Kaskus

Tech

DiEsAvatar border
TS
DiEs
[Speaker]Krator Neso 06 N6-20030 Audiophile Series - Entrylevel 2.0 bookshelf Speaker
Krator Neso 06 N6-20030 Audiophile Series - Entry level 2.0 bookshelf Speaker

[Speaker]Krator Neso 06 N6-20030 Audiophile Series - Entrylevel 2.0 bookshelf Speaker

yak...kalo kemarin seri N6 yg usb...
sekarang coba ke kakaknya yg bersumber tenaga "standar"...emoticon-Malu

N6-20030...
gue udah mulai2 afal nih penamaannya...
itu artinya konfigurasi 2.0 / standar power source / 30 watt rating...
bener ndak yak...?...emoticon-Amazed

dari ukuran dan spek...mengingatkan gue sama T&V vertrag...emoticon-Malu
tapi juga sekaligus bikin gue tertarik buat coba...emoticon-Big Grin
soalnya kualitas vertrag menurut gue cukup oke...
dan N6-20030 ini sepertinya akan menjadi "pesaing" terdekat...
apalagi harganya juga sama2 dibawah 700.000...emoticon-Belo
kisaran 670-680 rb udah bisa bawa pulang si N6-20030...emoticon-Big Grin

hayuk ah...mumpung baru balik jumatan...
masih seger...emoticon-Big Grin

Specification

[Speaker]Krator Neso 06 N6-20030 Audiophile Series - Entrylevel 2.0 bookshelf Speaker

yap...ternyata bener cara gue baca kodenya...emoticon-siul:
rating power 30 watt...
sedikit lebih rendah dari vertrag yg 32 watt...
sama2 pake driver woofer 4 inch + 1 inch tweeter...emoticon-Smilie

cukup menjanjikan kalo baca speknya...
tapi gimana di kemampuan bernyanyi nya...?

iyuuukkk...emoticon-Embarrassment

The Packaging

ukuran dus cukup kompak...
dan tampilannya mirip banget sama N6-20U12 yg gue review sebelumnya...
nuansa biru-hitam yg memberi kesan menarik...
hanya ukuran dusnya lebih besar sedikit dari N6-20U12...

juga sama dgn adiknya...
unit speaker terlindung dgn sangat aman di dalem...emoticon-Big Grin

jadi pasti aman untuk kirim2an...emoticon-Embarrassment

yuk dilanjut...emoticon-Embarrassment

Spoiler for the packaging:

Closer look

dari segi tampilan...
miriiiip banget sama adeknya...emoticon-Malu
kaya'nya emang ini dijadiin karakteristik seri N6 deh...
secara gue liat type2 lain dari seri N6 mirip2 semua...emoticon-Hammer...

driver utama dilindungi dgn grill metal permanent...
kecuali unit tweeter...justru tanpa busana...emoticon-Hammer
ngeri kepentS E N S O R.emoticon-Nohope

dan sepertinya bisa dibuka juga pake kunci L

dan cukup mengejutkan...
kabel speaker nya permanent...emoticon-Hammer
padahal vertrag udah menerapkan sistem spring clip...emoticon-Amazed

bassport kali ini ada di bagian belakang...
juga port head phone, input utama, dan line in...
untuk controller volume, treble, bass juga kali ini ikut pindah ke bagian belakang speaker utama ( satelite kanan )...
akan sedikit menyulitkan kalo mau seting...

dan audio input berupa RCA...
mempermudah kita untuk mengkustomisasi kabel...emoticon-Embarrassment

kabel power detachable...
dan uniknya di sediain 4 macem sama krator...
baik hati sekali...emoticon-Embarrassment
mulai dari standar eropa...sampe standar asia...emoticon-Smilie

nice...emoticon-Big Grin

design speaker yang mendongak sedikit keatas...
sama kaya adeknya...
konsep ini diterapin krator untuk mempermudah user menemukan "sweet point"...emoticon-Smilie
untuk cover sekali lagi glossy...
walaupun terlihat mewah...tapi cenderung ninggalin tjap jempol...emoticon-Hammer

let's carry on...emoticon-Smilie

Spoiler for Krator Neso 06 N06-20030:


Spoiler for size comparing:

ukurannya masih cukup kompak...
dan bobotnya sendiri ndak terlalu berat...emoticon-Smilie

overall cukup bagus dari kualitas box mdf yg cukup tebel...
dan kosmetik yg dominan dan seragam...

banyak pernak pernik yg jadi perhatian utama krator di seri N06 ini...
untuk sebagian orang mungkin design seri N6 kurang "audiophile"...
termasuk gue...emoticon-Hammer
tapi gue ndak bisa bilang designnya jelek...emoticon-Embarrassment

krn emang kenyataannya di design dgn rapi dan detil...
penempatan kabel2 pun rapih...

