- Beranda
- Kendaraan Roda 4
KASKUS Fortuner Owner Community
...
TS
barzul
KASKUS Fortuner Owner Community
Welcome to KASKUS Fortuner Owner Community
The World Is Mine
karena thread yg lama
Quote:
TS nya sudah ga aktif dan page one nya ga bisa di update jadi pindahan kesini
Quote:
Toyota Fortuner adalah mobil SUV dari produsen mobil terkenal Toyota yang telah dipasarkan sejak tahun 2005 di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Pada awalnya mobil ini dirakit di Thailand dan diimpor langsung oleh Toyota Astra Motor (TAM). Mobil ini dibuat berdasarkan platform Toyota Hilux atau disebut juga dengan Toyota Vigo di Thailand, platform ini digunakan juga oleh Toyota Innova dan Toyota Hi-Lux Pickup. Pada awal tahun 2007, Toyota Fortuner sudah mulai dirakit dalam bentuk CKD (Completely Knock-Down) di Indonesia dan terhitung sejak tahun 2010 menyusul ditutupnya salah satu pabrik perakitan Toyota di Bangkok maka proses perakitan seri Fortuner dialihkan ke Toyota Indonesia. [1] Di Amerika Selatan, Fortuner dijual dengan nama Hilux SW4.
Toyota Fortuner diproduksi dalam berbagai macam variasi sebagai berikut: G M/T, G A/T, G Lux A/T dan V A/T. Variasi terendah dan termurah diawali dengan G M/T menggunakan mesin 2.500 cc D-4D, transmisi manual dan penggerak 4x2. Diikuti dengan G A/T bermesin 2.700 cc berkode 2TR-FE 2.7l VVT-i 4x2 bertransmisi otomatis. Selanjutnya G Lux A/T memiliki spesifikasi sama dengan G A/T dengan perbedaan pada jok kulit dan 6 in-dash cd changer. Varian paling atas dan mewah adalah V A/T yang memiliki semua peranti G Lux dan satu-satunya model yang berpenggerak 4x4. Warna-warna eksteriornya di antaranya Super White, Silver Metallic, Greyish Brown Metallic, Dark Grey Mica, Black Mica dan Blue Metallic.
Pada bulan Agustus 2007 mulai dipasarkan di Indonesia Toyota Fortuner yang berbasis mesin diesel dengan kode mesin 2KD-FTV 2.5 Liter D-4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection. Menggunakan teknologi baru sistem Common Rail, mesin diesel ini identik dengan mesin Toyota Innova versi diesel. Pada awalnya varian diesel ini hanya diproduksi dalam bentuk manual, tetapi pada tahun 2009 telah diluncurkan diesel bertransmisi otomatis. Banyak kelebihan dari mobil ini yang disukai masyarakat Indonesia. Di samping dapat memuat tujuh orang dewasa secara leluasa, mobil ini juga mempunyai perawakan yang cukup tinggi sehingga bisa menembus genangan air yang cukup dalam. Toyota Fortuner bisa dibilang sebagai salah satu produk Toyota yang berhasil di mata konsumen Indonesia.
Sumber:WikipediaToyota Fortuner diproduksi dalam berbagai macam variasi sebagai berikut: G M/T, G A/T, G Lux A/T dan V A/T. Variasi terendah dan termurah diawali dengan G M/T menggunakan mesin 2.500 cc D-4D, transmisi manual dan penggerak 4x2. Diikuti dengan G A/T bermesin 2.700 cc berkode 2TR-FE 2.7l VVT-i 4x2 bertransmisi otomatis. Selanjutnya G Lux A/T memiliki spesifikasi sama dengan G A/T dengan perbedaan pada jok kulit dan 6 in-dash cd changer. Varian paling atas dan mewah adalah V A/T yang memiliki semua peranti G Lux dan satu-satunya model yang berpenggerak 4x4. Warna-warna eksteriornya di antaranya Super White, Silver Metallic, Greyish Brown Metallic, Dark Grey Mica, Black Mica dan Blue Metallic.
Pada bulan Agustus 2007 mulai dipasarkan di Indonesia Toyota Fortuner yang berbasis mesin diesel dengan kode mesin 2KD-FTV 2.5 Liter D-4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection. Menggunakan teknologi baru sistem Common Rail, mesin diesel ini identik dengan mesin Toyota Innova versi diesel. Pada awalnya varian diesel ini hanya diproduksi dalam bentuk manual, tetapi pada tahun 2009 telah diluncurkan diesel bertransmisi otomatis. Banyak kelebihan dari mobil ini yang disukai masyarakat Indonesia. Di samping dapat memuat tujuh orang dewasa secara leluasa, mobil ini juga mempunyai perawakan yang cukup tinggi sehingga bisa menembus genangan air yang cukup dalam. Toyota Fortuner bisa dibilang sebagai salah satu produk Toyota yang berhasil di mata konsumen Indonesia.
