Kaskus

Hobby

ronieyuanAvatar border
TS
ronieyuan
Naval Architecture Masuk Sini
halo semuanya
hehe lama ga sempat menata trit ini
jadi gini naval architecture and shipbuilding ditempat saya dulu kuliah (Teknik Perkapalan ITS red) terdiri dari beberapa program studi diantaranya studi rekayasa kapal yang meliputi konstruksi kapal (bidang yang mempelajari konstruksi kapal berdasarkan rule yang ada seperti BKI) kemudian hydrodynamic (bidang yang mempelajari pengaruh gelombang terhadap kapal dan aspek yang berhubungan dengan hydro) design/perancangan kapal (bidang yang mempelajari aspek design yang sesuai dengan estetika maupun teknologi terkini) dan program studi yang kedua adalah bidang studi industri kapal yaitu bidang yang mempelajari manajemen industri galangan kapal, manajemen material, KOROSI dan membahas teknologi produksi pembangunan kapal itu sendiri

setelah berbicara masalah macam2 bidang naval architecture maka pertanyaan selanjutnya prospek kerjanya gimana?
faktanya bahwa pekerjaan di bidang perkapalan ini sangat besar namun lulusan yang ada masih belum mencukupi untuk menutupi kebutuhan terhadap pegawai. oleh karena itu jangan khawatir kalo maslah kerja. 4 bulan setelah lulus dari perkapalan dijamin kerja. kenapa begitu? lulusan perkapalan bisa bekerja di :
1. Galangan kapal so pasti di segala aspek mulai dari pekerja kantoran sampai pekerja lapangan
2. Engineer di bidang selain non perkapalan
3. Badan klasifikasi seperti BKI (biro klasifikasi Indonesia), dll.
4. Badan Consultant mulai dari drawing consultant, construction consultant dll.
5. Pihak Bank , nah kok bisa? faktanya orang bank membutuhkan orang yang mengerti tentang dunia perkapalan dalam melakukan pengawasan pembangunan kapal
6. Owner surveyor, bertugas melaporkan progress report pembangunan kapal / reparasi kapal terhadap pemilik kapal. Akhir akhir ini pihak perminyakan sedang gencar gencarnya dalam pembuatan kapal sehingga bidang ini orang perkapalan bisa masuk dalam perusahaan perminyakan
7. Other Surveyor , mengapa saya namakan other surveyor ? karena ruang lingkup surveyor ini sangat luas mulai dari NDT (non destructive test) surveyor yang memiliki kemampuan PT,MT,UT . coating surveyor (yang konon bayarannya mencapai 10 juta per hari) dan sampai contain surveyor ( yang mensurvey isi volumetric dari suatu barang misalnya batubara yang diangkut dalam barge) dll.


Nb:
TS merupakan dosen di Teknik Perkapalan ITS
untuk yang mau tanya2, mau ngasih project please contact me
ichan_narch@yahoo.co.id


Quote:


THX TO AGAN BILMA
Diubah oleh ronieyuan 21-08-2014 07:32
Orank.BodhoAvatar border
tata604Avatar border
xbangbudiAvatar border
xbangbudi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
110.9K
972
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Teknik
Teknik
KASKUS Official
3KThread1.2KAnggota
Tampilkan semua post
ryo95idAvatar border
ryo95id
#484
Quote:


Untuk merchant vessel atau kapal2 komersil, batasan GM atau tinggi metasentra (metacentric height) minimum telah diatur oleh IMO (International Maritime Organization) baik untuk Intact stability maupun Damage stability melalui IMO IS code & SOLAS. Namun perlu diingat, bahwa GM bukan satu2nya parameter stabilitas, masih banyak parameter lain untuk menentukan suatu kapal masuk atau tidak dalam range keselamatan. Untuk kapal2 perang biasanya memiliki parameter tersendiri, walaupun secara garis besar sama dengan yg dikeluarkan oleh IMO.
Untuk tinggi mast, yg ada justru batasan minimum tinggi, tidak ada maksimumnya, semua kembali kepada masalah operasional & ekonomis kapal, misal ngapain kita punya mast tinggi sekali tapi nanti mentok di jembatan, atau buang2 duit karena mast yg lebih panjang, atau penampilan kapal jadi lebih jelek.
Secara logika memang benar semakin tinggi range radar bisa semakin baik terkait permukaan bumi yg lengkung dalam hubungannya dengan gelombang radio, namun pendapat pribadi ane terkait ilustrasi yg agan tampilkan, itu karena masalah penempatan komponen radar yg cukup besar sehingga perlu dibuatkan tower yg special seperti itu disamping untuk faktor perlindungan.

Cb atau block coefficient adalah angka koefisien yg menetukan kelangsingan lambung kapal, batas max nya adalah satu, dimana lambung kapal berbentuk kotak sempurna. cara mencari CB dapat diketahui dari rumusnya
Cb = Volume Displacement/(LxBxT), L adalah panjang, dalam hal ini yg digunakan adalah Lwl (Length waterline/panjang garis air), B (breadth) adalah lebar di sarat rata2 (mean draught) garis air/Lwl, dan T (mean draught) atau sarat rata2, kenapa digunakan patokan seperti ini, karena dalam prakteknya kapal tidak selalu dalam kondisi ideal mengapung pada sarat rata (evenkeel) dan pada sarat penuh sesuai desain. Jadi nilai Cb suatu kapal pun bisa berubah2 sesuai kondisi loadingnya.
Untuk lebih jelas agan bisa cari di buku "basic ship theory" sepertinya versi pdf-nya banyak bertaburan di web
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.