sayang untuk tweeter justru telanjang...
dan sekali lagi kabel speaker yg permanent...
akan jadi nilai minus buat N6-20030...emoticon-Nohope

mudah2an performanya bisa menutupi kekurangan fisiknya...emoticon-Embarrassment

yuk lanjut ke performa bermusiknya...emoticon-siul:

Testbed Platform

kali ini gue pake Laptop dan DAP lagi...emoticon-Smilie
untuk DAP gue pake samsung Galaxy S wifi 5.0 yg karakternya ke arah netral...
kalo laptop gue tetep pake DAC10 nya dbE...emoticon-Big Grin

untuk kabel gue seperti biasa...
pake kabel RCA to RCA dbe...
dan kabel dbe RM 20 untuk sesi DAP...
kebetulan karakter 2 kabel ini miriip banget...emoticon-Smilie
sama2 natural dan detil...

memudahkan gue untuk cari tolak ukur...

Notebook :
  • Asus A42JZ
  • USB DAC dbE DAC10 ( nuansa sedikit warm )
  • Interconect Cable RCA to RCA dbe ( nuansa natural & detil )

DAP :
  • Samsung Galaxy S 5.0 Wifi ( nuansa netral )
  • Archos 70 250gb ( nuansa agak warm )
  • Interconect Cable Mini to RCA dbe RM20 ( nuansa natural & detil )

Speakers :
  • Krator Neso 06 N6-20030
  • Thonet & Vander Vertrag ( sebagai pembanding )
  • Ktrator Neso 06 N0-20U12 ( sebagai pembanding )

Software ( PC ) :
  • Itunes
  • Foobar 2000
  • VLC
  • Windows 7 Ultimate 64 bit SP1


Posisi speaker selama Pengujian
Spoiler for Posisi Speaker:

here we go guys...emoticon-Big Grin

Music Sensation

Tested song :
  • Olivia Ong - L.O.V.E / Make it Mutual ( Bossa Ver ) ( MP3 320 kbps )
  • Depapepe - Amegari / Singing Bird ( MP3 320 kbps )
  • Jason Mraz - Bella luna / O Lover ( MP3 320 kbps )
  • 311 - Amber / All Mixed up ( MP3 320 kbps )
  • Michael Buble - Come Fly with me / Haven't Met You Yet ( FLAC )
  • Jazzin' Park - traveller / Cherry Tree ( Feat Chihiro ) ( MP3 320 kbps )
  • Muse - Bliss / Undisclosed Desire ( FLAC )
  • Adele - Someone Like You ( FLAC )
  • Quasimode - Ant Soldier / Warutsu ga Kikoete ( MP3 320 kbps )
  • Ana Caram - Mas Que Nada / Port of Call ( MP3 320 kbps )

siyap...

hayuk masuk ke sesi utama...emoticon-Big Grin

Sesi Musik ( DAP & Laptop )

he...?...

waduh...kok beda dgn harapan yak...emoticon-Hammer
memang secara mendasar karakternya ballance...
tapi vokal menurut gue agak laidback...
juga kurang open...serasa ada layer..
dan ada kecenderungan mengarah ke tengah ( mid ) gini...

detil juga terdengar kurang...
suara dua di lagu jazzin' park - cherry tree jadi sayup2...emoticon-Hammer

dan salah satu kekecewaan gue terbesar ada di tweeternya yg terdengar kasar...
padahal tweeter nya 1 tipe sama vertrag...emoticon-Hammer
kondisi ini tetep gue rasain walaupun udah di burn kisaran 80-100 jam...emoticon-Amazed

perubahan EQ memang bisa membantu...
tapi butuh perjuangan krn banyak yg harus di tambal...
penngantian kabel pun ndak bisa nolong banyak...

point plus ada di staging yg cukup luas...
di luar itu...
jujur kurang nyaman buat bermusik...

sensasi ini gue rasain baik di dap maupun desktop yg set up nya warm...emoticon-Hammer

untuk sesi musik...
Vertrag jauh lebih nyaman ditelinga...
bahkan si adik N6-20U12 masih lebih nyaman buat bermusik...emoticon-Amazed

harusnya N6-20030 bisa lebih baik dari ini...
mengingat ini seri audiophile yg harusnya music oriented...emoticon-Malu

Audio output Score
  1. with Krator N06-20030 7.25 / 10
  2. with Vertrag @ 8.75 / 10
  3. with Krator N06-20U12 @ 8.5 / 10


Next Sesi Movie & Gaming Sensation
0
7.7K
31
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Review Lab
Hardware Review Lab
KASKUS Official
2.3KThread1.3KAnggota
Tampilkan semua post
DiEsAvatar border
TS
DiEs
#1
Movie & Gaming Sensation

