[Share] Serba-serbi Bajaj Pulsar All Variants - Part 4
TS
ID.BAPUKERS
[Share] Serba-serbi Bajaj Pulsar All Variants - Part 4
Slot 1
silahkan baca pageone terlebih dahulu
Thread serba-serbi bajaj pulsar (all variant) ini dibuat dengan tujuan untuk menyediakan info selengkap mungkin mengenai bajaj pulsar untuk para Kaskuser, selain itu untuk menjalin silaturahmi
sesama pulsar rider se-kaskus.
Thread ini adalah lanjutan dari thread yang sudah di buat sebelumnya oleh
Suhu hentai_man aka rounin aka uching di
Buat yang baru pertama kali membaca thread ini, sangat diharapkan untuk membaca Pageone terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengulangan atas pertanyaan yang jawabannya sama.
no flaming! Apabila ada postingan yang berpotensi untuk flaming (kompor), akan dilaporkan ke pos hansip fr2, untuk difollow up oleh momod.
Apabila ada masalah yang ingin diselesaikan secara pribadi, silahkan lewat pm
Gunakan spoiler untuk foto berukuran besar, tidak semua pembaca memiliki bandwidth yang besar. Disarankan ukuran foto maksimal 600x800 pixel atau 800x600 pixel
hal-hal yang belum tercantum akan ditambahkan seiring berjalannya waktu.
jual beli
Dilarang nitip lapak dagangan kecuali yang berkaitan dengan pulsar.
Sertakan info link thread jualan atau summary (info singkat) barang yg dijual yang boleh dipost.
Untuk nanya info/nego, silahkan pm seller yang bersangkutan, atau buka threadnya si seller langsung.
TROUBLESHOOT PZOO TIDAK MENYALA KARENA SIKRING DI JUMPER & AKI SOAK
Quote:
Original Posted By azrielnation►mau curhat dong agan2 sekalian.
Jadi kronologisnya begini, sebulan yang lalu gw service kecil untuk ganti oli sama tune up di beres ciputat. Dan tau gimana ceritanya tu motor gw dikonsletin sama dia. matilah ga bisa di starter. diubek2, dibongkar smua, ampe disalah2in si HID yang terpasang. Ga terima lah, wong gw dateng nyala sehat wal afiat, masak diservice malah rusak.
Gantian BCU nya kena salah, ya gw sih udah ada feeling, ni dikonsletin pasti BCU gw jebol. Tapi gw keukeh ga mau ganti, karena salah dia. Akhirnya entah diapain, tu BCU idup lagi.
Ok, masalah selesai, gw pulang ga kenapa2.
Masalah baru muncul pas seminggu kemudian. Mati HID gw mati dijalan, ngedumel sambil jalan pelan2 sampe rumah juga deh. Taunya pagi udah nyala lagi. Sip, ga masalah heboh ternyata.
Masalah hebohnya baru 2 hari sejak si HID mati, starter gw mulai kaga ngangkat, bunyi krekek krekek gitu deh. Gw bawalah ke bengkel. Aki dicharge full, trus dinamo starter diganti. Tok cer lagi deh. tapi ga lama
beberapa hari kemudian penyakitnya makin kronis, kaga mau ngangkat, dan sekarang speedonya suka tiba2 reset smua macam aki dicabut, trus muncul lagi tuh pesan tulisan di speedo " JC 23 ". Weleh makin mules aja deh gw.
Gw bawa ke MJ motor, karena udah sebel ama beres yang malah kerjaannya bikin rusak motor gw mulu (inget kejadian plat kapiler gw diilangin dia juga, trus beberapa kali selang bensin gw pecah gara2 dia masukinnya dipaksa, menyebabkan bensin berceceran pas parkir di mall). Disana dicek kelistrikan, semua ga kenapa2. bahkan malah akinya sehat banget (14 volt). Gw pulang dengan tangan hampa, ga nemu juga masalahnya.
Mungkin agan2 dsini ada yang pernah ngalamin? atau tau sebenarnya yang rusak apaan? gw sih curiga BCU. tapi apa BCU bisa bikin motor ga bisa distarter? secara setelah nyala, smua fungsi motor berfungsi sebagai mana mustinya. Kecuali saat si tulisan "JC 23" muncul, maka klakson langsung modar. Dan tulisan itu bisa muncul saat lagi naik motor. tapi motor tetep jalan sehat2 aja ga mati dijalan.
