- Beranda
- Education
Lounge EJU (Examination for Japanese University)-Ujian Masuk Perguruan Tinggi Jepang
...
TS
rebellion01
Lounge EJU (Examination for Japanese University)-Ujian Masuk Perguruan Tinggi Jepang
Halo agan-agan sekalian, ane mau share aja nih. Udah ada yang tahu tentang EJU belum?
Kalo belum ane mau sharing tentang ujian ini, barangkali aja ada yang tertarik :
Kalo belum ane mau sharing tentang ujian ini, barangkali aja ada yang tertarik :
Quote:
Apa itu EJU ?
EJU (Examination for Japanese University Admission for International Students) adalah ujian yang dilaksanakan guna mengukur kemampuan Bahasa Jepang dan kemampuan bidang-bidang akademis dasar yang diperlukan di universitas di Jepang bagi mereka yang berminat belajar di lembaga pendidikan tinggi di Jepang sebagai mahasiswa asing.
EJU adalah ujian pengganti dari 2 jenis ujian yang selama ini pernah diwajibkan untuk diikuti oleh berbagai universitas (tingkat undergraduate) dan berbagai lembaga pendidikan tinggi lainnya di Jepang sebagai ujian masuk, yaitu General Examination for Foreign Student (telah dihapuskan hingga pelaksaan terakhirnya bulan Desember 2001) dan Japanese Language Proficiency Test. EJU akan dilaksanakan mulai tahun 2002 sebanyak 2 kali (Juni dan November) di Jepang dan di luar Jepang.
Di Indonesia EJU dilaksanakan di 2 tempat, untuk wilayah timur di IMC Surabaya dan untuk di wilayah barat di Pusat Studi Jepang, Universitas Indonesia.
Mata ujian dalam EJU meliputi Japanese as a Foreign Language, Sciences (Biology, Chemistry, Physics), Japan & the World, dan Mathematics. Ujian ditempuh dengan memilih mata ujian berdasarkan petunjuk dari setiap universitas di Jepang. Selain itu, bahasa pengantar ujian terdiri dari Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang yang bisa dipilih pada saat pendaftaran (kecuali mata ujian Japanese as a Foreign Language hanya tersedia dalam Bahasa Jepang saja).
Untuk mengetahui lembaga pendidikan tinggi yang memakai hasil EJU sebagai bahan seleksi masuk bagi mahasiswa asingnya, silakan lihat dalam "Daftar Universitas Pemakai EJU". Dalam daftar tsb tercantum pula mata ujian yang harus ditempuh dan bahasa pengantar yang harus dipilih yang telah ditentukan oleh setiap universitas.
Selain itu, banyak pula universitas yang memakai hasil EJU ini sebagai materi utama dalam menentukan kelulusan penerimaan mahasiswa asingnya. Tetapi ini bukan berarti bahwa EJU adalah ujian masuk universitas yang dilaksanakan secara khusus oleh setiap universitas, melainkan hasil EJU ini yang digabungkan dengan hasil studi SLTA dsb akan dipertimbangkan sebagai materi untuk penerimaan di suatu universitas. Sehingga dengan menggunakan sistem ini, calon mahasiswa asing tidak perlu datang ke Jepang untuk mengikuti ujian masuk universitas. Calon mahasiswa asing tsb bisa tetap tinggal di negaranya sendiri dan bisa mengetahui lulus-tidaknya dalam suatu penerimaan di suatu universitas yang diminatinya.
EJU (Examination for Japanese University Admission for International Students) adalah ujian yang dilaksanakan guna mengukur kemampuan Bahasa Jepang dan kemampuan bidang-bidang akademis dasar yang diperlukan di universitas di Jepang bagi mereka yang berminat belajar di lembaga pendidikan tinggi di Jepang sebagai mahasiswa asing.
EJU adalah ujian pengganti dari 2 jenis ujian yang selama ini pernah diwajibkan untuk diikuti oleh berbagai universitas (tingkat undergraduate) dan berbagai lembaga pendidikan tinggi lainnya di Jepang sebagai ujian masuk, yaitu General Examination for Foreign Student (telah dihapuskan hingga pelaksaan terakhirnya bulan Desember 2001) dan Japanese Language Proficiency Test. EJU akan dilaksanakan mulai tahun 2002 sebanyak 2 kali (Juni dan November) di Jepang dan di luar Jepang.
Di Indonesia EJU dilaksanakan di 2 tempat, untuk wilayah timur di IMC Surabaya dan untuk di wilayah barat di Pusat Studi Jepang, Universitas Indonesia.
Mata ujian dalam EJU meliputi Japanese as a Foreign Language, Sciences (Biology, Chemistry, Physics), Japan & the World, dan Mathematics. Ujian ditempuh dengan memilih mata ujian berdasarkan petunjuk dari setiap universitas di Jepang. Selain itu, bahasa pengantar ujian terdiri dari Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang yang bisa dipilih pada saat pendaftaran (kecuali mata ujian Japanese as a Foreign Language hanya tersedia dalam Bahasa Jepang saja).
