- Beranda
- Kendaraan Roda 2
Byson On Kaskus [BOSS] - Part 2
...
TS
BysonOnKaskus
Byson On Kaskus [BOSS] - Part 2
Spoiler for Merchandise BOSS:
Spoiler for stang TOP SECRET DAN KNALPOT LEOVINCE khusus BYSON by COSTOM WORLD:
Spoiler for stang top secret:
Spoiler for Knalpot Leo Vince:
Custom Body Kit Byson
Spoiler for Lent Automodified:
Spoiler for Balu Oto Works:
Spoiler for Dex Arto Modification:
Spoiler for Chips Motor:
Spoiler for Sendy Modified:
Spoiler for N_concept:
Diubah oleh BysonOnKaskus 08-11-2012 02:23
grg. memberi reputasi
1
716.4K
Kutip
10.2K
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
19.1KThread•8.8KAnggota
Tampilkan semua post
TS
BysonOnKaskus
#1
Tips and trik part 1
Spoiler for Tips Pemilihan Gear:
sumber
by imamiscool
Share hasil experiment kecil-kecilan terhadap rasio gear bison merah gw..
1. 14-40
Ukuran standard gear byson, ato secara rasio 40/14 = 2.85, rasanya? smua pasti tau lah.. tarikannya merata, bawah, tengah ama atasnya lumayan...
Kalo pake box (kyk gw: bodi + box = 80 kg), ternyata kerasa berat, apalagi kalo bawa mahluk halus di bonceng (pacar), kerasa banget ngedennya..
jadi kudu ganti dengan rasio gear yg lebih besar.
2. 14-44
Gear belakang diganti sama punya si scorpio, PnP kok, 6 titik bautan, plek plek plek deh. Rasio gear jadi 44/14 = 3.14, rasanya? akselerasi manteb, kata orang sunda mah "ngajol".. (loncat2).. padahal motor dikasih box (10kg) + mahluk halus + gw = 10 + 70 + 50 = 130 kg, motor kerasa enteng seperti ngga bawa boncengan + box dengan rasio gear standard.
Tapi... napas kerasa pendek banget.. baru ngegas stengah dah pol, kudu oper gigi terus.. jadi malah capek kalo motor pas buat sendirian..
3. 14-42
Gear belakang pake punya vixion, sama jg: plek plek plek..
Rasio gear jadi 42/14=3 pas. Akselerasi ngga segalak 14-44, tapi napas jadi lebih panjang, walaupun masih lebih pendek dibandingkan dengan rasio standard...
Buat boncengan + box lumayan enak, ngga ngeden tapi ngga terlalu cepet habis jg nafasnya.. INI RASIO GEAR YANG PALING PAS BUAT BONCENGAN + BOX, menurut gw lho..
4. 15-42
Sekarang ganti gear depan jadi 15, pake punya mx ato pake merek TK ato yg laen, PnP kok, karena punya bison lubang bautnya cuman ada 1 (spt MX)..
Rasio jadi 42/15=2.8 pas, ini rasionya lebih kecil dari standard, bisa ketebak dengan mudah, ngedennnnn abiss.. bahkan dalam kondisi motor sndiri + box doang dah kerasa ngeden.. NOT RECOMMENDED lah..
5. 15-44
Gear lama scorpio gw pasang lagi, jadi rasionya jadi 44/15=2.933333333,
Buat sendirian + box = TOP MARKOTOB deh.. tenaganya jadi enteng di semua RPM, mulussss.... trus napas ngga cepet habis seperti gear rasio 3.0 (14-42)...
Tapi pas buat boncengan, hmm.. agak ngeden.. not recomended kalo buat boncengan... tapi kalo boncengan ente ngga berat2 amat.. coba deh rasio ini.. manteb...
EDIT:
Kondisi pemakaian ban:
Gear: 14-40,14-44,14-42: ban standard IRC
Gear: 14-42, 15-42, 15-44: ban corsa 150/60 dan 120/70,
Setelah ganti ban ternyata efeknya ngga kerasa (menurut gw),
yang jelas ada "efek" tambahan yg dihasilkan dengan ban tipe lebar.. nantikan di share gw yg laen ya.. setelah cendol2 nunggu cendol ngumpul dulu..