Trus ada ga sih yang specialist kelistrikan di daerah jakarta selatan? puyeng gw kl bengkel pada angkat tangan kaga brani utik2 kelistrikan pulsar. Tapi kl ke beres malah tambah kaga beres.
Mungkin udah saatnya tu HID gw copot aja kali ya, walau sebenarnya ga pernah masalah sebelum dikonsletin sama si mekanik beres itu.
Apa masalahnya di BCU yang sebenarnya konslet beneran pas sama mekanik dudul itu? tapi diakalin biar gw balik masi bisa starter. tapi pas dirumah, kerusakannya muncul lagi? Tapi gw mo mastiin dulu aja kl BCU yang salah, mahal gokil gan soalnya. Gw udah pasrah aja deh sama ketololan mekaniknya. yang penting sekarang ni pulsar gw harus sehat lagi berhubung kaga punya engkol. Kl ada engkolnya sih gw bodo2 amat. wong kaga ngefek sama performa mesin pula permasalahannya.
kalau menurut cerita agan, maka analisa newbie dari saya sih aki nya kurang kuat tuh untuk support HID atau sepulnya perlu gulung ulang mungkin, karena pengisian jadi kurang IMHO CMIIW AFAIK
tapi lebih baiknya karena kelistrikan itu susah dianalisa tanpa praktek, mendingan emang agan nanya ke suhu2 listrik yang sudah di post temen2 sebelumnya
VV
Quote:
Original Posted By Aikhnot.DO►
Well. Suhu PZOO datang nich
Itu mekaniknya yang sama yang dulu ngilangin plat kaliper itu yach
namanya siapa kalau boleh tahu ?
wah kl namanya whateverlah, gw kaga tau, kayaknya emang gw dikerjain mulu kl kesana. karena gw suka gampangan ngiyain ganti part, jadi tiap kesana pasti ada aja part mahal yang musti diganti. . padahal tiap service selalu gw kasi tips mekaniknya, mau bener mau kaga tu motor, tapi masi aja dikerjain gwnya. ahaha. yang dipondok labu tutup sih, padhal cocok service dsana.
Iya nih, gw pengen coba service yg di cileduk, ada beres juga khan disana.
Part yang bro kasi gambar udah gw ganti yang baru, tokcer sehari doang, abis itu kreeeeekkkkkk lagi, geter kenceng kyk vibrate hape dibawah tangki motor.
gw taunya dikonsletin karena pas dicek listrik, dia gonta ganti skring karena putus mulu tiap distarter. gw rasa ada yang hubungan arus pendek, tapi tetep dipaksain distarter. Dan pas gw buka kotak sekring sbelah aki, dia jumper si skringnya pake kawat, untung ketahuan, namanya skring kl kena arus over harus putus biar nyelametin komponen yang dijagain skring. lah ini dia jumper pake kawat yang pastinya ga bakal putus kena arus gede. Tau dah maksudnya gimana.
Maksudnya cabut BCU gimana om? kaga dipake lagi gitu? gmana caranya?? maklum ga berani kutak katik soalnya cuma punya motor satu biji, kl rusak repot gw ke kantornya.
VV
Quote:
Original Posted By Aikhnot.DO►
walach ngapain sikring pakai dijumper begitu itu sama aja sikringnya gak dipake alias putus kalau memang putus kudunya diganti, tapi kalau tetap putus juga berarti konslet dibagian kelistrikan, fungsi sikring itu sebenarnya sebagai pengamanan, kalau gak ada sikring kelistrikan motor kebakar
Oke jadi faham saya permasalahan anda jadi coba cek aja ke bengkel hokie dokie bcunya, sekalian disana nanti kabel kelistrikan diurut juga, khawatir ada kabel yang konslet karena arus pendek, di ciledug aja lebih dekat kok dibanding ke bekasi belum lama Bapukers ada yang kesana untuk cabut BCU.
maksud lepas BCU bila kelistrikan di PZOO anda bermasalah karena diakibatkan BCU yang rusak, dibanding menggunakan BCU lagi yang harganya saat ini sekitar 450 ribu, ada baiknya copot BCU jadi kelistrikan dibuat konvensional ala mopang, tapi kalau BCU gak problem yach gak perlu dicabut. biarin aja tetap ada.
