Kaskus

Entertainment

pioneer1980Avatar border
TS
pioneer1980
Cuplikan Kisah Nyata Satuan Tugas Rajawali Kompi Pemburu
Cuplikan Kisah Nyata Satuan Tugas Rajawali Kompi Pemburu

Cuplikan Kisah Nyata Satuan Tugas Rajawali Kompi Pemburu



DI GALI DI KUMPULKAN BERDASARKAN KISAH NYATA
BASED FROM A TRUE STORY



INDEX KISAH 1
KOMPI PEMBURU RAJAWALI

1. [Credit : Agan Kopralcepak] - Pengenalan
2. [Credit : Agan Kopralcepak] - First Blood
3. [Credit : Agan Kopralcepak] - Kebiasaan Tentara Kita
4. [Credit : Agan Kopralcepak] - Kapal Selam Siapa
5. [Credit : Agan Kopralcepak] - Siapa David Alex
6. [Credit : Agan Kopralcepak] - Penyelamatan Post Terpencil
7. [Credit : Agan Kopralcepak] - Salah Lirik
8. [Credit : Agan Kopralcepak] - Penyerangan Gudang Bawah Tanah
9. [Credit : Agan Kopralcepak] - Fretilin Kena Tsunami
10. [Credit : Agan Kopralcepak] - Lulik
11. [Credit : Agan Kopralcepak] - Mengerjai Bos Baru
12. [Credit : Agan Kopralcepak] - Misteri Gugurnya Sang Danton
13. [Credit : Agan Kopralcepak] - Yang Paling Di Timtim
14. [Credit : Agan Kopralcepak] - Sengsaranya Nongkrong di Kotis
15. [Credit : Agan Kopralcepak] -Collateral Damage
16. [Credit : Agan Kopralcepak] - Mencari Brimob Yang Hilang
17. [Credit : Agan Kopralcepak] - Penyergapan Dalam Kota
18. [Credit : Agan Kopralcepak] - SS-1 Pindad
19. [Credit : Agan Kopralcepak] - HomeBase Tak Kalah Tegangnya
20. [Credit : Agan Kopralcepak] - Salah Sasaran
21. [Credit : Agan Kopralcepak] - Mengenang Sang Komandan Rajawali
22. [Credit : Agan Kopralcepak] - Nyasar Membawa Berkah
23. [Credit : Agan Kopralcepak] - Memburu Si Pembakar
24. [Credit : Agan Kopralcepak] - Penasaran
25. [Credit : Agan Kopralcepak] - Perbandingan Fretilin dan GAM
26. [Credit : Agan Kopralcepak] -Panah SGI
27. [Credit : Agan Kopralcepak] - Membekuk Gerilyawati
28. [TS] - Disekolahkan Biar Pandai!
29. [TS] - Cerita Sari Aceh
30. [Credit : Formil] -Taktik Decoy
31. [Credit : Formil] - Rajawali Sektor Timur 1998
31. [Credit : Agan Kopralcepak] - Penghadang Yang Dihadang
32. [Credit : Agan Kopralcepak] - Mencoba Peralatan Baru
33. [Credit : Agan Kopralcepak] - Lulik
32. [TS] - Intermezo1
33. [TS] - Intermezo2
34. [Credit : Alexanderhagal] -Jiancok Asu Koen!
35. [Credit : FORMIL] - Intermezo3
36. [Credit : FORMIL] - Lembah Mistis
37. [Credit : FORMIL] - Oleh-Oleh
38. [Credit : FORMIL] - Lelucon Saat Kontak
39. [Credit : FORMIL] - Istirahat Pun Guyon
40. [Credit : FORMIL] - Sydrom Mata Kuning
41. [Credit : FORMIL] - 501 Duel Jarak Dekat
42. [Credit : agan Zenergun] - Bobby Trap
43. [Credit : KakRhoma] - Si Ular
44. [TS] - Nenek Mengenang Cucu
45. [TS] - Arwah Mengunjungi Komandan
46. [TS] - Mat engasr
47. [TS] - Membom Dedemit
48. [TS] - Tumbangnya Orang Sakti- Bag 2.
49. [Credit : Agan Erwinparikesit] - Masuk Kolam Bag 2.
50. [Credit : Agan Erwinparikesit] - Bukit Tengkorak Bag 2. Bag 3. Bag 4.
51. [Credit : Agan Erwinparikesit] - Memenuhi Tantangan GAM
52. [TS] - Dor! GAM Malah Ketawa
53. [TS] - Insiden Caracas
54. [Credit : FORMIL] - Rajawali 330 TOD Papua

