- Beranda
- Travellers
Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api
...
TS
wibi82
Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api


FREE KONSULTASI KERETA API

courtesy of: id.wikipedia.orgby Aditya55
Kumpulan index jadwal & trip report agan dokumen:
Syarat Pembatalan dan Penukaran tiket KA by Agan Nitrococcus:
Syarat Penukaran struk online ke tiket KA by Agan Nitrococcus:

courtesy of: id.wikipedia.orgby Aditya55
Quote:
Trit ini didedikasikan buat Agan2 semua yang mau bepergian ke mana aja naik kereta api di Pulau Jawa dan Sumatera dan ada pertanyaan2 berkaitan dengan jadwal, rekomendasi, kelas kereta, sama perkiraan harga tiket, dll

Jawaban2 yang disampaikan TS maupun teman2 insyaAllah didasarkan data & jadwal terbaru ditambah pengalaman2 pribadi sebagai Railfans & Pengguna setia jasa Kereta Api

Jawaban2 yang disampaikan TS maupun teman2 insyaAllah didasarkan data & jadwal terbaru ditambah pengalaman2 pribadi sebagai Railfans & Pengguna setia jasa Kereta Api
Spoiler for "yang dicari":
Nggak cari
tapi juga nggak minta 
Cuma pingin sharing buat agan2 yg mau bepergian manfaatin jasa transportasi paling
... hehehe
tapi juga nggak minta 
Cuma pingin sharing buat agan2 yg mau bepergian manfaatin jasa transportasi paling
... hehehe
Spoiler for "PERHATIAN!!!":
trit ini bukan tempat jual beli tiket KA
Kumpulan index jadwal & trip report agan dokumen:
Spoiler for Kumpulan index jadwal & trip report agan "dokumen":
Quote:
Original Posted By dokumen►JADWAL
Peta Perjalanan Kereta Api di Pulau Jawa & Sumatera
Ebook Jadwal Perjalanan KAI (1 April 2013)
Jadwal Perjalanan KRL Jabodetabek (7 April 2013)
JADWAL KA LOKAL DAERAH OPERASI 2 BANDUNG GAPEKA 2013
JADWAL KA KRD PRAMBANAN EKSPRES & KRD SRIWEDARI GAPEKA 2013
Jadwal KA Lokal Jakarta - Merak
Jadwal KA Lokal Jakarta - Purwakarta
Jadwal KA Lokal Bekasi - Purwakarta
Jadwal KA Lokal Sukabumi - Bogor
Jadwal KA Dari Timur yg Berhenti di Bekasi
TITAM (Trip Terpadu Antar Moda)
Dari Stasiun Merak Menuju Sumatera
Dari Stasiun Surabaya Gubeng Menuju Terminal Bus
Dari Stasiun Banyuwangi Baru Menuju Denpasar
SERBA-SERBI
Denah Seat KA dan Sub Class
Jenis2 KA beserta eksterior/interior
Cara Membayar Kode Booking Lewat ATM BCA
TRIP REPORT
Sebelum Gapeka 1 April 2013:
Progo + Bengawan, Lempuyangan - Purwokerto - Ps. Senen by NMP150R
Taksaka, Jogja - Jakarta by bahtiararif
Argo Lawu, Jakarta - Jogja by dokumen
Gajayana, Jogja - Jakarta by dokumen
Senja Utama Solo, Jakarta - Jogja PP by dokumen
Progo, Ps. Senen Jakarta - Jogja by dokumen
Senja Utama Yogya, Jogja - Ps. Senen by dokumen
Senja Singosari, Ps. Senen - Malang by ~GhaDux~
Matarmaja 1, Ps. Senen - Malang by ~GhaDux~
Matarmaja 2, Malang - Ps. Senen by ~GhaDux~
Purwojaya, Bekasi - Purwokerto, & Sawunggalih, Purwokerto - Bekasi by satriakarisma
Matarmaja, Ps Senen - Malang by ~GhaDux~
Sawunggalih, Ps Senen - Kutoarjo by username1990
Sawunggalih 1, Kebumen - Jatinegara by username1990
Sawunggalih 2, Kebumen - Jatinegara by username1990
Kutojaya Utara, Tn Abang - Gombong by username1990
KRDE Prameks, Purwosari - Yogya, & Senja Utama Solo 1, Yogya - Ps Senen by username1990
Senja Utama Solo 2, Yogya - Ps Senen by username1990
Argo Lawu, Gambir - Yogya by Denok21
Setelah Gapeka 1 April 2013:
Sembrani, Surabaya Ps. Turi - Gambir by oconzzz
Progo, Ps. Senen - Lempuyangan by JavaAmazing
Sawunggalih Malam, Gombong - Ps. Senen by NMP150R
Gayabaru Malam, Jakarta Kota - Madiun by Lazzdee
Mantab Lebaran, Ps. Senen - Lempuyangan by dokumen
Krakatau, Ps. Senen - Merak PP by Gie17
Argo Dwipangga, Yogyakarta - Gambir by dokumen
Senja Utama Yogya, Ps. Senen - Yogyakarta by JavaAmazing
Fajar Utama Yogya, Ps. Senen - Wates by pencarigratisan