VV
Quote:
Original Posted By Bullz69►
kesatu, coba cek jalur pengisiannya, dari spul ke kiprok ke aki, sepertinya terjadi intermittent failure.
kedua, sepertinya aki udah agak2 berumur ya
VV
Quote:
Original Posted By azrielnation►setelah di inepin 2 hari 1 malam, sampe minjem motor mekaniknya. Secercah harapan sudah muncul dibalik susahnya starter pzoo gw.
1. Dicek sikring, dan betul, sikring yg dijumper dengan kawat positif penyebab BCU joget2 india. Restart seenak jidat plus muncul pesan 'JC 23' sudah hilang. Tapiii masi susah distarter.
2. Akhirnya iseng minta modifin jd fullwave DC cuma tetep pake BCU. Pasang kiprok, kabel diganti smua ama yg baru, alhasil arus pas langsam cukup naik, dan ga minus. Tapi masalah starter ngadat masi tak terpecahkan.
3. Ganti lampu senja pake LED (yg jni laper mata, bukan solusi)
4. Ngelus2 lampu luxeon + projectornya buat lampu kabut (lagi2 laper mata, untung mahal, jdnya mundur teratur nunggu bonus cair).
5. Iseng mekaniknya karena gagal nyalain, dia pasang paralel aki dr motorny. Dan jrengg, motor nyala tanpa gejala starter geblek.
6. Suspect utama akhirnya jatuh ke aki motobatt yg berusia 11 bulan. Alamak, mahal dan ga awet pula ternyata. Pas di pasang aki motor bebek, tu pzoo langsung jrengg. (Oke, beli aki murahan ajalah, GS atau yuasa yg aki basah, biar ga gondok kl mati).
7. Ternyata efek DC cukup positif, lampu HID yg selama ini berasa agak redup, skarang terang lg, tapi masi ada masaah baru muncul, lampu rem belakang nyala bak lampu senja. Entahlah salah colok sepertinya, next weekend minta di cek sapa tau salah colok.
mereka ulang kira2 mungkin kronologisnya sepertinya bgini:
- motor konslet, ada hubungan arus pendek, namun tetap dipaksakan starter sama mekanik dodol itu. Aki pun kena efek dr konsleting, isinya lenyap berbarengan dengan panas tinggi akjbat konslet -- aki soak
- demi menghilangkan efek konsleting yg berakibat sekring putus, diambil jalan pintas murah meriah, sikringnya dibikin ga mungkin putus, dia jumper pake kawat -- alhasil BCU gila, untungnya ga fatal, BCU masi sehat wal afiat.
- efek sekreng ditambah jalur kelistrikan yg didodol dowel -- pengisian ga optimal --- tekor
- kombinasi aki soak + BCU gila + pengisian tidak sempurna = ga bisa starter.
sekian laporan bengkel hari ini. Total damage =
bendik 85 + uang rokok 15
full wave DC plus kiprok dan benerin jalur listrik = 350 rb
ganti inverter angel eyes = 45rb
lampu senja LED dua biji = 30rb
ngisi fultank motor pinjeman mekanik hokiedokie = 13rb
total damage karena ketololan mekanik beres = 538rb + aki yg blum beli.
sesuatu bangets yah.
weww... akhirnya dibuat report nich Thanks udah shared dengan Bapukers di thread ini
Komen dulu ach
1. Ngejumper sikring tidak diperkenankan dikeseluruhan kelistrikan manapun karena sifat sikring adalah sebagai pengaman kelistrikan
2. Kondisi kelistrikan yang rusak, bisa salah satunya penggantian beberapa parts atau bila perlu urut kabel bila diketahui kabel sudah berumur atau bahkan kabel terbakar, adapun terangnya lampu pada kasus ini karena perubahan ke FULLWAVE DC.
Nomor 3 & 4 no comment tergantung selera & financial rider
5. Aki menjadi faktor utama untuk membangkitkan kelistrikan FULLWAVE DC
6. Sesuaikan dengan kondisi Financial
7 DIbuka aja bagian belakangnya PZOO sepertinya ada yang kurang kenceng shocket kelistrikan di bagian belakang, tinggal di kencengin