INDEX KISAH 2
OPERASI OPERASI DI TIMTIM, PAPUA & ACEH


Timor Timur
[Credit : FORMIL] - Operasi Linud TerbesarBag.2 Bag.3 Bag.4
✔[URL=...][Credit : FORMIL] - Grup 1/Kopassandha Membuka Operasi Seroja[/URL]
[Credit : FORMIL] - Si Kancil
[Credit : FORMIL] - Serangan Heroin Di Gunung Qablaque Bag.2 Bag.3 Bag 4.
[Credit : FORMIL] - Operasi Kikis Bag 2.
[Credit : Agan Gemahripahlohji] - Kisah Bapak Ane
[Credit : Agan Alexanderhagal] - Kisah Bapakku Di Timtim
[TS] - Sepenggal Kisah Prabowo di Medan Tempur
[Credit : Agan Samueltirta] - Behind Enemy Lines Tim Umi Bag.2
Bag.3 Bag.4

[Credit : Agan Samuel Tirta] - Rambo Yg Sebenarnya : PRATU SUPARLAN
[Credit : Agan Samuel Tirta] - Gugurnya Sukisno
[Credit : Agan Alexanderhagal] - Timtim Band Of Brother : Kisah Bapak Ane : TANDA LAHIR
[Credit : Agan Alexanderhagal] - Timtim Band Of Brother : Kisah Bapak Ane : TIDUR NGELONIN GRANAT
[Credit : Agan Alexanderhagal] - Timtim Band Of Brother : Kisah Bapak Ane : IBUUUU...SAKITNYA BUUUUK..!emoticon-Berduka (S) Bag 2.
[Credit : Agan Alexanderhagal] - Timtim Band Of Brother : Kisah Bapak Ane :KONYOL-KONYOLAN Bag 2.
[Credit : Agan Alexanderhagal] - Timtim Band Of Brother : Kisah Bapak Ane : INDERA KE ENAM Bag 2.
[Credit : Shahpanzer] - Tangguhnya Si Krebo Hutan
[Credit : Agan Alexanderhagal] - Timtim Band Of Brother : Kisah Bapak Ane : BUAH SETAN
[Credit : Agan Alexanderhagal] - Timtim Band Of Brother : Kisah Bapak Ane : LETNAN MUDA KERAS KEPALA
[Credit : Agan Jagm] - (Foto) Pemburu Krebo Hutan
[Credit : Agan Alexanderhagal] - Timtim Band Of Brother : Kisah Bapak Ane : LOBSTER
[Credit : Agan Alexanderhagal] - Timtim Band Of Brother : Kisah Bapak Ane : LOBANGNYA BUAYA
[Credit : Agan Alexanderhagal] - Timtim Band Of Brother : Kisah Bapak Ane : KAPTEN MARAHI MAYOR
[Credit : Agan Alexanderhagal] - Timtim Band Of Brother : Kisah Bapak Ane : PETA OH PETA Bag 2.
[Credit : FORMIL] - EPIC FOTO
[Credit : FORMIL] - ( Foto ) Rekapitulasi Yg Gugur di Timtim
[Credit : Agan Alexanderhagal] - Timtim Band Of Brother : Kisah Bapak Ane : BAD DAY FOR LOGISTIC Bag 2.
[Credit : Agan Pemakanmayat] - Beberapa Penghadangan Truk TNI Yg Banyak Memakan Korban
[Credit : TS] - Penghadangan Di Baunoraq
[Credit : Agan Alexanderhagal] - Timtim Band Of Brother : Kisah Bapak Ane : HUNTED Bag 2.
[Credit : Agan Bakulmendoan] - ( Foto ) Makam Bapak Ane
[Credit : Agan Ekolistrik] - ( Foto ) Bapak Ane Gugur di Timtim
[Credit : Agan Alexanderhagal] - ( Foto ) TIMTIM BAND OF BROTHER : Koleksi Bapak Ane 1
[Credit : Agan Alexanderhagal] - ( Foto ) TIMTIM BAND OF BROTHER : Koleksi Bapak Ane 2
[Credit : Pelita] - TIMTIM SEBUAH PERJUANGAN
[Credit : Agan Samueltirta] - Ku Lakukan Demi Keluargaku Bag 2. Bag 3. Bag 4. Bag 5.
Bag 6.



