefakkk???!!
mana saya tau dia ada d blkg saya? apalagi tentang dia yg lg ngebut?
lha wong kliatan di spion aja kagak
setelah saya pastikan, eh trnyata headlamp supranya gak idup..
pantes aja dia gak keliatan di spion
terlebih kondisi jalan saat itu agak gelap, penuh bayang2 rimbunan pohon.
terlebih motor si Bapak warna hitam. Bpknya pake jaket n helm warna hitam pula..
[singkat cerita, akhirnya saya menang dlm kasus ini. krn d daerah sini, aturan lampu nyala siang hari lumayan didisiplinkan]
memang, mata ini dapat melihat dgn normal..
TAPI KALAU TIDAK ADA "SUPPORT" BERUPA KESADARAN DARI PENGGUNA JALAN LAIN, ya wajar2 aja kalau mereka tdk trlihat d spion (meski mereka tdk berada area d blind spot), n trjadilah kecelakaan konyol yg semestinya bisa dicegah
akhirnya, melayang lbh dari 500rebu utk biaya pengobatan saya gara2 seseorang "eman" dgn bulb headlamp motornya
padahal itu duit mau saya pake utk ke Bali sama temen2 pas 17 agustusan gan
dan saat itu saya berperan sbg koordinator tunggal (utk acara wisata tsb).
Dgn berat hati akhirnya saya sampaikan batalnya keberangkatan saya kpd tmn2..dan krn saya batal, semuanya jg ikutan batal (tentunya mereka kecewa sih)..
Bayangkan,,
hanya krn seseorang ogah menggerakkan jempol kanannya utk geser saklar lampu utama, efeknya ada orang lain yg rugi materi, kesakitan, n tentunya menanggung MALU
*maaf jika ada kesan curcol
kembali kasih gan

oh...jd kelupaan

terakhir saya membumi akhir juli lalu. membumi gara2 spd mtr saya ditusbol motor lain dr blakang

jadi saat itu skitar jam 4 sore, jalan lg lengang2nya....dan saya berada di jalan yg teduh oleh rimbunan pepohonan (jalur ijo gan).
di dpan cuma ada MX yg jalannya agak d tngah, namun agak lambat.
saya putuskan utk salip dia dari kanan

lirik spion kanan, belakang kosong!
lirik spion kiri, belakang kosong!
hidupkan sein kanan, n saya mulai bergeser ke kanan.
sesaat setelah geser kanan (masih d blakang MX), saya plintir gas lbh dalem..
tapi bukannya spd mtr melaju dgn lbh cepat, eh di buritan ada sensasi bhwa motor malah ketarik ke arah belakang, dan.......mak BRUAKKK!!
penglihatan tiba2 nge-blank....leher, punggung, bahu n tangan nyeri bukan main..
eh trnyata saya lg tergeletak d tngah jalan.
saya liat, motor saya lg "berasyik-masyuk" ama supra x

ban dpan supranya masuk ke antara ban blkg n knalpot motor saya..

si Bapak yg nabrak saya trnyata jatuh terduduk ga jauh dari saya.....dan dia memaki-maki saya, kurang lebihnya menuduh bhwa saya sengaja ngehalangin jalannya saat dia melaju kencang
waddefakkk???!!

mana saya tau dia ada d blkg saya? apalagi tentang dia yg lg ngebut?
lha wong kliatan di spion aja kagak

setelah saya pastikan, eh trnyata headlamp supranya gak idup..
pantes aja dia gak keliatan di spion

terlebih kondisi jalan saat itu agak gelap, penuh bayang2 rimbunan pohon.
terlebih motor si Bapak warna hitam. Bpknya pake jaket n helm warna hitam pula..

[singkat cerita, akhirnya saya menang dlm kasus ini. krn d daerah sini, aturan lampu nyala siang hari lumayan didisiplinkan]
memang, mata ini dapat melihat dgn normal..
TAPI KALAU TIDAK ADA "SUPPORT" BERUPA KESADARAN DARI PENGGUNA JALAN LAIN, ya wajar2 aja kalau mereka tdk trlihat d spion (meski mereka tdk berada area d blind spot), n trjadilah kecelakaan konyol yg semestinya bisa dicegah

akhirnya, melayang lbh dari 500rebu utk biaya pengobatan saya gara2 seseorang "eman" dgn bulb headlamp motornya

padahal itu duit mau saya pake utk ke Bali sama temen2 pas 17 agustusan gan

dan saat itu saya berperan sbg koordinator tunggal (utk acara wisata tsb).
Dgn berat hati akhirnya saya sampaikan batalnya keberangkatan saya kpd tmn2..dan krn saya batal, semuanya jg ikutan batal (tentunya mereka kecewa sih)..

