Oke deh setelah tanya sana sini akhirnya ane putuskan untuk buat rumah sendiri buat spring yang satu ini, yup ini spring yang lagi laris manis bak kacang goreng dipasaran spring yang dibuat oleh pabrikan bermerk Bison dan pabrikan bermerk Zhengsangtai dengan model replika dari KAC PDW.
Karena banyak yang nanya tentang unit yang satu ini maka dibuatlah thread ini, biar kita bisa sharing, diskusi, segala hal tentang PDW ini. Semoga semua pertanyaan dan jawaban bisa ditampung dithread ini
Untuk yang merasa foto atau postingannya ane pinjem di thread ini ane minta ijin ya, kalau tidak berkenan bisa di PM ane, thanks
Untuk pertama mungkin sejarah dulu ya ane copas langsung aja dari wikipedia
INFO TENTANG KAC PDW REAL STEEL
Quote:
Knight's Armament Company 6 x 35 mm PDW adalah senjata beladiri perorangan (PDW) hasil desain KAC, menggunakan peluru tipe baru 6 x 35 mm yang dibuat untuk memaksimalkan senjata dengan laras pendek.
Seperti PDW lainnya, KAC PDW ini dirancang ringkas dan ringan (mirip dengan pistol mitraliur), tetapi mempunyai jarak tembak yang lebih jauh yakni antara 250 sampai 300 meter. Sebuah senjata PDW harus mempunyai kemampuan defensive yang tinggi (akurasi, rata-rata tembakan yang tinggi) untuk pasukan garis belakang seperti pasukan artileri, awak tank, dan pasukan pendukung lainnya. KAC PDW mempunyai panjang 500 mm (popor dilipat), lebih pendek 254 mm dan berat 2 kg yang lebih ringan 0.45 kg dari karbin M4 yang digunakan angkatan darat dan angkatan laut Amerika Serikat.
PENDAPAT TS
Quote:
PDW sendiri merupakan singkatan dari Personal Defence Weapon atau Senjata Bela Diri Perorangan. Senjata ini memang khusus diciptakan untuk digunakan oleh individual dalam peperangan. Banyak yang bingung melihat bentuk dari PDW yang kecil, sehingga kerap orang menyebutnya ini SMG, terutama melihat popornya yang kecil dan dilipat juga tubular/handguard depannya yang pendek/kecil. Padahal kalau bisa dibilang PDW ini merupakan semacam perkimpoian/hybrid antara rifle dengan SMG, bentuk bodinya yang hampir sama dengan m16/m4 dirancang demi mencari daya tembak dan jarak yang cukup jauh daripada smg, tetapi menganut sistem bodi yang compaq ala smg yang mementingkan mobilitas yang tinggi.CMIIW
Dan untuk mainan kita yang satu ini, bisa dibilang secara bentuk sudah hampir mirip dengan real steelnya, cuma ya karena ini spring maka bahannya ya tetep dari plastik/abs
Dipasaran yang ada pada saat ini ada dua jenis PDW Spring yang beredar :
1. Versi Dus merk Bison
2. Versi Loosepack merk Zhengsangtai
MENGAPA MEMILIH KAC PDW SPRING? KEKURANGANNYA APA?
Kelebihan?
Untuk Dus
1. Harga murah untuk kelasnya
2. Performa unit standar tanpa upgrade yang diatas rata-rata springan
3. Popor lipat yang bikin compact dan enak dibawa kemana-mana
4. Bahan luar dan daleman bagus
5. Magazine isi banyak banget ampe 40an
6. Kompetibel ama aksesoris AEG dirailnya
7. Real Scale
8. Beratnya mantap
9. Inbar alumunium
10. Adjustable Hopup (cuma PDW kayanya dikelas rifle spring yang ada CMIIW)
11. Dus rapi dan bagus
Untuk Lospack
1. Harga sangat murah
2. Performa lumayan
3. Popor lipat
4. Bahan setara BE
5. Magazine kocok
5. Kompetibel dengan aksesoris aeg dirailnya
7. Real Scale
8. Inbar alumunium
Kekurangannya? pasti adalah :
1. Pengait popor bisa patah kalo dipake rusuh
2. Hopup kadang ngaco
Untuk penjelasan dan solusinya ada di pos #17 dan #7
BAGAIMANA DENGAN SKALANYA?
