- Beranda
- Kendaraan Roda 2
Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3
...
TS
BysonOnKaskus
Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/dl.dropbox.com/u/10209163/Danger_Line_by_slacabos.png)
Quote:
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/s19.postimage.org/kwbgm6iir/headerboss.gif)
Quote:
Selamat datang di thread info - sharing - ngobrol seputar Yamaha Byson. BOSS sendiri bukanlah club motor yang mengharuskan pendaftaran anggota dll.. Tapi BOSS adalah wadah dari para pengguna Yamaha Byson untuk berbagi satu sama lain.. 
**BOSS sendiri bukanlah bagian dari BYONIC atau pecahan dari club motor manapun, BOSS adalah murni pengguna dan penghuni thread ini dan terbuka untuk siapa saja **

**BOSS sendiri bukanlah bagian dari BYONIC atau pecahan dari club motor manapun, BOSS adalah murni pengguna dan penghuni thread ini dan terbuka untuk siapa saja **
Quote:
THREAD RULES!
- Selalu baca page one terlebih dahulu!
- Thread ini terbuka untuk siapa saja yang ingin berdiskusi mengenai Yamaha Byson
- Saling menjaga ketentraman dan ketertiban di thread Byson On Kaskus
- Posting lah dengan kata2 yang baik dan sopan
- Dilarang membuat postingan yang Menghujat seseorang,mengandung PORNOGRAFI, SARA dan FLAMMING
- Bagi yang mengupload gambar WAJIB menggunakan spoiler
- Gunakan lah fasilitas multi-Quote dan Quote dengan baik
- Bagi yang Double post, Triple post, Quadruple post wajib di edit
- Untuk peraturan nomer 6, 7, 8 diatas tidak ada alasan "maap ane newbie gan" dsb. Semua ada di Kaskus Help Center. Silahkan baca!
- Kalau bertanya harap sabar, belum tentu suhu2 disini ngerti dengan pertanyaan agan. Boleh juga disundul.
- Junker? GTFO!
- KEEP RESPECT EACH OTHER!
Quote:
Original Posted By BysonOnKaskus►TOLONG PERHATIAN!!!
CONTOH POSTINGAN:
- NUMPANG NINGGALIN JEJAK
- ABSEN PAGI, SIANG, SORE, MALAM
- SALAM KENAL TANPA ADA POSTINGAN LANJUTAN YG BERBOBOT
- DAN SEBAGAINYA YG SEJENIS
HARAP DIKURANGI KEBIASAAN SEPERTI INI
TRIT MELAJU TERLALU CEPAT KARENA SERING BERMUNCULAN POSTINGAN SEPERTI ITU
DAN MENURUT ANE POSTINGAN SEPERTI ITU TIDAK TERLALU PENTING, BERUJUNG PADA DI SKIP
JADI KALAU JELAS2 AKAN DI SKIP, KENAPA HARUS MELAKUKAN POSTING
KALAU SEDANG TIDAK ADA IDE UNTUK MELAKUKAN POSTING, JANGAN POSTING
KALAU KEHABISAN IDE UNTUK POSTING SESUATU, LEBIH BAIK MELAKUKAN QUOTE DARI POSTINGAN ORANG LAIN UNTUK MENANGGAPI DAN MEMBERI MASUKAN
HARAP MAKLUM DAN PENGERTIANNYA
CONTOH POSTINGAN:
- NUMPANG NINGGALIN JEJAK
- ABSEN PAGI, SIANG, SORE, MALAM
- SALAM KENAL TANPA ADA POSTINGAN LANJUTAN YG BERBOBOT
- DAN SEBAGAINYA YG SEJENIS
HARAP DIKURANGI KEBIASAAN SEPERTI INI
TRIT MELAJU TERLALU CEPAT KARENA SERING BERMUNCULAN POSTINGAN SEPERTI ITU
DAN MENURUT ANE POSTINGAN SEPERTI ITU TIDAK TERLALU PENTING, BERUJUNG PADA DI SKIP
JADI KALAU JELAS2 AKAN DI SKIP, KENAPA HARUS MELAKUKAN POSTING
KALAU SEDANG TIDAK ADA IDE UNTUK MELAKUKAN POSTING, JANGAN POSTING
KALAU KEHABISAN IDE UNTUK POSTING SESUATU, LEBIH BAIK MELAKUKAN QUOTE DARI POSTINGAN ORANG LAIN UNTUK MENANGGAPI DAN MEMBERI MASUKAN
HARAP MAKLUM DAN PENGERTIANNYA
REGARDS
TS-01 / BEBEMANIA
TS-01 / BEBEMANIA
Quote:
INDEX THREAD
Quote:
Quote:
Punya masalah tentang Byson?. Coba baca Tips and Trick dan FAQ terlebih dahulu, jika belum jelas baru coba ditanyakan ke suhu2 disini
Tips and Trick ( Part 1 )
Tips and Trick ( Part 2 )
Tips and Trick ( Part 3 )
BOSS Chapter
Wall of Fame
Foto Kopdar dan Touring BOSS
Ratjoen ( Barang Aftermarket u/ Yamaha Byson )
Thread History
Tips and Trick ( Part 2 )
Tips and Trick ( Part 3 )
BOSS Chapter
Wall of Fame
Foto Kopdar dan Touring BOSS
