TS
scr_24
Payo Tertib Berlalu lintas Mulai Dari Diri Dewek
Dak di pungkiri lagi trafic kendaraan di sumatera selatan,Palembang khususnyo sudah mengalami kenaikan pesat.
Imbasnyo kemacetan galak terjadi dan dak jarang galak terjadinyo kecelakaan.
ngapo pacak cak itu...?
sebelum nyalake wong laen,baeknyo sadar diri dewek dulu,apo kito sudah meraso tertib berlalu lintas.
Untuk itu thread ini di buat sebagai wadah berbagi informasi seputar lalu lintas di sumatera selatan dan Palembang khususnyo.
mari galo-galo kito memahami, menjago dan mengamalkan tata tertib lalu lintas. 

Tips - tips
Himbauan dan Pesan-pesan
Informasi lainnya
Imbasnyo kemacetan galak terjadi dan dak jarang galak terjadinyo kecelakaan.
ngapo pacak cak itu...?
sebelum nyalake wong laen,baeknyo sadar diri dewek dulu,apo kito sudah meraso tertib berlalu lintas.
Untuk itu thread ini di buat sebagai wadah berbagi informasi seputar lalu lintas di sumatera selatan dan Palembang khususnyo.
Spoiler for pendahuluan:
Quote:
apo itu lalu lintas...?
Lalu lintas di dalam Undang-undang No 22 tahun 2009 didefinisikan sebagai gerak Kendaraan dan orang di Ruang Lalu Lintas Jalan.
Ruang Lalu Lintas Jalan adalahprasarana yang diperuntukkan bagi gerak pindah Kendaraan, orang, dan/atau barang yang berupa Jalan dan fasilitas pendukung.
Lalu lintas di dalam Undang-undang No 22 tahun 2009 didefinisikan sebagai gerak Kendaraan dan orang di Ruang Lalu Lintas Jalan.
Ruang Lalu Lintas Jalan adalahprasarana yang diperuntukkan bagi gerak pindah Kendaraan, orang, dan/atau barang yang berupa Jalan dan fasilitas pendukung.
Quote:
Komponen lalu lintas
Ada tiga komponen terjadinya lalu lintas yaitu manusiasebagai pengguna, kendaraan dan jalan yang saling berinteraksi dalam pergerakan kendaraan yang memenuhi persyaratan kelaikan , dikemudikan oleh pengemudi mengikuti aturan lalu lintas yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundangan yang menyangkut lalu lintas dan angkutan jalan melalui jalan yang memenuhi persyaratan geometrik.
sumber
Ada tiga komponen terjadinya lalu lintas yaitu manusiasebagai pengguna, kendaraan dan jalan yang saling berinteraksi dalam pergerakan kendaraan yang memenuhi persyaratan kelaikan , dikemudikan oleh pengemudi mengikuti aturan lalu lintas yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundangan yang menyangkut lalu lintas dan angkutan jalan melalui jalan yang memenuhi persyaratan geometrik.
- Manusia sebagai pengguna
Manusia sebagai pengguna dapat berperan sebagai pengemudi atau pejalan kaki yang dalam keadaan normal mempunyai kemampuan dan kesiagaan yang berbeda-beda (waktu reaksi, konsentrasi dll). Perbedaan-perbedaan tersebut masih dipengaruhi oleh keadaan phisik dan psykologi, umur serta jenis kelamin dan pengaruh-pengaruh luar seperti cuaca, penerangan/lampu jalan dan tata ruang.
- Kendaraan
Kendaraan digunakan oleh pengemudi mempunyai karakteristik yang berkaitan dengan kecepatan, percepatan, perlambatan, dimensi dan muatan yang membutuhkan ruang lalu lintas yang secukupnya untuk bisa bermanuver dalam lalu lintas.
- Jalan
Jalan merupakan lintasan yang direncanakan untuk dilalui kendaraan bermotor maupun kendaraan tidak bermotor termasuk pejalan kaki.
Jalan tersebut direncanakan untuk mampu mengalirkan aliran lalu lintas dengan lancar dan mampu mendukung beban muatan sumbu kendaraan serta aman, sehingga dapat meredam angka kecelakaan lalu-lintas.
sumber
Quote:
Jalur lalu lintas
Jalur lalu lintas keseluruhan perkerasan jalan yang diperuntukan untuk lalu lintas kendaraan, biasanya ditandai dari bagian jalan yang diaspal atau dibeton pada jalan dengan perkerasan kaku/rigid pavement.
Didaerah pusat perkotaan biasanya dibatasi dengan kerb untuk melindungi pejalan kaki dari lalu lintas kendaraan dan dipinggiran kota langsung berbatasan dengan bahu jalan.
