- Beranda
- Website, Webmaster, Webdeveloper
BELAJAR SEO [Khusus Newbie]
...
TS
wapan
BELAJAR SEO [Khusus Newbie]
Salam Juragan, kali ini saya mau bagi-bagi TIPS SEO untuk para NEWBIE. Mengapa newbie ? Karena kalo yang udah ahli SEO saya yang akan belajar ama mereka..wakakakak....
Thread ini saya angkat karena kebanyakan tulisan di internet untuk para ahli...terus yang newbie belajarnya di mana dong ? Makanya di sini saya tuntun para newbie sampai mereka bisa jadi intermediate....terus silahkan dikembangkan sendiri dari para pakar.
Nah, karena SEO (Search Engine Optimization) itu luas ruang lingkupnya. Maka thread kali ini berkisar di Keyword, Title, dan Description Analiysis. Saya rasa dengan modal itu saja, website anda akan muncul di Google...tinggal seberapa canggih anda mengutak-atiknya sehingga bisa nongkrong di halaman pertama.
Nah...saya suka dengan webiste dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya. Tapi karena keterbatasan waktu saya (masih harus bekerja demi sesuap nasi) Saya akan jawab setiap pertanyaan agan-agan ini sehari maksimal dua kali....tiap pagi hari dan malam hari (pasti) setelah pulang kerja. Cukup tuliskan permasalahan ataupun pertanyaan juragan di sini. Dan tunggu jawabannya besok.
Ok...PR juragan adalah baca tulisan saya mengenai Analisa Keyworddan Analisa Description dulu. Baca dulu baru tanya....supaya kita bisa menyamakan persepsi kita !
AKHIR KATA....BELAJAR ! Karena dari situlah kita menjadi AHLI ! Tugas saya menuntun dan mengarahkan juragan.
Sukses untuk anda !
Thread ini saya angkat karena kebanyakan tulisan di internet untuk para ahli...terus yang newbie belajarnya di mana dong ? Makanya di sini saya tuntun para newbie sampai mereka bisa jadi intermediate....terus silahkan dikembangkan sendiri dari para pakar.
Nah, karena SEO (Search Engine Optimization) itu luas ruang lingkupnya. Maka thread kali ini berkisar di Keyword, Title, dan Description Analiysis. Saya rasa dengan modal itu saja, website anda akan muncul di Google...tinggal seberapa canggih anda mengutak-atiknya sehingga bisa nongkrong di halaman pertama.
Nah...saya suka dengan webiste dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya. Tapi karena keterbatasan waktu saya (masih harus bekerja demi sesuap nasi) Saya akan jawab setiap pertanyaan agan-agan ini sehari maksimal dua kali....tiap pagi hari dan malam hari (pasti) setelah pulang kerja. Cukup tuliskan permasalahan ataupun pertanyaan juragan di sini. Dan tunggu jawabannya besok.
Ok...PR juragan adalah baca tulisan saya mengenai Analisa Keyworddan Analisa Description dulu. Baca dulu baru tanya....supaya kita bisa menyamakan persepsi kita !
AKHIR KATA....BELAJAR ! Karena dari situlah kita menjadi AHLI ! Tugas saya menuntun dan mengarahkan juragan.
Sukses untuk anda !