Ratjoen ( Barang Aftermarket u/ Yamaha Byson )
Thread History
Quote:
Spesifikasi
PRICE & COLOURS
sumber : website yamaha indonesia
Quote:
Mesin
- Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
- Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
- Volume Silinder : 153 cc
- Diameter x Langkah : 58,0 x 57,9 mm
- Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
- Daya Maksimum : 10,1 kW / 7500 rpm
- Torsi Maksimum : 13,6 Nm / 6000 rpm
- Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
- Sistem Pelumasan : Basah
- Kapasitas Oli Mesin : Total : 1,2 Liter / Penggantian Berkala : 1 Liter
- Sistim Bahan Bakar : Karburator BS26 x 1
- Tipe Kopling : Basah, Kopling Manual, Multiplat
- Tipe Transmisi : Return, 5 Kecepatan
- Pola Pengoperasian Transmisi : 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5
Quote:
Rangka
- Tipe Rangka : Diamond
- Suspensi Depan : Teleskopik
- Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Adjustable Monocross
- Ban Depan : 100/80-17M/C 52P
- Ban Belakang : 120/70-17M/C 58P
- Rem Depan : Cakram
- Rem Belakang : Tromol
Quote:
Kelistrikan
- Sistem Pengapian : DC-CDI
- Battery : YTZ4V (MF Battery 12V 3Ah)
- Busi : CPR 8EA-9 (NGK)
Quote:
Dimensi
- P x L x T : 2.075 mm x 780 mm x 1.045 mm
- Jarak Sumbu Roda : 1.334 mm
- Jarak Terendah Ke Tanah : 160 mm
- Tinggi Tempat Duduk : 790 mm
- Berat Isi : 137 kg
- Kapasitas Tangki Bensin : 12 Liter
PRICE & COLOURS
Spoiler for price and colours:
OTR Rp. 20.900.000,-
(wil Jakarta dan sekitarnya)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Hitam.jpg)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Merah.jpg)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Biru.jpg)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Putih.jpg)
(wil Jakarta dan sekitarnya)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Hitam.jpg)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Merah.jpg)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Biru.jpg)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Putih.jpg)
sumber : website yamaha indonesia
Quote:
FAQ (Frequently Asked Question)
Read me 1st before you ask!
Read me 1st before you ask!
Spoiler for FAQ:
Q : Gan, kelebihan Byson apa aja sih?
A: Ganteng pastinya, aksesoris udah bertebaran, resale value kuat, handling cocok untuk perkotaan (ga pegel), mesin torsinya boleh punya jadi cocok untuk stop n go
Q : Kalo kekurangan nya?
A : Top speed mesin kurang, beberapa kasus terjadi oli rembes (banyakan yang ga ngalamin), plat no asli di atas kayak pake koyo, sering diliatin orang, pengamanan kurang
Q: Jadi, worthed ga?
A : Untuk harga yang ditawarkan, ya
Q : Katanya indent nya bikin jenggotan yah?
A : Itu dulu, saat stok byson belum menentu.. sekarang maksimal 1 mingguan ( kota-kota besar )
Q : Gan, ane nubi nih. mau nanya
A : Sebisa mungkin page 1 akan diupdate masalah2 byson. Jadi harap dibaca dulu sebelum bertanya
Q : Gan, mau jualan boleh ga?
A : Untuk info produk baru mah boleh aja. Tapi disarankan transaksi melalui PM aja. Bwt keterangan produk juga gapapa di post disini asal tau etika yah
Q : Mau ikut ngumpul tapi ane nubi?
A : Daftar, dateng, ngobrol, pulang jadi suhu
Q : Oh iya.. ane punya info penting. Pajang page one donggg
A :PM TSnya gan beserta link nya.
Q : Gan, kebo ane lampu depannya idup terus gimana ya, boros aki dong?
A : Meluncur ke Beres (Bengkel Resmi) beli switch kanan byson tahun 2010
A: Ganteng pastinya, aksesoris udah bertebaran, resale value kuat, handling cocok untuk perkotaan (ga pegel), mesin torsinya boleh punya jadi cocok untuk stop n go
Q : Kalo kekurangan nya?
