barzulAvatar border
TS
barzul
KASKUS Fortuner Owner Community
Welcome to KASKUS Fortuner Owner Community



emoticon-CoolThe World Is Mineemoticon-Cool

karena thread yg lama
Quote:

TS nya sudah ga aktif dan page one nya ga bisa di update jadi pindahan kesini emoticon-Embarrassment

Quote:
Sumber:Wikipedia

Spoiler for Prefacelift:

Spoiler for Facelift 1:

Spoiler for Facelift 2:

Spoiler for Facelift 2.1 =>VN Turbo:


Mesin

Bensin 2TR-FE 2.7l VVt-i


Diesel 2KD-FTV 2.5l D-4D

Spoiler for Spec:


Quote:
Diubah oleh barzul 03-04-2013 08:06
grg.
grg. memberi reputasi
1
1.1M
10K
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4KASKUS Official
25KThread11.5KAnggota
Tampilkan semua post
gajah_terbangAvatar border
gajah_terbang
#1045
Quote:


Akan terdegradasi

Biosolar akan jauh lebih cepat tergradasi dibanding solar Lux macam Total / Shell, krn Biosolar is lack of additive dan adanya kandungan BioDiesel membuat proses degradasi lebih cepat.

Btw soal cooling down :
1. Jika mengemudi normal, maka sebelum sampai tempat tujuan mengemudilah scr santai minimal 3 menit, maka nanti saat parkir cukup tunggu 10 detik dan bisa lgs shutdown

2. Jika abis ngebut / hauling / nanjak gunung, mengemudilah scr santai selama 5 - 10 menit sebelum parkir, then saat parkir tinggal tunggu 10 detik.

3. Gunakan oli Full Sintetis agar meminimalisir fenomena coking / oli terbakar menjadi kerak di Turbo yg sgt panas.

Utk nomor 2 : jika sesekali dimatikan mendadak tanpa cooling down gak masalah, tapi kalo sering2 dan oli mineral maka mmg takutnya terjadi coking.

Proses cooling down berguna utk menurunkan suhu oli mesin sih sebetulnya.

Kesimpulan no 1 dan 2 didapat atas pengamatan di mobil saya, krn sy pasang oil temp meter.

mengapa di Turbo perlu cooling down kan kalo ngebut / mesin narik beban / nanjak itu suhu oli mesin naik, kalo ngebut bisa naik sampai 97 - 100 deg C, nah dia perlu cooling down agar suhu oli kembali ke 83 - 85 deg C atau setara suhu coolant.

Kalo oli sgt panas tiba2 stop mengalir, apalagi dia di Turbo yg sgt panas maka yg dikhawatirkan oli terpanggang dan menjadi kerak (coking)

tapi dgn penggunaan pelumas Full Sintetis maka hal tsb sebetulnya gak perlu dikhawatirkan lagi, juga suhu oli di mesin TurboDiesel masih lebih adem drpd mesin Turbo gasoline.
0
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.