Bayangkan,,
hanya krn seseorang ogah menggerakkan jempol kanannya utk geser saklar lampu utama, efeknya ada orang lain yg rugi materi, kesakitan, n tentunya menanggung MALU

*maaf jika ada kesan curcol

Salah satu Unek unek dari kaskuser, For pengguna lampu yang ga standart

Quote:
Original Posted By farhan312►mantepp gan infonyaaa, taro page one dong kalau berkenan unek unek hati ane gan...... ane kesel ama motor yang pake angle eye atau mobil, apalagi yang warna lampunya putih.... silau banget, malah bikin orang lain celaka, jujur ane kalau lawanan arah sama yang kaya gitu pusing, langsung gelap pas kendaraan lawanan arah dah kelewat gan.,.. kalau itu kendaraan buat jalan dalem sumur atau GOA sih bagus jadi terang, ini di jalan, ada kendaraan lain.... apalagi di belokkan, ane pernah hampir nyangsang, gara gara silau di belokan yang lawanan arah...
thnx gan dah baca curhatan ane 
thnx gan dah baca curhatan ane 
Manfaat buat Kaskuser yang memiliki Mata Minus

Spoiler for Must Read!!!:
Quote:
Original Posted By Restamaru►alasan ente bagus gan, ane malah ga kepikiran juga sih kalo mantulin lewat spion
tapi yang jelas, nyalain lampu di jalan itu ngebantu banget buat ane gan
khususnya pengendara bermata mins (-)
apalagi ane yg mins nya udah parah
jadi ane suka ketolong karena nyala lampu gan,
kadang kan 1 jalan untuk 2arah
nah kalo ane mau nyalip tuh suka ga keliatan gan kalo ada motor kenceng dari arah sebaliknya, apalagi kalo helmnya ketutup
skarang pas lampu headlam disuruh nyala, itu ngebantu banget buat ane
tapi yang jelas, nyalain lampu di jalan itu ngebantu banget buat ane gan
khususnya pengendara bermata mins (-)
apalagi ane yg mins nya udah parah
jadi ane suka ketolong karena nyala lampu gan,
kadang kan 1 jalan untuk 2arah
nah kalo ane mau nyalip tuh suka ga keliatan gan kalo ada motor kenceng dari arah sebaliknya, apalagi kalo helmnya ketutup

skarang pas lampu headlam disuruh nyala, itu ngebantu banget buat ane

PESAN DAN KOMEN PENTING dari Kaskuser Lanjut di pos 5

Diubah oleh thecovenant 11-11-2013 17:33
nyimak92 memberi reputasi
1
197.6K
Kutip
3K
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
1.3MThread•102.7KAnggota
Tampilkan semua post
TS
thecovenant
#4
Pesan & Komen Penting dari Kaskuser
Quote:
Original Posted By andhi.saputro►
pemahaman yang bagus gan ,, sebenernya ini ilmu fisika dasar, tapi kadang banyak orang yang ga suka sama peraturan yang sederhana ini padahal banyak ngebantu ., coz ane biasa ngeliat dengan jelas berapa motor yang ada di depan ane dan memperhitungkan jarak aman dengan motor yang berlawanan arah , coba kalo lampunya mati, adewhh tau2 udah di depan mata , keep post
pemahaman yang bagus gan ,, sebenernya ini ilmu fisika dasar, tapi kadang banyak orang yang ga suka sama peraturan yang sederhana ini padahal banyak ngebantu ., coz ane biasa ngeliat dengan jelas berapa motor yang ada di depan ane dan memperhitungkan jarak aman dengan motor yang berlawanan arah , coba kalo lampunya mati, adewhh tau2 udah di depan mata , keep post
Quote:
Original Posted By voucham►setuju banget..
accu boros sma lampu cpet putus g mslh itu sebanding dengan keamanan dan kselamatan dalam berkendara...
keef safety riding bro...
#ktakan tidak pada strobo dan sirine..
pejwan gan
accu boros sma lampu cpet putus g mslh itu sebanding dengan keamanan dan kselamatan dalam berkendara...
keef safety riding bro...
#ktakan tidak pada strobo dan sirine..
pejwan gan