Untuk mengetahui lembaga pendidikan tinggi yang memakai hasil EJU sebagai bahan seleksi masuk bagi mahasiswa asingnya, silakan lihat dalam "Daftar Universitas Pemakai EJU". Dalam daftar tsb tercantum pula mata ujian yang harus ditempuh dan bahasa pengantar yang harus dipilih yang telah ditentukan oleh setiap universitas.
Selain itu, banyak pula universitas yang memakai hasil EJU ini sebagai materi utama dalam menentukan kelulusan penerimaan mahasiswa asingnya. Tetapi ini bukan berarti bahwa EJU adalah ujian masuk universitas yang dilaksanakan secara khusus oleh setiap universitas, melainkan hasil EJU ini yang digabungkan dengan hasil studi SLTA dsb akan dipertimbangkan sebagai materi untuk penerimaan di suatu universitas. Sehingga dengan menggunakan sistem ini, calon mahasiswa asing tidak perlu datang ke Jepang untuk mengikuti ujian masuk universitas. Calon mahasiswa asing tsb bisa tetap tinggal di negaranya sendiri dan bisa mengetahui lulus-tidaknya dalam suatu penerimaan di suatu universitas yang diminatinya.
Quote:
MATERI UJIAN
Japanese as a Foreign Languange
Uji kemampuan bahasa Jepang akademis
Science
(Untuk Jurusan IPA)---Uji kemampuan akademis dasar dalam bidang sains (fisika, kimia,biologi)
Japan and The World
(Untuk Jurusan IPS)--Uji kemampuan akademis dasar dalam bidang sosial humaniora khususnya kemampuan berpikir dan penalaran
Mathematics
(Matematika IPA atau IPS) Uji kemampuan akademis dasar dalam bidang matematika.
Japanese as a Foreign Languange
Uji kemampuan bahasa Jepang akademis
Science
(Untuk Jurusan IPA)---Uji kemampuan akademis dasar dalam bidang sains (fisika, kimia,biologi)
Japan and The World
(Untuk Jurusan IPS)--Uji kemampuan akademis dasar dalam bidang sosial humaniora khususnya kemampuan berpikir dan penalaran
Mathematics
(Matematika IPA atau IPS) Uji kemampuan akademis dasar dalam bidang matematika.
Quote:
PRE-ARRIVAL ADMISSION
Pre Arrival Admission adalah sistem baru yang memungkinkan mahasiswa asing di luar Jepang untuk diterima masuk ke universitas di jepang tanpa harus pergi ke jepang untuk ikut ujian masuk Universitas.
- Proses pre arrival admission
Pre Arrival Admission adalah sistem baru yang memungkinkan mahasiswa asing di luar Jepang untuk diterima masuk ke universitas di jepang tanpa harus pergi ke jepang untuk ikut ujian masuk Universitas.
- Proses pre arrival admission
- Mengumpulkan informasi * Ujian masuk ke universitas melalui buletin universitas atau website.
*kunjungi
Link : Japan study services Organization
(JASSO)--Japan Educational Information Centre Jakarta.
www.Jasso.or.id(website JASSO-JEIC)
www.jasso.go.jp (versi jepang)
(versi inggris)
Quote:
HARUS DIINGAT :
1. Cari informasi hal yang berkaitan dengan EJU
2. Mendaftar EJU (perlu di ingat bahwa pendaftaran EJU bukan berarti mendaftar ke universitas)
3. Mendaftarkan ke universitas yang dipilih
4. Mendapatkan izin masuk universitas
1. Cari informasi hal yang berkaitan dengan EJU
2. Mendaftar EJU (perlu di ingat bahwa pendaftaran EJU bukan berarti mendaftar ke universitas)
3. Mendaftarkan ke universitas yang dipilih
4. Mendapatkan izin masuk universitas
Quote:
RESERVASI BEASISWA (HONORS SCHOLARSHIP RESERVATION PROGRAM )
Peserta dengan nilai EJU terbaik pada setiap tahap akan mendapatkan beasiswa setelah peserta tersebut di terima di lembaga pendidikan tinggi tingkat S1, Akademi, atau sekolah kejuruan, dengan besar beasiswa 48.000 Yen / bulan.
Peserta dengan nilai EJU terbaik pada setiap tahap akan mendapatkan beasiswa setelah peserta tersebut di terima di lembaga pendidikan tinggi tingkat S1, Akademi, atau sekolah kejuruan, dengan besar beasiswa 48.000 Yen / bulan.

Quote:
PERIODE PENDAFTARAN
2013 EJU (1st Session)
Application Period:
from Friday, February 1 to Wednesday, March 6
Mailing Date of Examination Voucher: Friday, May 17
Examination Date: Sunday, June 16
Mailing Date of Score Report: Friday, July 19
2013 EJU (1st Session)
Application Period:
from Friday, February 1 to Wednesday, March 6
Mailing Date of Examination Voucher: Friday, May 17
Examination Date: Sunday, June 16
Mailing Date of Score Report: Friday, July 19
2013 EJU (2nd Session)
Application Period: from Monday, July 1 to Friday, July 26
Mailing Date of Examination Voucher: Friday, October 18
Examination Date: Sunday, November 10
Mailing Date of Score Report: Tuesday, December 17
Application Period: from Monday, July 1 to Friday, July 26
Mailing Date of Examination Voucher: Friday, October 18
Examination Date: Sunday, November 10
Mailing Date of Score Report: Tuesday, December 17
POSTER PENGUMUMAN EJU
Spoiler for POSTER PENGUMUMAN EJU:
Oke gan segitu dulu aja penjelasan dari ane. Kalo ada yang mau ditanyain-tanya aja gan. Ane jawab semampu ane.