INDEX THREAD
- Teknik SEO Pasca Panda Update
- Hubungan Halaman Pertama dengan Hasil SERP
- Cara SEO Thread Kaskus Anda
- Website dan Komunitas Online
- Realita dan Fakta Toko Online
- Strategi Penentuan Harga Online
- Strategi Mempromosikan Website
- Setahun Google Panda dan Pinguin (2013)
- Manfaat terbesar Facebook dan sosial media lainnya
- Panduan Membuat Website yang Menghasilkan
- Cara Membuat Website Yang Menghasilkan
- Promosi Website
- Hubungan Struktur Website dengan SEO
- Cara SEO Website Perusahaan di tahun 2014
- Cara Sukses Jualan Online
- Panduan Menulis Konten Website Berkualitas
- Cara Menjual Barang Online Melalui Website
- Domain Authority
UPDATE TERBARU
Diubah oleh wapan 19-06-2019 20:03
nurhayatitpu465 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
340.3K
1.3K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Website, Webmaster, Webdeveloper
23.5KThread•5.3KAnggota
Tampilkan semua post
TS
wapan
#255
Hubungan Struktur Website dengan SEO
Banyak orang mencari cara SEO terbaik di Google, berharap menemukan rahasia SEO yang akan melejitkan traffic dan penjualan produknya, menerapkan tips-tips SEO yang mereka temukan di blogspot maupun wordpress gratisan dan kecewa dengan hasilnya karena tidak sesuai dengan yang diharapkan. Mereka tenggelam dalam kebingungan tentang backlink, meta tag, alexa, PR dan segala tetek bengek lainnya namun melupakan tentang struktur website mereka sendiri. Ironis sekali melihat orang mengandalkan faktor eksternal yang tidak dapat dikontrol dan melupakan faktor SEO internal yang dapat mereka kendalikan. Jadi apa yang harus kita lakukan ?
![kaskus-image]()
ATURAN DASAR SEO
Search Engine Optimization atau SEO adalah suatu teknik dan seni untuk membuat setiap halaman website kita dikenali oleh mesin pencari dan dimasukkan ke database mereka sesuai dengan sistem peng-index-an mereka. Ada tiga poin yang harus anda camkan baik-baik:
SEO adalah teknik karena membutuhkan perhitungan, pengamatan dan analisa data seperti tingkat persaingan keyword, jumlah pencarian dan lainnya. Banyak sekali orang yang menulis tentang teknik SEO ini. Dan artikel saya kali ini memfokuskan pada faktor struktur website yang masuk kategori teknik. SEO juga seni karena teknik yang sama pada kasus yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda pula. Tips SEO dari Master SEO A berhasil di terapkan di website A tetapi gagal total pada website B atau C. Kenapa ? Ya itulah yang disebut dengan seni, beda ramuan sedikit saja rasanya bisa berbeda jauh. Beda orang, sekalipun sama-sama satu perusahaan, akan berbeda pula hasilnya. SEO adalah personal skill, tidak ada standar yang ampuh untuk semua permasalahan.
![kaskus-image]()
Parahnya, banyak sekali Jasa SEO profesional yang hantam rata setiap kasus. Idealnya, setiap halaman pada website anda memiliki keyword sendiri. Halaman A untuk keyword A, halaman B untuk keyword B dan halaman C untuk keyword C. Tapi demi keberhasilan SEO-nya, mereka memaksa semua halaman website anda ke golden keyword yang anda minta. Jadinya halaman A,B,C menggunakan keyword A semua. Apakah cara ini bisa berhasil ? Bisa sekali, tapi ketika pasar berubah, maka Goodbye my friend !
Beberapa jasa SEO murahan menggunakan “keyword panas” untuk mendatangkan traffic tidak potensial ke website klien mereka. Tiba-tiba saja traffic website anda melonjak (demikian pula dengan bounce rate-nya) dan mata anda menghijau melihat keuntungan yang di depan mata. Tetapi setelah beberapa bulan tidak ada yang beli. Mengapa ?
Karena anda melupakan poin ketiga dari dasar SEO, yaitu database Search Engine. Website perusahaan anda masuk di kategori yang salah. Anda jualan pompa air, tetapi munculnya di gosip artis. Anda jualan tas, tetapi munculnya di tips kecantikan. Mana ada yang tertarik dengan produk anda karena bukan itu yang mereka harapkan. Jika salah kategori ini tidak sengaja tidak apa-apa, tetapi jika merupakan kesengajaan maka apa tujuannya ? Apakah anda berpikir “siapa tahu ada yang kecantol ?”
Saya kasih tau ya mas bro, bahkan website dengan kategori yang benar, disain yang meyakinkan, keyword yang tepat dan Call to Action yang sempurna pun tidak semerta-merta menghasilkan penjualan. Apalagi anda – anda yang segmen pasarnya salah ? Coba pikirkan sekali lagi, apa gunanya traffic tinggi jika tidak menghasilkan penjualan ?