Quote:
Original Posted By harishawi►yupp .. setubuh banget sama TS
ane sendiri pada awalnya risi banget ada orang nyalain lampu pas siang .. lo kira matahari kurang terang apa
trus lama2 ane baru nyadar .. tiap ada pengendara motor dibelakang ane , mata ane cuma liat spion dikit aja uda ketauan ehh ada motor dibelakang ,, jadi ga harus fokus ke spion dulu , cukup diintip .. ga sampe liat spion malah udah keliatan ada kilat2nya ..
ane sendiri pada awalnya risi banget ada orang nyalain lampu pas siang .. lo kira matahari kurang terang apa

trus lama2 ane baru nyadar .. tiap ada pengendara motor dibelakang ane , mata ane cuma liat spion dikit aja uda ketauan ehh ada motor dibelakang ,, jadi ga harus fokus ke spion dulu , cukup diintip .. ga sampe liat spion malah udah keliatan ada kilat2nya ..

Quote:
Original Posted By Kyuuki►Ane sepakat, Gan...
Dg lampu nyala pas siang hari, kita jadi nggak usah terlalu lama liat spion buat cek ada kendaraan di belakang atau nggak. Cuma diliat sekilas aja jadi tau...
Masalahnya, terlalu banyak orang bodoh yg lebih mikirin soal accu boros atau mikir "nggak ada polisi yg liat kok"...

Dg lampu nyala pas siang hari, kita jadi nggak usah terlalu lama liat spion buat cek ada kendaraan di belakang atau nggak. Cuma diliat sekilas aja jadi tau...
Masalahnya, terlalu banyak orang bodoh yg lebih mikirin soal accu boros atau mikir "nggak ada polisi yg liat kok"...

Quote:
Original Posted By kusuma42►Setuju bgt sm agan TS, ane alhamdulillah inget terus nyalain lampu klo naek motor, biar lampu sm accu jd boros gpp yg penting safety first..!! yg utama jg adalah berkendaralah yg santun..!!
Quote:
Original Posted By detoge►yg bkin gedek itu klakson gan. motor jalan keong aja sok2 make klakson berisik bgt. pas giliran ane kasi lewat jalan kayak keong, ane gantian aja klakson dan geber2 sampe mampus 
klo soal lampu ane setuju aja, tp klo malem ada motor yg ga nyalain lampu dan ngebut suka ane pengen senggol gan, gatel kaki ane liatnya
orang klo naek motor spion jg diliat, jgn jalan ditengah, pelan, diklakson mobil kayak orang congean
satu lagi, klo ada yg kebut2an balap liar dan agan ada di jalur depan. kata MENAG HALAL untuk ditendang motornya gan
(inget jalur depan, ketika ga ada temen2nya) 
klo 1 vs 2 hajar aja gan jgn takut. tp klo mereka lagi rame capcus dah

klo soal lampu ane setuju aja, tp klo malem ada motor yg ga nyalain lampu dan ngebut suka ane pengen senggol gan, gatel kaki ane liatnya

orang klo naek motor spion jg diliat, jgn jalan ditengah, pelan, diklakson mobil kayak orang congean

satu lagi, klo ada yg kebut2an balap liar dan agan ada di jalur depan. kata MENAG HALAL untuk ditendang motornya gan
(inget jalur depan, ketika ga ada temen2nya) 
klo 1 vs 2 hajar aja gan jgn takut. tp klo mereka lagi rame capcus dah