Sri Tanjung, Surabaya Gubeng - Banyuwangi PP by mochammadopop
Argo Bromo Anggrek, Surabaya Ps. Turi - Jatinegara by mochammadopop
Argo Parahyangan, Gambir - Bandung PP by mochammadopop
Peta Perjalanan Kereta Api di Pulau Jawa & Sumatera
Ebook Jadwal Perjalanan KAI (1 April 2013)
Jadwal Perjalanan KRL Jabodetabek (7 April 2013)
JADWAL KA LOKAL DAERAH OPERASI 2 BANDUNG GAPEKA 2013
JADWAL KA KRD PRAMBANAN EKSPRES & KRD SRIWEDARI GAPEKA 2013
Jadwal KA Lokal Jakarta - Merak
Jadwal KA Lokal Jakarta - Purwakarta
Jadwal KA Lokal Bekasi - Purwakarta
Jadwal KA Lokal Sukabumi - Bogor
Jadwal KA Dari Timur yg Berhenti di Bekasi
TITAM (Trip Terpadu Antar Moda)
Dari Stasiun Merak Menuju Sumatera
Dari Stasiun Surabaya Gubeng Menuju Terminal Bus
Dari Stasiun Banyuwangi Baru Menuju Denpasar
SERBA-SERBI
Denah Seat KA dan Sub Class
Jenis2 KA beserta eksterior/interior
Cara Membayar Kode Booking Lewat ATM BCA
TRIP REPORT
Sebelum Gapeka 1 April 2013:
Progo + Bengawan, Lempuyangan - Purwokerto - Ps. Senen by NMP150R
Taksaka, Jogja - Jakarta by bahtiararif
Argo Lawu, Jakarta - Jogja by dokumen
Gajayana, Jogja - Jakarta by dokumen
Senja Utama Solo, Jakarta - Jogja PP by dokumen
Progo, Ps. Senen Jakarta - Jogja by dokumen
Senja Utama Yogya, Jogja - Ps. Senen by dokumen
Senja Singosari, Ps. Senen - Malang by ~GhaDux~
Matarmaja 1, Ps. Senen - Malang by ~GhaDux~
Matarmaja 2, Malang - Ps. Senen by ~GhaDux~
Purwojaya, Bekasi - Purwokerto, & Sawunggalih, Purwokerto - Bekasi by satriakarisma
Matarmaja, Ps Senen - Malang by ~GhaDux~
Sawunggalih, Ps Senen - Kutoarjo by username1990
Sawunggalih 1, Kebumen - Jatinegara by username1990
Sawunggalih 2, Kebumen - Jatinegara by username1990
Kutojaya Utara, Tn Abang - Gombong by username1990
KRDE Prameks, Purwosari - Yogya, & Senja Utama Solo 1, Yogya - Ps Senen by username1990
Senja Utama Solo 2, Yogya - Ps Senen by username1990
Argo Lawu, Gambir - Yogya by Denok21
Setelah Gapeka 1 April 2013:
Sembrani, Surabaya Ps. Turi - Gambir by oconzzz
Progo, Ps. Senen - Lempuyangan by JavaAmazing
Sawunggalih Malam, Gombong - Ps. Senen by NMP150R
Gayabaru Malam, Jakarta Kota - Madiun by Lazzdee
Mantab Lebaran, Ps. Senen - Lempuyangan by dokumen
Krakatau, Ps. Senen - Merak PP by Gie17
Argo Dwipangga, Yogyakarta - Gambir by dokumen
Senja Utama Yogya, Ps. Senen - Yogyakarta by JavaAmazing
Fajar Utama Yogya, Ps. Senen - Wates by pencarigratisan
Sri Tanjung, Surabaya Gubeng - Banyuwangi PP by mochammadopop
Argo Bromo Anggrek, Surabaya Ps. Turi - Jatinegara by mochammadopop
Argo Parahyangan, Gambir - Bandung PP by mochammadopop
Syarat Pembatalan dan Penukaran tiket KA by Agan Nitrococcus:
Spoiler for Syarat pembatalan by Agan "Nitrococcus":
Quote:
Original Posted By Nitrococcus►Karena banyak yg nanya ane bikin panduannya, klo ada update ane edit / bikin baru lagi
=====
Penukaran Tiket KA
RULES :
1. Maksimal nuker tiket H-1 (24 jam) sebelum jam keberangkatan tiket yg agan punya skrg
2. Tiket KA yang agan pengen masih ada sisa
3. Penumpang ga ganti
STEP :
1. ke stasiun online (Stasiun yg jual tiket KA Jarak jauh)
2. isi formulir pemesanan dgn KA yg agan inginkan
3. ngantri yg tertib
4. sampe loket, sambil kasih formulir pemesanan, bilang ke petugas loket kalo agan mau tuker tiket. Trus tunjukin tiket lama agan, dan ID Asli / Fotocopy yg tertera di tiket
5. Beres
BIAYA :
1. Tiket agan pertama dipotong 25%
2. Jika harga KA yg diinginkan lebih mahal, selisihnya bayar langsung
3. Jika lebih murah dikembalikan 30-45 hari bisa tunai bisa transfer
CATATAN :
1. Karena sampai dengan 31 Agustus 2013 KA yg berjalan KA Komersial ( Eksekutif, Bisnis, Ekonomi AC INKA, Ekonomi AC Split) semua, jadi penukaran antar kelas ga masalah, mau dari eko ac ke bisnis or eksekutif, atau sebaliknya