Sudah TS confirm sendiri dengan mencoba versi AEG dan GBBR nya, 98% sama dengan aslinya, perbedaan hanya terletak di flashhider yang spring memakai flashhider m4
Berikut gambarnya
Spoiler for Credit to agan mynou:
BIAR GAK GALAU NIH TUNER NGASIH JAWABAN ATAS ISU BATCH LAMA AMA BATCH BARU
Masalah hopup yang ngaco dan mengenai silikon dan pelumas
Quote:
Original Posted By kucingpengintai► ...hadeh kang Wiji ternyata .... keluar aslinya, lebay book
ehhh tapi ga disebutin bb ics ori ato kwnya kan ada 2 macem hehe
^
^
Ada yg perlu dimengerti ketika kita mengupgred unit ... mau kita apain dan fungsinya untuk apa .... nah 2 hal ini harus pasti dan dimengerti, kalo ga jelas boleh sih coba2 tapi kebanyakan malah merusak unit. ... upred juga ada hitung2nya ga asal2, misal soal fps, bisa aja dijadiin fps moster tapi sampe brapa kali kokang unit akan bertahan ..... upgred yg baik unit jadi dewa dan bisa tetap awet ato malah lebih awet dari standartnya
Ada kesalahan pemahaman soal penggunaan pelumas/silikon oil (bisa juga minyak goreng) ... pelumas untuk melancarkan/meminimalkan gesekan part2 yg bergerak, sedangkan silikon oil yg bersifat pekat berfungsi memampetkan kompresi & memelihara elastisitas karet,.... nah utk penggunaan siikon oil , cukup hanya sedikit banget dioleskan pada permukaan dalem silinder & karet piston, bila terlalu banyak malah merusak performa unit.
Nah berhubungan dengan tembakan yg hanya pendek jarak tempuh lurusnya trus turun.... ada beberapa faktor:
1. karet hopup basah terkena silikon oil/pelumas sehingga malfunction>> solusinya keringkan iner & karet hopup dengan cleaning rod & tissue
2. mekanisme karet hopup yg tidak tepat sehingga menyebabkan karet hopup tidak berfungsi>> solusinya perbaiki mekanisme
3. karet hopup disetting terlalu tertekan (biasanya setingan terlalu dalam menyebabkan bb mampet, nah sebelum mampet biasanya tembakan jd tidak jauh seolah2 tidak ada hopupnya) >> solusi longgarkan sedikit hopupnya
..
bisa juga karet hopup kurang ditekan>> solusi tambah tekanannya dikit
(jd terlalu ditekan atopun kurang ditekan efek tembakannya spt unit tanpa hopup)
4. karet hopup defect, bentuknya tidak sempurna/sudah robek/sudah terkikis/ato sudah getas>> ganti karet hopup
Nah pd kacpdw merk bison point no.1 & 2 itu yg jadi masalah, jadi langkah prtama keringkan dulu trus perbaiki mekanismenya, kalo soal kompresi piston sy rasa sdh baik, iner sudah oke, per sudah keras, karet hopup sudah bagus ..... >> mekanisme hopup yg dimaksud termasuk lubang coakan diiner yg kurang sempurna, biasanya agak miring & pinggirannya terlalu tajam, ... dikikir aja.
Need pls hehehe
iya bener banget inbar bison bisa dibilang parah gan, finishing jg kacau,, mending inbarnya BE lho.. tp bagusnya dia uda ikut aeg lubang & karetnya..
pake hop up GNP aja,, aeg ane pake itu soalnya mantep stabil bb yg kluar, pake inbar kuningan standar juga lho.. ane yakin pasti mantep juga di bison.
tp agan harus bener2 pas masang inbar aegnya di chamber bison coz sekatnya berbeda jaraknya dgn inbar bison. bisa diakalin kok..