Quote:
Original Posted By rumahkredit►tp ada bbrp motor yg posisi lampunya terlalu rendah,misal,h*nda beat,vario dan sejenisnya,kl mereka terlalu deket dan spion kita kurang luas cakupannya sepertinya ga bakal keliatan juga.ini yg bikin ane milih kendaraan dgn posisi lampu diatas,bukan dibawah.
btw.yg perlu ditingkatkan terlebih dahulu kesadaran memasang dan menggunakan spion dgn baik,percuma kl kita pasang dan pake lampu depan seterang apapun tetapi orang didepan kita ga sadar spion.
oh ya,setau ane mobil di eropa jg sudah banyak yg dilengkapi running day light kl ga salah,itu susunan LED yg dipasang dibawah lampu utama,menurut ane jg meningkatkan keselamatan berkendara...
just my 2 cents
btw.yg perlu ditingkatkan terlebih dahulu kesadaran memasang dan menggunakan spion dgn baik,percuma kl kita pasang dan pake lampu depan seterang apapun tetapi orang didepan kita ga sadar spion.
oh ya,setau ane mobil di eropa jg sudah banyak yg dilengkapi running day light kl ga salah,itu susunan LED yg dipasang dibawah lampu utama,menurut ane jg meningkatkan keselamatan berkendara...
just my 2 cents
Quote:
Original Posted By thx2kaskus►Safety riding is the most important thing gan 
Ingat anak istri pacar gebetan menunggu dengan setia di rumah, kl kita sampe apes cm gara2 lampu, wah bisa berabe tuh, pesaing udah nunggu di depan kamar menunggu mangsa. Jadi setanpun ga akan rela wkwkwkwkwk soalenya ngeliat org yg kita syg di ambil org

Ingat anak istri pacar gebetan menunggu dengan setia di rumah, kl kita sampe apes cm gara2 lampu, wah bisa berabe tuh, pesaing udah nunggu di depan kamar menunggu mangsa. Jadi setanpun ga akan rela wkwkwkwkwk soalenya ngeliat org yg kita syg di ambil org

Quote:
Original Posted By 25090347►emang bener gan, lebih efektif menggunakan lampu daripada klakson
untuk memberi tahu keberadaan kita, terutama kepada mobil yang lebih besar dari kita yang menggunakan motor
kalo untuk motor yang sruntal sruntul, untuk anak alay yg hanya pasang spion ukuran bedak
lebih efektif pake klakson, kalo gak respon juga baru teriak
untuk memberi tahu keberadaan kita, terutama kepada mobil yang lebih besar dari kita yang menggunakan motor
kalo untuk motor yang sruntal sruntul, untuk anak alay yg hanya pasang spion ukuran bedak
lebih efektif pake klakson, kalo gak respon juga baru teriak

Quote:
Original Posted By renehiguita►Bukan soal boros energi gan, tapi pada kenyataannya berapa banyak sih kecelakaan yg disebabkan motor tidak menyalakan lampu? Aturan menyalakan lampu terkesan dipaksain supaya polisi kelihatan ada action.
Kalau motor tidak nyalain lampu di siang hari apa jadi kelihatan? Ya tetap kelihatan gan, kalau nyalain lampu kadang malah bikin silau waktu lihat spion.
Siang hari matahari cukup terang buat nerangin setiap kendaraan, sinar lampu pengaruhnya kecil, selain kadang cuma bikin silau.
Kalau motor tidak nyalain lampu di siang hari apa jadi kelihatan? Ya tetap kelihatan gan, kalau nyalain lampu kadang malah bikin silau waktu lihat spion.
Siang hari matahari cukup terang buat nerangin setiap kendaraan, sinar lampu pengaruhnya kecil, selain kadang cuma bikin silau.
Quote:
Original Posted By clydeseven►bener banget ini emg guna banget nyalain lampu siang2, sbg salah satu bukti skrg mobil2 di eropa kebanyakan sudah hampir semua ada DRLnya (daytime running light) yg jika mesin nyala maka lampu DRL itu otomatis nyala dan tdk bisa dimatikan (di indo jg sudah bbrp ada), dan memang menurut penelitian disana hal ini meminimalisir kecelakaan
Spoiler for From PM:
Quote:
Original Posted By thundie125►ada benernya juga gan, tapi yang jelas adalah supaya pemakai jalan lain bisa dengan cepat pay atention dengan kendaraan yang menyalakan lampu dan saling mengetahui posisi masing-masing.
seebagian besar kecelakaan terjadi karena masing2 pihak or salah satu pihak tidak menyadari kehadiran kendaran lain.
jadi selain lampu, klakson juga harus dioptimalkan.
karena gak semua pengemudi dan pemotor melihat kendaraan juga via spion nya
seebagian besar kecelakaan terjadi karena masing2 pihak or salah satu pihak tidak menyadari kehadiran kendaran lain.
jadi selain lampu, klakson juga harus dioptimalkan.
karena gak semua pengemudi dan pemotor melihat kendaraan juga via spion nya
Quote:
Original Posted By kiroen dblue►
Aki boros?motor ane honda supra x dan 3 tahun udah nyala lampunya akinya aman2 aja sih gan, udah 37ribu, dan ane rasa emang nyalain lampu siang2 sangat bermanfaat ngintip spion dikit keliatan, dan hampir semua motor bebek mau pun matic udah always on lampunya dan ketinggalan 3 tahun juga lampu bohlam depan nggak pernah ganti
Aki boros?motor ane honda supra x dan 3 tahun udah nyala lampunya akinya aman2 aja sih gan, udah 37ribu, dan ane rasa emang nyalain lampu siang2 sangat bermanfaat ngintip spion dikit keliatan, dan hampir semua motor bebek mau pun matic udah always on lampunya dan ketinggalan 3 tahun juga lampu bohlam depan nggak pernah ganti