2. per 1 September KA PSO ada lagi, menurut aturan lama yg berlaku, KA PSO ga bisa dituker langsung, harus dibatalkan terlebih dahulu. dan beli baru kaya biasa
3. Nitip ditukerin sama temen ga masalah, asal ada ID org yg punya tiket, Fotocopy ga masalah, Asli lebih sip
=====
Penukaran Tiket KA
RULES :
1. Maksimal nuker tiket H-1 (24 jam) sebelum jam keberangkatan tiket yg agan punya skrg
2. Tiket KA yang agan pengen masih ada sisa
3. Penumpang ga ganti
STEP :
1. ke stasiun online (Stasiun yg jual tiket KA Jarak jauh)
2. isi formulir pemesanan dgn KA yg agan inginkan
3. ngantri yg tertib
4. sampe loket, sambil kasih formulir pemesanan, bilang ke petugas loket kalo agan mau tuker tiket. Trus tunjukin tiket lama agan, dan ID Asli / Fotocopy yg tertera di tiket
5. Beres
BIAYA :
1. Tiket agan pertama dipotong 25%
2. Jika harga KA yg diinginkan lebih mahal, selisihnya bayar langsung
3. Jika lebih murah dikembalikan 30-45 hari bisa tunai bisa transfer
CATATAN :
1. Karena sampai dengan 31 Agustus 2013 KA yg berjalan KA Komersial ( Eksekutif, Bisnis, Ekonomi AC INKA, Ekonomi AC Split) semua, jadi penukaran antar kelas ga masalah, mau dari eko ac ke bisnis or eksekutif, atau sebaliknya
2. per 1 September KA PSO ada lagi, menurut aturan lama yg berlaku, KA PSO ga bisa dituker langsung, harus dibatalkan terlebih dahulu. dan beli baru kaya biasa
3. Nitip ditukerin sama temen ga masalah, asal ada ID org yg punya tiket, Fotocopy ga masalah, Asli lebih sip
Syarat Penukaran struk online ke tiket KA by Agan Nitrococcus:
Spoiler for Syarat pembatalan by Agan "Nitrococcus":
Quote:
Original Posted By Nitrococcus►
hooo.. oke gan ditanyain dulu ke bagian channel penjualan, thx inponya
yaaaa kedepannya bisa aja, klo e-ktp full running di Indo, skrg kan masih yaaa setengah-setengah lah :|
klo rfund pilihanny kan bisa cash or transfer. ketika transfer bermasalah, emang harus diambil cash ditempat pembatalan tersebut, ga bisa dipindah ke stasiun lain. kecuali ketika dari awal minta cash di stasiun Bandung misalnya. belum sih klo cash tp ditransfer antar stasiun, mungkin kdepannya bisa
---
PENUKARAN BUKTI TRANSAKSI DARI MITRA PT KAI
Yang diperbolehkan :
1. Struk / Resi Pembayaran
2. Print Out Email (konfirmasi sudah bayar)
3. Print Out Transaksi Internet Banking
4. (Nunjukkin) SMS Notifikasi
5. (Nunjukkin) Konfirmasi dari suatu aplikasi pemesanan di smartphone
6. dll
Penukaran cuma bisa di Stasiun Online, untuk daftarnya cek tiket.kereta-api.co.id -> Channel Pemesanan -> Stasiun Online
Jika Nomor 1-6 Hilang :
1. Mampu menyebutkan Kode Booking (6 karakter) / Kode Pembayaran (13 karakter dari web PT KAI / Contact Center 121. Kalo kode dari web mitra yang panjang-panjang ga bisa ke detect di Customer Service
2. Jika tidak mampu, diharuskan menyebutkan Data Penumpang, dan Data Perjalanan dengan menunjukkan Identitas Asli yang diakui Negara, ke petugas, dan memberikan Foto Copynya ke Petugas.
Catatan : untuk penukaran dengan bukti fisik, kaya struk, print out, ga perlu pake Fotocopy KTP lagi. tapi klo tanpa bukti fisik, kaya cuma kode booking, sms notifikasi, wajib kasih foto copy KTP, untuk bukti di petugas.
Sekian
hooo.. oke gan ditanyain dulu ke bagian channel penjualan, thx inponya
yaaaa kedepannya bisa aja, klo e-ktp full running di Indo, skrg kan masih yaaa setengah-setengah lah :|
klo rfund pilihanny kan bisa cash or transfer. ketika transfer bermasalah, emang harus diambil cash ditempat pembatalan tersebut, ga bisa dipindah ke stasiun lain. kecuali ketika dari awal minta cash di stasiun Bandung misalnya. belum sih klo cash tp ditransfer antar stasiun, mungkin kdepannya bisa