Kalo ditanya kenapa ane tahu banyak? Karena ane yang sekarang jadi penyelenggaranya gan. Pengen share aja supaya banyak anak Indonesia yang tahu informasi ini.
.
Kalo ditanya kenapa ane tahu banyak? Karena ane yang sekarang jadi penyelenggaranya gan. Pengen share aja supaya banyak anak Indonesia yang tahu informasi ini.
.Quote:
INFO LAINNYA :
Syllabus for Examination of Japanese as a Foreign Language
EJU Syllabus for Examination of Japan and the World
EJU Syllabus for Examination of Chemistry
EJU Syllabus for Examination of Biology
EJU Syllabus for Examination of Mathematics
EJU Application Method
Guidelines for the 2013 EJU
Syllabus for Examination of Japanese as a Foreign Language
EJU Syllabus for Examination of Japan and the World
EJU Syllabus for Examination of Chemistry
EJU Syllabus for Examination of Biology
EJU Syllabus for Examination of Mathematics
EJU Application Method
Guidelines for the 2013 EJU
Quote:
Buat yang mau file tentang EJU dan Panduan Belajar di Jepang bisa ane kirim via email,
tapi ane minta
ya gan 
tapi ane minta
ya gan 
Diubah oleh rebellion01 08-02-2013 07:26
0
18.4K
Kutip
40
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
23.3KThread•16.2KAnggota
Tampilkan semua post
TS
rebellion01
#1
Syllabus for Examination of Japanese as a Foreign Language
Quote:
Syllabus for Examination of Japanese as a Foreign Language
Purpose of the Examination
This examination is designed for foreign students who plan to study at Japanese universities and colleges. The purpose of this examination is to measure their ability to communicate in the Japanese language that is required for higher education as well as daily life in Japan.
Contents of the Examination
This examination consists of two major parts: production (writing) and comprehension (reading comprehension, listening comprehension, and listening & reading comprehension).
Description of each Section
1. Reading comprehension, listening comprehension, and listening & reading comprehension
The questions set for the reading comprehension are mainly written texts, and some visual information (graph, chart, list, etc.) may be presented. The questions set for the listening comprehension use only sounds, and the listening & reading comprehension use sounds and visual information (graph, chart, and textual information).
(1) Abilities tested
In the sections of reading comprehension, listening comprehension, and listening & reading comprehension, the examination will assess the abilities to understand information in written or spoken text, to comprehend relationships between information, and to infer a logically valid interpretation. The examination include following questions.
(i) Ability to understand details and the main idea of the text
This type of question will require the abilities to understand information explicitly expressed in the text. For example, the following abilities will be tested.
·Understand details of the text.
·Understand main ideas of the text.
(ii) Ability to comprehend relationships between information
This type of question will require the abilities to comprehend the relationships between information expressed in the text. For example, the following abilities will be tested.
·Distinguish an important part of the text from the rest.
·Recognize relationships between the information.
·Compare or contrast information expressed in various forms such as sound, text, graphic, etc.
(iii) Ability to utilize information
This type of question will require the abilities to utilize comprehended information in order to infer a logically valid interpretation. For example, the following abilities will be tested.
·Draw a conclusion using information given in the text.
·Generalize cases given in the text.
·Apply general explanation/ideas to particular cases.
·Infer a valid interpretation complementarily combining the information given in various forms, such as sound, text or graphic, etc.
(2) Written and spoken texts used
The abilities listed in (1) will be examined based on written or spoken texts that need to be understood on the occasion of studying and campus life. Examples of written or spoken texts are as follows.
Reading comprehension
·Explanatory text
·Editorial text
·Practical document/text (regarding studying, campus life, etc.), and others
Listening comprehension, listening & reading comprehension
·Lecture or speech
·Presentation and discussion regarding exercise or survey
·Consultation, instruction and advice about study and life
·Practical conversation, and others.
2. Writing
(1) Abilities tested
In the area of writing, the examination will evaluate the ability to follow the instructions and to write one’s own ideas with convincing reasons. For example, the following abilities will be evaluated.
· Understand what is required in a given task and present an argument or conclusion based on what is understood.
·Present appropriate and effective evidence or examples that support the argument or conclusion.
·Review the argument or conclusion from multiple perspectives.
·Organize an essay by arranging an argument or conclusion, and its supporting evidence or example appropriately and effectively.
·Use appropriate sentence structure, vocabulary, expressions, etc. to write a dissertation in a place of higher education.
(2) Tasks required
· To argue about one or several suggested concepts.
· To explain the current status of a specific issue, and to predict its outcome or to find a solution.
Diubah oleh rebellion01 01-02-2013 10:06
0
Kutip
Balas