Quote:
Original Posted By swisscell16►waduh ilmu fisika gan, tapi emang bener sih kalo lampu lebih cepet ditanggapin nya, daripada klakson, kalo klakson kita bingung itu berasal dri kendaraan yg mana ? sedangkan lampu dpt dgn cept kita sadari dair kendaraan yg mana
Quote:
Original Posted By edane-rednet►ane juga nambain dikit ajah om tentang aki...atau lebih baiknya dibilang sistem kelistrikan motor....ada AC ada DC...klo motor bebek rata2 menggunakan sistem AC...betul seperti yang dibilang aki cm buat mutar dinamo stater pada saat start motor....itu kalau sistem kelistrikan AC....klo DC lain lagi om TS...aki itu jadi sumber kelistrikannya....yg mana juga yg sebagai sumber pengapian di motor (CDI)....
dan satu lagi klo di sistem pangapian AC mungkin tegangan boleh sampai 16 volt, tapi klo di sistem CD baiknya maximalnya 14.5volt....karena kalau lebih dari itu komponen kelistrikan yg lain akan rusak dan aki bisa jebol (syukur2 ngk meledak
)...krn base komponen yg digunakan adalah 12volt...
ane cm mau bilang jangan cm liat sistem AC aja om...banyak juga yang menggunakan sistem kelistrikan DC.... dan kalau sdh ganti lampu pakai HID maka kelistrikan motornya juga akan diganti misalnya kalau awalnya AC maka akan jadi DC....dan perubahan itu harus dihitung lagi...klo tdk cm buat aki drop....
selama tegangan dan pengisian ke aki stabil maka aman2 saja di sistem kelistrikan DC dgn lampu menyala....
karena ane menggunakan motor dengan sistem DC...dan menggunakan lampu (bawaan dari oroknya - pabrik) standar mobil...tipe lampu H1 55watt...krn itu motor ane hidup lampunya cm sebelah alias picek
krn klo hidup dua-duanya bisa drop aki ane yg cm standar 12V-7A krn pengisian (charge) tak sebanding dengan pengeluaran (beban)....
sedikit tambahan tentang kelistrikan DC:
Kelebihan:
1. Arus yang digunakan searah
2. Arusnya di putaran rendah tetap pada titik maksimum
3. Sepul jarang mati
Kelemahan:
1. Sering mengalami konsleting karena sistem ini berhubungan dengan aki sebagai bahan sumber arusnya
2. Rusaknya aki, akan mempengaruhi rusaknya CDI
3. Memiliki harga yang mahal (biasanya
)
cm sebagai bahan tambahan saja....
CMIIW
dan satu lagi klo di sistem pangapian AC mungkin tegangan boleh sampai 16 volt, tapi klo di sistem CD baiknya maximalnya 14.5volt....karena kalau lebih dari itu komponen kelistrikan yg lain akan rusak dan aki bisa jebol (syukur2 ngk meledak
)...krn base komponen yg digunakan adalah 12volt...ane cm mau bilang jangan cm liat sistem AC aja om...banyak juga yang menggunakan sistem kelistrikan DC.... dan kalau sdh ganti lampu pakai HID maka kelistrikan motornya juga akan diganti misalnya kalau awalnya AC maka akan jadi DC....dan perubahan itu harus dihitung lagi...klo tdk cm buat aki drop....
selama tegangan dan pengisian ke aki stabil maka aman2 saja di sistem kelistrikan DC dgn lampu menyala....
karena ane menggunakan motor dengan sistem DC...dan menggunakan lampu (bawaan dari oroknya - pabrik) standar mobil...tipe lampu H1 55watt...krn itu motor ane hidup lampunya cm sebelah alias picek
krn klo hidup dua-duanya bisa drop aki ane yg cm standar 12V-7A krn pengisian (charge) tak sebanding dengan pengeluaran (beban)....sedikit tambahan tentang kelistrikan DC:
Kelebihan:
1. Arus yang digunakan searah
2. Arusnya di putaran rendah tetap pada titik maksimum
3. Sepul jarang mati
Kelemahan:
1. Sering mengalami konsleting karena sistem ini berhubungan dengan aki sebagai bahan sumber arusnya
2. Rusaknya aki, akan mempengaruhi rusaknya CDI
3. Memiliki harga yang mahal (biasanya
)cm sebagai bahan tambahan saja....
CMIIWQuote:
Original Posted By christ8lau►mantep gan pennjelasannya, semiga lebih banyak yg aware untuk itu.
sedikit tambahan gan, menyalakan lampu bagi pengguna sepeda motor & menyalakan lampu senja bagi pengendara mobil di basement parkiran gedung juga penting mengingat kebanyakan kondisi basement yg agak redup pencahayaannya dan banyak belokan2 / tiang2 gedung yang menghalangi penglihatan atau paling tidak juga bisa membedakan mana kendaraan yamg sedang parkir atau yang sedang jalan
selamat berkendara dengan baik
sedikit tambahan gan, menyalakan lampu bagi pengguna sepeda motor & menyalakan lampu senja bagi pengendara mobil di basement parkiran gedung juga penting mengingat kebanyakan kondisi basement yg agak redup pencahayaannya dan banyak belokan2 / tiang2 gedung yang menghalangi penglihatan atau paling tidak juga bisa membedakan mana kendaraan yamg sedang parkir atau yang sedang jalan
selamat berkendara dengan baik