A : Top speed mesin kurang, beberapa kasus terjadi oli rembes (banyakan yang ga ngalamin), plat no asli di atas kayak pake koyo, sering diliatin orang, pengamanan kurang
Q: Jadi, worthed ga?
A : Untuk harga yang ditawarkan, ya
Q : Katanya indent nya bikin jenggotan yah?
A : Itu dulu, saat stok byson belum menentu.. sekarang maksimal 1 mingguan ( kota-kota besar )
Q : Gan, ane nubi nih. mau nanya
A : Sebisa mungkin page 1 akan diupdate masalah2 byson. Jadi harap dibaca dulu sebelum bertanya
Q : Gan, mau jualan boleh ga?
A : Untuk info produk baru mah boleh aja. Tapi disarankan transaksi melalui PM aja. Bwt keterangan produk juga gapapa di post disini asal tau etika yah

Q : Mau ikut ngumpul tapi ane nubi?
A : Daftar, dateng, ngobrol, pulang jadi suhu
Q : Oh iya.. ane punya info penting. Pajang page one donggg

A :PM TSnya gan beserta link nya.

Q : Gan, kebo ane lampu depannya idup terus gimana ya, boros aki dong?
A : Meluncur ke Beres (Bengkel Resmi) beli switch kanan byson tahun 2010
Quote:
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/typo3temp/pics/fa0c3291ef.jpg)
Diubah oleh BysonOnKaskus 22-03-2013 08:10
grg. memberi reputasi
1
1.1M
Kutip
11.1K
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
19.2KThread•14.8KAnggota
Tampilkan semua post
funktaztic
#830
Fungsi AIS dan Cara Menutupnya
Spoiler for Fungsi AIS dan Cara Menutupnya:
Fungsi AIS dan Cara Menutupnya
AIS merupakan kepanjangan dari Air Induction Sistem. Punya fungsi mengurangi kepekatan gas buang atau polusi. Tentu lewat cara menginjeksikan udara ke dalam lubang exhaust. Sehingga polutan lebih rendah dan dianggap ramah lingkungan.
![kaskus-image]()
Gambar 1. Dari kiri ke kanan X1, X2, X3
Air Induction System (AIS). berfungsi sebagai penambah udara bersih (O2) di sistem gas buang. Prinsip kerjanya adalah mengubah racun hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO) menjadi karbondioksida (CO2) dan uap air. Jadi Air Induction System (AIS) berfungsi untuk menetralisir bahan bakar yang tidak terbakar, dengan cara mrenginjeksikan udara segar ke lubang pembuangan untuk mengurangi kerapatan kadar emisi Hidro karbon. Hasil pengujian didapat sebagai berikut: Rata-rata gas NO. hasil pembuangan yang menggunakan Air Induction System lebih tinggi dibandingkan dengan gas NO. hasil pembuangan standar dengan gain rata-rata sebesar 0,0955 ppm volume N0x. Perbedaan tersebut disebabkan oleh udara yang masuk ke dalam saluran knalpot lebih banyak melalui Air Induction System sehingga mengubah racun hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO) menjadi karbondioksida (CO2) dan uap air, serta menetralisir bahan bakar yang tidak terbakar.
![kaskus-image]()
Gambar 2
Teknologi AIS ada di motor baru mulai dari 2006 sampai sekarang. Gunanya memenuhi standar Euro 2 atau Euro 3. Secara performa mesin, AIS memang tidak menambah tenaga. Bahkan katanya malah mengurangi power. Mungkin karena campuran udara yang diinjeksikan menghambat laju gas buang.Hal ini membuat banyak mekanik berpikir jika AIS dilepas lebih bagus, tenaga juga jadi lebih plong.
Biar nggak salah lepas AIS tentunya harus tahu dulu sistemnya. Perhatikan bongkahan yang diikat di kepala silinder. Itu merupakan rumah atau katup AIS. Di tempat itu ada tiga slang yang menuju AIS. Slang dari filter udara, slang dari intake manifold dan slang yang menuju lubang buang di head.
Jika BroSis ingin meMODIFIKASInya mudah & irit. Cara yang paling mudah adalah cukup copot/tutup slang yang menuju lubang buang lewat head (gambar 1, X2). Untuk menonaktifkan AIS tidak perlu menunggu AIS berbuat korupsi seperti koruptor. Kapan aja, AIS bersedia dilepas dari jabatannya itu.
“Nutupnya cukup pakai lem besi, Selain dengan lem besi juga bisa ditutup pakai baut seukuran baut 14 untuk lubang X2 (ke cylinder head). Ini sudah cukup, tidak akan pengaruh terhadap kinerja mesin.
