Kaskus

News

jojo8228Avatar border
TS
jojo8228
[Reborn] Main Battle Tank -Jenis2 dan Penjelasannya-
Spoiler for Sebelumnya:



INDEX


Deskripsi Umum

Leopard 2
Leopard 2, Bag 1: Deskripsi Umum dan Sejarah
Leopard 2, Bag 2: Seri Produksi dan Leo 2A5 KWS II
Leopard 2, Bag 3: Leo 2A6
Leopard 2, Bag 4: Leo di Negara Non-Jerman
Leopard 2, Bag 5 -end-: Varian dan Spesifikasi

DIO Zulfiqar
DIO Zulfiqar

M1 Abrams
M1 Abrams Bag 1: Deskripsi Umum dan Sejarah
M1 Abrams Bag 2: MBT M1A1 Abrams
M1 Abrams Bag 3: M1A1D, AIM Overhaul Program, M1A2 SEP
M1 Abrams Bag 4: Pengembangan Berkelanjutan
M1 Abrams Bag 5: Data Teknis
M1 Abrams Bag 6 -end-: "Cutaway"

PT-91 Twardy
PT-91 Twardy Bag 1: Deskripsi, Sejarah, Pengembangan dan Varian
PT-91 Twardy Bag 2 -end-: Related Vehicles, Operator dan Spesifikasi

Merkava (Chariot)
Merkava Bag. 1: Sejarah, Pengembangan dan Tank Seri Merkava
Merkava Bag. 2: Fitur dan Desan Merkava Mk. 4; Combat History
Merkava Bag. 3 -end-: Varian dan Spesifikasi

T-54/55
T-54/55 Bag. 1: Deskripsi Umum
T-54/55 Bag. 22a: Sejarah Pengembangan
T-54/55 Bag. 3
T-54/55 Bag. 4 4a: Operator
T-54/55 Bag. 5 5a: Model dan Varian
T-54/55 Bag. 6 6a 6b: Turunan Internasional
T-54/55 Bag. 7 -end-: Spesifikasi

AMX-56 Leclerc
Leclerc Bag. 1: Deskripsi dan Sejarah
Leclerc Bag. 2 -end-: Desain, Varian, Operator dan Spesifikasi

ROTEM K1
K1 Bag. 1: Deskripsi, Sejarah dan Desain
K1 Bag. 2 -end-: Pengembangan K1A1, Varian, Operator dan Spesifikasi

ROTEM K2 Black Panther
K2 Bag. 1: Deskripsi dan Pengembangan
K2 Bag. 2 -end-: Fitur dan Desain, Operator, dan Spesifikasi

T-80
T-80 Bag.1: Sejarah dan Varian
T-80 Bag.2:T-80 dan T-80U
T-80 Bag.3 -end-: T-84 Oplot dan T-84 Yatagan

T-90
T-90 Bag. 1: Pendahuluan, Sejarah dan Desain
T-90 Bag. 2 -end-: Ekspor, Varian dan Spesifikasi

Chieftain
Chieftain

Challenger 1
Challenger Bag. 1: Sejarah dan Pengembangan
Challenger Bag. 2: Fitur dan Desain
Challenger Bag. 3 -end-: Varian, Operator, Spesifikasi dan Challenger to Challenger 2

Challenger 2
Challenger 2 Bag 1 1a: Sejarah dan Pengembangan
Challenger 2 Bag 2: Fitur dan Desain, Varian, dan Operator
Challenger 2 Bag 3 -end-: Spesifikasi


Type 59
Type 59 Bag. 1: Sejarah dan Fitur-Desain
Type 59 Bag. 2 -end-: Varian, Operator dan Spesifikasi

Type 69/79
Type 69/79

T-64
T-64 Bag. 1: Sejarah dan Pengembangan
T-64 Bag. 2: Desain
T-64 Bag. 3: Model dan Varian, Operator, dan Spesifikasi

Strv-103 "Stridsvagn"
Strv-103 Bag. 1: Sejarah
Strv-103 Bag. 2: Desain dan Spesifikasi

C1 Ariete
C1 Ariete

Spoiler for Kaskusers' Order:


Spoiler for Thanks!:
Diubah oleh jojo8228 18-07-2017 17:40
0
60.4K
99
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
KASKUS Official
20.4KThread10.5KAnggota
Tampilkan semua post
jojo8228Avatar border
TS
jojo8228
#36
T-54/55 Bag. 1
T-54/55 MAIN BATTLE TANK


kaskus-image
T-54 (Foto: [url]wikipedia.org[/url])

Nama: T-54/55
Tipe Klasifikasi: Main Battle Tank
Kontraktor: State Factories - Soviet Union
Negara Asal: Soviet Union
Total Produksi: 86.000 – 110.000 unit
Operator: Afghanistan; Albania, Algeria, Angola, Armenia, Azerbaijan, Bangladesh, Belarus, Bosnia-Herzegovina, Bulgaria, Cambodia, Central African Republic, Chad, China, Congo, Croatia, Cuba, Czech Republic, Ecuador, Egypt, Eritrea, Ethiopia, Finland, Georgia, Guinea, Hungary, India, Iran, North Korea, Laos, Latvia, Lebanon, Libya, Macedonia, Malawi, Mauritania, Mongolia, Mozambique, Namibia, Nicaragua, Nigeria, Pakistan, Peru, Poland, Romania, Russia, Rwanda, Serbia and Montenegro, Slovakia, Slovenia, Somalia, Sri Lanka, Sudan, Syria, Tanzania, Togo, Ukraine, Uganda, Uruguay, Uzbekistan, Vietnam, Yemen and Zambia.