Quote:
Original Posted By radtya2►Thank' s ya gan informasinya , ane kasih
dahh... 
Oh iyaa, gan anee kan punya motor fuel injection kan sekarang kalau mesin nyala otomatis lampu nyala, jadi menurut ane menyalakan lampu pada saat mesin motor nyala itu positif gan, tidak ada efeknya..
yang membuat sepeda motor itu lebih pandai mengetahui segala hal, dari pada kita hanya pemakai saja, yang hanya menyalahkan ada efek global warning, lah.. efek bohlam panas lah.. efek accu ginilah...
emang itu resiko kita gan, daripada kecelakaan... dan menyalakan lampu pada siang hari itu dipastikan menekan angkan kecelakaan motor pada siang hari..
terima kasih gan, sekali lagi atas informasinya..

taroh pejwan, kalao berkenan, gan
dahh... 
Oh iyaa, gan anee kan punya motor fuel injection kan sekarang kalau mesin nyala otomatis lampu nyala, jadi menurut ane menyalakan lampu pada saat mesin motor nyala itu positif gan, tidak ada efeknya..
yang membuat sepeda motor itu lebih pandai mengetahui segala hal, dari pada kita hanya pemakai saja, yang hanya menyalahkan ada efek global warning, lah.. efek bohlam panas lah.. efek accu ginilah...
emang itu resiko kita gan, daripada kecelakaan... dan menyalakan lampu pada siang hari itu dipastikan menekan angkan kecelakaan motor pada siang hari..
terima kasih gan, sekali lagi atas informasinya..

