ikie17Avatar border
TS
ikie17
[Garasi Baru] Kaskus Corolla DX User [Kascus]
====================================================================================================

SELAMAT DATANG DI GARASI BARU KASKUS COROLLA DX USER YANG BARU


thx buat agan davi.mahendra buat logonya[/CENTER]


Quote:

====================================================================================================

Quote:



====================================================================================================


Quote:


JOIN NOW

sosial grup kascus


facebook grup kascus

*klik gambar untuk ke tkp emoticon-Embarrassment


[U][SIZE="4"]JOIN JUGA CHAT ROOM


Quote:



Quote:


Diubah oleh ikie17 19-11-2014 10:24
grg.
grg. memberi reputasi
1
520.6K
4.7K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4KASKUS Official
25KThread11.5KAnggota
Tampilkan semua post
lempoiAvatar border
lempoi
#3030
Quote:


e buseeeet jangan sungkem ah om kacam, saya kan masih belia..haha, saya masih awam dan masih belajar soal mesin om...sepuh dx bandoeng mah kang wanjoe sama kang wahyu..hihihi

Quote:


ok om mari kita berbagi pemikiran yah, semoga bisa nambah ilmu dan bermanfaat, kalau ada yang salah minta tolong dibenarkan yah...
setelah browsing sana sini terus mikir sana sini ampe panas nih otak pengen ngerti biar masuk logika, haha lebaaaay...

Spoiler for thermostat:


pertama mari kita perjelas lagi letak terpasangnya si thermostat ini yah, setelah googling ria ternyata tepat sekali apa yang dibilang om ellips, letaknya di outlet manifold bagian bawah, *kira kira itu kali yah istilahnya, hihihi...lebih jelasnya kita lihat gambar berikut

Spoiler for thermostat twin cam:


gambar diatas thermostat di mesin twincam, nyari yang di DX kagak nemu...hehe, tapi pasti sudah terbayang kan?? masih belum?? oke...kalo kita buka kap mesin pasti keliatan kan selang radiator bagian atas..naaaah lihat ujung bagian yang nyambung ke manifold *istilah lainnya adalah babangkongan, haha...kalo kita buka 2 baudnya terus kita buka manifold atasnya maka akan terlihat si thermostat tersebut ada dan menutupi saluran outlet manifold bagian bawah

jelas yah? lanjuuuuut

sekarang mengenai fungsi si thermostat itu, berdasarkan hasil temuan googling fungsi dari thermostat adalah "menjaga temperatur kerja mesin dikisaran 85-90 derajat celcius", thermostat baru mulai bekerja pada temperatur 85 derajat, mengapa demikian? sebelumnya mari kita lihat bagian-bagian si thermostat itu dulu biar ga bingung yah, ahaha

Spoiler for thermostat:


jadi dalam kondisi mesin dingin otomatis air juga masih dingin yah, maka thermostat valve akan berada di posisi menutup, artinya air yang dipompakan oleh water pump hanya akan disirkulasikan ke blok mesin terus melewati lubang bypass dan kembali ke waterpump tanpa melewati radiator, disinilah fungsi lain dari thermostat itu yaitu menghalangi air agar jangan dulu masuk ke radiator sehingga pada saat heating up mesin atau pada saat kita manasin mesin temperatur kerja cepat tercapai di kisaran 85-90 derajat celcius, apabila temperatur air sudah mencapai 85 derajat maka thermostat valve akan membuka ke arah bawah atau menekan spring (per) sehingga air bisa mengalir melewati valve tersebut, ini berarti ada air yang masuk ke radiator untuk didinginkan, sehingga temperatur kerja akan bertahan di kisarannya, sebaliknya jika temperatur air turun kurang dari 85 derajat maka valve akan kembali menutup, membuka dan menutupnya valve tersebut juga berpengaruh pada membuka dan menutupnya saluran bypass, berbanding terbalik...pada saat thermostat valve membuka maka saluran bypass akan tertutup, begitu pun sebaliknya

pasti masih bingung penjelasannya, ini maksudnya apaaa? hubungannya sama mengatur temperatur mesin apa? hehe, jawab pake logika yah

temperatur mesin diindikasikan oleh temperatur air, mengapa demikian...karna sensor yang kita punya membaca temperatur air bukan membaca temperatur blok mesin...

mmmmm, apalagi ya?? posisi udah, penjelasan sm fungsi udah, saatnya quiiiiz...hahaha, tambahan aja kali yah

Spoiler for gambar waterpump:


A. Saluran inlet waterpump dari selang radiator bawah
B. Saluran Bypass
C. Saluran buntu (masih blom tau nih apa fungsinya *dibantu yah)

kemungkinan kebanyakan orang melepas thermostat mungkin karna kekhawatiran thermostat sudah gak berfungsi atau udah ga bisa kerja sesuai fungsinya, jadi sirkulasi ke radiator akan tertutup menyebabkan gak ada proses pendinginan oleh radiator..IMHO

saran : kalo pengen bongkar manifold bagian bawah (istilahnya om ellips mah housing) buat pasang thermostat hati-hati buka baudnya, jangan sampe kejadian baudnya patah kaya saya emoticon-Hammer2, bwahaahaa...baud patah ketinggalan di blok mesin, alhasil blok mesin dibongkar terus dibawa ke tukang las dan bubut biar baudnya bisa lepas...*betapa bodohnya..., tapi kalo cuma buat pasang thermostat gak perlu dibongkar dulu housingnya sebenernya...hehe, ati2 juga niat mau pasang thermostat malah housingnya retak atau rusak, nyari spare part yang satu ini susahnya setengah mati, gak ada dimana2...

pertanyaan yang mungkin muncul : "terus kalo misalnya thermostat masih ada gmana cara ngecek kondisinya masih bagus apa ga?" , gampang om caranya, lepas dulu thermostatnya terus rebus di panci, ntar liat pas air mendidih valvenya ngebuka apa gak..hehehehe

sekian ah dari saya, kalo masih bingung segera hubungi om resnowoatau segera kabur ke bengkel spesialis, bwahahaha...

maaf kalo ada kata-kata yang salah, semata-mata berbagi pemikiran dan semoga ada manfaatnya, gak nolak kalo dikasih segelas emoticon-Blue Guy Cendol (L) segar...hahahahaha
0
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.