Berhubung ga ada rpg di cistik, ane pengen buat rpg biar nambah hiburan disini.
Ada dua tipe rpg yg lagi ane buat. Dua2nya berbasis D20 system.
1. Adventure
Para pemain harus nyelesain quest demi quest serta berkeliling ke berbagai tempat hingga melawan final boss.
2. Dungeon Crawling
Rpg classic. Para pemain harus menelusuri dan mengalahkan para monster di dungeon untuk mengalahkan dungeon master a.k.a final boss.
The Combat Round
Setiap round/ronde melambangkan 6 detik di dunia nyata. Sebuah round adalah sebuah kesempatan bagi setiap karakter yang terlibat di battle untuk maengambil sebuah tindakan/action. Setiap aktivitas di sebuah ronde dimulai dari karakter dengan hasil roll Initiative tertinggi ke terendah.
Action Types
Ada 6 macam Action: Standard Actions, Move Actions, Full-Round Actions, Free Actions, Swift Actions, dan Immediate Actions.
Pada normal round, karakter dapat melakukan:
1 Standard Action + 1 Move Action
1 Move Action
1 Full-Round Action
1 atau lebih Free Action
Pada situasi tertentu seperti Surprise Round, karakter mungkin dibatasi hanya bisa melakukan:
1 Move Action
1 Standard Action
Standard Action
Biasanya digunakan untuk attack atau casting spell. Biasanya bisa digabung dengan move action.
Move Action
Biasanya digunakan untuk bergerak atau hal yang sejenisnya.
Full-Round Action
Biasanya tidak dapat digabung dengan action lainnya kecuali dengan aturan tertentu.
Free Action
Action yang dapat dilakukan secara bebas.
Swift Action
Seperti free action tapi swift action hanya dapat dilakukan 1x per ronde. Tidak digunakan di game ini.
Immediate Action
Immediate action sangat mirip dengan swift action. Bedanya bisa dilakukan kapan saja meski bukan giliran sendiri. Tidak digunakan di game ini.
Not an Action
Beberapa aktivitas di battle bukanlah action.
Restricted Activity
Pada beberapa situasi, karakter tidak dapat dapat melakukan 1 full-round action/2 standard action. Karakter hanya bisa melakukan 1 standard action atau 1 move action atau start/complete full-round action.
Spoiler for Standard Actions:
Spoiler for Attack:
Melee Attacks
Menyerang dengan senjata melee, karakter harus bersebelahan tepat dengan targetnya. Biasanya 5 feet. Dengan “Reach Weapon”, karakter dapat menyerang melee musuh dari jarak 10 feet. Karakter diantara karakter dan target yang diserang tidak akan menerima damage.
Unarmed Attacks
Unarmed attack adalah serangan tanpa senjata seperti pukulan, tendangan dsb. Medium character memberi damage 1d3, Small character 1d2, Large character 1d4 ditambah STR modifier.
Ranged Attacks
Menyerang dengan ranged weapon, karakter harus dapat melihat targetnya dan di bawah batas range attack. Thrown Weapon adalah senjata yang dapat digunakan saat melee maupun ranged.
Multiple Attacks
Karakter yang dapat menyerang lebih dari satu kali per round, tidak boleh melakukan move action.
Shooting or Throwing into a Melee
Jika karakter menyerang dengan ranged weapon (termasuk throwing) di melee, karakter mendapat -4 attck roll. Karakter yang memiliki special ability “Precise Shot tidak mendapat penalty ini.
Fighting Defensively as a Standard Action
Karakter dapat memilih untuk bertarung secara defensif agar mendapat +2 dodge bonus AC dengan mengorbankan -4 attack roll.
Critical Hits
Ketika roll 1d20 menghasilkan angka 20, serangan akan selalu hit. Karakter juga mendapat kesempatan untuk menghasilkan critical hit. Dengan melakukan attack roll sekali lagi, jika hasilnya berada di range critical, maka critical hits terjadi. Jika gagal, maka hanya serangan biasa. Damage critical hanya berasal dari damage weapon.
Spells and Critical Hits
Spell yang menggunakan attack roll dapat menghasilkan critical hit.