---
PENUKARAN BUKTI TRANSAKSI DARI MITRA PT KAI
Yang diperbolehkan :
1. Struk / Resi Pembayaran
2. Print Out Email (konfirmasi sudah bayar)
3. Print Out Transaksi Internet Banking
4. (Nunjukkin) SMS Notifikasi
5. (Nunjukkin) Konfirmasi dari suatu aplikasi pemesanan di smartphone
6. dll
Penukaran cuma bisa di Stasiun Online, untuk daftarnya cek tiket.kereta-api.co.id -> Channel Pemesanan -> Stasiun Online
Jika Nomor 1-6 Hilang :
1. Mampu menyebutkan Kode Booking (6 karakter) / Kode Pembayaran (13 karakter dari web PT KAI / Contact Center 121. Kalo kode dari web mitra yang panjang-panjang ga bisa ke detect di Customer Service
2. Jika tidak mampu, diharuskan menyebutkan Data Penumpang, dan Data Perjalanan dengan menunjukkan Identitas Asli yang diakui Negara, ke petugas, dan memberikan Foto Copynya ke Petugas.
Catatan : untuk penukaran dengan bukti fisik, kaya struk, print out, ga perlu pake Fotocopy KTP lagi. tapi klo tanpa bukti fisik, kaya cuma kode booking, sms notifikasi, wajib kasih foto copy KTP, untuk bukti di petugas.
Sekian
Diubah oleh wibi82 16-09-2013 14:08
0
1.2M
Kutip
10K
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
24KThread•18.5KAnggota
Tampilkan semua post
dokumen
#4871
Denah Tempat Duduk Kereta Api dan Sub Kelasnya
Isenk2 bikin denah nih berdasarkan pengalaman dan pengamatan gw naek KA. denahnya ga skalatis tapi cukup menggambarkan posisi real nya. kalo ada yg salah silaken dikoreksi. smoga berguna bwt yg blom pernah naek kereta dan bingung mau pilih seat yg mana
Denah Umum
Eksekutif (K1)
![kaskus-image]()
1. Kapasitas
Model 1 berkapasitas 50 Seatdan memiliki ciri pintu yg berada di pinggir. ini kereta favorit gw, soale ada single seat (1C & 13B). mnurut gw Model 1 ini lebih bagus drpd Model 2, tapi sayangnya kita ga tau bakalan dapet kereta yg model mana pas mesen tiket, soale ada rangkaian KA yg ga seragam model keretanya. contohnya gw pernah naek Taksaka Malam dari Jogja rangkaiannya adalah:
K1-1 = Model 2
K1-2 = Model 1
K1-3 = Model 1
K1-4 = Model 1
K1-5 = Model 1
K1-6 = Model 2
K1-7 = Model 2
![kaskus-image]()
Model 2 berkapasitas 52 Seatdan memiliki ciri pintu yg berada di tengah. seat 1D ato 13A dalam kereta model ini mungkin ga dijual. soale seinget gw 3x gw mesen single seat ke petugas loket dikasi 13B. ternyata seat nya double (kereta model 2), tapi gada yg duduk di seat 13A
yg merasa punya foto dibawah ini, pinjem ya boz
![kaskus-image]()
Model 3 berkapasitas 50 Seatdan sama persis kaya Model 1, tapi cuma terdapat 1 toilet, yaitu didepan seat 1AB. denah blom sempet gw bikin, tapi TR Argo Dwipangga bisa memberikan gambaran ttg kereta model 3 ini
2. Panah Merah dan Biru
kalo perjalanan searah Panah Merah maka seat 1ABC & 2C (Model 1 & 3) dan 1ABCD (Model 2) gada sandaran kaki, sedangkan kalo searah Panah Biru maka seat 12B & 13BCD (Model 1 & 3) dan 13ABCD (Model 2) yg gada sandaran kakinya
![kaskus-image]()
3. Panah Hijau
artinya seat bisa diputer 180 derajat (berhadap2an)
4. Seat Strategis
Bwt yg doyan jalan2 ato nongkrong di bordesseat strategis adalah 1ABCD, 2ABCD, 12ABCD, 13ABCD. minusnya adalah berisik krn deket dgn bordes dan pas brenti di beberapa stasiun masih banyak pedagang asongan yg triak2 di pintu, ditambah lg ada bbrp crew KA yg males nutup pintu pas masuk/kluar kereta. guncangan juga lebih terasa karena seat berada diatas Bogie (rangkaian roda kereta), tapi lebih halus drpd K2 dan K3
Bwt yg doyan tidur seat strategis adalah yg berada ditengah2 kereta dan disamping jendela: 6A, 6D, 7A, 7D, 8A, 8D
Bwt yg doyan beser pilih Seat B & C krn gampang mondar mandir ke toilet tanpa sungkan sama tetangga
Bisnis (K2)
![kaskus-image]()
Ekonomi AC (K3-AC)
![kaskus-image]()
![kaskus-image]()
Ekonomi (K3)
![kaskus-image]()
Sub Class
Apa itu Sub Class (Sub Kelas)?
Secara garis besarnya adalah zona tempat duduk dalam suatu kereta yg (kalo ga salah) mulai diterapkan sekitar April 2013 pada KA kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi AC. jadi harga tiketnya pun bervariasi berdasarkan zonanya itu, tapi gada fasilitas yg berbeda antara subclass yg satu dgn yg laennya
Jadi apa untungnya beli tiket dalam subclass termahal?
karena posisinya yg berada ditengah kereta, maka:
tapi bwt gw pribadi sih gw ga peduli dgn poin 1 & 2, gw pasti milih subclass termurah
kalo poin 3 itu sih tergantung kewaspadaan masing2, dimanapun dan naek apapun
.
.![kaskus-image]()
Eksekutif
Harga tertinggi: A, terendah: J
Promo: X (tanggal tertentu), biasanya mengambil seat dari subclass I atau J
Bisnis
Harga tertinggi: B, terendah: O
Promo: Y (tanggal tertentu), biasanya mengambil seat dari subclass N atau O
Ekonomi AC
Harga tertinggi: C, terendah: S
Promo: Z (tanggal tertentu), biasanya mengambil seat dari subclass Q atau S
---------------------------------------
Apakah harga tiket Sub Class selalu berbeda?
Pada tanggal2 tertentu harga tiket bwt smua subclass bisa sama
![kaskus-image]()
2 FAQs
1. Gerbong atau Kereta?
2. Kursi nomer berapa yang paling depan ato belakang?
Ga bisa dipastikan boz! coba baca TR gw ttg KA Eksekutifato KA Ekonomi
Last But Not Least
1. Jaga kebersihan ya boz
siapin kantong kresek bwt tempat sampah sementara
2. No Smoking
sekarang udah ketat, ga bole merokok dimanapun diatas kereta
terpaksa nunggu kereta brenti
3. Kalo nongkrong di bordes jangan buka pintunya
ato kalo mau buka, dikit aja. takutnya ada yg lempar batu
4. Have a nice trip
Isenk2 bikin denah nih berdasarkan pengalaman dan pengamatan gw naek KA. denahnya ga skalatis tapi cukup menggambarkan posisi real nya. kalo ada yg salah silaken dikoreksi. smoga berguna bwt yg blom pernah naek kereta dan bingung mau pilih seat yg mana