Jalur lalu lintas dikelompokkan atas jalur searah dan jalur dua arah baik yang tidak dipisahkan atau dipisahkan dengan medianataupun pemisah jalur.
Selain itu pada jalan protokol sering juga ada jalur cepat dan jalur lambat, serta jalur untuk penggunaan khusus seperti jalur khusus bus yang di Jakarta disebut sebagai Busway, jalur sepeda, jalur sepeda motor.
Median
Merupakan bagian dari jalan yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan, dengan bentuk memanjang sejajar jalan, terletak di sumbu/tengah jalan.
Dimaksudkan untuk memisahkan arus lalu lintas yang berlawanan arah dan meningkatkan keselamatan para pengguna jalan.
Median lebarnya sekurang-kurangnya 1 meter dan dapat digunakan :
Pemisah Jalur
separator yang selanjutnya disebut dengan pemisah jalur adalah bagian dari jalan yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan, dengan bentuk memanjang sejajar jalan, dimaksudkan untuk memisahkan antara jalur yang berbeda fungsi, misalnya pemisah antara jalur cepat dengan jalur lambat seperti yang terdapat di Jl Sudirman Jakarta, atau pemisah antara jalur lalu lintas biasa dengan jalur khusus bus (busway)
sumber
Jalur lalu lintas keseluruhan perkerasan jalan yang diperuntukan untuk lalu lintas kendaraan, biasanya ditandai dari bagian jalan yang diaspal atau dibeton pada jalan dengan perkerasan kaku/rigid pavement.
Didaerah pusat perkotaan biasanya dibatasi dengan kerb untuk melindungi pejalan kaki dari lalu lintas kendaraan dan dipinggiran kota langsung berbatasan dengan bahu jalan.
Jalur lalu lintas dikelompokkan atas jalur searah dan jalur dua arah baik yang tidak dipisahkan atau dipisahkan dengan medianataupun pemisah jalur.
Selain itu pada jalan protokol sering juga ada jalur cepat dan jalur lambat, serta jalur untuk penggunaan khusus seperti jalur khusus bus yang di Jakarta disebut sebagai Busway, jalur sepeda, jalur sepeda motor.
Median
Merupakan bagian dari jalan yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan, dengan bentuk memanjang sejajar jalan, terletak di sumbu/tengah jalan.
Dimaksudkan untuk memisahkan arus lalu lintas yang berlawanan arah dan meningkatkan keselamatan para pengguna jalan.
Median lebarnya sekurang-kurangnya 1 meter dan dapat digunakan :
- menanam rumput.
- selokan yang sekaligus berfungsi untuk menghindari kendaraan yang lepas kendali menyeberang ke jalur lawan.
- menanam tanaman semak yang sekaligus untuk menghalangi cahaya lampu kendaraan yang datang dari arah yang berlawanan.
- tempat untuk berputar/membalik arah.
- beton pemisah seperti yang digunakan di jalan sudirman yang juga berfungsi untuk menghindari kendaraan yang lepas kendali masuk ke jalur berlawanan arah.
Pemisah Jalur
separator yang selanjutnya disebut dengan pemisah jalur adalah bagian dari jalan yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan, dengan bentuk memanjang sejajar jalan, dimaksudkan untuk memisahkan antara jalur yang berbeda fungsi, misalnya pemisah antara jalur cepat dengan jalur lambat seperti yang terdapat di Jl Sudirman Jakarta, atau pemisah antara jalur lalu lintas biasa dengan jalur khusus bus (busway)
sumber
� �� � RULES � �� �
Quote:
- Junjung tinggi perilaku tertib & sopan sesamo user.
- OOT jangan nganar jauh nian, One Liner sekali duo kali bae
, NO Flaming, Budayakan Multi Quote. - Disini membahas seputar lalu lintas di regional palembang.
yang keno tilang,lum tau rambu,kecelakaan,keno macet,jalan belubang,dll yang ado hubungannyo dengan lalu lintas,silakan curhat
- No SARA & Rasisme
- Tanggung jawab atas isi dari tulisan/gambar/foto yg kamu posting.(enjuk sumber referensi kalu tulisannyo dari wong laen)
- jangan bejualan atau barcen disini
- Posting poto jangan BWK
dan di spoiler bae lemaknyo 
- selanjutnyo disesuaike bae.
mari galo-galo kito memahami, menjago dan mengamalkan tata tertib lalu lintas. 
���� INDEX����

