PESAN2 MORAL dan TEKNIS dari PARA PEMBACA
Bagian 2
Quote:
Original Posted By JASA.FULL.BAR►setuju gw sama analisa TS
yg gw rasa
mobil putih itu adalah factor x pembawa pesan kematian di insiden tersebut

Quote:
Original Posted By kira.raito►pesan :
kalo nyebrang jalan harus sabar dan hati2, jangan terburu2. selisih beberapa detik saja nyawa melayang
Quote:
Original Posted By sugiv12►ane sering diajari orang tua dlu kayak gni gan klo nyebrang :
1. Nyebrang liat kanan-kiri klo udah aman dan rada sepi kenderaan jalan jgn lari klo perlu naikkan sebelah tangan seolah2 bt tanda menyetop.
2. Nyebrang klo pas padat kenderaan lbh baik jln pelan2 dan klo perlu bhenti diam dtengah2 sampe kenderaan lain bhenti kasih ane nyebrang (sering org tb2 nyeberang llu maju-mundur krn gugup bingung antara bhenti sm nyebrang lg pdhl msh ada kenderaan).
3. Nyeberang setelah smua mobil lwt (dr blkg mobil) jgn pas ddpn mobil yg menuju arah kt.
Alhamdullilah smpe skrg blm prnh kesenggol gan baik ane mau pun org tua ane.
taro pejiwan klo bermanfaat gan
Quote:
Original Posted By alfarizy734►kesalahan yg sering terjadi,,
1. si penyebrang kaga sabaran maen selonong aje..
2. si penyebrang ragu2 (maju, mundur) yg bikin bingung pengendara...
3. si pengendara kaga mw ngalah ama org yg nyebrang...
4. yaaa inti nya fokus ama jalan deh,, kebanyakan pengendara skrg pada pake headset (kaya ikutan motoGP), lepas tangan sambil BBMan / SMSan (yg ikut GP aja tangan tetep ada d stang...), maen belok tanpa lampu send / belok pake lambayan tangan (ini yg bikin ane salut,, rider GP klo belok kaga pake melambay2 tangannya), n klo mau nyalip suka liat k belakang dlu (trus guna nya kaca spipn apa yak??)
salam jepret aja deh...

Quote:
Original Posted By josubhi►Terimakasih gan atas sharing nya

Blind spot atau titik buta dari setiap kendaraan dan pejalan kaki saat berada di jalan raya harus ditingkatkan pengertiannya kepada semua pengguna jalan

Quote:
Original Posted By lampuajaib►jalan woltermongonsidi/kawasan santa, itu kecepatan
maksimal 40 km/jam gan...
kok ane tahu?soalnya ane pengendara motor juga, dan dulu terbiasa lewat situ
boleh dicek pas mau masuk jalan itu ada plangnya...
dan emang kawasan tsb rame, jadi ga boleh ngebut
ane kalo lewat situ selalu batesin di 40km/jam, walau kadang jalan sepi dan tergoda untuk bejek gas....
Quote:
Original Posted By ynsandre►ari : berada pada saat yang tidak tepat lokasi yang tidak tepat
alm : berada pada saat yang tidak tepat lokasi yang tidak tepat
mobil putih : berada pada saat yang tidak tepat lokasi yang tidak tepat
ane bilang tidak tepat karena ada pihak yang dirugikan dan timbul masalah,
kalau kejadian itu dampaknya positif, ane bilang di waktu yang tepat dan lokasi yang tepat, serta tidak ada masalah.
Positif / Negatif
Benar / Salah
Awal / Akhir
Yin / Yang
Siapa yang bisa dan punya kuasa mengatur hal itu semua ?
apa hal positif dan negatifnya ari dihukum ?
semoga semuanya dipilih dan diputuskan yang terbaik.
pelajaran dari kasus ini :
- jangan salip kendaraan di depan kalau agan gak tau / lihat di sisi lain kendaraan itu
- jangan nyeberang terburu2 kalau tidak melihat dengan jelas semua kemungkinan yang bisa timbul, seperti motor yg mau nyalip yg ada di belakang mobil putih itu
mari kita patuhi semua aturan yang ada semaksimal mungkin untuk meminimalisasi hal2 yang tidak kita inginkan.
Quote:
Original Posted By prasulll►Ya intinya adalah kalo naek motor hati2, jangan kebut2an, ikutin aturan yang ada
kalau posisi di jalan banyak berlobang ya pelan2 aja, pengalaman ane, pernah ane tuh ngehindarin lobang, tapi ternyata eh ternyata, pas ane ngehindarin, depan ane udah ada motor dr arah berlawanan, yaudah deh, brak! kita tabrakan, terpaksa operasi patah tulang
jadi intinya adalah, apa sih kebut2an, toh intinya jg sampe, yang penting selamat bray