Quote:
Denah Umum
Spoiler for denah:
Eksekutif (K1)
Spoiler for K1:

1. Kapasitas
Model 1 berkapasitas 50 Seatdan memiliki ciri pintu yg berada di pinggir. ini kereta favorit gw, soale ada single seat (1C & 13B). mnurut gw Model 1 ini lebih bagus drpd Model 2, tapi sayangnya kita ga tau bakalan dapet kereta yg model mana pas mesen tiket, soale ada rangkaian KA yg ga seragam model keretanya. contohnya gw pernah naek Taksaka Malam dari Jogja rangkaiannya adalah:
K1-1 = Model 2
K1-2 = Model 1
K1-3 = Model 1
K1-4 = Model 1
K1-5 = Model 1
K1-6 = Model 2
K1-7 = Model 2
Spoiler for single seat:

Model 2 berkapasitas 52 Seatdan memiliki ciri pintu yg berada di tengah. seat 1D ato 13A dalam kereta model ini mungkin ga dijual. soale seinget gw 3x gw mesen single seat ke petugas loket dikasi 13B. ternyata seat nya double (kereta model 2), tapi gada yg duduk di seat 13A
Spoiler for pintu ditengah:
yg merasa punya foto dibawah ini, pinjem ya boz


Model 3 berkapasitas 50 Seatdan sama persis kaya Model 1, tapi cuma terdapat 1 toilet, yaitu didepan seat 1AB. denah blom sempet gw bikin, tapi TR Argo Dwipangga bisa memberikan gambaran ttg kereta model 3 ini
2. Panah Merah dan Biru
kalo perjalanan searah Panah Merah maka seat 1ABC & 2C (Model 1 & 3) dan 1ABCD (Model 2) gada sandaran kaki, sedangkan kalo searah Panah Biru maka seat 12B & 13BCD (Model 1 & 3) dan 13ABCD (Model 2) yg gada sandaran kakinya
Spoiler for sandaran kaki:

3. Panah Hijau
artinya seat bisa diputer 180 derajat (berhadap2an)
4. Seat Strategis
Bwt yg doyan jalan2 ato nongkrong di bordesseat strategis adalah 1ABCD, 2ABCD, 12ABCD, 13ABCD. minusnya adalah berisik krn deket dgn bordes dan pas brenti di beberapa stasiun masih banyak pedagang asongan yg triak2 di pintu, ditambah lg ada bbrp crew KA yg males nutup pintu pas masuk/kluar kereta. guncangan juga lebih terasa karena seat berada diatas Bogie (rangkaian roda kereta), tapi lebih halus drpd K2 dan K3
Bwt yg doyan tidur seat strategis adalah yg berada ditengah2 kereta dan disamping jendela: 6A, 6D, 7A, 7D, 8A, 8D
Bwt yg doyan beser pilih Seat B & C krn gampang mondar mandir ke toilet tanpa sungkan sama tetangga
Bisnis (K2)
Spoiler for K2:

- Kapasitas 64 seat
- Panah Kuning
artinya sandaran bisa dibalik berhadap2an
- Panah Merah dan Biru
kalo perjalanan searah Panah Merah(seat 17 paling depan) maka seat 16AB adalah seat yg paling ga enak krn berhadapan dgn dinding toilet. akibatnya area kaki jadi sempit banget. satu2nya cara bwt mengatasi ini adalah dgn membalik sandaran jadi berhadap2an dgn seat 15AB. nah penumpang di seat 15AB juga jadi kebagian ga enak krn sama aja jadinya kaya naek KA Ekonomi, duduk berhadap2an dan kemungkinan dengkul bisa beradu
Spoiler for 16AB:
![kaskus-image]()
![kaskus-image]()
Spoiler for sandaran seat 16AB dibalik:
kaya gini jadinya:
![kaskus-image]()
catetan:
foto diatas diambil dari http://i52.tinypic.com/f4iqh2.jpg
karena terlalu gede jadinya gw edit dan reupload
bagi yg merasa punya foto ini, pinjem ya boz
tapi kalo keberatan akan gw apus..
makasih
yg diuntungkan adalah seat 17CDkarena area kakinya lebih luas drpd seat laennya
Spoiler for 17CD:
![kaskus-image]()
tapi seat 17CD bukannya tanpa kekurangan. ada beberapa kereta yg langit2nya ga rata dari depan ke belakang. maksudnya di bagian depan dan belakang lebih rendah, yg mengakibatkan seat 17CD ga kebagian bagasi
Spoiler for langit2 ga rata dibagian ujung/deket pintu):
![kaskus-image]()
akibatnya gada bagasi diatas seat 17CD
![kaskus-image]()
sedangkan kalo perjalanan searah Panah Biru(seat 1 paling depan) maka kasus Panah Merah terjadi di seat 2CD. yg diuntungkan adalah seat 1AB karena area kakinya lebih luas drpd seat laennya, tapi bisa jadi juga gada bagasi diatasnya kaya kasus seat 17CD di Panah Merah
Dulu gw nyangka perjalanan KA dari Jakarta pasti susunan seatnya adalah nomer 1 paling depan, tapi kenyataannya ga selalu begitu. jadi hindari aja 8 bangku ini: 2CD, 3CD, 16AB, 15AB
- Kerjasama
kalo sebelah nawarin bangkunya bwt ente, itu artinya dia minta area kaki ente. jadi dia tidur di area kaki sementara ente selonjoran di 2 bangku. terserah ente apakah mau menerima ato menolak tawaran tersebut
Ekonomi AC (K3-AC)
Spoiler for K3-AC:


- Kapasitas
80 seat (kiri), adalah kereta untuk penumpang umum
64 seat (kanan), adalah kereta untuk pengguna kursi roda (dalam satu rangkaian terdapat 2 kereta ini, dan biasanya kereta nomer 4, 5, 6. jadi kalo bukan kereta 4 & 5, brarti kereta 5 & 6)
- Panah Biru
untuk kereta yg sebelah kiri artinya seat 1 berhadapan dgn seat 2, seat 3 berhadapan dgn seat 4, seat 5 berhadapan dgn seat 6, dst
sedangkan kereta yg sebelah kanan, seat 1 & 16 menghadap pintu dan dinding toilet. seat 2 berhadapan dgn seat 3, seat 4 berhadapan dgn seat 5, seat 6 berhadapan dgn seat 7, dst
seat di 2 jenis kereta ini ga bisa diapa2in lg alias permanen kaya gitu
- Seat Asik
Seat yg asik kayanya yg gw warnain biru tua (prioritas berdasarkan jarak ke bordes). khusus kereta yg sebelah kanan, seat 1 & 16 prioritas bagi pengguna kursi roda (jika ada)
Ekonomi (K3)
Spoiler for K3:

- Kapasitas 106 seat
- AC Split
KA ini sekarang udah dilengkapi AC Split sebanyak 6 unit per keretanya. jadi anggapan KA ini sebagai KA Eko Panas udah bisa dikurangi
beberapa laporan menyebutkan di siang hari masih berasa gerah walopun ga segerah dulu, dan di malam hari sangat dingin. ada juga yang melaporkan adanya tetesan aer dari ACnya, biasanya yang kena yang duduk disamping lorong (C ato D)
letak AC di langit2 kereta:
diatas kursi 6 menghadap ke 5, 4, 3, 2, 1
diatas kursi 7 menghadap ke 8, 9, 10, 11, 12
diatas kursi 12 menghadap ke 11, 10, 9, 8, 7
diatas kursi 13 menghadap ke 14, 15, 16, 17, 18
diatas kursi 18 menghadap ke 17, 16, 15, 14, 13
diatas kursi 19 menghadap ke 20, 21, 22, 23, 24
ga smua kereta letak ACnya di langit2, di beberapa kereta AC dipasang diatas bagasi
- Panah Pink
artinya seat 1 berhadapan dgn seat 2, seat 3 berhadapan dgn seat 4, seat 5 berhadapan dgn seat 6, dst
seat di kereta ini ga bisa diapa2in lg alias permanen kaya gitu
- Recommended Seat
1AB, 2AB, 23DE, 24DE
karena deket dgn bordes, jadi gampang kalo mau sekedar refresh pantat ato kalo mau ke toilet
minusnya rada berisik, dan kadang bau pesing dari toilet nongol pas kereta brenti
3B, 22B
karena selaen masih deket dgn bordes, masih bisa duduk nyamping kalo pegel ato bwt menghindari dengkul penumpang yang didepan
4C, 21C
depannya lowong, jadi bisa nglurusin kaki
- Worst Seat
seat warna merah adalah seat mati gaya. bayangin aja duduk bertiga paling tengah, berhadap2an dgn 3 orang juga. kalo orang yg di kiri kanan badannya gede, yaudah dobel apes..
Quote:
Sub Class
Spoiler for sub class:
Apa itu Sub Class (Sub Kelas)?
Secara garis besarnya adalah zona tempat duduk dalam suatu kereta yg (kalo ga salah) mulai diterapkan sekitar April 2013 pada KA kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi AC. jadi harga tiketnya pun bervariasi berdasarkan zonanya itu, tapi gada fasilitas yg berbeda antara subclass yg satu dgn yg laennya
Spoiler for posting terkait:
Quote:
Original Posted By Nitrococcus►
Jadi gini, per Juli 2013 ada sistem tarif baru gan
Eksekutif ada 4 kelas (klo sumber dari tiketkai.com) = A, H, I, J
Bisnis ada 4 kelas = B, K, N, O
Ekonomi ada 4 kelas = C, P, Q, S
Nah, pasti nanya apa bedanya kan.. bedanya tarifnya
ada yan mahal, ada yang agak mahal, ada yang murah, ada yang agak murah. penentuan tarif beda-beda berdasarkan kursinya, ada di posisi mana, atau di gerbong mana, penentuan by system di PT KAI. Enaknya sekarang buat agan-agan yang naik KA yang cuma "yang penting nyampe" bisa pilih yang murah, "yang pengen nyaman diperjalanan" bisa agak yang mahal dikit, dll. Jadi ada beberapa pilihan tarif, pokoknya pilih aja yang paling murah dulu, klo ud abis, naik ke subkelas yang lain, dst
Saat ini baru mulai sosialisasi gan, kaya batasan2 A itu mana sampai mana, I mana sampai mana, dst. coba aja agan buka tiket.com nah pas pesen coba liat si sub kelas A / yang paling murah gerbong brp, yang agak mahal gerbong berapa, gtu gan
Jadi gini, per Juli 2013 ada sistem tarif baru gan
Eksekutif ada 4 kelas (klo sumber dari tiketkai.com) = A, H, I, J
Bisnis ada 4 kelas = B, K, N, O
Ekonomi ada 4 kelas = C, P, Q, S
Nah, pasti nanya apa bedanya kan.. bedanya tarifnya

ada yan mahal, ada yang agak mahal, ada yang murah, ada yang agak murah. penentuan tarif beda-beda berdasarkan kursinya, ada di posisi mana, atau di gerbong mana, penentuan by system di PT KAI. Enaknya sekarang buat agan-agan yang naik KA yang cuma "yang penting nyampe" bisa pilih yang murah, "yang pengen nyaman diperjalanan" bisa agak yang mahal dikit, dll. Jadi ada beberapa pilihan tarif, pokoknya pilih aja yang paling murah dulu, klo ud abis, naik ke subkelas yang lain, dst
Saat ini baru mulai sosialisasi gan, kaya batasan2 A itu mana sampai mana, I mana sampai mana, dst. coba aja agan buka tiket.com nah pas pesen coba liat si sub kelas A / yang paling murah gerbong brp, yang agak mahal gerbong berapa, gtu gan