Tested Movie :
  1. Sherlock Holmes - A game of shadow ( 5.1 DTS )
  2. Adventures of tintin ( 5.1 DTS )

hmmm...

kekurangan yg ada di sesi musik ndak kerasa disini...
kecuali movienya banyak musik...emoticon-Malu...

powernya yg besar ternyata cukup membantu...
hentakan dan semburan soniknya cukup berasa...emoticon-Smilie

percakapan terdengar jelas...
dan karakter tweeternya yg menusuk...
justru memberi kesan sendiri...
seolah2 pecahan kaca seperti berada di sebelah kuping...
hahahahaha...
walaupun ndak bisa lepas dari ear fatique...

beda cerita dgn gemuruh ledakan...
agak sedikit "sirna" secara emang lownya N6-20030 cenderung sedikit...emoticon-Malu

tetep Vertrag terdengar lebih baik disini...emoticon-Malu

tapi potitioning nya N6-20030 ternyata cukup baik...
sumber arah suara tergambar dgn cukup jelas...emoticon-Smilie

sedikit terobati lukaku...emoticon-Embarrassment

Audio output Score
  1. with Krator N06-20030 8.25 / 10
  2. with Vertrag @ 8.75 / 10
  3. with Krator N06-20U12 @ 8.5 / 10


Tested Game :
  1. Company of Heroes - Tales of valor
  2. Devil May Cry 4

hmmm...

untuk sesi gaming...
sebenernya ndak ada komplen...
kecuali suara high nya yg cenderung kasar...

agak sedikit menusuk2 pas sound effect desingan peluru dan sejenisnya...

tapi sekali lagi potitioning dan stagingnya berperan dgn baik meningkatkan kualitas gaming di laptop...emoticon-Smilie

ndak terlalu banyak yg bisa diomongin...
tapi secara garis besar cukup oke...emoticon-Smilie

Audio output Score
  1. with Krator N06-20030 8.25 / 10
  2. with Vertrag @ 8.5 / 10
  3. with Krator N06-20U12 @ 8.5 / 10

Conclusion so far...

duhh...

gue cukup kecewa sebenernya dgn N6-20030...
dari tampilan fisik sebenerya bagus...
walaupun ada kekurangan...tapi minim...

seperti yg udah gue singgung di atas...
justru kekurangan yg menurut gue fatal ada di reproduksi suaranya...
cukup jauh dari kebutuhan bermusik dgn standarisasi "audiophile"...

pemilihan driver dan komponen internal gue yakin jadi penyebabnya...
secara N6-20U12 justru secara keseluruhan ber SQ lebih baik...
ini masih di tambah dgn permanentnya kabel speaker...emoticon-Hammer

di sesi musik gue sempet berpikir...
kalo dibanding dgn vertrag sepertinya N6-20030 akan ngap2an...
dari segi SQ...
vertrag ada jauh diatas N6-20030...
dari segi fisik pun gue pribadi masih cenderung ke arah vertrag yg menurut gue lebih banyak ngasih benefit...

untungnya di sesi movie dan gaming ndak seburuk sesi musik...
tapi justru kekuatan speaker ini ada di segment musik...emoticon-Nohope

mudah2an bisa jadi masukan buat kratornya...
krn kalo ini di perbaiki...
bukan ndak mungkin N6-20030 jadi produk yg kompetitif...emoticon-Smilie

tapi selama belum...
gue masih merekomendasikan T&V Vertrag untuk speaker multimedia 2.0 di rentang harga 600-700 rb...emoticon-Embarrassment

okay...
thats it...

Also special Thanks to Overkill parts yg udah bantuin banyak buat review kali ini...emoticon-Big Grin

kira2 gitu aja yak ripiwnya...mudah2an bermanfaat...emoticon-Smilie

Krator Neso 06 N06-20030

The oh Yes !
  • Staging luas & potitioning cukup bagus
  • Penggunaan Driver 4 Inch + Tweeter 1 inch
  • Power Cukup besar
  • Built Quality & Kosmetik
  • Bundling kabel power beragam
  • Dedicated Volume, Treble, Bass controller & Power button
  • Port Headphone
  • Port Line in


The oh No !
  • Reproduksi Sonik dan detil kurang baik
  • Vokal laidback
  • tweeter harsh
  • ada kecenderungan sonik berkumpul ke mid
  • Lack of low freq
  • Kabel speaker Permanent
  • Grill Permanent
  • Kabel bawaan tipis dan kurang bagus


thank for readin'...
aaannd....hoping for some ratings and cendols...
just drop me some...okay...?...

Feel free to read my other Audio related review :


Best Regards'

DiEs ( Deathschyte )

emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
0
Ikuti KASKUS di
© 2026 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.