Quote:
Original Posted By ketrok►kalo ane nyalahin yang buat peraturan tentang masuknya motor2 besar di Indonesia. Jalanan hanya bisa ditembus dg normal 60km / jam itupun kalo lenggang,dimasukin motor dg 1000 cc yg bisa kecepatan maksimal 200 an km/jam. gw yakin tu motor ari w paling normal jalan di 80 km/jam.tapi gimana lagi, indonesia gt loh..dibagan jalan gda batas kecepatan...
PAGE ONE dong
Quote:
Original Posted By U1D►wah, mestinya mobil itu
jadi saksi kunci jg, bisa jd dia salah gak kasih sein & bel peringatan
Quote:
Original Posted By are.finds►seharusnya kalo kaya gini peraturan tentang "Zebra Cross / jembatan penyeberangan" & kecepatan maksimum kendaraan pada jalaanan seperti itu di tegaskan kembali!

seperti yg TS bahas di pejwan, ane juga setuju bahwa kalau disini emang ga ada yg salah.. motor sport kalau ga ngebut namanya becak dan kalau nyebrang daripada ketabrak mobil mending lari, semoga kejadian kaya gini ga ke ulang lagi

turut berduka cita buat si kakek

Quote:
Original Posted By ndakpunyanama►sering ane ngalamin keadaan blind spot gitu,
cuma ditempat ane merantau sekarang lumayan tertib gan, orang nyebrang di zebracross, jadi klo ane di posisi kaya Ari Wibowo, dan ada mobil yang nge rem waktu mau melintas zebraacross, spontan ane ikut ngerem, walaupun ternyata ga ada yang nyebrang

dan uda kebiasaan di sini (mayoritas) saat pejalan kaki uda injak zebra cross, secara spontan kendaraan2 berhenti.
ane kasih picnya :
sumber gambar : [URL="http://www.google.com/imgres?safe=strict&client=firefox-a&hs=zfO&sa=X&rls=org.mozilla:en-US

