![angel3wijaya](https://s.kaskus.id/user/avatar/2009/04/16/avatar801505_2.gif)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
TS
angel3wijaya
[share] Serat Hidayat Jati
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Assalamu'alaikum.wr.wb
![★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★](https://dl.kaskus.id/i581.photobucket.com/albums/ss258/angel3wijaya/salaman2.gif)
Assalamu'alaikum.wr.wb
![★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★](https://dl.kaskus.id/i581.photobucket.com/albums/ss258/angel3wijaya/salaman2.gif)
Quote:
Sebelumnya saya mohon ijin posting kepada momods & para sesepuh budaya semua.
Saya bermaksud untuk sharing mengenai Serat Hidayat Jati yang banyak dianggap sebagai petunjuk
sejati yang menjelaskan kedudukan ilmu marifat yang lahir dari ajaran para Wali ditanah Jawa.
Tulisan ini saya salin dari buku Penelitian dan Pengkajian Serat Hidayat Jati, yang bersumber dari Buku milik Kantor Balai Kajian Sejarah & Nilai Tradisonal di Yogyakarta, jadi mungkin ada perbedaan susunan & bahasanya dari kitab Serat Hidayat Jati yang lain.
semua ini adalah suatu upaya untuk melestarikan, memelihara & mengembangkan warisan budaya bangsa, bukan untuk membahas kebatinan atau agama tertentu. Jadi mohon maaf kepada para sesepuh sekalian jika mungkin saya tidak akan bisa menjawab pertanyaan yang sangat mendalam tentang isi buku ini
Sekilas Tentang Kitab Serat Hidayat Jati
Quote:
Kitab Serat Hidayat Jati merupakan salah sebuah karya sastra seorang pujangga besar di Surakarta, yaitu R. Ng. Ranggawarsita yang mendapat gelar pujangga penutup di kraton Surakarta, isi didalamnya berupa petunjuk-petunjuk atau pengetahuan tentang hubungan manusia dengan keyakinan yang dalam penerapannya lebih bersifat spiritual serta berisi pelajaran tentang nilai-nilai kerohanian yang dapat dipakai sebagai usaha mencerdaskan manusia dalam menelaah identitas manusia itu sendiri, untuk memahami buku ini pembaca harus sudah membekali diri secara bijaksana agar tidak salah mengerti yang menyebabkan perdebatan tak berujung, disamping itu buku ini merupakan Ilmu pengetahuan yang sangat berguna sebagai suatu perbendaharaan hidup, semoga amanat yang terkandung didalamnya dapat menggugah kalbu, menghayati serta berkenan melaksanakan dan menyebar luaskan dengan arif dan bijaksana
Wassalamu'alaikum.wr.wb
Sumber Tulisan
![★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★](https://dl.kaskus.id/i581.photobucket.com/albums/ss258/angel3wijaya/sumber.jpg)
Sumber
Quote:
Praktek dan Maksud terpendam dalam Materi diluar tanggung jawab penulis
Dalam hal ini saya mohon pengertian, tidak ada kewajiban ts untuk menjelaskan apa maksud materi yang terkandung didalamnya, buku ini saya sajikan sebagai sebuah bentuk kitab budaya, dan mengenai isi buku tsb, saya serahkan kepada masing masing pihak yang membacanya
Dalam hal ini saya mohon pengertian, tidak ada kewajiban ts untuk menjelaskan apa maksud materi yang terkandung didalamnya, buku ini saya sajikan sebagai sebuah bentuk kitab budaya, dan mengenai isi buku tsb, saya serahkan kepada masing masing pihak yang membacanya
0
25.9K
Kutip
305
Balasan
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
![Budaya](https://s.kaskus.id/r200x200/ficon/image-389.png)
Budaya![KASKUS Official KASKUS Official](https://s.kaskus.id/kaskus-next/next-assets/images/icon-official-badge.svg)
2.3KThread•1.1KAnggota
Tampilkan semua post
![agung.wijaya](https://s.kaskus.id/user/avatar/2011/11/11/avatar3640686_3.gif)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
agung.wijaya
#194
Spoiler for Warahing Maklumat Jati bag. 4:
[quote=][quote=]
Warahing Maklumat Jati bag. 4
Dene sarananipun manawi memule kados ingkang kapratelakaken ing ngandhap punika.
1.\tKangjeng Nabi Muhammad Rosulolah memulenipun sekul wuduk ulam lembaran ayam pethak sarem tamper lombok ijo, terong dhahar woh-wohan mawi sekar konyoh.