STRUKTUR WEBSITE YANG BAIK
Setelah Update Google Panda dan Google Pinguin, aturan SEO sedikit diketatkan. Sebenarnya aturan SEO dari dulu, sekarang dan kedepannya tetap sama, yaitu menampilkan hasil pencarian yang relevan. Jika orang mencari tentang pompa air, yang keluar di SERP segala sesuatu tentang pompa air. Jika orang mencari informasi tentang Kamera CCTV, maka hasilnya ya tentang kamera CCTV ini.
Sebuah website peralatan kolam renang seharusnya berisi tentang pompa kolam renang, filter kolam renang, lampu kolam renang, return inlet, sunction head, sikat lumut dan kaporit. Apakah yang akan terjadi jika anda menambahkan konten baru yang berisi tentang sprei, selimut dan bedcover ?
![kaskus-image]()
Sebelum Panda dan Pinguin, aneka ragam produk dalam satu website ini tidak memiliki efek samping terhadap SERP. Artinya website anda bisa muncul di halaman pertama untuk kategori sprei maupun kategori pompa air karena Google tidak melihat secara keseluruhan atau tema utama website anda. Karena itulah banyak muncul EMD atau Exact Match Domain yang ujung-ujungnya nyepam. PompaKolamRenang.com, SpreiBedcover.com, KameraCCTV.Com dan generik dot kom dot kom lainnya.
MembuatWebs.com juga salah satu contoh yang mengikuti tren sebelum updatePanda – Pinguin….^-^’
Ketika Google mengkategorikan website anda di bagian sprei, padahal anda menjual sprei dan pompa kolam renang, maka secara otomatis kategori kolam renang anda akan terdown-grade sedangkan kategori sprei anda akan semakin sering dimunculkan di SERP. Intinya, sebuah website yang spesifik lebih kuat daripada website yang general. Nah, bagaimana kalau saya berkonsentrasi di dua bidang itu, apakah saya bisa muncul di halaman pertama untuk kedua kategori tadi pak ?
![kaskus-image]()
Bisa, pasti bisa ! Di mana ada kemauan di situ ada jalan ! Tetapi jangan lupakan tingkat persaingannya dong ! Ketahuilah bahwa ada banyak orang yang fokus di salah satu bidang yang anda geluti. Ada ratusan orang yang hanya menjual sprei saja, ada ribuan orang yang hanya menjual peralatan kolam renang seperti anda. Bisakah anda menang melawan orang-orang yang fokus ini ? Percayalah, mereka lawan yang tangguh ! Lagipula, berapa persen orang yang mau membeli sprei dan pompa kolam renang sekaligus ?

ATURAN DASAR SEO
Search Engine Optimization atau SEO adalah suatu teknik dan seni untuk membuat setiap halaman website kita dikenali oleh mesin pencari dan dimasukkan ke database mereka sesuai dengan sistem peng-index-an mereka. Ada tiga poin yang harus anda camkan baik-baik:
- Teknik
- Seni
- Database Search Engine
SEO adalah teknik karena membutuhkan perhitungan, pengamatan dan analisa data seperti tingkat persaingan keyword, jumlah pencarian dan lainnya. Banyak sekali orang yang menulis tentang teknik SEO ini. Dan artikel saya kali ini memfokuskan pada faktor struktur website yang masuk kategori teknik. SEO juga seni karena teknik yang sama pada kasus yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda pula. Tips SEO dari Master SEO A berhasil di terapkan di website A tetapi gagal total pada website B atau C. Kenapa ? Ya itulah yang disebut dengan seni, beda ramuan sedikit saja rasanya bisa berbeda jauh. Beda orang, sekalipun sama-sama satu perusahaan, akan berbeda pula hasilnya. SEO adalah personal skill, tidak ada standar yang ampuh untuk semua permasalahan.

Parahnya, banyak sekali Jasa SEO profesional yang hantam rata setiap kasus. Idealnya, setiap halaman pada website anda memiliki keyword sendiri. Halaman A untuk keyword A, halaman B untuk keyword B dan halaman C untuk keyword C. Tapi demi keberhasilan SEO-nya, mereka memaksa semua halaman website anda ke golden keyword yang anda minta. Jadinya halaman A,B,C menggunakan keyword A semua. Apakah cara ini bisa berhasil ? Bisa sekali, tapi ketika pasar berubah, maka Goodbye my friend !
