Kaskus

Hobby

ronieyuanAvatar border
TS
ronieyuan
Naval Architecture Masuk Sini
halo semuanya
hehe lama ga sempat menata trit ini
jadi gini naval architecture and shipbuilding ditempat saya dulu kuliah (Teknik Perkapalan ITS red) terdiri dari beberapa program studi diantaranya studi rekayasa kapal yang meliputi konstruksi kapal (bidang yang mempelajari konstruksi kapal berdasarkan rule yang ada seperti BKI) kemudian hydrodynamic (bidang yang mempelajari pengaruh gelombang terhadap kapal dan aspek yang berhubungan dengan hydro) design/perancangan kapal (bidang yang mempelajari aspek design yang sesuai dengan estetika maupun teknologi terkini) dan program studi yang kedua adalah bidang studi industri kapal yaitu bidang yang mempelajari manajemen industri galangan kapal, manajemen material, KOROSI dan membahas teknologi produksi pembangunan kapal itu sendiri

setelah berbicara masalah macam2 bidang naval architecture maka pertanyaan selanjutnya prospek kerjanya gimana?
faktanya bahwa pekerjaan di bidang perkapalan ini sangat besar namun lulusan yang ada masih belum mencukupi untuk menutupi kebutuhan terhadap pegawai. oleh karena itu jangan khawatir kalo maslah kerja. 4 bulan setelah lulus dari perkapalan dijamin kerja. kenapa begitu? lulusan perkapalan bisa bekerja di :
1. Galangan kapal so pasti di segala aspek mulai dari pekerja kantoran sampai pekerja lapangan
2. Engineer di bidang selain non perkapalan
3. Badan klasifikasi seperti BKI (biro klasifikasi Indonesia), dll.
4. Badan Consultant mulai dari drawing consultant, construction consultant dll.
5. Pihak Bank , nah kok bisa? faktanya orang bank membutuhkan orang yang mengerti tentang dunia perkapalan dalam melakukan pengawasan pembangunan kapal
6. Owner surveyor, bertugas melaporkan progress report pembangunan kapal / reparasi kapal terhadap pemilik kapal. Akhir akhir ini pihak perminyakan sedang gencar gencarnya dalam pembuatan kapal sehingga bidang ini orang perkapalan bisa masuk dalam perusahaan perminyakan
7. Other Surveyor , mengapa saya namakan other surveyor ? karena ruang lingkup surveyor ini sangat luas mulai dari NDT (non destructive test) surveyor yang memiliki kemampuan PT,MT,UT . coating surveyor (yang konon bayarannya mencapai 10 juta per hari) dan sampai contain surveyor ( yang mensurvey isi volumetric dari suatu barang misalnya batubara yang diangkut dalam barge) dll.


Nb:
TS merupakan dosen di Teknik Perkapalan ITS
untuk yang mau tanya2, mau ngasih project please contact me
ichan_narch@yahoo.co.id


Quote:


THX TO AGAN BILMA
Diubah oleh ronieyuan 21-08-2014 07:32
Orank.BodhoAvatar border
tata604Avatar border
xbangbudiAvatar border
xbangbudi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
110.9K
972
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Teknik
Teknik
KASKUS Official
3KThread1.2KAnggota
Tampilkan semua post
ronieyuanAvatar border
TS
ronieyuan
#387
Quote:


ehmm
jadi kalo perbedaan perlu diklasifikasikan dulu neh gan
kalo kapal kayu terdapat perbedaan yang signifikan

mulai dari proses produksinya
kalo kapal kayu di indonesia
- masih terpengaruh faktor budaya sehingga bentuk dan ukuran rata-rata sama dan jarang memperhatikan teknologi yang ada
- proses pembuatannya dimulai dari kult terlebih dahulu sedangkan kapal di eropa dari gading baru ke kulit
- dikarenakan pengaruh budaya maka galangan tradisional tidak bisa menerima pesanan kapal dari luar daerah atau bahkan tidak dapat membuat ukuran yg lebih besar atau kecil dikarenakan cetakan /mal yang ada tidak sesuai dengan kapal yang akan di rancang

jadi kalo di eropa pembuatan kapal kayu lebih modern gan
kalo disini kan ketika membuat lambung (bending), kayu dipanasi pake api, hal itu akan membuat kayu kehilangan sifat mekanisnya, kalo di sana dikenal dengan metode STEAM / bahasa jawanya digodok kemudian di bending,

yang seharus nya dilakukan oleh pemerintah :
- sosialisasi pembuatan kapal kayu modern mulai dari teknik mendesain, manajemen galangan kapal tradisional sampai teknologi produksi kapal sampai pemasarannya
- mengurangi pengaruh budaya yang ga baik (untuk kapal) sehingga budaya "uka-uka" tersebut dapat dihilangkan sedikit demi sedikit

sebenrnya langkah di atas sudah dilakukan dinas dinas di ********
namun entah mengapa kegiatan tersebut bagi saya sudah ada campur tangan orang yang g bertanggung jawab (maklum lah PNS)

kalo dari kapal baja indonesia sudah maju gan , cuma yang belom memenuhi dari segi manajemen aja, kalo teknologi saya rasa sudah maju
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.