Spoiler for Prefacelift:
Spoiler for Facelift 1:
Spoiler for Facelift 2:
Spoiler for Facelift 2.1 =>VN Turbo:
Mesin
Bensin 2TR-FE 2.7l VVt-i
Diesel 2KD-FTV 2.5l D-4D
Diesel 2KD-FTV 2.5l D-4D
Spoiler for Spec:
Quote:
GENERAL RULES TRIT KFOC
Based on rules FR4
- Isi postingan tidak boleh bersifat menyerang, memancing kerusuhan/pertengkaran, NO PORNOGRAFI + NO SARA
- Apabila ada masalah yang ingin diselesaikan secara pribadi, silahkan posting lewat PM/VM
- Dilarang ngejar postingan (nge JUNK) seperti Posting : absen, bumping (up/nyundul) thread tanpa ada komentar jelas (hanya gambar atau tulisan "up/sundul lagi" dan sejenisnya)
- Dianjurkan untuk mempergunakan Quote atau Multiquote
- Silahkan membuat thread/postingan jual-beli di FJB Otomotif Roda Empat (note: dianjurkan untuk chip in kedalam diskusi klo mau jualan .. post jualan asal2an disini akan dilaporkan ke moderator FR4)
User yang melanggar akan dilaporkan ke Moderator FR4 tanpa kecuali
User yang posting ditrit KFOC dianggap telah membaca dan menyetujui peraturan ini
Respect other members
berlaku sejak tanggal 03/04/2013
Diubah oleh barzul 03-04-2013 08:06
grg. memberi reputasi
1
1.1M
Kutip
10K
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
25KThread•11.5KAnggota
Tampilkan semua post
kribodangdut
#1380
kampas rem lengket
Quote:
Original Posted By Al Hadiid►wah makin rame aja diskusinya...hehehe. long time ga mampir. apa kabar agan semua ? agan barzul, agan hermules, agan sen kanan, agan calmday dan semua agan2 lainnya...? sehat semuanya ya.
btw, biar ga ngejunk sekalian saya mau ceritain kejadian dgn fortie ane. Seminggu yg lalu ane mau keluar pk fortie. dah kelar manasin, ane masukin ke D. walahh...kok ga jalan ??!! padahal rem tangan dalam posisi free. ane keluar sambil liat semua ban, ga ada batu or apapun penghalang nya.
ane coba lagi masuk ke D, masih ga jalan meski dah digas sedikit. ane tambah gas lagi smp kira2 Rpm 1500, baru tiba-tiba tersentak keras dan ada suara "TAK"..cukup keras. weeew....bingung. baru kali ini kejadian begitu. Langusng ane tlp auto 2000 saharjo minta bicara sm SA nya. keterangan yg ane dapat : kemungkinan kampas rem basah dan masih dalam posisi menjepit brake pad, meskipun mekanisme hand brake n ya sdh free. memang kebetulan ane abis cuci fortie ane, dan SA nya jg bilang spt itu...biasa kejadian pada mobil yg lewat genangan atau habis dicuci tapi belum kering benar.
Gimana pendapat agan semua ? ada yg pernah ngalamin ??
btw, biar ga ngejunk sekalian saya mau ceritain kejadian dgn fortie ane. Seminggu yg lalu ane mau keluar pk fortie. dah kelar manasin, ane masukin ke D. walahh...kok ga jalan ??!! padahal rem tangan dalam posisi free. ane keluar sambil liat semua ban, ga ada batu or apapun penghalang nya.
ane coba lagi masuk ke D, masih ga jalan meski dah digas sedikit. ane tambah gas lagi smp kira2 Rpm 1500, baru tiba-tiba tersentak keras dan ada suara "TAK"..cukup keras. weeew....bingung. baru kali ini kejadian begitu. Langusng ane tlp auto 2000 saharjo minta bicara sm SA nya. keterangan yg ane dapat : kemungkinan kampas rem basah dan masih dalam posisi menjepit brake pad, meskipun mekanisme hand brake n ya sdh free. memang kebetulan ane abis cuci fortie ane, dan SA nya jg bilang spt itu...biasa kejadian pada mobil yg lewat genangan atau habis dicuci tapi belum kering benar.
Gimana pendapat agan semua ? ada yg pernah ngalamin ??
Quote:
Original Posted By ujangbandel►sepertinya penyakit rem tromol (belakang) om..suka lengket kan kalo lama ga dipake/abis kerendem aer..bisa juga transmisinya kopling2nya pada lengket, tapi saya pikir lebih ke rem tromol. blon pernah ngalamin sih di inopa atau portun atau di mercedes2 saya
Quote:
Original Posted By barzul►mobilnya lumayan lama ga jalan y bro? + sebelum ngedon di garasi sempet dicuci dulu? lengket itu rem nya..
saya pernah ngalamin di vios, gara2 dicuci n langsung ngedon digarasi lumayan lama, begitu mau dipakai kyk ngunci gitu rem nya..
saya pernah ngalamin di vios, gara2 dicuci n langsung ngedon digarasi lumayan lama, begitu mau dipakai kyk ngunci gitu rem nya..