Spoiler for PDF Spare Part Byson:
Originally Posted by aquwh
Nih gan udh ane donlot ke PDF, special buat BYONIC semua
http://www.2shared.com/file/H8vx72LU...arts_2010.html
Spoiler for Gear Ratio:
Spec Gearbox Ratio FZ16/BYSON berdasarkan Service Manualnya (CMIIW) =
Primary Reduction = 75/22 (3.409)
Secondary Reduction = 40/14 (2.857)
1st = 38/14 (2.714)
2nd = 34/19 (1.789)
3rd = 29/22 (1.318)
4th = 23/22 (1.045)
5th = 21/24 (0.875)
lingkar ban belakang: 195cm = 0,00195 Km
max output : 13.73PS /7500rpm
==============================================
Total Rasio reduksi = Primary reduction ratio x Transmission gear ratio x Final reductio ratio.
Misal yang pengen kita tau di gigi 5, maka:
Total Rasio reduksi = 3.409 x 0.875 x 2.857 = 8.522
Trus di yang kita pengen tau top speed pada saat peak power di RPM 7500.
Putaran mesin perjam= RPM x 60 minutes = 7500 x 60 = 450000
Kecepatannya = (450000 / 8.522) x 0.00195 = 52804.506 x 0.00195 = 102.968 km/jam
Gimana kalo di RPM red line 9000 RPM, dan gear ke 5 ???
Kecepatanya bakal = (540000 / 8.522) x 0.00195 = 123.6 km/h
Di 10000 RPM gear ke-5 sanggup 137.3km/h
Tapi itu dia tergantung kopling bagus enggak (kampas/per dll) plus bobot total
CMIIWsama jarak dah.....
Primary Reduction = 75/22 (3.409)
Secondary Reduction = 40/14 (2.857)
1st = 38/14 (2.714)
2nd = 34/19 (1.789)
3rd = 29/22 (1.318)
4th = 23/22 (1.045)
5th = 21/24 (0.875)
lingkar ban belakang: 195cm = 0,00195 Km
max output : 13.73PS /7500rpm
==============================================
Total Rasio reduksi = Primary reduction ratio x Transmission gear ratio x Final reductio ratio.
Misal yang pengen kita tau di gigi 5, maka:
Total Rasio reduksi = 3.409 x 0.875 x 2.857 = 8.522
Trus di yang kita pengen tau top speed pada saat peak power di RPM 7500.
Putaran mesin perjam= RPM x 60 minutes = 7500 x 60 = 450000
Kecepatannya = (450000 / 8.522) x 0.00195 = 52804.506 x 0.00195 = 102.968 km/jam
Gimana kalo di RPM red line 9000 RPM, dan gear ke 5 ???
Kecepatanya bakal = (540000 / 8.522) x 0.00195 = 123.6 km/h
Di 10000 RPM gear ke-5 sanggup 137.3km/h
Tapi itu dia tergantung kopling bagus enggak (kampas/per dll) plus bobot total
CMIIWsama jarak dah.....
Spoiler for Byson Mati Mendadak?:
Originally Posted by Big Boo View Post
kemarin jalan2 naik kebo, awal nyalain sein kok ngedipnya cepet banget, ga berapa lama speedometer mati dan klakson keong ga mau nyala. pertanda ada yang ga beres di kelistrikan. ane berhenti, ane bongkar smuanya, lepas alarm ternyata masih sama. ane cek sekring cabut trs pasang lagi eh terus NYALA lagi speedometer dan klakson, tapi tahu2 mati lagi, ane teken sekring eh nyala lagi. ternyata masalah di tempat sekring neh, an cek tempatnya kok terlalu kendur jadi ketika di masukin sekring, sekringnya ga nancep keras alias bisa goyang2.
ane langsung berpikir, jangan2 ini yang jadi isu byson sering mati mendadak. akhirnya ane akalin aja secara ga bisa ngebongkar rumah sekring. supaya kenceng jepitnya akhirnya dengan cara membengkokkan ujung sekring sehingga pas di masukkan ngejepit dan tidak goyang. alhasil motor lancar dan ga ada masalah.
dari sini, ane ambil kesimpulan buat agan2 yang motornya suka mati mendadak atau speedometernya kumat2an, coba cek tempat sekringnya. dan rencana ane mau lapor ke dealer pas servis atau ke email YMKI biar di benerin.
mungkin itu aja sharing dari ane, mudah2an bermanfaat. mungkin ane lagi sial dapat rumah sekring yang kendor.