fficial&biw=1366&bih=566&tbm=isch&tbnid=kY5nAyqizM4R4M:&imgrefurl=http://regional.kompasiana.com/2012/06/02/zebra-cross-the-sign-of-civilized-city-466728.html&docid=cO6vrMR9mA6CMM&imgurl=http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/06/13385814571090131404.jpg&w=604&h=453&ei=nFa-UdSqOsXGygH7rYHgCQ&zoom=1&ved=1t:3588,r:3,s:0,i:88&iact=rc&page=1&tbnh=181&tbnw=249&start=0&ndsp=10&tx=122&ty=27"]gambar[/URL]
Quote:
Original Posted By a7ud►pendapat ane dari pengalaman di jalanan.
etika kita berkendara di jalan raya sudah kurang nih.
seharusnya menurut etika, mobil itu
ngasih tanda sen kanan. agar kendaraan yg mau nyalip hati2.
karena ane sering ke luar kota pake motor.
dan kalo ane mau nyusul bus / truk, mereka suka
ngasih tanda sen kanan yang berarti kita jangan nyusul itu bus / truk (ada sesuatu di depat yg tidak terlihat oleh kita yang berada di kanan blkg).
Quote:
Original Posted By RifanX►kalau mau tau siapa yang salah itu kaca film di mobil putih itu, karena kalo g ada kaca film kemungkinan besar ari bisa melihat dan menghindar
PAGE ONE GAN
SALAH KACA FILM! COPLOK AJA KACA FILMNYA
Quote:
Original Posted By sasakiryuga►
bawah nya saya cerita sebaliknya. dari kanan ke kiri.
btw sejak hampir diseruduk motor itu saya kalo nyeberang selalu cari jembatan penyeberangan walau 200-300m dari spot.
kalo memang gk ada ya selalu sabar. dan ngintip ada motor gk dibalik mobil.
ya memang case per case. btw beware lah kalo di Indonesia pa lagi jakarta.
wong satu arah bisa aja ada motor mobil yang lawan arah dengan kecepatan tinggi.
dan jeleknya di Indo itu yang gede selalu salah, menyebabkan yang lebih kecil suka gk hati hati.
semoga semua bisa mengambil hikmat dari kejadian ini.
Quote:
Original Posted By afganrossa►karena semua ini diluar unsur kesengajaan masing-masing pihak, ane setuju kalo ini disebut takdir.
kaga perlu nyari siapa yang salah. pelajaran moral yang bisa kita petik di sini adalah:
[] jangan menyeberang jalan kalo ada mobil yang menghalangi pandangan.
[] jangan menyeberang sambil berlari.
[] mobil yang menghalangi biker kudu memberikan lampu sign (bukan sen ya?) bahwa di depan kemungkinan ada penyeberang jalan yang kaga terlihat oleh pengendara yang akan mendahului.
[] jangan bawa kendaraan ngebut-ngebut kecuali ambulans, mobil tim reaksi cepat kepolisian, pemadam kebakaran, dan kebelet mau ee atau pipis tapi kaga ada wc umum yang bisa disinggahi.
Quote:
Original Posted By green_hoho►1. Tuk Motor,
biasa klo ada mobil ngerem mendadak, aye suka was2... ada apa nih..
2.Tuk Mobil
tapi lebih bagus lagi tuw kaca film ga usah gelap2, biar keliatan dibelakang / didepan mobil ada apa
tapi ironi jg, kaca film gelap kan biar para begal ga tau didalam ada apa aja...
3. Tuk penyebrang jalan
Nyebrang lah pada tempatnya, jangan lari dan jangan terburu2
4. Semua di Indonesia harus diedukasi lagi soal tata tertib di jalanan
Quote:
Quote:
Original Posted By rizz04►ane tambahin buat pelajaran aja :
1. si kakek (alm), harusnya bisa lebih sabar jangan nyebrang dulu sebelum biante lewat...kalo mau maksain nyebrang, setelah melewati biante, si kakek harusnya ngelongok dulu ke belakang biante untuk memastikan ga ada kendaraan lain...jangan buru2 menyimpulkan dah aman buat nyebrang...
2. biante, kalo kita perhatiin kadang2 supir angkot/truk bisa lebih peduli akan hal ini...kalo dia berenti karena ada orang nyebrang, si supir kadang menjulurkan tangannya ke samping untuk memberikan tanda pengendara lain yang akan mendahuluinya...ya mungkin karena mereka kacanya dibukaya...tapi untuk yang biasa kacanya ditutup, bisa juga dilakukan dengan menyalakan lampu hazart (darurat) agar pengendara di belakang lebih hati2...tapi ga sedikit juga pengendara yang ngasih jalan tapi males ngerem jadi dah deket baru berenti...
3. ari, sebagai pengendara yang mau mendahului harusnya bisa lebih hati2...kita harus curiga kalo tiba2 mobil depan kita / samping kita melambatkan lajunya...jangan langsung nyalip aja...jangan males menurunkan gas...ya minimal kasih klakson...
tapi ya itu semua dalam kondisi normal...kadang2 kita lupa sama prinsip kehati2an seperti tersebut diatas...apalagi kalo lagi dalam kondisi ga normal seperti buru2...marah...ngantuk...tanggung...dll...kondisi ga normal tersebut bisa diatasi dengan mengatur waktu berangkat kita...banyak2 berdoa supaya diberikan kesabaran...jangan males buat istirahat...selalu pengendalian diri...dll...
