- Beranda
- Kendaraan Roda 4
IMEC-KASKUS (Indonesia Mirage Club @Kaskus)
...
TS
aditjuve
IMEC-KASKUS (Indonesia Mirage Club @Kaskus)

Berawal dari kebingungan/kesulitan mencari referensi, sharing all about Mitsubishi Mirage, sehingga saya membuat thread ini. Maka dari itu agyan2 yang punya/pengguna Mitsubishi mirage silahkan share disini.
Aturan Forum
JUJUR, SANTUN DAN TERBUKA
JUJUR, SANTUN DAN TERBUKA

[CENTER]OFFICIAL WEBSITE IMEC[/CENTER]
Sebelum bertanya, baca/cari dulu di Page One :
Situs Resmi Mirage KTB Indonesia
IMEC @FB
Spoiler for Specification:
Review from AutonetMagz
Transmission CVT INVECS III Part 1
Transmission CVT III Part 2
7 Alasan Pilih Mirage menurut AutonetMagz.com
12 Alasan Pilih Mirage menurut member IMEC
Kesan dan Pesan setelah pakai MIRAGE
Biaya Perawatan Mirage menurut KOMPAS
Spoiler for Top Speed of Mirage:
Spoiler for Hasil Uji Tabrak:
UPDATE
Bagi para pengguna mirage, silahkan daftar dgn format seperti ini :
nama :
id kaskus :
kota :
type/warna :
no.pol :
Spoiler for Member Update:
Untuk para member IMEC silahkan bernarsis ria bersama Mirage kesayangannya, nanti TS Update di Page One
Spoiler for Gallery IMEC:
Spoiler for TIPS N TRIK:
Spoiler for Harga Aksesoris Maret 2013:
Spoiler for Head Unit 2 DIN from Skeleton:
[B]
HOT NEWS
about Fly wheel Problem

Respon KTB dari Hot Issues Mirage di Grang Launching Imec Lembang

Became an Official Member (Starter Kit Kloter 2 ditutup)


Komponen yang diganti untuk Exceed
Spoiler for FR IMEC EVENT:
Salam Mirage

Diubah oleh aditjuve 29-01-2014 16:06
grg. dan KhayyriFaiqSabi memberi reputasi
3
1.5M
10K
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
25.1KThread•19.3KAnggota
Tampilkan semua post
anginlumpur
#2389
Quote:
Quote:
nambahin aja nih dri suhu di atas

yup teknologi CVT d terapin d mbl umurnya masih muda, dbanding transmisi biasa, nah d jazz termasuk cvt generasi pertama yang masih pke rubber belt.....
soal knp jazz baru g pke cvt lagi, bener tu banyak keluhan dri konsumen jazz yg cvtnya rusak n jebol......
selain itu konsumen honda kebanyakan anak munda yang seneng ngoprek mblnya. ga jarang yg main extreme modif tenaga mesinnya. bnyk kasus CVT rusak dri berbagai merk, search aja d google kasusnya serem2....

untuk urusan Power Handling dan Responsifitas CVT masih hrs mengakui keunggulan geared AT yg memang lebih bandel,responsif dan seru apalagi klw uda dikasih paddleshift.. dan sanggup nahan tenaga lebih besar.
trend nya saat ini, CVT generasi terakhir sudah pke steelbelt yg lebih kuat, kelemahanya semakin berkurangin, dan penggunaanya terus meningkat kini sering di pakai hingga kendaraan <2.5ltr dgn power <200ps alasanya, efisien,irit,comfort, dan ringan.....
mbl besar yg pke CVT kaya Xtrail, Subaru XV dan forester,Outlander sport, jeep patriot dan compass....
suv 4x4 aja pke cvt... mestinya cvt uda bisa di buat lebih kuat g kaya dulu yah...
sedangkan utk mbl yg performance oriented larinya ke geared transmisi atau ke DSG dgn jumlah gigi yang terus di perbanyak..

kelebihan CVT n rival
-Production Cost lebih murah *ada artikel yg bilang lebih mahal, tp gw cari2 lg mestinya lebih murah, toh komponen di dalemnya aja jauuhh lebih dikit*. pada awal perkembangannya cvt di anggap mahal, kini production cost semakin berkurang apa lagi klw di banding transmisi geared yg punya rentang sama kya 6-8speed dsg. CVT jadi jalan keluar untuk mendapatkan transmisi matic yg rentang rationya lebar agar berefisiensi tinggi namun murah di produksi. bandingin dgn jalan lain untuk mendapatkan efisiensi kaya cvt, d geared AT hrs pke 6-8speed agar rentang rationya bisa mendekati cvt. yg pasti jauh lebih mahal, lebih2 yg DSG lebih mahal lagi. klw CVT lebih mahal, ya siapa yg mw pke, pasti lari ke DSG atw geared AT 6-8speed aja hehe