taroh pejwan, kalao berkenan, gan
Quote:
Original Posted By grey.spark►saya yg jalur perjalanannya (rumah-tmpat krja) sering melewati jalan yg kurang lebih persis membelakangi/menghadap matahari benar2 merasakan sisi positif DRL 
note: saya tdk punya gangguan pd mata, dan saya pengguna helm tanpa 'pet' (full face gan)
saat berangkat kerja, saya melewati jalan raya yg landscapenya terbuka, jarang ada pepohonan, dan arah perjalanan saya menghadap matahari yg baru terbit.
meski visor hitam saya gunakan, krn saking silaunya cahaya matahari terbit dr arah depan membuat daya lihat & jarak pandang berkurang.
Kalo dah gini saya jd was2, soalnya sosok kendaraan lain dari arah berlawanan lumayan 'disembunyikan' oleh cahaya matahari.
Tapi jika ada dr mereka yg menyalakan lampu utama, saya jadi bisa mengetahui keberadaan mereka....krn meskipun terangnya kalah oleh cahaya matahari terbit, namun cahaya lampu mereka menampakkan kilatan2 cahaya yg berbeda, shg saya bisa mengetahui adanya kendaraan lain dr arah berlawanan
.
.
.
.
waktu pulang kerja sama aja gan, kali ini perjalanan saya persis menghadap ke arah matahari terbenam
lagi2 saya berharap agar pengendara lain dr arah berlawanan (terutama spd motor) utk menghidupkan lampu utama mereka, agar saya bisa aware dgn keadaan mereka..
.
.
.
namun pd kenyataannya, jarang2 pengendara sepeda motor yg sudi menyalakan lampu utama pd kondisi jalan tsb
hasilnya, krn kondisi jalan dan kondisi waktu (seperti yg saya utarakan d atas), hampir setiap hari saya dikagetkan oleh spd motor dr arah berlawanan yg TIBA-TIBA MUNCUL sekitar 5 meter d dpan saya (di jalur saya) dgn kecepatan tinggi, dan tanpa menyalakan lampu utama
(dia lg nyalip kendaraan lain yg searah dgnnya dgn cara 'memakan' jalur berlawanan... tanpa lampu utama menyala, dan tanpa aktifkan sein)
Ya sih, dia bisa dgn jelas melihat saya.
Tapi otaknya yg sedikit itu jelas ga kepikiran kalau saya tdk bs melihat dia, apalagi memikirkan kemungkinan bila saya salah bermanuver atau tidak melalukan reflek (saat ia berada d dkat saya)


note: saya tdk punya gangguan pd mata, dan saya pengguna helm tanpa 'pet' (full face gan)
saat berangkat kerja, saya melewati jalan raya yg landscapenya terbuka, jarang ada pepohonan, dan arah perjalanan saya menghadap matahari yg baru terbit.
meski visor hitam saya gunakan, krn saking silaunya cahaya matahari terbit dr arah depan membuat daya lihat & jarak pandang berkurang.
Kalo dah gini saya jd was2, soalnya sosok kendaraan lain dari arah berlawanan lumayan 'disembunyikan' oleh cahaya matahari.
Tapi jika ada dr mereka yg menyalakan lampu utama, saya jadi bisa mengetahui keberadaan mereka....krn meskipun terangnya kalah oleh cahaya matahari terbit, namun cahaya lampu mereka menampakkan kilatan2 cahaya yg berbeda, shg saya bisa mengetahui adanya kendaraan lain dr arah berlawanan

.
.
.
.
waktu pulang kerja sama aja gan, kali ini perjalanan saya persis menghadap ke arah matahari terbenam

lagi2 saya berharap agar pengendara lain dr arah berlawanan (terutama spd motor) utk menghidupkan lampu utama mereka, agar saya bisa aware dgn keadaan mereka..
.
.
.
namun pd kenyataannya, jarang2 pengendara sepeda motor yg sudi menyalakan lampu utama pd kondisi jalan tsb

hasilnya, krn kondisi jalan dan kondisi waktu (seperti yg saya utarakan d atas), hampir setiap hari saya dikagetkan oleh spd motor dr arah berlawanan yg TIBA-TIBA MUNCUL sekitar 5 meter d dpan saya (di jalur saya) dgn kecepatan tinggi, dan tanpa menyalakan lampu utama

(dia lg nyalip kendaraan lain yg searah dgnnya dgn cara 'memakan' jalur berlawanan... tanpa lampu utama menyala, dan tanpa aktifkan sein)
Ya sih, dia bisa dgn jelas melihat saya.
Tapi otaknya yg sedikit itu jelas ga kepikiran kalau saya tdk bs melihat dia, apalagi memikirkan kemungkinan bila saya salah bermanuver atau tidak melalukan reflek (saat ia berada d dkat saya)