T-54 dan T-55 adalah seri MBT yang didesain di Uni Soviet. Diperkenalkan pada 1949, T-54/T-55 beroperasi di lebih banyak negara di seluruh dunia dan diproduksi dalam jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan tank lain setelah Perang Dunia II. T-54/55 merupakan tank baru Soviet setelah PD II dan merupakan turunan dari tank berat Soviet seri IS dan tank medium T-34 yang revolusioner.

Purwarupa T-54 pertama muncul pada Maret 1945, tepat sebelum berakhirnya PD II. T-54 mulai diproduksi di Uni Soviet pada 1947, dan mulai beroperasi dengan AD Soviet pada 1949. Pada 1958, T-54 mengalami pengembangan dan modifikasi, dan diberi nama ulang menjadi T-55. T-55 merupakan evolusi dari T-54, dan bukan merupakan desain baru.

T-54/55 mengikuti layout konvensional, dengan turret berbentuk-dome terletak di tengah hull, mesin berada di belakang hull dan hull dengan bayangan rendah (low-silhouette). T-54/55 mempunyai empat awak; pengemudi (di bagian kiri hull, epan turret), loader (di bagian kanan turret), komandan dan gunner (keduanya terletak di bagian kiri turret).

T-54/55 mempunyai chassis ber-track penuh dengan lima road-wheel. T-54/55 diidentifikasi dari celah yang berbeda antara cast road wheel pertama dan kedua dari lima cast road wheel besar.T54/55 menggunakan track baja (disubstitusi menjadi padded track pada versi modifikasi), sebuah suspensi torsion bar “live track” tanpa return roller dan drive sprocket yang terpasang di belakang. T-55 tidak menggunakan fuel cell berlapis baja.Tetapi bahan bakar disimpan pada tangki yang terekspos pada track fender. Exhaust mesin keluar di bagian kiri belakang hull.

Meriam 100mm terpasang di tengah turret. Trunions meriam tidak terlindungi mantlet berlapis baja, tetapi hanya sebuah canvas sleeve yang melindungi mekanisme elemen tersebut. Tidak ada fume extractor pada T-54, sementara T-55 mempunyai bore evacuator yang terpasang pada laras meriam. T-55 mengkombinasikan meriam velositas tinggi dengan enduransi jarak-jauh yang luar biasa pada saat itu.

Terdapat dua palka di atas turret (loader dan komandan tank). Kedua palka tersebut terbuka ke depan. Pada T-54, senapan mesin anti-pesawat DShk 12,7mm terpasang pada stasiun komandan, dan pada T-55 (versi “A” dan selanjutnya) dipasang di posisi loader. Dua senapan mesin defensif digunakan, satu terpasang koaksial, dan satunya terpasang gi bagian depan hull.

Dua rel pendukung infantri (satu lurus dan satu melengkung) ditempelkan di samping turret. Keduanya dapat dilepas untuk pemasangan ERA, APS atau paket lapis baja lainnya. Jika ada, searchlight IR utama akan dipasang pada atas turret (di samping kiri meriam). Searchlight tambahan akan dipasang di palka komandan. Jika ada rangefinder laser akan dipasang secara eksternal di bagian atas meriam utama. Celah di sebelah kanan turret adalah port penembakan untuk senapan mesin PKT-T koaksial.

T-55 dapat menyeberangi perairan dengan kedalaman 1,4 m tanpa modifikasi dan 5,5m dengan penambahan snorkel kit. T-55 juga dapat memperoduksi asap untuk kamuflase dengan cara menginjeksikan uap bahan bakar diesel langsung ke exhaust mesin.

T-54/55 kemungkinan adalah kendaraan lapis baja paling produktif secara internasional karena tank ini dapat ditemukan di lusinan angkatan bersenjata di dunia. T-55 telah diproduksi oleh Uni soviet hingga 1981. Sebagai tambahan, T-55 juga diproduksi di Cina (dengan nama Type 59), Cekoslovakia dan Polandia.

kaskus-image
T-54/55 pada Perang Libya 2011 (Foto: [url]www.wikipedia.org[/url])


Melintasi waktu dan teknologi membyat T-55 menjadi obsolete sebagai MBT garis depan, akan tetapi T-54/55 dalam jumlah besar masih beroperasi di berbagai dunia, dengan berbagai upgrade dan penggunaan komponen modern seperti kontrol penembakan yang lebih canggih. Tank ini beroperasi di garis depan invasi Hungaria pada 1956 hingga Perang Arab dengan Israel pada akhir 1960an dan awal 1970an. Selama 1970an, T-54 terlihat di peperangan di Vietnam, Kamboja dan Uganda. Di Uni Soviet sendiri, pada 1980an, T-54/55 telah digantikan perannya sebagai MBT primer oleh T-62, T-64, T-72 dan T-80.

Pada 2011, Pasukan Anti-Khadaffi menggunakan T-54/55 untuk menggulingkan rezim Khadaffi yang berkuasa.



Sumber:
www.militaryfactory.com
tech.military.com
www.globalsecurity.org
en.wikipedia.org
en.wikipedia.org/operators_and_variants
www.inetres.com


Spoiler for Spoiler:
Diubah oleh jojo8228 19-07-2017 10:27
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.