& biasanya banyak keluhan hopupnya bison kurang bahkan enggak main..
nah gampang juga kok ngakalinnya itu.. coba dilihat mekanisme chambernya. itu bisa di ubah/di custom jalur "penyetelnya" di chamber..
- hopup gnp bnyak kok di google yg warna item juga kek bison. tp lebih tipis/soft/lembek, jadi kalo dipasang di chamber bison agak longgar, ngakalinnya ya pake seal aja bisa kok..
- hopup aeg kalo sama nozzle bison langsung pas kok ane uda nyoba..
- ane kagak jual yg gituan gan , saran ane beli aja mutil hopup seken2 dulu.. liat dlu hasilnya kalo bagus ya gk perlu ganti gnp.. cz sayang kalo ternyata 11-12 sama yg seken hahaa..cz ane gk punya houp standar blm pernah nyoba.. cz harganya gnp juga bisa setengahnya bison
Nah.. gan, banyak keluhan ttg hopup bison yg "terlalu main".. sebenarnya gampang ngakalin biar normal. dioprek aja dikit mekanismenya chambernya ituw.. apalagi kalo ganti hopup aeg.. jos pasti (asal bener masangnya)
Kalo mau main itung2an,, kalo pake bb 0.25 jelas lebih mahal & dapatnya dikit kan? belum lagi fps yg gk maksimal
moga cepet ktmu gan..
Pengen ngukur FPS tapi gak punya chrono? cara simple tapi tidak terlalu akurat
Spoiler for by marwoto tuner galau:
bagi yang belum tau cara adjust kurva horisontal lihat aja ilustrasi di bawah ini:
pasang hopup bucking ke inbar+tambahin sealtape seperti cara ane dulu buat padetin kompresi & biar hopup bisa mencengkeram di inbar pada waktu diputer, setelah smua beres & masuk ke chamber coba tes firing aja dengan setingan hopup mentok ke more biar bb melesat naik, kalo larinya miring ya puter aja inbarnya kayak gambar ilustrasi yg sebelah kiri ampe dapet kurva yg tegak lurus naik ke atas kyk gambar ilustrasi yg kanan, kalo sudah dpt lurus keatasnya baru deh seting hopup buat lurus vertikal & jarak terjauhnya sesuai spek fps unit masing2 & berat bb yg digunakan. zeroing unit ersop itu simple kan
Spoiler for Info by marwoto:
JARAK/JANGKAUAN:jangkauan ideal lurus bb (sedikit kurva di itung asal grouping unit masih konsisten )
AKURASI: jarak ideal titik zero scope/aiming (kurva gak diitung)
GROUPING HEADSHOT: jarak max performa unit masih konsisten utk mengenai sasaran seukuran kelapa tanpa meleset
GROUPING BODY HIT: jarak max performa unit masih bisa konsisten untuk mengenai sasaran seukuran tubuh ente tanpa meleset
Quote:
Original Posted By d800xt►tak kasih teori jangkauan sesuai praktek & pengalaman coba2 ane. lupakan dulu satuan kecepatan bb alias fps, tapi lebih mikir ke satuan energinya alias joule
Spoiler for bla bla bla:
jika pada gambar A input velocity 300fps, dengan inbar diameter gede, hopup & piston set kondisi kering, waktu bb nabrak hopup (panah putih) sudah pasti joule berkurang banyak, trus gara2 diameter inbar gede bb pasti memantul (panah merah) fps & joule makin banyak berkurang gara2 waktu nabrak dinding inbar bb sudah backspin kena efek hopup. akhirnya output velocity katakanlah tinggal 200fps waktu terbaca crono dengan joule kecil & kurva jadi langsam kayak pisang.
