Kaskus

Automotive

aditjuveAvatar border
TS
aditjuve
IMEC-KASKUS (Indonesia Mirage Club @Kaskus)
IMEC-KASKUS (Indonesia Mirage Club @Kaskus)
Berawal dari kebingungan/kesulitan mencari referensi, sharing all about Mitsubishi Mirage, sehingga saya membuat thread ini. Maka dari itu agyan2 yang punya/pengguna Mitsubishi mirage silahkan share disini.
Aturan Forum
JUJUR, SANTUN DAN TERBUKA

IMEC-KASKUS (Indonesia Mirage Club @Kaskus)
[CENTER]OFFICIAL WEBSITE IMEC[/CENTER]
Sebelum bertanya, baca/cari dulu di Page One :
Situs Resmi Mirage KTB Indonesia
IMEC @FB
Spoiler for Specification:

Review from AutonetMagz

Transmission CVT INVECS III Part 1
Transmission CVT III Part 2
7 Alasan Pilih Mirage menurut AutonetMagz.com
12 Alasan Pilih Mirage menurut member IMEC
Kesan dan Pesan setelah pakai MIRAGE
Biaya Perawatan Mirage menurut KOMPAS
Spoiler for Top Speed of Mirage:

Spoiler for Hasil Uji Tabrak:

UPDATE

Bagi para pengguna mirage, silahkan daftar dgn format seperti ini :
nama :
id kaskus :
kota :
type/warna :
no.pol :
Spoiler for Member Update:

Untuk para member IMEC silahkan bernarsis ria bersama Mirage kesayangannya, nanti TS Update di Page One

Spoiler for Gallery IMEC:

Spoiler for TIPS N TRIK:

Spoiler for Harga Aksesoris Maret 2013:

Spoiler for Head Unit 2 DIN from Skeleton:

[B]
HOT NEWS

about Fly wheel Problem
IMEC-KASKUS (Indonesia Mirage Club @Kaskus)
Respon KTB dari Hot Issues Mirage di Grang Launching Imec Lembang
IMEC-KASKUS (Indonesia Mirage Club @Kaskus)
Became an Official Member (Starter Kit Kloter 2 ditutup)
IMEC-KASKUS (Indonesia Mirage Club @Kaskus)
IMEC-KASKUS (Indonesia Mirage Club @Kaskus)
Komponen yang diganti untuk Exceed
Spoiler for FR IMEC EVENT:

Salam Mirage emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh aditjuve 29-01-2014 16:06
KhayyriFaiqSabiAvatar border
grg.Avatar border
grg. dan KhayyriFaiqSabi memberi reputasi
3
1.5M
10K
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4
KASKUS Official
25.1KThread19.3KAnggota
Tampilkan semua post
adityappkAvatar border
adityappk
#3896
Respon KTB dari Hot Issues Mirage di Grang Launching IMEC Lembang
Quote:


Dear IMECers,

Berikut saya sedikit sampaikan Minutes of Meeting mengenai pertemuan antara IMEC dengan pihak KTB yang diwakilkan oleh Pak Budi Daulay (Head Section), beserta team (Pak Ridho, Pak Awan) dan juga Pak Gempar dan Pak Edwin dari divisi Technical services :

Poin2 yang menjadi bahan diskusi :
1. Bunyi aneh/dengung saat starter
2. Penggantian ukuran velg dan ban serta per yang terlalu empuk
3. Modifikasi engine dengan piggyback, pemasangan Alarm, yang terkait
dengan hilanganya jaminan/garansi
4 Lamanya pengurusan STNK dan Plat nomor di Dealer
5. Sistem Pencatatan Data/Historical Service Kendaraan
6. Lamanya order spareparts (slow moving and fast moving spareparts)
7. Prosedur pelaporan/claim terkait dengan lamanya respons pihak Dealer

Intisari klarifikasi dari pihak KTB :

1. Bunyi aneh/dengung saat starter

Klarifikasi : Bunyi ini disebabkaan karena flywheel dan starter motor tidak sinkron. Tidak sinkronnyanya ini karena terdapat beberapa gigi pada flywheel atau starter motor yang rompal pada beberapa giginya. Karena rompal pada beberapa bagian inilah yang terkadang menyebabkan bunyi kasar untuk sebagian unit mirage (tidak semua unit).
IMHO fungsi dari starter motor itu sendiri pada saat ignition adalah untuk mengubah energi listrik menjadi energi kinetik. Energi kinetik ini disalurkan menggunakan gigi, dan gigi ini berhubungan dengan gigi pada flywheel. Oleh karena itu pada saat starter mobil, dinamo starter yang akan memutar flywheel sehingga siklus pembakaran pun akan dimulai lalu mesin mobil akan menyala.

Saran : Segera datang pada dealer manapun untuk segera di cek kondisi mobil anda. Jika terdapat indikasi kerusakan yang diakibatkan kesalahan produksi, maka warranty akan tetap berlaku. Namun jika kesalahan karena kesalahan penggunaan (e.g. modifikasi) maka berakibat dapat menggugurkan warranty.