Kalau memang benar-benar mau melapas AIS secara total, semua slang harus dilepas. Perlu diingat, bekas slang itu harus ditutup atau harus dimatikan. Seperti yang menuju manifold dan yang mengarah ke filter udara. Selain irit biaya langkah ini juga bikin motor lebih hemat. “Lebih irit dibanding kalau pakai knalpot racing tanpa menutup lubang AIS,”.
Lihat gambar 1
X1 : dari saringan udara/air filter
X2 : ke cylinder head
X3: ke manifold pemasukan
INGAT.
1. Modifikasi ini tidak disarankan karena akan menghilangkan garansi motor dan dampak kedepan belum diketahui.
2. Karena fungsi AIS untuk mengurangi efek kepekatan gas buang atau polusi.
Bijaksanalah dan berfikir sebelum bertindak.. salam seruduk
Sumber : http://universalbyson.blogspot.com/2...fz-series.html
AIS merupakan kepanjangan dari Air Induction Sistem. Punya fungsi mengurangi kepekatan gas buang atau polusi. Tentu lewat cara menginjeksikan udara ke dalam lubang exhaust. Sehingga polutan lebih rendah dan dianggap ramah lingkungan.
Spoiler for img:
Gambar 1. Dari kiri ke kanan X1, X2, X3
Air Induction System (AIS). berfungsi sebagai penambah udara bersih (O2) di sistem gas buang. Prinsip kerjanya adalah mengubah racun hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO) menjadi karbondioksida (CO2) dan uap air. Jadi Air Induction System (AIS) berfungsi untuk menetralisir bahan bakar yang tidak terbakar, dengan cara mrenginjeksikan udara segar ke lubang pembuangan untuk mengurangi kerapatan kadar emisi Hidro karbon. Hasil pengujian didapat sebagai berikut: Rata-rata gas NO. hasil pembuangan yang menggunakan Air Induction System lebih tinggi dibandingkan dengan gas NO. hasil pembuangan standar dengan gain rata-rata sebesar 0,0955 ppm volume N0x. Perbedaan tersebut disebabkan oleh udara yang masuk ke dalam saluran knalpot lebih banyak melalui Air Induction System sehingga mengubah racun hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO) menjadi karbondioksida (CO2) dan uap air, serta menetralisir bahan bakar yang tidak terbakar.
Spoiler for img:
Gambar 2
Teknologi AIS ada di motor baru mulai dari 2006 sampai sekarang. Gunanya memenuhi standar Euro 2 atau Euro 3. Secara performa mesin, AIS memang tidak menambah tenaga. Bahkan katanya malah mengurangi power. Mungkin karena campuran udara yang diinjeksikan menghambat laju gas buang.Hal ini membuat banyak mekanik berpikir jika AIS dilepas lebih bagus, tenaga juga jadi lebih plong.
Biar nggak salah lepas AIS tentunya harus tahu dulu sistemnya. Perhatikan bongkahan yang diikat di kepala silinder. Itu merupakan rumah atau katup AIS. Di tempat itu ada tiga slang yang menuju AIS. Slang dari filter udara, slang dari intake manifold dan slang yang menuju lubang buang di head.
Jika BroSis ingin meMODIFIKASInya mudah & irit. Cara yang paling mudah adalah cukup copot/tutup slang yang menuju lubang buang lewat head (gambar 1, X2). Untuk menonaktifkan AIS tidak perlu menunggu AIS berbuat korupsi seperti koruptor. Kapan aja, AIS bersedia dilepas dari jabatannya itu.
“Nutupnya cukup pakai lem besi, Selain dengan lem besi juga bisa ditutup pakai baut seukuran baut 14 untuk lubang X2 (ke cylinder head). Ini sudah cukup, tidak akan pengaruh terhadap kinerja mesin.
Kalau memang benar-benar mau melapas AIS secara total, semua slang harus dilepas. Perlu diingat, bekas slang itu harus ditutup atau harus dimatikan. Seperti yang menuju manifold dan yang mengarah ke filter udara. Selain irit biaya langkah ini juga bikin motor lebih hemat. “Lebih irit dibanding kalau pakai knalpot racing tanpa menutup lubang AIS,”.
Lihat gambar 1
X1 : dari saringan udara/air filter
X2 : ke cylinder head
X3: ke manifold pemasukan
INGAT.
1. Modifikasi ini tidak disarankan karena akan menghilangkan garansi motor dan dampak kedepan belum diketahui.
2. Karena fungsi AIS untuk mengurangi efek kepekatan gas buang atau polusi.
Bijaksanalah dan berfikir sebelum bertindak.. salam seruduk
Sumber : http://universalbyson.blogspot.com/2...fz-series.html
Diubah oleh funktaztic 13-12-2012 08:58
0
Kutip
Balas
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/dl.dropbox.com/u/10209163/ss.png)