Quote:
Original Posted By mylaff►Kemungkinan besar kampas rem belakang lengket, karen abis cuci kemasukan air, belum kering di rem tangan, nggak dipake lama jadi lengket.
Mobil jalan brp km gan ?? Coba dibersihkan rem belakang.
Cek juga kabel rem tangan, siapa tau emang udah seret jadi perlu ganti.
Mobil jalan brp km gan ?? Coba dibersihkan rem belakang.
Cek juga kabel rem tangan, siapa tau emang udah seret jadi perlu ganti.
Quote:
Original Posted By ujangbandel►best practicenya sih :
berhenti (posisi D)
injak rem terus, dan netralkan persneling (ke N)
lepas rem (kalau posisi datar)..biasanya mobil gerak sedikit (maju)
saat mobil statis, pasang rem parkir - injak atau tarik-- (shifter masih di N)
setelah rem tangan engaged, injak rem kaki dan shift ke P
sehingga transmisi benar2 disconnect saat parkir, dan yang menahan kendaraan adalah rem parkir. bila rem parkir ngga kuat, baru tranmisi (di P) yang menahan gerak mobil.
rem cakram di 4 roda tidak berarti rem parkirnya cakram juga (seingat saya cuma di peugeot jaman dulu 504 /505). di mercedes, rem parkir pake tromol kecil walaupun rem blakang nya cakram. rem tromol sangat kuat menahan beban berat dan lebih reliable (karena mekanis) sehingga lebih disukai sebagai rem parkir.
berhenti (posisi D)
injak rem terus, dan netralkan persneling (ke N)
lepas rem (kalau posisi datar)..biasanya mobil gerak sedikit (maju)
saat mobil statis, pasang rem parkir - injak atau tarik-- (shifter masih di N)
setelah rem tangan engaged, injak rem kaki dan shift ke P
sehingga transmisi benar2 disconnect saat parkir, dan yang menahan kendaraan adalah rem parkir. bila rem parkir ngga kuat, baru tranmisi (di P) yang menahan gerak mobil.
rem cakram di 4 roda tidak berarti rem parkirnya cakram juga (seingat saya cuma di peugeot jaman dulu 504 /505). di mercedes, rem parkir pake tromol kecil walaupun rem blakang nya cakram. rem tromol sangat kuat menahan beban berat dan lebih reliable (karena mekanis) sehingga lebih disukai sebagai rem parkir.
Quote:
Original Posted By Al Hadiid►Makasih agan semua. ane juga percaya apa yg diterangkan sm SA. cuma sempet was was kalo ternyata kenapa2 sama transmisi nya. meski belum setahun dan msh garansi, cuma males aja urusnya.
Ane dah kebiasaan, karena sering banget mobil ga dipake, ane selalu posisikan handbrake dalam kondisi free alias ga di rem tangan, maksudnya mencegah hal spt ini terjadi.
ni fortie ane emang jalan cuma seminggu sekali. dah 9 bulan KM nya baru 5000.. dan sebelum kejadian memang abis dicuci. jd lebih tenang dah sekarang...hehehe
salam fortie
Ane dah kebiasaan, karena sering banget mobil ga dipake, ane selalu posisikan handbrake dalam kondisi free alias ga di rem tangan, maksudnya mencegah hal spt ini terjadi.
ni fortie ane emang jalan cuma seminggu sekali. dah 9 bulan KM nya baru 5000.. dan sebelum kejadian memang abis dicuci. jd lebih tenang dah sekarang...hehehe
salam fortie
Quote:
Original Posted By gajah_terbang►Supaya rem gak macet, kalo saya sih :
Rem belakang :
- Bagian pelat belakang brake shoe yg nempel ke dasar rumah rem dikasih grease
- Lingkage2 / bagian yg bergerak dan bersinggungan dikasih WD40
Hati2 lubricant jangan sampai kena kampas rem-nya
Rem depan :
- Baut pasak caliper dikasih rubber grease
- Belakang brake pad dikasih grease sedikit, sampai samping2 atas bawah
Hati2 Grease jangan sampai kena kampas rem-nya
Alhasil biar mobil beberap hari gak dipakai, saat dipakai gak pernah terdengar suara Ngrookkk akibat rem nempel.
pelumasan komponen rem ini pasti ada di service manual semua mobil.
Rem belakang :
- Bagian pelat belakang brake shoe yg nempel ke dasar rumah rem dikasih grease
- Lingkage2 / bagian yg bergerak dan bersinggungan dikasih WD40
Hati2 lubricant jangan sampai kena kampas rem-nya
Rem depan :
- Baut pasak caliper dikasih rubber grease
- Belakang brake pad dikasih grease sedikit, sampai samping2 atas bawah
Hati2 Grease jangan sampai kena kampas rem-nya
Alhasil biar mobil beberap hari gak dipakai, saat dipakai gak pernah terdengar suara Ngrookkk akibat rem nempel.
pelumasan komponen rem ini pasti ada di service manual semua mobil.
pindahin ke index ya...
0
Kutip
Balas