- Beranda
- Kendaraan Roda 2
Serba Serbi Yamaha Soul GT
...
TS
SGCI
Serba Serbi Yamaha Soul GT


Quote:

SUGUS(Soul GT On Kaskus) sendiri bukanlah bagian dari SGCI atau pecahan dari club motor manapun.
SUGUS adalah murni pengguna dan penghuni thread ini dan terbuka untuk siapa saja dan merupakan wadah dari para pengguna Yamaha Soul GT untuk sharing satu sama lain.
SUGUS sebagai sebuah komunitas tidak mengharuskan pendaftaran anggota dll, jadi cukup "Salam kenal" dan ikut "SENSUS" di thread ini.
SUGUS sebagai sebuah komunitas bersifat independen yang artinya Suguser bisa bikin Kopdar sesuai dengan masing-2 daerahnya.

Quote:
Quote:
Quote:
Polling
0 suara
Gimana tanggapan Suguser semua tentang desain Xeon GT-125?
Diubah oleh SGCI 13-05-2014 07:21
0
1.4M
9.7K
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
19.2KThread•14.8KAnggota
Tampilkan semua post
Jaka.asmara
#1630
Quote:

perhatikan ilustrasi di atas
untuk halfwave terbagi output spulnya menjadi 3 tp cuma dua yg kepake, untuk charging accu dan untuk lampu. Ujung spul yg satunya nancep di ground.
Jadi seberapa besar arus yg di kuluarkan separuhnya di buang ke groung dan separuhnya untuk memenuhi kebutuhan listrik (charging & lampu). nah kiproknya ada dua regulator di sini yaitu untuk meregulasi jalur pengisian yg berarus DC menuju accu (karna accu hanya bisa menyimpan arus DC) Regulator yg satunya untuk melimit tegangan AC yg keluar dari output jalur lampu. Jadi System kelistrikannya halfwave.
Kita bisa memodifikasi membuat full DC menggunakan kiprok standar halfwave dng cara memutus jalur lampunya dan hanya di gunakan sepenuhnya untuk mengisi accu. Tapi sekali lg namanya hallwave segede apapun listrik yg di hasilkan, semakin besar pula arusnya yg terbuang ke ground (body)
Untuk ilustrasi fullwave di atas semua tab spul di fungsikan sepenuhnya untuk charging accu. Ada 2 output spul dan tidak terhubung ke groung (floating) Jadi sepenuhnya output dari Kiprok sudah berarus DC. Makanya sering di bilang FULLWAVE FULL DC
Spoiler for fw & hw:
Elco ama capasitor bank ya podo wae, Flaser apa dulu ? Kalo flaser mekanik bawaan motor cuma menggunakan kumparan dan resistor. Jadi kedipan tergantung beban di bulb seinnya.
Tp untuk flaser elektronik bisa kita rubah2 kedipannya dng mengganti ukuran elconya CMIIW
Sory yeeh blepotan. Jujur ane pusing sendiri mbacanya. Tp mudahn ngerti yg ane sampekan

Edit sedikit.
Berhubung rangkaian kiprok SGT sedikit berbeda dng pendahulu2nya di spul SGT ada 2 output spulnya yg satu terhubung ground nah yg satunya lagi langsung ke kiprok. Seringkan kita nemuin kasus setelah ganti stoplamp led gk bisa nyala lampu senjanya di motor SGT,Mio J,Mio GT, NVL nah ketika di pasang di motor lainnya bisa bekerja dengan sempurna lednya. Jawabannya karena konstruksi regulator rectifier(kirpok) motor di atas berbeda sususan rangkaiannya. Yaitu jalur lampu utama/senjanya dengan memanfaatkan arus balik/mundur spul yang melewati ground untuk menyalakan lampu utamanya. Nah untuk arus maju dari spul di manfaatkan lagi sebagai charging ke accu. Kita pasti tau output spul berarus ac bolak balik/maju mundurkan

Spoiler for logikanya begini:
Quote:
AC : ALTERNATIF CURRENT arusnya maju mundur (bolak balik)
DC ; DIRECT CURRENT arusnya maju terus (searah)
Masih bingung ? Googling sono
Quote:
Itu yg generasi 2 yg baru lg jg ada
Diubah oleh Jaka.asmara 29-11-2013 14:29
0






)