Quote:
Original Posted By wibi82►
Betul gan, lengkapnya sebagai berikut
Eksekutif: A, H, I, J, X (Tarif tertinggi A, terendah J, Promo X)
Bisnis: B, K, N, O, Y (Tarif tertinggi B, terendah O, Promo Y)
Ekonomi komersial: C, P, Q, S, Z (Tarif tertinggi C, terendah S, Promo Z)
Ekonomi non-komersial: C (tarif flat)
Betul gan, lengkapnya sebagai berikut
Eksekutif: A, H, I, J, X (Tarif tertinggi A, terendah J, Promo X)
Bisnis: B, K, N, O, Y (Tarif tertinggi B, terendah O, Promo Y)
Ekonomi komersial: C, P, Q, S, Z (Tarif tertinggi C, terendah S, Promo Z)
Ekonomi non-komersial: C (tarif flat)
Jadi apa untungnya beli tiket dalam subclass termahal?
karena posisinya yg berada ditengah kereta, maka:
- Goncangan lebih halus
bagi sebagian orang posisi ini sangat nyaman karena kursi tidak berada diatas Bogie (rangkaian roda kereta), karena kursi yg berada diatas Bogie (deket pintu) goncangannya akan lebih terasa walopun untuk kelas Eksekutif ga terlalu signifikan dibanding kelas Bisnis dan Ekonomi
- Lebih tenang
dalam perjalanan ada aja orang yg mondar mandir kluar masuk pintu kereta (penumpang ato Crew KA), dan kadang mereka males nutup pintunya lagi. kalo pintu kebuka ya brarti berisik
- Lebih aman
bagi sebagian orang juga, ditengah kereta brarti lebih aman karena umumnya para maling lebih milih barang bawaan penumpang yg berada di deket pintu supaya gampang kabur
tapi bwt gw pribadi sih gw ga peduli dgn poin 1 & 2, gw pasti milih subclass termurah

kalo poin 3 itu sih tergantung kewaspadaan masing2, dimanapun dan naek apapun

Spoiler for Denah Subclass:
- Pengamatan dilakukan via tiket.kereta-api.co.id
- Pindah kursi hanya bisa dilakukan dalam subclass yang sama
- Jumlah subclass dalam tiap kereta tidaklah mutlak
misalnya untuk keberangkatan hari ini rangkaian KA X memiliki 4 subclass dalam tiap keretanya, tapi bisa jadi untuk keberangkatan bbrp minggu/bulan kemudian rangkaian KA X itu hanya memiliki 1 ato 2 subclass dalam tiap keretanya, dan ini juga mempengaruhi kuota tempat duduknya
perubahan2 itu sangat merepotkan kalo denahnya digambarkan spesifik per kereta
jadi yg gw gambarkan dibawah ini adalah garis besarnya aja (1 kereta per kelas), kereta lainnya dalam satu rangkaian ga berbeda jauh
susunannya adalah subclass termahal (A, B, C) berada ditengah2 kereta, subclass termurah (J, O, S) berada didekat pintu, dan sisanya berada diantara subclass termahal dan termurah itu
.
.
Eksekutif
Harga tertinggi: A, terendah: J
Promo: X (tanggal tertentu), biasanya mengambil seat dari subclass I atau J
Bisnis
Harga tertinggi: B, terendah: O
Promo: Y (tanggal tertentu), biasanya mengambil seat dari subclass N atau O
Ekonomi AC
Harga tertinggi: C, terendah: S
Promo: Z (tanggal tertentu), biasanya mengambil seat dari subclass Q atau S
---------------------------------------
Apakah harga tiket Sub Class selalu berbeda?
Pada tanggal2 tertentu harga tiket bwt smua subclass bisa sama
Spoiler for subclass beda harga sama:

Quote:
2 FAQs
Spoiler for 2 FAQ:
1. Gerbong atau Kereta?
- Kereta
digunakan untuk mengangkut penumpang. umumnya orang2 menyebut "gerbong" walopun yang dimaksud adalah "kereta" - Gerbong
digunakan untuk mengangkut barang - Rangkaian
kombinasi antara lokomotif, kereta, dan gerbong. contohnya:
- Lokomotif
- Kereta 1 s/d 3
- Kereta Makan (dengan ato tanpa Pembangkit)
- Kereta 4 s/d 7
- Gerbong
2. Kursi nomer berapa yang paling depan ato belakang?
Ga bisa dipastikan boz! coba baca TR gw ttg KA Eksekutifato KA Ekonomi
Quote:
Last But Not Least
Spoiler for Penting!:
1. Jaga kebersihan ya boz
siapin kantong kresek bwt tempat sampah sementara
2. No Smoking
sekarang udah ketat, ga bole merokok dimanapun diatas kereta

terpaksa nunggu kereta brenti
3. Kalo nongkrong di bordes jangan buka pintunya
ato kalo mau buka, dikit aja. takutnya ada yg lempar batu
4. Have a nice trip

Spoiler for index:
Diubah oleh dokumen 11-08-2013 00:23
0
Kutip
Balas