2.\tKangjeng Susuhunan ing Ngampeldenta memulenipun sekul abrit, panggang wader, sarem tamper.
3.\tKangjeng Susuhunan Benag memulenipun sekul liwet, jangan munggul, wur-wur bekatul. (munngul=manggul)
4.\tKangjeng Susuhunan Kalijaga memulenipun sekul jangan gedong kangkung, godhong sentul, godhong senting, godhong ranti, godhong woh kudhu, sambel pecel lele, bakaran dhendhen gepuk, (sekul punar loncom kedhele tanpa trasi), bakaran gereh, bakaran balur.
5.\tKangjeng Sultan Demak ingkang pungkasan, memulenipun sekul punar oncom, samel kedhele tanpa trasi.
6.\tKangjeng Sultan Hadiwijaya ing Pajang, memulenipun sekul wuduk, dhaharan arang-arang kambang.
7.\tKangjeng Panembahan Senapati ingalaga Mentawis, memulenipun sekul pera garengan ulam tombra, sekul golong, pecel ayam, jangan menir.
8.\tIngkang Sinuwun Kangjeng Sultan Agung Anyakrakesuma ing mentawis, memulenipun dhaharan ketan salak, ulam pindhang amesa utawi ayam, sekul holong, pecel ayam, jangan menir.
Adapun syarat untuk selalu menghormatinya, terurai seperti dibawah ini :
1.\tKanjeng Nabi Muhammad Rasulullah dihormati dengan sesaji berupa nasi uduk, lembaran daging ayam putih, garam tamper (halus), lombok hijau, terong, buah-buahan dan bungan konyoh.
2.\tKanjeng Sunan di ampeldenta, dengan sesaji berupa nasi merah, panggang wader dan garam halus.
3.\tKanjeng Sunan Bonang, dengan sesaji nasi liwet, jenang manggul dan taburan bekatul.
4.\tKanjeng Sunan Kalijaga, dengan sesaji nasi sayur daun kangkung, daun sentul, daun senting, daun ranti, buah kudhu, sambal pecel lele, bakaran dendeng gepuk (nasi punar, oncom, sambal kedelai tanpa terasi.
5.\tKanjeng Sultan Demak yang terakhir, sesaji berupa nasi punar loncom, sambal kedelai tanpa terasi.
6.\tKanjeng Sultan Hadiwijaya di Pajang, sesaji berupa nasi uduk, penganan arang-arang kambang.
7.\tKanjeng Panembahan Senapati dengan sesaji nasi pera, gorengan ikan tambra, nasi golong, pecel ayam, sayur menir.
8.\tKanjeng Sultan Agung Anyakrakusuma, sesajinya berupa ketan salak, pindang daging kerbau atau ayam, nasi golong, pecel ayam, sayur menir.
Sedaya punika pangepangipun manawi sampun luwar saking panekungan ing wanci subuh, bibaring kendhuren lajeng tindak mubeng-mubeng sak sajiwining pakarangan, angupadosi cipta sasmitaning Pangeran Kang Maha Suci ingkang Kenging karaosaken.
Semua tadi dikenduri setelah selesai bersemedi di waktu subuh. Seusai kenduri lalu berjalan keliling diluar halaman, mencari tanda-tanda gaib dari Allah Yang Maha Suci yang dapat dirasakan.
Menggah patraingpanekungan punika manawi sampun lenyeh (lanyah), kenging kacancudaken mboten mawi angengirangi dhahar sare sak panunggalanipun, awit tafakur pejah raga anutupi babahan hawa sanga kemawon, ing salajengipun tanpa milih papan kaliyan wancining panekungan, serta mboten ngangge sarana punapa-punapa, angger karaos sumenteng ing dalem cipta sarta kenceng pamelenging pangesthi, inggih punika anandhakaken badhe katarimah.
Sedang mengenai cara mengheningkan cipta, apabila sudah mahir dapat diringkas tanpa mengurangi makan, tidur dan sebagainya. Sebab tafakur mematikan jasmani secara menutup sembilan pintu hawa itu sudah cukup sama saja. Selanjutnya memilih tempat dan waktu untuk bersemedi, disini tidak memerlukan satu syarat, asal didalam sudah terasa mantap dan kuat, menyatu dalam pikiran, maka itu suatu tanda bahwa permohonannya akan terkabul.