-CVT jauh lebih ringan, komponen transmisi jauh lebih dikit dan simpel karna gearless, cocok untuk kendaraan kecil yg mementingkan bobot dan ruang terbatas
bandingkan dgn transmisi geared.. di dalamnya jauh lebih banyak gear2 yg bersusun...
untuk mendapatkan ratio yg optimal maka membutuhkan konfigurasi ratio 6-8speed yg pasti menambah keruwetan dan bobot tu transmisi..... apalagi DSG yg lebih berat lagi.-Ga ada shifting, artinya g ada powerloss saat mbl shifting kan ada jeda perpindahan gigi dimana output mesin di putus dan di pindah ke gigi lain. d CVT output tidak pernah di putus karna g ada perpindahan gigi sehingga lebih efisien,comfort dan lebih cepat saat akselerasi *vs common at* , d kubu geared ada DSG dengan dual dry clutch, dimana 1 clucth untuk gigi ganjil 1 lagi untuk genap. setiap shifting clutch buka tutup bergantian saling mengisi sehingga output mesin tidak pernah putus /continous kaya CVT. DSG sering di pke juga d truk berat agar saat nanjak dan hrs ngoper powernya g putus dan bisa tampa jeda. DSG juga mechanical power lossnya mirip MT karna pke dry clutch, sedangkan AT biasa dan CVT pke torque converter yg punya mechanical powerloss lebih tinggi, tp lebih halus...
-Perfect match ration on any RPM... bisa mantengin RPM mesin d sweat spot mesin.. mw eco,torque peak ,power peak...
al hasil irit... n kenceng
g ada crita ngeden. AT biasa... tergantung ratio dan jumlah gearnya... yg 4speed biasanya 1-2 kenceg, 3 uda biasa, 4 bwat cruise aja... d gigi 4 biasanya ngeden karna ration terlalu jauh, jd rpm turun d bawah power peak... cvt sih manteng trus klw kick down langsung d rpm 5000-6000 > speed dri 80-160 rpm diem di sgtu aja d ....
nah klw dibanding yg 6-8speed ya beda lagi hehe 
minusnya
-teknologi baru d terapin d mobil,dulu dianggap mahal, krng applicable dan krng di sukai konsumenya, dulu AT biasa aja di takutin banyak orng dan ga laku.....
di anggap ribet,high maintenance cost, lemot dan lainnya... skrng liat aja varian AT penjualannya g kalah dgn MT, kenyataanya AT bisa lebih murah perawatannya d banding MT .. skrng tinggal di liat2 aja deh CVT modern gmn hehehe
mestinya lebih simpel sih, mungkin karna teknologi baru bnyk blm bisa betulinnya... sebenernya klw nengok sejarah orng yg pertama kli bikin sketsa CVT itu leonardo davinci 500thn lalu.......
d usa mbl yg pertama ngeluarin CVT tu subaru tahun 1989-93, skrng CVT pling gede d salah satunya nissan murano dan teana 3.5ltr V6 245ps-difficult to maintenance, bnyk yg bilang gini dri berbagai artikel... sya kira sih kembali lg karna teknologi baru d sini yg masih asing.. tinggal liat aja nanti deh.

-kurang cocok untuk mesin bertorsi dan tenaga besar......
CVT menggunakan belt, meski uda steelbelt, tetep aja di banding geared kalah kuat.ada pulley yg ngegerakin beltny sehingga, friksinya bertambah untuk muter, dan geser ke ratio lain.. friksi lebih bnyk bisa jadi lebih cpt aus. dan yup paling cocok untuk light car kaya mira kita
-CVT awal yg pakai rubberbelt,sering dikeluhkan berisik, ringking, juga material rubber yg bisa melar memperburuk responsifitas, skrng setelah pke steelbelt masalah berisik,ringkih juga melar semakin teratasi.
-bukan bwat narik beban berat..
-dan yah meski terbukti efisien, dan berakselerasi lebih cepat, reaksi konsumen d berbagai negara umumnya, kurang cekatan,terasa linier, krng fun, ini keluhan umum pengguna d berbagai negara hehe, setelah di kasih paddle shift bru deh rame
, well for our car, pastinya still better than 4speed AT...
:CVT kedepanya ada yg tidak pke Belt, di ganti disc n roller
Spoiler for CVT:
CMIIW sorry panjang lebar lagi hehe


0