Diubah oleh pioneer1980 12-11-2014 08:26
4iinchAvatar border
egamaAvatar border
andriyanzaky131Avatar border
andriyanzaky131 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.7M
2.6K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
1.3MThread103.7KAnggota
Tampilkan semua post
pioneer1980Avatar border
TS
pioneer1980
#633
samb.Ops.Seroja3
Go!
Pesawat terus bergerak dalam kesunyian. Sesekali, bunyi morse memecah keheningan. Di timur Flores, Rajawali flight perlahan-lahan turun ke 5.000 kaki sambil menyusun formasi penerjunan. Persis di atas pulau Alor pada ketinggian 7.000 kaki, lampu merah dekat pintu menyala dan bel berdering pendek tiga kali sebagai tanda pasukan mulai berdiri untuk persiapan.
Waktu penerjunan menjelang lampu hijau tinggal 10 menit lagi. Anggota Kopassandha dan Brigade-18/Linud Kostrad, mencantolkan pengait pada ujung strop di kabel baja yang merentang di kabin. Dengan sigap, posisi ransel, senjata, dan perlengkapan perorangan lainnya dibenahi. Hampir tidak ada suara. Semua membisu dalam kesibukkan masing-masing.
Abeam Atauro, pesawat sudah di 5.000 kaki. Karena radar pesawat digunakan untuk cuaca, Suakadirul dibuat kaget ketika melongokkan kepalanya melihat dua kapal frigat Portugis Joao Roby dan Alfonso de Albuquerque lego jangkar di lepas pantai Atauro.

“Tidak ada informasi dua kapal frigat dilengkapi radar dan sonar, buang sauh di Atauro,” protes Suakadirul. Aneh. Padahal, KRI Ratulangi sudah berpapasan dengan Joao Roby di perairan Timor, 23 Oktober. Hebat lagi, sejak 1 Oktober keberadaan kapal yang memiliki 3 kanon 100 mm ini sebenarnya sudah diketahui.

“Saya tidak mengerti soal itu,” jawab Suakadirul. Pintu kiri-kanan pesawat mulai dibuka. Kecepatan dikurangi hingga 110 knot.

“Saya bilang kita 5.000 kaki. Lampu kuning menyala, terus depressurized,” cerita Suakadirul. Waktu tersisa menuju dropping zone (DZ) tinggal empat menit. Perlahan, jarak horizontal antar pesawat di perpendek hingga 300 kaki (sekitar 100 meter). Demikian pula jarak vertikal antar pesawat, hanya selisih 50 kaki. “Saya berada pada ketinggian 900 kaki,” ucap Suakadirul. Jadi kalau dihitung hingga pesawat terakhir, ketinggiannya 1.250 kaki.

Mendekati pantai Dili, dengan referensi Tanjung Fatukama, Rajawali flight belok kanan langsung menuju jantung kota Dili. Agar pesawat mampu terbang pada kecepatan 110 knot, menurut Suakadirul, flap diturunkan sebesar 50 persen. Bagi Suakadirul, Dili bukan hal baru. Tahun 1970, lulusan Chekoslowakia ini telah mondar-mandir dengan Dakota milik Zamrud rute Denpasar, Rembiga, Sumbawa, Kupang dan Dili untuk RON (remain over night). Sementara, navigator buka suara, “2 menit ahead.”

Sembilan pesawat muncul dari balik perbukitan tanpa lindungan (escort) B-26 dan AC-47. Bel berdering panjang sekitar lima detik setelah Hercules T-1308 terbang melintas di atas sisi barat perkampungan nelayan. Jam di tangan Suakadirul menunjukkan pukul 05.45, bertepatan perubahan lampu kuning menjadi lampu hijau.

“Kerongkongan saya mendadak kering,” ujar Suakadirul.
Hanya dalam hitungan detik menjelang jam 05.45, jumping master berteriak.

“Penerjun siap?”

Dilanjutkannya dengan perintah,

“Sedia di pintu!” Sekian detik kemudian, jumping master berteriak lebih keras.

kaskus-image

“Go!”