Spoiler for tambahan:
pernah juga nih, pengalaman di jalur luar kota.
waktu itu saya berada di semacam by pass, dan membelakangi matahari yg akan terbenam.
pandangan ke depan sangat2 jelas gan. dan jalan pun lebar..
arah ke timur ada 3 ruas jalan (saya ada d jalur ini).
dan arah ke barat pun ada 3 ruas jalan..
pokoknya lebar dah
nah, kebetulan waktu itu lg jarang2nya kendaraan besar
sering2nya cumen mobil n speda motor.
Maksud hati ingin berjalan lbh kenceng d jalur agak kanan.
tapi apalah daya, malah ngeri gan.
soalnya spion kanan-kiri hanya dipenuhi silaunya cahaya jingga matahari yg akan tenggelam
tau2 aja dr arah kiri belakang atau kanan belakang, mak werrrrr......ada kendaraan lain yg nyalip saya.. nyalipnya kek setan,, maen samber aja.
ga ada suara klakson. di spion pun ga nampak tanda2 keberadaan kendaraan lain d blakang. bahkan mobil pun ga keliatan (saking silaunya spion)
tapi beda dgn kendaraan2 lain di blkg yg menghidupkan lampu utama.
saya masih bisa melihat keberadaan mereka, dan itu pun saya butuh waktu lebih saat melihat k spion utk mencari-cari kilatan2 cahaya dr headlamp mereka..
akhirnya saya melambat n merambat aja di jalur lambat.
soalnya jika tetap hi-speed d jalur cepat, 2x galau
galau yg pertama, krn ga bs mantau kondisi d blkg.. tau2 aja ada yg nyamber (nyalip) dr blkg. untung2an aja kagetnya ga berlebih
galau yg ke-2 krn saya jd mengalokasikan waktu lbh lama utk melirik/melototin spion, hanya utk memastikan ada-tidaknya kilatan2 cahaya maupun sosok kndaraan lain d blakang.
biasanya saat kecepatan tinggi, lirik ke spion cuma sepersekian detik doang. lha kalo kek gini, kecepatan tinggi tapi lirik ke spion lbh lama, tau2 pas d dpan ada lobang n saat itu masi lirik k spion, kan lumanyun gan
waktu itu saya berada di semacam by pass, dan membelakangi matahari yg akan terbenam.
pandangan ke depan sangat2 jelas gan. dan jalan pun lebar..
arah ke timur ada 3 ruas jalan (saya ada d jalur ini).
dan arah ke barat pun ada 3 ruas jalan..
pokoknya lebar dah
nah, kebetulan waktu itu lg jarang2nya kendaraan besar
sering2nya cumen mobil n speda motor.Maksud hati ingin berjalan lbh kenceng d jalur agak kanan.
tapi apalah daya, malah ngeri gan.
soalnya spion kanan-kiri hanya dipenuhi silaunya cahaya jingga matahari yg akan tenggelam
tau2 aja dr arah kiri belakang atau kanan belakang, mak werrrrr......ada kendaraan lain yg nyalip saya.. nyalipnya kek setan,, maen samber aja.
ga ada suara klakson. di spion pun ga nampak tanda2 keberadaan kendaraan lain d blakang. bahkan mobil pun ga keliatan (saking silaunya spion)

tapi beda dgn kendaraan2 lain di blkg yg menghidupkan lampu utama.
saya masih bisa melihat keberadaan mereka, dan itu pun saya butuh waktu lebih saat melihat k spion utk mencari-cari kilatan2 cahaya dr headlamp mereka..
akhirnya saya melambat n merambat aja di jalur lambat.
soalnya jika tetap hi-speed d jalur cepat, 2x galau

galau yg pertama, krn ga bs mantau kondisi d blkg.. tau2 aja ada yg nyamber (nyalip) dr blkg. untung2an aja kagetnya ga berlebih
galau yg ke-2 krn saya jd mengalokasikan waktu lbh lama utk melirik/melototin spion, hanya utk memastikan ada-tidaknya kilatan2 cahaya maupun sosok kndaraan lain d blakang.
biasanya saat kecepatan tinggi, lirik ke spion cuma sepersekian detik doang. lha kalo kek gini, kecepatan tinggi tapi lirik ke spion lbh lama, tau2 pas d dpan ada lobang n saat itu masi lirik k spion, kan lumanyun gan
Quote:
Original Posted By rezztarr►Ane juga adalah org yg sangat setuju dgn peraturan "nyalain lampu di siang hari" ... menurut ane itu sangat berguna gan. Wlopun siang hari, posisi motor dgn kondisi lampu menyala akan mudah di identifikasi keberadaannya dibanding dgn motor dgn lampu mati. Coba deh. Percaya sama ane.
Kalo malem pun kalo ane nyalip kendaraan jarang make klakson lebih sering Beam lampu depan aja. Lbh berguna.
Kalo malem pun kalo ane nyalip kendaraan jarang make klakson lebih sering Beam lampu depan aja. Lbh berguna.

Diubah oleh thecovenant 20-05-2014 01:42
0
Kutip
Balas