Kaskus

Automotive

KLiK.OfficialAvatar border
TS
KLiK.Official
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus !
�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus !

SEBELUM POST MENANYAKAN SESUATU BACA PAGE ONE SAMPAI HABIS

emoticon-armyAPALAH ARTI PAGE ONE KALO MASIH BERTANYA PADAHAL JAWABAN ADA DI PAGE ONE emoticon-army

BUKA SEMUA SPOILER
LALU GUNAKAN AUTO SEARCH (ctrl + F)

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus !

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus !

Spoiler for Livina Series:


Quote:


Thread ini merupakan reinkarnasi dari thread sebelumnya

Bagi yang ingin berbagi atau bertanya seputar Livina Series dari Nissan silakan mampir.

KLiK (Komunitas Livina Kaskus) mulai eksis ditandai dengan dimulainya thread KLiK yang pertama yaitu tanggal 12 September 2011.

Kopdar pertama diadakan tanggal 30 Oktober 2011.

Spoiler for Admin KLiK.Official:


================================================

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus !

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus !

Jersey KLiK

Spoiler for jersey KLiK:


Order STICKER KLiK

Spoiler for Sticker KLiK:

================================================

Tata Tertib Umum di Forum Roda Empat

Tips Menghindari Dopost, Tripost, dll

Izin momod pembuatan sticker dengan logo kaskus

�� KLiK �� Komunitas Livina Kaskus !


PART 0

PART 1

PART 2

PART 3
Diubah oleh KLiK.Official 12-03-2013 20:00
grg.Avatar border
grg. memberi reputasi
2
1.2M
12.3K
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4
KASKUS Official
25.1KThread19.3KAnggota
Tampilkan semua post
515635Avatar border
515635
#9374
Engine Knock / Ngelitik

Engine knock atau biasa disebut ngelitik rasanya udah jadi pertanyaan umum para pengguna Livina Family. Gejalanya ada muncul bunyi krek...krek..krek (seperti bunyi besi beradu) saat mobil akselerasi atau lagi nanjak, kalau sudah parah terjadi loss power

Nubi coba jelasin apa itu ngelitik, penyebab dan cara mengurangi atau bisa lebih baik menghilangkan. Kalo ada yg salah mohon dikoreksi

Cara Kerja Mesin

Sebelum dijelasin mengenai engine knock, kita liat dulu cara kerja mesin

Komponen Utama Mesin
kaskus-image

Cara Kerja Mesin
kaskus-image

1. Intake : Campuran udara dan bahan bakar masuk ke ruang bakar
2. Compression : Campuran udara dan bahan bakar dimampatkan
3. Ignition/Combustion: Busi keluar percikan api untuk menyulut campuran bahan bakar yang sudah dimampatkan, sehingga timbul ledakan
4. Exhaust: Sisa bahan bakar yang sudah terbakar keluar

Tingkat Kompresi / Compression Ratio

Tingkat kompresi ini salah satu faktor penting saat kita mau tau apa itu engine knock.

Penjelasan gampangnya tingkat kompresi itu perbandingan ruang bakar saat piston berada di titik terbawah : ruang saat piston berada di titik teratas. Semakin besar tingkat kompresi mesin, semakin besar tenaga yang diperoleh, semakin panas ruang bakar dan perlu bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi

Compression Ratio mesin HR15DE 10.5 : 1 kurang lebih seperti ini gambarannya

kaskus-image kaskus-image

Octane Rating

Octane rating juga erat kaitannya dengan engine knock. Octane rating menunjukan seberapa tahan bahan bakar untuk dimampatkan sebelum terbakar sendiri (tanpa percikan dari busi). Semakin tinggi oktan maka bahan bakar lebih tahan untuk dimampatkan dan sebaliknya.

Maka itu mesin dengan tingkat kompresi yang tinggi perlu bahan bakar dengan octane rating tinggi. Berikut gambaran tingkat kompresi mesin dengan octane bahan bakar yang dibutuhkan. Tabel lengkapnya bisa dilihat di http://www.saft7.com/isi-bensin-apa-ya/

kaskus-image

Engine Knock

Sekarang masuk ke menu utamanya emoticon-Big Grin
Seperti ini kurang lebih gambaran saat terjadi engine knock, buffer bentar kok...


