Berhubung ga ada rpg di cistik, ane pengen buat rpg biar nambah hiburan disini.
Ada dua tipe rpg yg lagi ane buat. Dua2nya berbasis D20 system.
1. Adventure
Para pemain harus nyelesain quest demi quest serta berkeliling ke berbagai tempat hingga melawan final boss.
2. Dungeon Crawling
Rpg classic. Para pemain harus menelusuri dan mengalahkan para monster di dungeon untuk mengalahkan dungeon master a.k.a final boss.
Skill adalah seberapa baik seorang karakter dalam menjalankan suatu action. Semakin tinggi skill rank di suatu skill, semakin baik karakter itu menjalankan actionnya.
1) Karakter level 1 tidak mendapat skill rank.
2a) Setiap naik level/level up, karakter akan mendapat bonus skill rank (3 + INT modifier). Paling sedikit 1 bonus skill rank setiap level up.
2b) Maksimal skill rank = char level + 3. Bertujuan agar tidak terjadi abuse.
3) Trained skill adalah skill yang dikuasai oleh karakter. Di awal game, setiap karakter mendapat bonus +3 pada trained skill check.
4) Untrained skill adalah skill yang tidak dikuasai oleh karakter. Di awal game, setiap karakter mendapat bonus -5 pada untrained skill check.
5) Key attribute adalah bonus/penalty yang diaplikasikan untuk skill tertentu.
6) Agar berhasil, skill check harus melebihi DC (Difficulty Class) yang telah ditentukan.
rumus untuk menentukan total skill modifier adalah:
misc modifier meliputi racial bonus, spell, synergy, dan lain2
Spoiler for skill overview 2:
1) circumstances bonus/penalty adalah situasi juga ikut menentukan bertambahnya/berkurangnya DC.
2) Try Again?? Secara umum, skill check dapat dilakukan lagi jika gagal. Tapi beberapa skill check akan memberi penalty sebagai akibat gagalnya skill check sebelumnya.
3) Ada beberapa skill check yang dapat dibantu oleh karakter lain. Karakter tersebut harus melakukan skill check yang sama vs DC 10. Jika berhasil, karakter yang dibantu akan mendapat +2 bonus.
4) Mendapatkan 5 skill rank biasanya akan memberi bonus +2 bonus pada skill check lain.
Spoiler for Skill Check by Attribute:
tanda * berarti harus melakukan armor penalty check
Strength
1) Climb* = kemampuan dalam memanjat tembok, tebing dsb.
2) Jump* = kemampuan dalam melompati suatu jarak dari titik A ke titik B.
3) Swim* = kemampuan dalam berenang, menyelam dsb.
Dexterity
1) Balance* = kemampuan dalam menyeimbangkan diri dan berjalan diatas sebuah tongkat atau semacamnya.
2) Escape Artist* = kemampuan dalam meloloskan diri dari suatu jerat.
3) Hide* = kemampuan dalam menyembunyikan diri
4) Move Silently* = kemampuan dalam mengendap-ngendap tanpa diketahui orang lain
5) Open Lock = kemampuan dalam membuka suatu pintu, peti harta dsb.
6) Ride = kemampuan dalam menunggangi binatang.
7) Sleight of Hand* = kemampuan dalam kecepatan tangan untuk mengambil sesuatu.
8)Tumble* = kemampuan dalam mengurangi penalty sebagai akibat jatuh dari suatu ketinggian.
9) Use Rope = kemampuan dalam mengikat, menyimpulkan dan hal-hal yang berhubungan dengan tali.
Constitution
1) Concentration = kemampuan dalam berkonsentrasi untuk casting spell/ability saat diganggu oleh faktor eksternal.
Intelligence
1) Appraise = kemampuan dalam mengidentifikasi dan menentukan harga suatu barang.
2) Craft = kemampuan dalam membuat suatu barang. Tidak digunakan di game ini.
3) Decipher Script = kemampuan dalam menafsirkan arti dari suatu tulisan kuno, menggunakan sandi dsb.
4) Disable Device = kemampuan dalam mematikan suatu perangkat seperti trap dsb.
5) Forgery = kemampuan dalam membuat suatu dokumen untuk kepentingan tertentu.
6) Knowledge = kemampuan dalam mengetahui suatu informasi mengenai berbagai hal.
7) Search = kemampuan dalam mencari suatu objek yang tersembunyi.
8) Spellcraft = kemampuan dalam melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan magic.
Wisdom
1) Heal = kemampuan dalam regenerasi dan melakukan first aid pada karakter yang sekarat.
2) Listen = kemampuan dalam menguping dan yang berhubungan dengan pendengaran.
3) Profession = kemampuan dalam bekerja sebagai rakyat sipil. Tidak digunakan di game ini.
4) Sense Motive = kemampuan dalam mengetahui kejujuran/maksud seseorang.
5) Spot = kemampuan dalam menemukan orang atau mahluk yang bersembunyi.
6) Survival = kemampuan dalam bertahan hidup di alam liar dan mengikuti jejak orang lain (khusus ranger).
Charisma
1) Bluff = kemampuan dalam membuat seseorang secara halus mengikuti keinginan karakter seperti menipu/berbohong.
2) Diplomacy = kemampuan dalam bersosialisasi dengan seseorang.
3) Disguise = kemampuan dalam menyamar sebagai orang lain
4) Gather Information = kemampuan dalam mengumpulkan informasi tentang kota/desa yang disinggahi karakter.
5) Handle Animal = kemampuan dalam melatih binatang.
6) Intimidate = kemampuan dalam memaksa seseorang untuk mengikuti keinginan karakter
7) Perform = kemampuan dalam . Tidak digunakan di game ini.
8) Use Magic Device = kemampuan dalam menggunakan perangkat sihir seperti scroll, magic trap dsb.