tapi emang kalo sampe kecelakaan ya namanya musibah...dan musibah itu ujian dari yang kuasa...karena sesuai dengan janji Nya bahwa semua manusia akan diuji dengan kekurangan harta, jiwa, makanan, dll...dan beruntunglah bagi orang2 yang sabar...oleh karena itu kalo sampe terjadi kecelakaan kita harus menyelesaikannya dengan kepala dingin...
tolong taro pejwan biar jadi pembelajaran buat yang lain...
Quote:
Original Posted By MadDogg►sekarang ga ada yg salah
cuma ane mau nambahin
kalo posisi penyebrang, sopir mobil, dan motor sama seperti kronologi di atas
harusnya sopir mobil mengeluarkan tangannya minta kendaraan di sisi kanan mobil untuk memperlambat kecepatan karena ada yg mau nyebrang
nah si sopir mobil ini ada beberapa kemungkinan dia tidak melakukan itu :
1. si korban tiba2 berlari sehingga tak cukup waktu untuk mengambil keputusan minta tangan ke sisi kanan mobil
2. sopir mobil tak melihat si korban
3. tak ada niatan untuk memberi jalan dulu nyebrang ke pada si korban
Quote:
Original Posted By ikarkebo►Mungkin seharusnya si kakek nunggu mobil lewat terus nyebrang jga ga usah lari.
Bener deh, ane naek motor.
Kalo nyebrangnya jalannya pelan, enak buat ngehindarin.
Dan tips terakhir kalo nyebrang, andaikata udah maju, jgn mundur lagi.
Itu bikin panik
Quote:
Original Posted By heartless2►untuk para pejalan kaki tolong kalo mau menyebrang jalan menyebranglah di jalur penyebrangan jalan yang telah disediakan, banyak kejadian karena pejalan kaki menyebrang sembarangan
untuk para pengguna mobil tolong kaca film jangan menggunakan yang terlalu gelap, karena para pengendara motor tidak dapat melihat keadaan jalan didepan mobil(orang lewat/kecelakaan/dll) menimbulkan blind spot
untuk para pengendara roda 2, tolong patuhi rambu lalulintas, dan gunakan sarana yang ada di motor seperti lampu dim, klakson dan sein secara bijak dan tepat
Quote:
Original Posted By voodoo78►Siapa bilang tidak ada yang salah dalam kejadian ini ??? JELAS2 yang salah adalah PEMERINTAH ! yang tidak tegas dalam menjalankan undang2.
1. Orang seenaknya nyebrang sembarangan, bukan di zebra cross. ini karena tidak ada tindakan dari pemerintah untuk menghukum org yg nyebrang sembarangan. coba aja suruh nyebrang sembarangan di Singapore, 90% lo pasti di gilas. lain cerita kalau di zebra cross, mobil pasti berhenti dulu.
2. Mobil memakai kaca yang benar2 gelap. ( lagi2 tidak ada tindakan dari pemerintah untuk menghukum mobil2 yang memakai kaca hitam ).
Saran ane buat pemerintah, buat org kaya ga usah pake tilang2 duit deh, ga ada effectnya. mending di kasih sanksi sosial berupa nyapu jalan 1 minggu, effectnya lebih ampuh.
Quote:
Original Posted By acied666►klo menurut ane si gan ada beberapa aspek yang harus kita introspeksi, baik sebagai pejalan kaki maupun pengguna kendaraan bermotor, semua itu diatur di dalam UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, hak kita sebagai pengguna jalan dilindungi, dan juga ada kewajiban sevagai pengguna jalan raya juga gan, klo menurut ane :
*SISI ARI WIBOWO (PENGGUNA KENDARAAN BERMOTOR)
1. Ducati Multistrada 1200 membunyai isi silender 1200, kebayang kan gan CC nya selevel sama mobil
2. Kemampuan biker dalam mengendalikan kendaraannya gan
3. pengetahuan tentang rambu lalu lintas dan cara mendapatkan driving license
4. kedewasaan dalam mengemudikan kendaraan, tau sndiri gan sekarang dijalan raya itu udah kaya di sirkuit, bisa dilihat dari pengendara motor yang kita lihat sehari2 gan, ngemudiin motornya udah kaya valentino rossi gan saling salip dan adu kenceng motor gan (ane jadi takut sndiri gan)
*SISI PEJALAN KAKI
1. Kita sendiri ga pernah sadar gan, fungsi zebra cross, fungsi jembatan penyebrangan kadang kita sndiri lengah gan nyebrang dimana saja (bukan pada tempatnya)
2. Kadang kita juga secara ga sadar gan menyetop kendaraan dimana saja atau padahal ada tempatnya, gan atau biarpun ada rambu kita tetep acuh
melihat hal diatas gan, (jangan dibandingin sama diluar negeri ya gan, mereka mah liat orang mau nyebrang aja memperlambat kendaraan mereka gan, beda ma dikita tetep digas ato diklakson apalagi klo lamu kuning gan)
jadi menurut ane kita semua harus intropeksi dan makin mawas diri dalam mengemudikan kendaraan dan juga saat akan menyebrang, menyebranglah pada tempatnya hehehe
Intinya menurut ane mah
1. SIM, itu kudu diberikan pada yang emang dah berhak mendapatkannya ( no manipulasi)
2. Pemerintah kudu mampu menyediakan sarana transportasi yang cepat, tepat waktu, aman, n murah
3. Berikannlah porsi subsidi pada public transport, dan transportasi ramah lingkungan (jadi harga sepeda lebih murah lagi,,hehehe secara ane pengguna sepeda

