Berhubung ga ada rpg di cistik, ane pengen buat rpg biar nambah hiburan disini.
Ada dua tipe rpg yg lagi ane buat. Dua2nya berbasis D20 system.
1. Adventure
Para pemain harus nyelesain quest demi quest serta berkeliling ke berbagai tempat hingga melawan final boss.
2. Dungeon Crawling
Rpg classic. Para pemain harus menelusuri dan mengalahkan para monster di dungeon untuk mengalahkan dungeon master a.k.a final boss.
1. Setiap combatant (petarung) memulai battle dengan kondisi "flat-footed". Ketika combatant melakukan action, kondisi "flat-footed".
2. Tentukan Karakter yang sadar akan keberadaan musuh (aware) di awal battle. Jika ada satu karakter saja yang tidak aware, surprise round akan dilaksanakan sebelum regular round. Mereka yang tidak aware tidak dapat melakukan action di surprise round. Mereka yang aware, harus melakukan initiative roll (dari tertinggi ke terendah).
3. Combatant yang tidak aware melakukan initiative roll setelah surprise round.
4. Combatants kini melakukan battle sesuai initiative roll (dari tertinggi ke terendah).
5. Ketika semua combatants melakukan action, ulangi langkah ke 4 dan 5 hingga battle selesai.
Combat Statistics
Spoiler for Attack Roll:
Section ini merangkaum statistik yang digunakan saat battle dan cara menggunakannya.
Attack Roll
Attack roll adalah usaha untuk menyerang musuh. Ketika melakukan Attack Roll, karakter harus roll 1d20 + attack bonus. Agar hit dan memberi damage, hasil Attack roll harus >= AC targetnya.
Automatic Misses and Hits
Natural 1 (roll d20 = 1) pada attack roll selalu miss. Natural 20 (Roll d20 = 20) selalu hit dan menghsilkan critical hit!
Attack Bonus
Attack bonus dengan melee weapon:
Base attack bonus + Strength modifier + size modifier
Attack bonus dengan ranged weapon:
Base attack bonus + Dexterity modifier + size modifier + range penalty
Base Attack Bonus
Base attack bonus adalah tambahan pada attack roll. Jumlahnya berbeda-beda tergantung pada jenis class.
Table: Size Modifiers
Size Size Modifier
Colossal = -8
Gargantuan = -4
Huge = -2
Large = -1
Medium = +0
Small = +1
Tiny = +2
Diminutive = +4
Fine = +8
Spoiler for Damage:
Damage
Ketika Attack Roll berhasil, karakter menghasilkan damage. Jenis senjata menentukan jumlah damage yang dihasilkan. Damage juga mengurangi current HP musuh.
Minimum Damage
Jika damage kurang dari 1, maka damage yang dihasilkan tetap 1.
Strength Bonus
ketika menyerang dengan senjata melee atau senjata lempar (co: throwing dagger/shortspear), Tambahkan STR modifier pada damage.
Off-Hand Weapon
Ketika menyerang dengan off hand, x0.5 Strength mod.
Wielding a Weapon Two-Handed
Ketika menyerang dengan dua tangan menggunakan weapon selain light weapon, x1.5 Strength mod.
Multiplying Damage
Damage berlipat terkadang didapat dari beberapa faktor, seperti critical hit. Roll damage dan kalikan hasilnya.
Ketika damage berlipat yang dihasilkan lebih dari satu, setiap multiplier bekerja hanya pada damage asli.
Note: Biasanya hanya damage yang berasal dari weapon yang bisa dikalikan..
Attribute Damage
Beberapa mahluk dan efek magic juga mengurangi attribute score
Spoiler for Armor Class:
Armor Class
Armor Class (AC) adalah tingkat kesulitan seorang karakter untuk memberi damage pada musuhnya. Jumlah attack roll >= AC agar dapat hit.
Total AC adalah:
Note: Dexterity modifier
1) Menggunakan armor, khususnya yang lebih berat, membatasi bonus DEX mod pada AC.
2) Terkadang beberapa kesempatan, tidak mengizinkan karakter menggunakan bonus Dexterity modifier.
Other Modifiers
Beberapa faktor2 yang mempengaruhi AC:
Enhancement Bonuses
Penempaan pada armor membuat armor lebih baik.
Deflection Bonus
Efek magic tertentu dapat mementahkan serangan musuh.
Natural Armor Bonus
Natural armor juga menambah AC.
Dodge Bonuses
Dodge Bonus menambah AC (dan terkadang juga Reflex saves). Berfungsi pada Touch Attack. Dodge Bonus stack terhadap Dodge bonus lainnya.
Other Bonus
Bonus lain-lain seperti size.
Touch Attacks
Beberapa serangan mengabaikan Armor bonus, Shield Bonus, dan Natural armor bonus. Bonus lainnya masih berlaku. Table: Size Modifiers
Size Size Modifier
Colossal = -8
Gargantuan = -4
Huge = -2
Large = -1
Medium = +0
Small = +1
Tiny = +2
Diminutive = +4
Fine = +8
Spoiler for Hit Points:
Hit Points
Ketika HP antara 0 dan - (minus) CON modifier, karakter menjadi "disabled". Ia tak bisa bergerak namun bisa menyerang.
Ketika HP antara -CON mod dan -9, karakter menjadi "dying". Ia tidak bisa melakukan apapun. Karakter akan mendapat penalty -1hp setiap round hingga -10.
Ketika HP mencapai titik -10, Karakter menjadi "DEAD!!". Karakter yang mati hanya bisa dibangkitkan dengan ritual spell Ressurection atau sejenisnya.
Spoiler for Saving Throws:
Saving throws adalah roll dadu yang dapat mengurangi atau bahkan menghindari serangan magic atau serangan yang tidak biasa. Ada 3 macam saving throws.
1. Fortitude
Kemampuan untuk bertahan dari siksaan fisik. Menggunakan CON modifier.
2. Reflex
Kemampuan untuk menghindari serangan. Menggunakan DEX modifier.
3. Will
Kemampuan untuk resist efek magic yang mempengaruhi mental/pikiran. Menggunakan WIS modifier.
rumusnya adalah 1d20 + base save bonus + attribute modifier
Difficulty Class (DC) pada saving throws tergantung pada serangan itu sendiri.
===============
Initiative
Spoiler for Initiative:
Initiative Checks
Diawal setiap battle, setiap combatant membuat Initiative Check (Dexterity Check). Urutan Battle akan dilakukan berurutan dari hasil tertinggi sampai terendah. Karakter yang memiliki Initiative yang sama akan di roll ulang.
Flat-Footed
Flat-footed adalah keadaan dimana seseorang kehilangan Dexterity Bonus pada AC dan tidak dapat mengambil action karena tidak menyadari keberadaan musuh. Biasanya 1 round. Special ability seperti uncanny dodge dapat menghilangkan penalty AC.
Inaction
Inaction = tidak melakukan action.
Spoiler for Surprise:
Ketika pertarungan dimulai, jika karakter tidak menyadari keberadaan musuhnya dan musuhnya menyadari keberadaan mereka, maka karakter mendapat "surprised"
Determining Awareness
Menentukan awareness dapat melalui Listen checks, Spot checks, dll.
The Surprise Round
Surprise Round dilakukan ketika satu saja karakter yang terlibat tidak "aware". Karakter yang aware dapat melakukan action di surprise round.
Unaware Combatants
Karakter yang tidak aware, tidak dapat melakukan action di surprise round.