Dene prayoginipun anglantihaken panekungan punika, sageda kalampahan ing dalem sak wulam sepisan, mbotenipun amung sabening dinten ijabah kemawon sampun ngantos katowongan, kados ingkang kapratelakaken ngandhap punika :
a.\tWulan Muharam\tijabahipun tanggal 9 lan 10
b.\tWulan Mulud\t\tijabahipun tanggal 12
c.\tWulan Rejeb\t\tijabahipun tanggal 27
d.\tWulan Ruwah\t\tijabahipun tanggal 14
e.\tWulan Pasa (Siyam)\tijabahipun tanggal 21, 23, 25, 29
f.\tWulan Besar\t\tijabahipun tanggal 8 lan 9
Sanesipun sepen sami tanpa dinten ijabah. Kajawi ijabah ngideni, tegesipun ari raya Ramelan utawi Dulkijah, wonten malih ijabah wektu. Wancinipun ing dalem sedalu kaping sekawan.
a.\tIng wanci serap surya.
b.\tIng wanci bangun eling.
c.\tIng wanci dalu.
d.\tIng wanci tengange leres.
Punika waktunipun panggenan anenuwun ing Pangeran kita.
Bahkan seyogyanya terus melatih diri dalam semedi agar dapat terlaksana, dilakukan sebulan sekali. Setidak-tisaknya tiap hari ijabah 9berdo’a agar lebih terkabul), seperti dibawa ini
a.\tBulan Muharam (Sura) ijabah tanggal 9 & 10
b.\tBulan Maulud (Mulud) tanggal 12
c.\tBulan Rajab (Rejeb) tanggal 27
d.\tBulan Sya’ban (ruwah) tanggal 15
e.\tBulan Ramadhan (Puasa) tanggal 21, 23, 25 , 29
f.\tBulan Dulhijah (Besar) tanggal 8 & 9
Bulan-bulan yang lain kosong, tak ada hari ijabah. Kecuali ijabah kabul, yang berarti hari raya Ramelan (Puasa) atau Dulhijah (Besar). Ada lagi ijabah waktu dan saatnya 4 kali dalam semalam.
a.\tSaat matahari terbenam.
b.\tSaat matahari terbit
c.\tSaat malam hari
d.\tSaat matahari sepenggalah
Inilah saat-saat dan tempat untuk mohon kepada Tuhan kita.[/quote][/quote]
Quote:
Warahing Maklumat Jati bag. 4
Dene sarananipun manawi memule kados ingkang kapratelakaken ing ngandhap punika.
1.\tKangjeng Nabi Muhammad Rosulolah memulenipun sekul wuduk ulam lembaran ayam pethak sarem tamper lombok ijo, terong dhahar woh-wohan mawi sekar konyoh.
2.\tKangjeng Susuhunan ing Ngampeldenta memulenipun sekul abrit, panggang wader, sarem tamper.
3.\tKangjeng Susuhunan Benag memulenipun sekul liwet, jangan munggul, wur-wur bekatul. (munngul=manggul)
4.\tKangjeng Susuhunan Kalijaga memulenipun sekul jangan gedong kangkung, godhong sentul, godhong senting, godhong ranti, godhong woh kudhu, sambel pecel lele, bakaran dhendhen gepuk, (sekul punar loncom kedhele tanpa trasi), bakaran gereh, bakaran balur.
5.\tKangjeng Sultan Demak ingkang pungkasan, memulenipun sekul punar oncom, samel kedhele tanpa trasi.
6.\tKangjeng Sultan Hadiwijaya ing Pajang, memulenipun sekul wuduk, dhaharan arang-arang kambang.
7.\tKangjeng Panembahan Senapati ingalaga Mentawis, memulenipun sekul pera garengan ulam tombra, sekul golong, pecel ayam, jangan menir.
8.\tIngkang Sinuwun Kangjeng Sultan Agung Anyakrakesuma ing mentawis, memulenipun dhaharan ketan salak, ulam pindhang amesa utawi ayam, sekul holong, pecel ayam, jangan menir.
Adapun syarat untuk selalu menghormatinya, terurai seperti dibawah ini :
1.\tKanjeng Nabi Muhammad Rasulullah dihormati dengan sesaji berupa nasi uduk, lembaran daging ayam putih, garam tamper (halus), lombok hijau, terong, buah-buahan dan bungan konyoh.
2.\tKanjeng Sunan di ampeldenta, dengan sesaji berupa nasi merah, panggang wader dan garam halus.
3.\tKanjeng Sunan Bonang, dengan sesaji nasi liwet, jenang manggul dan taburan bekatul.
4.\tKanjeng Sunan Kalijaga, dengan sesaji nasi sayur daun kangkung, daun sentul, daun senting, daun ranti, buah kudhu, sambal pecel lele, bakaran dendeng gepuk (nasi punar, oncom, sambal kedelai tanpa terasi.