4. Kita kudu makin waspada dimanapun kita berada karena dimanapun kapanpun namanya kecelakaan dapat terjadi gan
5. yang terakhir si mudah2an agan2 pengguna kendaraan bermotor jangan ngelaksonin n nyundul2 yang pake sepeda n pejalan kaki ya gan,
karena secara tidak langsung, mereka itulah penyelamat lingkungan buat anak cucu kita dikemudian hari....
SALAM DAMAI SELALU




GO GREEN AND SAVE OUR EARTH
(maaf ya klo ada salah2 kata, gada maksud buat nyinggung siapapun)
Quote:
Original Posted By bagusGooners14►mungkin mobil putih itu perantara untuk menjemput ajal si kakek kali ya ? wallahualam deh

Quote:
Original Posted By phoenixzzz►Intinya :
- Menyebrang pada "tempat" yang telah di sediain.... Ada jembatan penyebrangan, namun nyebrangnya dari bawah....
- Ada Zebra cross, tapi nyebrangnya 300 M dari lokasi sebelum Zebra cross
- Mobil di larang pakai kaca film, tapi kenyataan pada pakai kaca film ( di luar negeri tidak di perbolehkan memasang lebih dari 20% ) disini yang 90% aja boleh pasang
- Motor suka nyelip sana sini kayak jalan kakek buyutnya.... *ane biker juga, tapi g asal nyelip....*
Jadi salah sapa ?!? Ya salah semua orang....
Banjir salah sapa ??? Ya salah org yang buang sampah ke kali....
Korupsi salah sapa ??!?? Ya salah koruptor....
Jadi ?!? Mari kita belajar displin berlalu lintas.....
Quote:
Original Posted By lukiluck►terus itu mobil kira-kira berhenti n ikut nolongin korban nda? apa cuma ari wibowo aja yang bawa korban n jadi saksi kejadian?
seingat saya, walau saya belum memiliki SIM, jika kendaraan di depan melihat sebuah kondisi tidak aman, dan mengetahui bahwa dia akan di dahului dari sebelah kanan, maka kendaraan tersebut wajib menyalakan lampu sen kanan, sehingga kendaraan di belakangnya tidak melakukan overtaking.
dari ulasan di atas sudah ada beberapa kondisi tidak aman, dan tindakan tidak aman, yang pastinya bisa menyebabkan sebuah accident.
Quote:
Original Posted By Snobb►Ane gak bisa menganlisa Gan, itu semua pihak menyumbang kesalahan. Ane cuma sumbang saran aja. Sebagai pe-biker dan komuter dg R4/R2 ane punya punya beberapa trik yg mungkin bermanfaat :
Roda 4
1. Jika ada kasus seperti Ari Wibowo dan kita SEBAGAI DRIVER BIANTE, nyalakan lampu hazard. Ini memang tidak ada aturan resmi, cuma secara luas lampu hazard yg menyala dalam posisi kendaraan di tengah jalan artinya, JANGAN MENDAHULUI - Ada halangan.
2. Jika kita menggunakan mobil dg jendela terbuka dan kebetulan ada ORANG MENYEBERANG dengan kasus sama, lihat spion belakang keluarkan tangan kanan dan beri 'isyarat pelan-pelan' agar kendaraan di belakang kita AWARE.
R2
1. Jika kita dalam posisi membuntuti kendaraan, lihat perilaku kendaraan di depan kita sebagai antisipasi. Misalnya, cara mengerem, cara nge-sein, cara belok dsb. Sehingga kita bisa antsipasi lebih awal. Ada khan pengemudi yg main masuk kanan gak sein? Nah model yg mirip2 kayak gitu kita harus ekstra waspada kalo di belakangnya.
2. Jika kendaraan di depan mengerem, harap waspada apa penyebabnya. Kalo tidak yakin aman jgn masuk ke depan.
Selebihnya hati-hati.... Jalanan adalah area berbahaya....
Keep riding safely...
Quote:
Original Posted By Kadal007►Sharing Sebagai pengendara motor menurut ane kita harus selalu berhati hati ketika akan mendahului kendaraan lain prediksi keadaan di jarak sekitar 50 m di depan , misal ketika akan mendahului mobil kita fokus ke depan dan perhatikan melalui kaca mobil apakah ada gerak gerik yang bisa berpotensi bahaya ane kira akan sangat membantu dengan melihat terlebih dahulu ke kaca mobil tsb ctatan kaca mobil ga gelap

.
and sharing kalo mengendarai motor dijalan umum jangan terlalu kencang jalan umum bukan sirkuit yang steril dan satu arah

Quote:
Original Posted By yongky.bachtiar►Kita sering ngehujat para Genk motor yang suka ugal-ugalan di jalan, padahal tanpa kita sadari hampir semua Biker di Indonesia mirip Genk motor karena hampir semuanya ugal-ugalan, jalan raya dianggap sirkuit....ceka.ceka.ceka.ceka.ceka.ceka.ceka
bersambung ke bagian 3