Tips - tips
Spoiler for Tips:
Himbauan dan Pesan-pesan
Spoiler for Pesan-pesan:
- jangan berteduh di bawah play oper
- lampu rem jangan diganti mika putih/bening.
- jangan ngambek jalur kendaraan yg berlawanan arah
- tahan emosi kalo lagi mawak kendaraan
- brentilah makek knalpot besak
- Please drive safe - a heart touching video
Informasi lainnya
Spoiler for informasi:
Diubah oleh scr_24 23-10-2012 05:10
0
13.7K
Kutip
213
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Palembang
1.5KThread•1.2KAnggota
Tampilkan semua post
TS
scr_24
#141
Quote:
Original Posted By spyx►Setau aku kemarin ado yang share di KasKus di The Lounge kalo pajak STNK mati idak keno tilang polisi.
[info] pajak stnk mati? tilang/ga? cek disini gan..
[info] pajak stnk mati? tilang/ga? cek disini gan..
Quote:
Original Posted By 宮本 武蔵►sekedar mo share aja nih gan (sorry klo panjang,
karna info ini penting and klo ga ceritain detail nti pada
smua)
kejadiannya sih kemaren malem... kebetulan gw abis dari tempat ce gw di daerah gading..
gw pulang malem jam 10an dari gading, rute gw biasa nya lewat cempaka mas - senen - tomang - kemanggisan
nah gw inget banget klo daerah cempaka putih itu sering ada razia, tapi kali ini yang gw lupa adalah pajak STNK gw uda mati 3Bulan....
pas lagi santai2 nya bawa motor (btw, gw klo naik motor selalu dengan atribut lengkap... karna gw make jaket kaskus, mau ga mau harus tertib lalu lintas..biar jadi contoh baik..
)
tau2 dibawah flyover depan cempaka mas ada razia, gw sih tenang2 aja karna lengkap... tau2 di setop gan....
terlibatlah percakapan antara gw ma pak polisi:
G: gw
P1: Polkis 1
P2: Polkis 2
P1: Malam pak..
G: malam..
P1: bisa liat surat2 nya pak?
G: (dengan nada becanda) waaah pak, saya ga kerja di kantor pos jadi ga bawa surat buat bapak.. adanya STNK dan SIM...
P1: (tertawa) boleh liat SIM dan STNK nya pak?
G: menyodorkan sim, kemudian STNK
P1: waah pak, STNK bapak sudah mati nih...
G: masa sih pak? (belaga bego gt gw...
)
P1: ini kena tilang pak..
G: lho? pasalnya apa tuh pak?
P1: pasal 52 pak?
G: stau saya yah pak, pasal 52 itu cuma ngomongin kelengkapan berkendaraan bukan pajak..
(ga lama terlibat adu urat sama ni polisi, ketawan klo emang dia ngarep gw njakain damai...
)
ga lama dateng polisi 2 yang kyknya lebih tingi pangkatnya...
P2: ada apa ini
P1: malam dan, ini si bapak ngotot kalo pajak STNK mati ga bisa di tilang
P2: biar saya yang urus, kamu urus motor yang laen aja (sambil ngusir si P1 u/ pergi ke tenda nya)
P2: Malam Pak
G: malam gan.. eh, pak...
P2: (senyum2 aja)
G: pak, stau saya pasal 52 itu buat kelengkapan bukan pajak STNK
P2: bener pak, memang pasal 52 itu buat kelengkapan.. dan kita polisi lapangan tidak berhak menilang pengendara yang pajak STNK nya mati, karna itu urusan dinas pajak dan bukan polisi..
G: lah, tadi saya di tilang..
P2: mohon maaf pak, nanti akan saya berikan tegoran kepada dia... kalo di laen waktu bapak kena tilang yang berkaitan dengan pajak STNK bisa langsung menghubungi nomer 021-5276001 langsung dari TKP dimana bapak ditilang agar di dengar langsung oleh petugas yang menilang dan bisa langsung di tindak sama polda metro jaya.. petugas berhak menilang jika pajak yang mati sudah selama 2tahun, karena STNK sudah dianggap tidak berlaku dan kendaraan tersebut bisa di anggap kendaraan gelap...
G: oh gitu yah pak? terima kasih banyak atas infonya pak klo begitu
P2: sama2 pak... selamat malam selamat melanjutkan perjalanannya..
G: terima kasih banyak pak..
P2: ati2 dijalan gan, jangan ngacir cepet2 biar selamat sampe TKP..
G: wew (dalem hati, gile ni polisi... ternyata kaskuser juga)
pantes aja dia ngasih tau gw info yang sgitu detailnya, mungkin dikirain gw moderator kaskus kali yah... takut gw bikin thread maki2 polisi di kaskus...
pulang nya gw langsung ngecek situs ditlantas: http://202.59.168.243/index2.php
ada layanan email gan, langsung gw tanyain aja deh info yang gw dapet dari polisi tadi... and ternyata emang yang di bilang sama P2 bener gan... petugas lapangan ga punya hak menilang kita klo pajak STNK mati...
ni bukti emailnya:
so, buat temen2 kaskuser yang STNK nya mati.. jangan takut...
langsung tlp no diatas aja klo di tilang, biar tu polisi di tindak ma atasannya...
jangan mau kasih duit buat mreka, biar pada tau rasa...