Spoiler for Cast a Spell:
Sebagian besar spell membutuhkan 1 standard action.
Note: karakter tetap mempertahankan Dexterity bonus pada AC saat casting spell.
Spell Components
Untuk casting spell yang membutuhkan verbal (V) component, karakter harus dapat bersuara dengan lantang. Jika karakter tidak dapat bersuara lantang atau berada dalam area of effect dari spell silence, karakter tidak dapat memakai spell jenis ini. Karakter yang “deafened” mempunyai 20% peluang untuk gagal casting spell tipe ini.
Untuk casting spell yang membutuhkan somatic (S) component, karakter harus membuat gerakan dengan minimal satu tangan agar berhasil. Jika karakter diikat, atau dalam “grapple”, atau tangan karakter dibebani oleh benda yang berat.
Untuk casting spell yang membutuhkan material (M), focus (F), or divine focus (DF) component, karakter harus memiliki item tertentu untuk digunakan saat casting spell. Spell dengan material component, menggunakan item sekali pakai sementara focus dan divine focus dapat dipakai berulang-ulang. Karakter juga harus memiliki item “spell component pouch” untuk mengakses skill ini.
Untuk casting spell yang membutuhkan experience point (XP) component, karakter membutuhkan sejumlah exp untuk dikorbankan. Karakter tidak dapat mengorbankan experience hingga mengorbankan levelnya.
Concentration
Karakter harus berkonsentrasi saat casting spell. Jika diganggu, harus melakukan concentration check. Jika berhasil, casting spell tetap berjalan. Jika gagal, casting spell gagal dan karakter akan kehilangan batas spell harian.
Concentrating to Maintain a Spell
Beberapa spell mengharuskan karakter untuk tetap berkonsentrasi agar spell tetap berjalan. Jika karakter berhenti berkonsentrasi, efek spell berhenti.
Casting Time
Sebagian besar spell hanya menggunakan standard actions.
.
Touch Spells in Combat
Touch spell/attack dapat digunakan saat melee atau ranged dan dapat menghasilkan critical. Touch attack mengabaikan armor bonus, shield bonus, dan natural armor bonus. namun size modifier, Dexterity modifier, and deflection bonus (jika ada) tetap berfungsi.
Spoiler for Activate Magic Item:
Beberapa magic item harus digunakan agar berfungsi, khususnya potion, scroll, wand, rod, dan staff. Biasanya hanya menggunakan standard action (kecuali jika deskripsi pada item tersebut berkata lain). Terkadang karakter juga harus melakukan concentration check agar dapat menggunakan magic item tertentu.
Spoiler for Use Special Ability:
Biasanya menggunakan special ability membutuhkan sebuah standard action. Tapi semua tergantung pada penjelasan special ability itu sendiri.
Spell-Like Abilities
Spell-like adalah special ability yang penggunaannya seperti casting spell. Aturannyapun mirip. Biasanya hanya menggunakan standard action.
Supernatural Abilities
Supernatural biasanya hanya menggunakan standard action. Berbeda dengan spell-like, supernatural tidak memerlukan konsentrasi dan tidak bisa diganggu.
Extraordinary Abilities
Memiliki aturan yang sama persis seperti supernatural hanya saja extraordinary biasanya ability pasif.
Spoiler for Total Defense:
Karakter mendapat +4 dodge bonus AC hingga giliran berikutnya. Tidak stack dengan fighting defensively atau combat expertise.
Spoiler for Start/Complete Full-Round Action:
Karakter dapat memulai/mengakhiri sebuah full round action yang belum/tidak dapat diselesasikan pada 1 round. Intinya karakter mencicil full-round action sebagai 2 standard action atau variannya. Karakter tidak dapat memulai/mengakhiri full attack, charge, run, atau withdraw.
Spoiler for Move Actions:
With the exception of specific movement-related skills, most move actions don’t require a check.
Spoiler for Move:
Move digunakan untuk bergerak. Banyak jenis dari move seperti move ketika berjalan, memanjat (climbing) atau berenang (swimming).
Accelerated Climbing
Karakter dapat mempercepat gerakannya saat climb check dengan -5 penalty.