Spoiler for RDB:
Sebelum mengaplikasikan RDB ke kebo kesayangan baiknya kita memperhatikan beberapa hal yaitu :
1. Mengetahui Macam2 RDB yang berada di pasaran
contoh beberapa RDB yang berada di pasaran
Spoiler for RDB KTC:
Spoiler for PSM:
Spoiler for nissin:
2. Setelah mengetahui berbagai macam RDB sesuaikan dengan konsep modifikasi kita.
3. cari bengkel yang berpengalaman dan mau memberikan garansi serta menjamin RDB hasil modifikasi-nya kalo engak lupakan bengkel itu cari yang lain
4. Siapkan Dana
5. Luangkan waktu untuk mengamati setiap prosesnya jangan sampai ada cacad pada kebo kesayangan kita
6. Usahakan pada setiap modifikasi minimalisir unsur merusak orisinalitas seperti mencoak, bor, dan mengelas sebisa mungkin hanya sedikit dan dapat di ubah ke standard lagi karena sangat mempengaruhi harga jual kembali.
berikut adalah gambar aplikasi RDB kepada yamaha BYSON kepunyaan TS dan hasilnya sampai saat ini sangat memuaskan.
Spoiler for RDB TS:
sekian semoga bermanfaat buat agan2 semua
saya sangat tidak menolak jika ada yang memberikan
apa lagi kalo di taruh di page ONE
salam seruduk gan
BYSON
Spoiler for Tipe-tipe HID:
paling baik menembus kabut ya yg paling atas. makin ke bawah, makin hilang ditelan permukaan air yg ada di aspal. CMIIW
Spoiler for HID:
Spoiler for Per Stut Kopling Patah?:
Sore Byonic
pasti,agan2 banyak keluhan patah untuk per tuas kopling kan?
hal,ini ane ngalamin...
hasilnya kopling kurang nendang ngebaliknya,sbnernya sih ga terlalu ngaruh untuk power motor...cma bebaliknya aja rasanya ga enak
ane,tdi pngen gnti tuh... trus ane beli di dealer yamaha daerah Caman - kalimalang bekasi.
nah,kmrin ane ada baca koran otomot** eeh tau2 ada ngebahas tntang minus motor kebo,setelah ane baca ada keluhan di per tuas tersebut.
disitu ditulis emg gmpang patah,tpi klo kita lapor ke yamaha langsung diatasi kok diganti langsung. emg sih harganya murah Rp 8000.- tpi tdi ane iseng nanya sama bag customer service..bilang mbak ini saya mo komplen bisa kan diganti yg baru ? lalu dia nanya sama kepala mekaniknya...
mulailah percakapan :
A=ane
K =kepala mekanik
M =mbak yg jaga customer service
M= pak,ini bapak ini mo komplain soal patah tuas kopling,...
K = patah yah? ( nanya sama ane ) coba liat dlu
A = Iya nih pak patah,saya mo komplain dong...ini kan patah sendirinya soalnya tmen saya komplain langsung di ganti ( ane speak2 gan )
K = iya bisa klo mo komplain nanti kita gantikan cuma nunggu 6 bulan yah?
A= ane langsung diem aje, dalam hati ane ( mending gw beli gnti ke bngkel tmen dripda nunggu 6 bulan. klo bongkar didealer ongkos 25rb cma ane udh mles dy ngomgnya bigtu ) ...
K = Ooh mo ganti sendiri yaah? pasangnya ribet tuh...musti bongkar blok magnet ...susah banget pasangnya
A = ooh bongkar dimagnet yaah? yaa udh deh pak saya jaln dlu.
nah,ane langsung meluncur ke TKP bengkel tmen ane di jatibening [CENTER]
ane lngsung minta tmen ane gantiin,trus ane ksih tau tuh,bongkar blok magnetnya tuh...
setelah dibongkar ternyata ga ad apa2...ga ad yg buat dicopotin stut koplingnya. ane mulai kesel tuh ma dealer: trus tmen ane bilang,bongkar rumah kopling ini maah,lu diboongin ma dealer.
penampakan dibongkar blok magnet
pas,tmen ane bongkar blok kopling trus copotin kampas kopling ternyata langsung gmpang gan nyopotinnya...
sial tuh dealer yamaha : bisa2 aje speaak bongkar magnet pdhal jga bongkar rumah kopling.
al hasil stelah dicek rumah kopling ane karetnya kena. udah goblak2...
ane gnti deh karetnyaa..
penampakan gan
Spoiler for penampakan:
setelah dipasang trus ane jajal tuh motor... bueeh maknyuz gan koplingnya ndul2an lagi kek baru
ngaciir abis
pengalaman ane mungkin bisa didjadiin pelajaran...
itu share ane gan...
Salam Seruduk
bisa juga dibaca disini
Spoiler for Cek Kondisi Busi Agan ( Basah - Pas - Kering ):
Spoiler for Motor / Rem Baru Kok Ga Pakem?:
Rem juga butuh yang namanya penyeseuaian gan..
Tepatnya kampas rem menyesuaikan kontur dengan discnya.. jelasnya bisa liat gambar
Diubah oleh BysonOnKaskus 08-11-2012 01:13
0
Kutip
Balas