Btw, ini dia jaket fenomenal nya(beli di FJB gan..
)
klo suka mohon di rate *****yah gan, biar temen2 yang laen juga pada tau mengenai info ini and ga ada simpang siur lagi mengenai pajak STNK yang mati...

ga mungkin repsol, karna ni pengalaman pribadi ane gan....
Pengalaman salah satu kaskuser juga
karna info ini penting and klo ga ceritain detail nti pada
smua)kejadiannya sih kemaren malem... kebetulan gw abis dari tempat ce gw di daerah gading..
gw pulang malem jam 10an dari gading, rute gw biasa nya lewat cempaka mas - senen - tomang - kemanggisan
nah gw inget banget klo daerah cempaka putih itu sering ada razia, tapi kali ini yang gw lupa adalah pajak STNK gw uda mati 3Bulan....

pas lagi santai2 nya bawa motor (btw, gw klo naik motor selalu dengan atribut lengkap... karna gw make jaket kaskus, mau ga mau harus tertib lalu lintas..biar jadi contoh baik..
)tau2 dibawah flyover depan cempaka mas ada razia, gw sih tenang2 aja karna lengkap... tau2 di setop gan....
terlibatlah percakapan antara gw ma pak polisi:
G: gw
P1: Polkis 1
P2: Polkis 2
P1: Malam pak..
G: malam..
P1: bisa liat surat2 nya pak?
G: (dengan nada becanda) waaah pak, saya ga kerja di kantor pos jadi ga bawa surat buat bapak.. adanya STNK dan SIM...