Mengambil arah 260 derajat atau hampir ke barat pada garis sejajar dengan jalan Dr. Antonio de Carvalho di tengah Kota Dili, anggota pertama melompat dari Hercules T-1308. Ratusan kemudian, berbaur dari Kopassandha dan Kostrad, melompat dari tiap pesawat. Dalam empat hitungan, parasut T-10 berwarna hijau zaitun terkembang dikeremangan pagi di atas Dili. Karena komunikasi segitiga Fretilin, Dili-Atauro-kapal frigat sudah terjalin rapi, penerjunan sortie pertama kehilangan faktor pendadakan. Pasukan diberondong secara sporadis dari bawah. Peluru api (tracer) yang dilepas Fretilin, bagai kunang-kunang memenuhi langit.

Pasukan Linud yang masih mengambang, balik menembak. Maka, pagi itu, terjadilah pertempuran sengit antara pasukan Linud dan gerombolan Fretilin. Entah digunakan pada saat D-day, beberapa bulan sebelumnya menurut Hendro, 15.000 pucuk senjata peninggalan Portugal dibagi-bagikan Fretilin untuk mempersenjatai rakyat. Sesungguhnya juga, Fretilin telah siaga begitu listrik dipadamkan jam 03.00 bertepatan pendaratan marinir disertai tembakan kanon dari kapal TNI AL. Dan radar Plessey dua kapal frigat Portugal pun, tentu tidak tidur.

Dapat dibayangkan perjuangan hidup-mati pasukan Linud. Tidak semua mendarat dengan selamat. Ada yang kandas di atap rumah, tersangkut di pohon atau di pagar. Yang mendarat di lapangan terbuka di tengah kota, “terpaksa” menjadi sasaran empuk. Belum sempat berbenah, mereka langsung terlibat baku tembak dengan Baret Coklat mantan Tropaz, serdadu Portugal. Sama sekali tidak ada waktu untuk konsolidasi. Tiga tim yang ditunjuk, berusaha keras menyebar memulai operasi pembebasan kantor gubernur, pelabuhan, dan lapangan terbang. Tembak-menembak bergemuruh di mana-mana. Walaupun sudah mengetahui kedatangan pasukan Indonesia, Fretilin tetap kocar-kacir. Jika mau bersabar, tentu Indonesia bisa mengambil keuntungan dengan perencanaan matang karena Fretilin tidak pernah memprediksi Indonesia akan menyerbu dari udara. Perkiraannya serbuan dari perbatasan.

Karena saat penerjunan pesawat dihujani tembakkan ditambah obstacle bukit setinggi 1.500 kaki di ujung runway Dili, Rajawali flight harus belok ke kanan arah pantai untuk terbang ke Kupang. Karena juga DZ cukup pendek dan interval penerjunan terlalu lama waktunya cuma satu menit 79 orang dari 720 pasukan para batal terjun, termasuk komandan Tim-C Lettu Luhut Panjaitan.
Tidak hanya mengenai pasukan, tembakkan dari bawah juga menghantam empat Hercules. Bahkan, load master T-1312 yang diterbangkan Letkol Wello, Pelda Wardjijo, tewas diterjang peluru yang menembus badan pesawat. Pesawat Suakadirul juga tak luput. Peluru merusak navigation compass dan auxiliary hydraulic pump. Peluru juga menembus kaca kokpit di sisi kiri Suakadirul. Secangkir kopi yang ditaruhnya, terlontar ke depan kokpit dan membasahi dahi sang captain. Crew sempat menduga captain-nya tertembak. Apalagi setelah melihat cairan kental meleleh di kepalanya. “Ternyata cuma kopi.”

Dua pesawat Hercules lainnya yang diterbangi Letkol Pnb. Sudji Harsono dan Kol.Pnb. Sukandar, turut tertembak. Kesembilan pesawat plus 79 anggota yang batal terjun, meneruskan penerbangan ke Kupang selama 48 menit. Dari Kupang, setelah memeriksa kondisi pesawat yang tertembak, sortie kedua dilanjutkan menggunakan lima Hercules. Komoro ditentukan sebagai DZ. Karena empat pesawat tidak laik terbang, setengah kekuatan Batalion 502, tidak terangkut. Jam 07.45, sortie kedua diterjunkan di Komoro dengan aman karena Fretilin telah dipukul mundur ke perbukitan di selatan Dili. Suakadirul mengganti pesawatnya dengan T-1305.
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.