5.\tKanjeng Sultan Demak yang terakhir, sesaji berupa nasi punar loncom, sambal kedelai tanpa terasi.
6.\tKanjeng Sultan Hadiwijaya di Pajang, sesaji berupa nasi uduk, penganan arang-arang kambang.
7.\tKanjeng Panembahan Senapati dengan sesaji nasi pera, gorengan ikan tambra, nasi golong, pecel ayam, sayur menir.
8.\tKanjeng Sultan Agung Anyakrakusuma, sesajinya berupa ketan salak, pindang daging kerbau atau ayam, nasi golong, pecel ayam, sayur menir.
Sedaya punika pangepangipun manawi sampun luwar saking panekungan ing wanci subuh, bibaring kendhuren lajeng tindak mubeng-mubeng sak sajiwining pakarangan, angupadosi cipta sasmitaning Pangeran Kang Maha Suci ingkang Kenging karaosaken.
Semua tadi dikenduri setelah selesai bersemedi di waktu subuh. Seusai kenduri lalu berjalan keliling diluar halaman, mencari tanda-tanda gaib dari Allah Yang Maha Suci yang dapat dirasakan.
Menggah patraingpanekungan punika manawi sampun lenyeh (lanyah), kenging kacancudaken mboten mawi angengirangi dhahar sare sak panunggalanipun, awit tafakur pejah raga anutupi babahan hawa sanga kemawon, ing salajengipun tanpa milih papan kaliyan wancining panekungan, serta mboten ngangge sarana punapa-punapa, angger karaos sumenteng ing dalem cipta sarta kenceng pamelenging pangesthi, inggih punika anandhakaken badhe katarimah.
Sedang mengenai cara mengheningkan cipta, apabila sudah mahir dapat diringkas tanpa mengurangi makan, tidur dan sebagainya. Sebab tafakur mematikan jasmani secara menutup sembilan pintu hawa itu sudah cukup sama saja. Selanjutnya memilih tempat dan waktu untuk bersemedi, disini tidak memerlukan satu syarat, asal didalam sudah terasa mantap dan kuat, menyatu dalam pikiran, maka itu suatu tanda bahwa permohonannya akan terkabul.
Dene prayoginipun anglantihaken panekungan punika, sageda kalampahan ing dalem sak wulam sepisan, mbotenipun amung sabening dinten ijabah kemawon sampun ngantos katowongan, kados ingkang kapratelakaken ngandhap punika :
a.\tWulan Muharam\tijabahipun tanggal 9 lan 10
b.\tWulan Mulud\t\tijabahipun tanggal 12
c.\tWulan Rejeb\t\tijabahipun tanggal 27
d.\tWulan Ruwah\t\tijabahipun tanggal 14
e.\tWulan Pasa (Siyam)\tijabahipun tanggal 21, 23, 25, 29
f.\tWulan Besar\t\tijabahipun tanggal 8 lan 9
Sanesipun sepen sami tanpa dinten ijabah. Kajawi ijabah ngideni, tegesipun ari raya Ramelan utawi Dulkijah, wonten malih ijabah wektu. Wancinipun ing dalem sedalu kaping sekawan.
a.\tIng wanci serap surya.
b.\tIng wanci bangun eling.
c.\tIng wanci dalu.
d.\tIng wanci tengange leres.
Punika waktunipun panggenan anenuwun ing Pangeran kita.
Bahkan seyogyanya terus melatih diri dalam semedi agar dapat terlaksana, dilakukan sebulan sekali. Setidak-tisaknya tiap hari ijabah 9berdo’a agar lebih terkabul), seperti dibawa ini
a.\tBulan Muharam (Sura) ijabah tanggal 9 & 10
b.\tBulan Maulud (Mulud) tanggal 12
c.\tBulan Rajab (Rejeb) tanggal 27
d.\tBulan Sya’ban (ruwah) tanggal 15
e.\tBulan Ramadhan (Puasa) tanggal 21, 23, 25 , 29
f.\tBulan Dulhijah (Besar) tanggal 8 & 9
Bulan-bulan yang lain kosong, tak ada hari ijabah. Kecuali ijabah kabul, yang berarti hari raya Ramelan (Puasa) atau Dulhijah (Besar). Ada lagi ijabah waktu dan saatnya 4 kali dalam semalam.
a.\tSaat matahari terbenam.
b.\tSaat matahari terbit
c.\tSaat malam hari
d.\tSaat matahari sepenggalah
Inilah saat-saat dan tempat untuk mohon kepada Tuhan kita.
0
Kutip
Balas