Saat piston belum mencapai titik teratas dan campuran bahan bakar + udara disulut busi. Campuran tersebut udah kebakar duluan dan meledak karena tidak bisa menahan tingkat kompresi mesin dan panas yang ditimbulkan dari kompresi itu, efeknya kepala piston seperti dipukul besi dan saat connecting rod/setang piston masih harus gerak ke atas, piston udah gerak ke bawah karena ledakan awal itu

Hal ini disebabkan karena:

1. Octane rating bahan bakar ngga sesuai dengan kompresi mesin sehingga kebakar duluan
2. Carbon deposit, jadi ada tumpukan karbon sisa pembakaran di mesin, bikin kerja mesin ngga maksimal dan mempengaruhi kompresi mesin juga
3. Engine overheat

Efek Engine Knock

Beberapa efek dari engine knock antara lain:

1. Yang pasti muncul bunyi2an aneh dari mesin, kalo parah bisa sampe masuk kabin. Buat penikmat audio tentu ganggu banget, lagi denger lagu audiophile tp ada tambahan perkusi tanjidor dari mesin emoticon-Ngakak

2. Loss power, karena gerakan piston ngga maksimal

Kalau dibiarkan terus menerus, akibatnya....

3. Setang piston/connecting rod bengkok karena dihajar terus dengan posisi gerakan yang salah
Spoiler for Connecting Rod:


4. Kepala piston bisa bolong
Spoiler for Piston:


5. Klep/Valve patah atau bengkok
Spoiler for Valve:


Cara Mengatasi / Menghindari Engine Knock

Cara dari ane untuk mengatasi ngelitik di Livina berdasar pengalaman ane pake Grand Livina 1.5

1. Cara paling utama dan benar tentu pakai bahan bakar yang sesuai spesifikasi mesin. Apalagi kalo mobil masi baru, mesin cenderung masih bersih,kalo dr awal dikasi bahan bakar yang bagus tentu lebih baik

2. Secara rutin bersihkan sisa-sisa karbon di mesin dan saluran bahan bakar. Bisa dengan cara:

- Carbon Clean : Ruang bakar dibersihkan dengan cairan pembersih karbon, dilakukan di bengkel (Contoh: Rev, Firna, Hasta, Jasmin Motor dll). Rekomendasi dilakukan setiap 20.000KM, terlalu sering juga ngga bagus

- Fuel system cleaner : Dikasi cairan pembersih saluran bahan bakar. Cara pakainya dicampur ke bahan bakar, biasanya dosis satu botol untuk full tank bahan bakar, disarankan bahan bakar menggunakan octane 92 keatas, kalo pake 88 percuma emoticon-Big Grin

Produknya bisa pake redline, alvenjo dll

Setelah pake ini disarankan dilakukan italian tune up, mobilnya bawa ngebut, oper gigi di RPM tinggi, trus tahan bentar di RPM tinggi. Tujuannya untuk ngerontokin sisa-sisa karbon. Sangat tidak disarankan dilakukan di dalam kota, cari tol yang sepi, subuh biasanya emoticon-Big GrinKeep safety!! Disarankan tiap 10.000KM

3. Pakai octane booster. Ini solusi untuk yang masih pakai bensin octane rendah. Bisa pakai produk seperti speedholic, ethanol, alvenjo dll.
Dosisnya kurang lebih sama, satu botol untuk full tank bahan bakar

4. Turunin timing pengapian. Cara ini ngga disarankan sih, standar timing pengapian di 0, kalau bahan bakar yg dipakai ngga sesuai timing bisa diturunin supaya mesin ngga ngelitik, tp efeknya mobil lemot banget.

Ane pernah coba, bensin octane 88 turun timing jadi -1, tetep ngelitik, tarikan lemot. Dicoba terus sampe turun -6 baru ilang, tarikan ngga dicoba karena udah males nyobanya juga emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)

Sekedar berbagi pengalaman, mobil ane di KM 70.000 udah mulai ngelitik parah (pakai octane 88), dibiarin sampe KM 75.000, di KM yang sama ganti oli, tune up + carbon clean. Bahan bakar diisi octane 95 + redline. Selanjutnya bahan bakar selalu pakai octane 95 atau 92 + booster (tergantung saldo di ATM emoticon-Big Grin), sampai sekarang KM udah mau 85.000 udah ngga ngelitik sama sekali emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Demikian share dari nubi, semoga bermanfaat kalo ada yg salah atau kurang mohon koreksi emoticon-Smilie
Merk yang ane sebut disini dipakai berdasar pengalaman sendiri, bukan untuk promosi atau apapun emoticon-Big Grin

Sumber: https://*outube8VWEwEveGTQ, saft7.com, howstuffworks.com dll
Diubah oleh 515635 05-02-2013 13:40
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.