trus kalo pada gambar A kondisi inbar diameter gede dengan piston set penuh pelumasan pabrik + nyembur ke hopup & inbar, otomatis utk mendapatkan efek backspin setingan hopup harus lebih menekan masuk ke dalam inbar gara2 hopupnya licin, trus pada waktu bb nabrak hopup joule jadi lebih banyak berkurang drpd kondisi kering & pantulan jadi lebih rapat, cuma bedanya efek backspin gak terganggu dinding inbar gara2 dinding inbarnya penuh pelumasan juga, jadi output velocity katakanlah bisa 290fps tapi ttp aja kurvanya langsam gara2 joulenya kecil. konsistensi juga parah gara2 hopup basah
pada gambar B menggunakan inbar diameter sempit, kondisi kering. makin sempit inbar maka setingan hopup gak terlalu menekan ke dalam inbar juga sudah dpt backspinnya. apalagi kalo karet hopupnya bagus,, disentil dikit aja sudah muter tuh bb gara2 kesetnya minta ampun. tapi kalo pake inbar sempit dengan kondisi basah,,, dijamin lebih parah galaunya daripada pake inbar gede dengan kondisi basah
Spoiler for kurva bla bla bla:
jika tabel ini pake unit yang sama 300fps:
A.hopup mahal + sentilan hopup dikiiiiiiiiiit aja tapi berasa & inbar sempit. jangkauan sama dengan B cuma kurva sedikit & jarak lurusnya lebih jauh daripada B
pengalaman pribadi rekor ane dpt kurva kyk gini yg terjauh buat referensi: SPRING KONDISI KERING+SWING HOPUP MENYESUAIKAN PASNYA SAJA:
- pdw bison 385fps+prometh ungu+sedotan 6.02@400mm+ics black 0.25g jarak lurus kurva 60m grouping headshot 50m konsistensi mantab banget
- m47 390fps+hopup std sw+ sedotan 6.02@400mm+ics black 0.25g jarak lurus kurva 70m grouping headshot 40-50m konsistensi agak kurang bagus
- m47 465fps+nineball ungu+sedotan 6.02@450mm+ics black 0.28g jarak lurus kurva 70m grouping headshot 60m konsistensi gila banget
AEG KONDISI KERING + PIN SWING HOPUP TAK BELAH SEPARUH:
- jg m4 cqb 540fps+guarder bening+sedotan 6.02@370mm+ksc perfect 0.25g jarak lurus kurva 65-70m tapi fps kegedean+inbar terlalu pendek konsistensi agak jelek jadi grouping headshot cuma jarak 40m
- jg mp5 300fps+guarder merah+sedotan 6.03@370mm+ksc perfect 0.25g jarak lurus kurva 50m grouping headshot 40m konsisten cuy
GBB/GBBR: MALES SAMA KONSISTENSINYA
kalo sudah dpt spek yg sama tapi hasilnya kurang dengan yg diatas ya silahkan dioprek lagi unitnya, brarti masih ada yg salah pasang ato salah seting, tapi kalo dpt spek yg sama hasilnya lebih dari yg diatas jangan lupa bagi2 resepnya disharing disini ye, ane siap utk jadi orang pertama yg mau njiplak
B. kurva kayak gini ini mainstream banget
- hopup biasa kering+inbar gede (konsistensi lumayan)
- hopup biasa terlalu nekan+inbar sempit (konsistensi ok)
- hopup bagus+inbar gede (konsistensi makin ok)
C. hopup basah, inbar basah & setingan hopup sudah mentok tapi masih licin juga
D. ini yang paling parah, hopup basah setingan mentok msh licin kyk kondisi C + inbar sempit & kering, backspin hopup dikalahin sama gesekan dinding inbar akhirnya backspinnya kebalik, bb lari terkencing2 & menukik tajam dengan kecepatan tinggi
Spoiler for camilan ane buat nonton tv:
smua 0.25g, ambil random sampling 4 biji aja deh,,,
idola no 1, kecil, berbobot & konsisten
cuma buat tes crono kalo lagi kepepet bener2 krisis bb