Crawling
Karakter dapat merangkak dengan kecepatan 5 feet.
Draw or Sheathe a Weapon
Menukar/membuang senjata dan/atau shield yang digunakan saat battle juga dihitung sebagai move action. Free action, jika karakter belum menggunakan senjata di battle. Setelah itu karakter harus melakukan action untuk mengganti senjata. Jika base attack bonus karakter lebih dari +3, maka action ini akan dianggap free action.
Ready or Loose a Shield
Aturannya sama seperti Draw or Sheathe a Weapon. Hanya saja ini untuk shield yang sedang digunakan. Aturan ini digabung ke Draw or Sheathe a Weapon
Manipulate an Item
Mengambil dan membuang barang yang tersimpan, memungut item, memindahkan objek yang berat, dan membuka pintu dsb termasuk move action.
Direct or Redirect a Spell
Beberapa spell dapat diarahkan dan diarahkan lagi (redirect) efeknya ke target atau area lain setelah karakter selesai casting spell. Tidak membutuhkan konsentrasi.
Stand Up
Ketika karakter terjatuh/tengkurap dsb (prone), karakter yang ingin bangkit berdiri harus melakukan move action.
Mount/Dismount a Steed
Naik atau turun dari tunggangan. Dengan DC 20 pada ride check, karakter dapat melakukannya sebagai free action. Jika gagal, karakter tetap hanya menganggapnya sebagai move action
Spoiler for Full-Round Actions:
A full-round action requires an entire round to complete. Thus, it can’t be coupled with a standard or a move action, though if it does not involve moving any distance, you can take a 5-foot step.
Spoiler for Full Attack:
Jika karakter dapat menyerang lebih dari 1x per round, karena menggunakan 2 senjata atau double weapon atu karena alasan lainnya, karakter harus melakukan full-round action.
Fighting Defensively as a Full-Round Action
Karakter dapat memilih untuk bertarung secara defensif agar mendapat +2 dodge bonus AC dengan mengorbankan -4 attack roll.
Cleave
Special ability Cleave dan Great Cleave bukanlah full round action.
Spoiler for Cast a Spell:
Beberapa spell juga membutuhkan 1 full-round action atau lebih untuk dicasting. Jika karakter berhenti berkonsentrasi sebelum casting spell selesai, maka spell gagal dan spell per day terpakai.
Note: beberapa spell mengharuskan caster untuk terus mempertahankan konsentrasi agar spell tetap berjalan. Contoh: skill channeling di dota spt ulti pudge.
Spoiler for Use Special Ability:
Beberapa special ability juga membutuhkan 1 full-round action
Spoiler for Withdraw:
Mundur/kabur (withdraw) dari pertarungan melee menggunakan full-round action. Karakter dapat bergerak 2x lebih cepat dari normal. Namun karakter harus melakukan draw weapon lagi untuk dapat menyerang musuh. Jika karakter ‘blinded’, ia tidak dapat melakukan action ini.
Spoiler for Run:
Karakter dapat berlari (run) hingga 4x kecepatan normal (3x jika menggunakan heavy armor). Selain Barbarian, class lain mendapat penalty DEX bonus AC. Karakter dapat terus berlari selama (CON mod) round. Setelah itu, karakter harus melakukan constitution check DC 10. Check ini akan bertambah DC 1 setiap karakter ingin melajutkan berlari. Jika CON check gagal, karakter akan berhenti berlari. Run tidak dapat dilakukan di terrain yang sulit. Cooldown Run = 10 Round.
Spoiler for Move 5 Feet through Difficult Terrain:
Bergerak di terrain yang sulit, karakter hanya bisa bergerak sebanyak 5 feet sebagi full-round action.
Spoiler for Free Actions:
Free actions don’t take any time at all, though there may be limits to the number of free actions you can perform in a turn. Free actions rarely incur attacks of opportunity. Some common free actions are described below.
Drop an Item
Menjatuhkan barang di tempat.
Drop Prone
Tiarap di tempat dianggap free action. Namun untuk berdiri kembali, karakter harus bisa melakukan standard action.
Speak
Berbicara beberapa kata.
Cease Concentration on Spell
Berhenti berkonsentrasi saat casting spell.