Beberapa jasa SEO murahan menggunakan “keyword panas” untuk mendatangkan traffic tidak potensial ke website klien mereka. Tiba-tiba saja traffic website anda melonjak (demikian pula dengan bounce rate-nya) dan mata anda menghijau melihat keuntungan yang di depan mata. Tetapi setelah beberapa bulan tidak ada yang beli. Mengapa ?
Karena anda melupakan poin ketiga dari dasar SEO, yaitu database Search Engine. Website perusahaan anda masuk di kategori yang salah. Anda jualan pompa air, tetapi munculnya di gosip artis. Anda jualan tas, tetapi munculnya di tips kecantikan. Mana ada yang tertarik dengan produk anda karena bukan itu yang mereka harapkan. Jika salah kategori ini tidak sengaja tidak apa-apa, tetapi jika merupakan kesengajaan maka apa tujuannya ? Apakah anda berpikir “siapa tahu ada yang kecantol ?”
Saya kasih tau ya mas bro, bahkan website dengan kategori yang benar, disain yang meyakinkan, keyword yang tepat dan Call to Action yang sempurna pun tidak semerta-merta menghasilkan penjualan. Apalagi anda – anda yang segmen pasarnya salah ? Coba pikirkan sekali lagi, apa gunanya traffic tinggi jika tidak menghasilkan penjualan ?
Quote:
STRUKTUR WEBSITE YANG BAIK
Setelah Update Google Panda dan Google Pinguin, aturan SEO sedikit diketatkan. Sebenarnya aturan SEO dari dulu, sekarang dan kedepannya tetap sama, yaitu menampilkan hasil pencarian yang relevan. Jika orang mencari tentang pompa air, yang keluar di SERP segala sesuatu tentang pompa air. Jika orang mencari informasi tentang Kamera CCTV, maka hasilnya ya tentang kamera CCTV ini.
Sebuah website peralatan kolam renang seharusnya berisi tentang pompa kolam renang, filter kolam renang, lampu kolam renang, return inlet, sunction head, sikat lumut dan kaporit. Apakah yang akan terjadi jika anda menambahkan konten baru yang berisi tentang sprei, selimut dan bedcover ?

Sebelum Panda dan Pinguin, aneka ragam produk dalam satu website ini tidak memiliki efek samping terhadap SERP. Artinya website anda bisa muncul di halaman pertama untuk kategori sprei maupun kategori pompa air karena Google tidak melihat secara keseluruhan atau tema utama website anda. Karena itulah banyak muncul EMD atau Exact Match Domain yang ujung-ujungnya nyepam. PompaKolamRenang.com, SpreiBedcover.com, KameraCCTV.Com dan generik dot kom dot kom lainnya.
MembuatWebs.com juga salah satu contoh yang mengikuti tren sebelum updatePanda – Pinguin….^-^’
Quote:
Ketika Google mengkategorikan website anda di bagian sprei, padahal anda menjual sprei dan pompa kolam renang, maka secara otomatis kategori kolam renang anda akan terdown-grade sedangkan kategori sprei anda akan semakin sering dimunculkan di SERP. Intinya, sebuah website yang spesifik lebih kuat daripada website yang general. Nah, bagaimana kalau saya berkonsentrasi di dua bidang itu, apakah saya bisa muncul di halaman pertama untuk kedua kategori tadi pak ?

Bisa, pasti bisa ! Di mana ada kemauan di situ ada jalan ! Tetapi jangan lupakan tingkat persaingannya dong ! Ketahuilah bahwa ada banyak orang yang fokus di salah satu bidang yang anda geluti. Ada ratusan orang yang hanya menjual sprei saja, ada ribuan orang yang hanya menjual peralatan kolam renang seperti anda. Bisakah anda menang melawan orang-orang yang fokus ini ? Percayalah, mereka lawan yang tangguh ! Lagipula, berapa persen orang yang mau membeli sprei dan pompa kolam renang sekaligus ?
Quote:
0