P1: (tertawa) boleh liat SIM dan STNK nya pak?
G: menyodorkan sim, kemudian STNK
P1: waah pak, STNK bapak sudah mati nih...
G: masa sih pak? (belaga bego gt gw...
)P1: ini kena tilang pak..
G: lho? pasalnya apa tuh pak?
P1: pasal 52 pak?
G: stau saya yah pak, pasal 52 itu cuma ngomongin kelengkapan berkendaraan bukan pajak..
(ga lama terlibat adu urat sama ni polisi, ketawan klo emang dia ngarep gw njakain damai...
)ga lama dateng polisi 2 yang kyknya lebih tingi pangkatnya...
P2: ada apa ini
P1: malam dan, ini si bapak ngotot kalo pajak STNK mati ga bisa di tilang
P2: biar saya yang urus, kamu urus motor yang laen aja (sambil ngusir si P1 u/ pergi ke tenda nya)
P2: Malam Pak
G: malam gan.. eh, pak...
P2: (senyum2 aja)
G: pak, stau saya pasal 52 itu buat kelengkapan bukan pajak STNK
P2: bener pak, memang pasal 52 itu buat kelengkapan.. dan kita polisi lapangan tidak berhak menilang pengendara yang pajak STNK nya mati, karna itu urusan dinas pajak dan bukan polisi..
G: lah, tadi saya di tilang..
P2: mohon maaf pak, nanti akan saya berikan tegoran kepada dia... kalo di laen waktu bapak kena tilang yang berkaitan dengan pajak STNK bisa langsung menghubungi nomer 021-5276001 langsung dari TKP dimana bapak ditilang agar di dengar langsung oleh petugas yang menilang dan bisa langsung di tindak sama polda metro jaya.. petugas berhak menilang jika pajak yang mati sudah selama 2tahun, karena STNK sudah dianggap tidak berlaku dan kendaraan tersebut bisa di anggap kendaraan gelap...
G: oh gitu yah pak? terima kasih banyak atas infonya pak klo begitu
P2: sama2 pak... selamat malam selamat melanjutkan perjalanannya..
G: terima kasih banyak pak..
P2: ati2 dijalan gan, jangan ngacir cepet2 biar selamat sampe TKP..
G: wew (dalem hati, gile ni polisi... ternyata kaskuser juga)
pantes aja dia ngasih tau gw info yang sgitu detailnya, mungkin dikirain gw moderator kaskus kali yah... takut gw bikin thread maki2 polisi di kaskus...

pulang nya gw langsung ngecek situs ditlantas: http://202.59.168.243/index2.php
ada layanan email gan, langsung gw tanyain aja deh info yang gw dapet dari polisi tadi... and ternyata emang yang di bilang sama P2 bener gan... petugas lapangan ga punya hak menilang kita klo pajak STNK mati...
ni bukti emailnya:
Spoiler for "email":
so, buat temen2 kaskuser yang STNK nya mati.. jangan takut...
langsung tlp no diatas aja klo di tilang, biar tu polisi di tindak ma atasannya...
jangan mau kasih duit buat mreka, biar pada tau rasa...


Btw, ini dia jaket fenomenal nya(beli di FJB gan..
)
Spoiler for "jaketnya":
depannya:
![kaskus-image]()
belakangnya:

belakangnya:
klo suka mohon di rate *****yah gan, biar temen2 yang laen juga pada tau mengenai info ini and ga ada simpang siur lagi mengenai pajak STNK yang mati...


ga mungkin repsol, karna ni pengalaman pribadi ane gan....

Pengalaman salah satu kaskuser juga
biar dak ilang

0
Kutip
Balas