2. Penggantian ukuran velg dan ban serta per mirage yang terlalu empuk

Klarifikasi : Konsep mobil mirage ini adalah Eco, fitur melimpah, dan nyaman. Itu adalah kutipan dari Pak Budi Daulay selaku pihak yang turut mengembangkan mobil mirage ini. Berdasarkan hasil survey dan analisis engineer mitsubishi, sebelum membuat mobil mirage ini akan dibuat mobil yang mempunyai karakter empuk dengan tidak mengabaikan stabilitas dan mobil ini didesain agar nyaman digunakan dalam kota. Suspensi mirage dibuat mempunyai karakter lebih empuk (soft) agar kenyamanan di dalam trek perkotaan semakin meningkat. Jika tidak dilakukan modifikasi pada bagian suspensi , velg dan ban mobil ini mampu menampung orang banyak tanpa terkendala ban terbentur spakbor ataupun per yang mentok karena telah diuji di beberapa medan. Namun banyak orang yang mengganti diameter velg dan lebar ban dengan alasan fashion ataupun kestabilan mobil.
Penggantian ukuran velg menjadi diameter lebih lebar akan menyebabkan tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik dan ukuran ban lebih lebar secara teoritis akan membuat mobil semakin stabil namun
akan mengurangi kenyamanan tersebut. Jadi jika ingin kenyamanan mobil terjaga maka kondisi standar mobil lebih baik dijaga, jika ingin melakukan modifikasi mobil menjadi lebih stabil (stiff) selain mengganti ban perlu didukung juga oleh penggantian pada komponen lainnya.
IMHO penggantian velg maksimal 1-2 inchi diatas velg normal dengan perhitungan lebar ban yang telah juga kita bahas sebelumnya di forum ini.

Saran : Sebelum memodifikasi bagian suspensi, konsultasikan dahulu mengenai ukuran yang sesuai dengan kondisi pemakaian harian anda.

3. Modifikasi engine dengan piggyback, pemasangan Alarm, yang terkait
dengan hilanganya jaminan/garansi

Klarifikasi : Piggyback bekerja dengan cara memanipulasi data yang akan masuk ke ECU. Contohnya jika pada ruang bakar engine, pada kenyataanya pressurenya sudah cukup untuk melakukan satu siklus pembakaran (stroke) namun piggyback memanipulasi data yang masuk ke ECU sehingga dia membaca bahwa pressure di ruang bakar kurang. Jadi akan ditambahkan udara dari luar dan fuel yang dimasukan ke ruang bakar tersebut.

Efek : Pada kasus diatas, memang pemasangan piggyback dapat meningkatkan horsepower karena data2 yang seharusnya normal diubah oleh piggy. Namun konsekuensinya adalah komponen pada engine dipaksa bekerja lebih keras. Oleh karena itu kembali lagi ke life time komponen mobil anda yang akan berkurang. Pemasangan komponen modifikasi ini disebutkan dapat menggugurkan waranty.

Sebenarnya pada semua tipe mirage telah dipasangkan alarm yang akan mendeteksi pencurian namun sebatas hanya pencurian seperti pencongkelan pada kunci. Jika pencuri membuka dengan cara memecahkan kaca, alarm tersebut tidak akan bekerja.
Namun yang akan menyebabkan hilangnya garansi adalah jika pada saat pemasangan alarm dengan cara memutus jaringan kabel yang penting (e.g kabel arus ke CVT) sehingga menyebabkan komponen lainnya tidak bekerja baik maka juga dapat menggugurkan waranty.

Saran : Pemasangan alarm dapat dilakukan dengan teknik "cangkok kabel" yaitu menjepitkan kabel yang akan disambung dengan sistem kabel yang ada. Jadi tidak memutus kabel tersebut. Jika anda akan memasang alarm ataupun audio system disarankan pada bengkel besar yang mekaniknya sudah terlatih, minimal mereka mengetahui sistem elektrikal mobil tersebut agar meminimalisasi kesalahan pemutusan kabel pada jaringan listrik di mobil karena semua sistem di mobil mirage ini sudah terhubung satu sama lain. Ini juga untuk menghindari kehilangan warranty mobil tsb.

4 Lamanya pengurusan STNK dan Plat nomor di Dealer

Klarifikasi : Ini terjadi karena adanya kekurangan bahan di pihak berwenang sehingga menyebabkan telatnya pembuatan STNK. Selain itu diindikasikan karena sistem pembuatannya tidak first in first out, memungkinkan ada pihak yg berkepentingan untuk mendahului yang lebih dulu membuat.

Saran : Telah dibuat surat notif, dan KTB akan membantu mempercepat prosesnya. Namun jika masih ada yang kurang mendapatkan tanggapan positif dari pihak dealer silahkan kirim email ke KTB langsung.

5. AC bau ketika mobil tidak dinyalakan dalam jangka waktu lama

Klarifikasi : Karena tidak semua unit mengalami hal ini maka akan diinvestigasi lebih dulu oleh KTB. Sarannya kirim email ke imec.mirage@gmail.com atau ktb@ktb.co.id dengan menyertai data diri, mobil dan keluhan agar cepat direspon.

6 Sistem Pencatatan Data/Historical Service Kendaraan

Sistem pencatatan data historikal kendaraan masih belum tersentralisasi oleh suatu sistem. Jadi tiap dealer masih memegang data mobil yang datang sendiri dan belum terintegrasi dengan bengkel lainnya. Namun KTB bisa melakukan input dan output data dari semua dealer/bengkel. Jadi anda bisa melakukan servis maupun keluhan ke semua bengkel, tidak hanya tempat anda membeli saja, begitupun dengan penggantian claim warranty dapat di semua bengkel.

7. Prosedur pelaporan/claim terkait dengan lamanya respons pihak Dealer

Klarifikasi : Pelaporan dapat dilakukan ke dealer terdekat atau juga ke email ktb@ktb.co.id atau imec.mirage@gmail.com dengan menyertai data diri, mobil dan keluhan agar cepat direspon.


Cheers emoticon-Angkat Beer

Aditya Kelana (AAK)
D 1319 AAK / IMEC 012
Diubah oleh adityappk 22-05-2013 16:00
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.