TS
angel3wijaya
[share] Serat Hidayat Jati
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Assalamu'alaikum.wr.wb
Assalamu'alaikum.wr.wb
Quote:
Sebelumnya saya mohon ijin posting kepada momods & para sesepuh budaya semua.
Saya bermaksud untuk sharing mengenai Serat Hidayat Jati yang banyak dianggap sebagai petunjuk
sejati yang menjelaskan kedudukan ilmu marifat yang lahir dari ajaran para Wali ditanah Jawa.
Tulisan ini saya salin dari buku Penelitian dan Pengkajian Serat Hidayat Jati, yang bersumber dari Buku milik Kantor Balai Kajian Sejarah & Nilai Tradisonal di Yogyakarta, jadi mungkin ada perbedaan susunan & bahasanya dari kitab Serat Hidayat Jati yang lain.
semua ini adalah suatu upaya untuk melestarikan, memelihara & mengembangkan warisan budaya bangsa, bukan untuk membahas kebatinan atau agama tertentu. Jadi mohon maaf kepada para sesepuh sekalian jika mungkin saya tidak akan bisa menjawab pertanyaan yang sangat mendalam tentang isi buku ini
Sekilas Tentang Kitab Serat Hidayat Jati
Quote:
Kitab Serat Hidayat Jati merupakan salah sebuah karya sastra seorang pujangga besar di Surakarta, yaitu R. Ng. Ranggawarsita yang mendapat gelar pujangga penutup di kraton Surakarta, isi didalamnya berupa petunjuk-petunjuk atau pengetahuan tentang hubungan manusia dengan keyakinan yang dalam penerapannya lebih bersifat spiritual serta berisi pelajaran tentang nilai-nilai kerohanian yang dapat dipakai sebagai usaha mencerdaskan manusia dalam menelaah identitas manusia itu sendiri, untuk memahami buku ini pembaca harus sudah membekali diri secara bijaksana agar tidak salah mengerti yang menyebabkan perdebatan tak berujung, disamping itu buku ini merupakan Ilmu pengetahuan yang sangat berguna sebagai suatu perbendaharaan hidup, semoga amanat yang terkandung didalamnya dapat menggugah kalbu, menghayati serta berkenan melaksanakan dan menyebar luaskan dengan arif dan bijaksana
Wassalamu'alaikum.wr.wb
Sumber Tulisan
Sumber
Quote:
Praktek dan Maksud terpendam dalam Materi diluar tanggung jawab penulis
Dalam hal ini saya mohon pengertian, tidak ada kewajiban ts untuk menjelaskan apa maksud materi yang terkandung didalamnya, buku ini saya sajikan sebagai sebuah bentuk kitab budaya, dan mengenai isi buku tsb, saya serahkan kepada masing masing pihak yang membacanya
Dalam hal ini saya mohon pengertian, tidak ada kewajiban ts untuk menjelaskan apa maksud materi yang terkandung didalamnya, buku ini saya sajikan sebagai sebuah bentuk kitab budaya, dan mengenai isi buku tsb, saya serahkan kepada masing masing pihak yang membacanya
0
25.9K
Kutip
305
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Budaya
2.3KThread•1.1KAnggota
Tampilkan semua post
agung.wijaya
#193
Spoiler for Warahing Maklumat Jati bag. 3:
[quote=][quote=]
Warahing Maklumat Jati bag. 3
menggah liring bebasan tigang pangkat ingkang sampun kasebut nginggil punika saestunipun inggih saking kodrat iradating dat kita sedaya, sampun uwas sumelang ing galih, bokmanawi kenging pambangusing ambarang barongan.
Dene babaring gesang kita ingkang mawi pepangkatan dumunung ing dalem pitung kahanan wau, manawi kagreba papangkatanipun punika amung dumunung ing dalem tigang kahanan, inggih minongka warananing dat, dados wahananing sipat asma apngal kita sedaya. Kapratelakaken ing ngandhap punika urutipun satunggal-satunggal.
1.\tRoh, dipun wastani atma, dados wahananing gesang, anglimputi ing dalem sarira kita, amengku jamaning akirat.
2.\tMalaekat, dipun wastani pramana, dados wahananing gesang, angreksa indhak lumungsuripun ing dalem sarira kita, amengku jamaning alam sumpena.
3.\tSetan, tananging dede eblis laknat, inggih punika napsu, dipun wastani hawa, dados kahananing gesang, anyolahakening karkatipun ing dalem sarira kita, amengku jamaning alam donya.
Mengenai arti tiga macam pribahasa tadi sebenarnya semua atas dasar kehendak dat. Tidak perlu khawatir apa bila terkena godaan.
Adapun kenyataan hidup yang terungkap dalam tujuh tingkatan tadi, jika di artikan hanya berada dalam tiga macam tingkatan yaitu tirai dat. Menjadika adanya sebutan bagi semua sifat afngal kita, dibawah inilah jelasnya satu demi satu.
1.\tRoh disebut menjadikan adanya hidup, meliputi diri kita, mengalami jaman alam akhirat.
2.\tMalaikat disebut pramana, menjadikan adanya hidup, menjaga keseimbangan diri kita, menjalani jaman alam mimpi.
3.\tSetan, tetapi bukan iblis laknat, yaitu nafsu yang disebut hawa, menjadikan adanya hidup, menggerakan semua kekuatan didalam diri kita, mengalami alam dunia nyata.
Menggah santosaning pangesthi kayektosaken ingkang dados tandhanipun punika manawi pinusus sak lebeting getih sarwi manekung anungku semedi, pineleng enggenipun aneges karsaning tikidipun muhung amesu cipta lajeng amarsudi karsa. Adat ingkang sampun kalampahan wonten mangunah dhateng kabekta ing utusan medal saking sarira kita kang amaha mulya amawa tandha katingal saking pramananing netra, karaos ing dalem rahsa. Nalika ing riku manawi katarima ingkang cinipta dados, ingkang sinedya wonten, ingkang kinarsan dhateng saking marmaning kang Kawasa.
Mengenai kuatnya pemusatan pikiran dapat dilihat dari tanda-tanda, bahwa apabila itu dipusatkan didalam hati seraya memusatkan batin dengan khusyu, mengheningkan cipta, menyampaikan kehendak, maka adat yang telah berlaku biasanya ada kelebihan khusus yang terbawa keluar dari badan kita, yang maha mulia ini. Dapat terbukti dari awasnya penglihatan yang terasa didalam rasa. Pada saat itulah apa yang dicitakan akan terjadi, apa yang diinginkan terlaksana, ya semua itu atas kemurahan Yang Maha Kuasa.
Dene pratilekelipun manawi badhe manekung saking wasiyat dalem kangjeng Panembahan Senapati ingalaga kados ing ngandhap punika ngalatihipun.
Wiwit ngengirangi dhahar sare, anyegah sahwat ambirat napsu hawa ing dalem sawatwis dinten, laejng siyam anglowong sarta ambisu ing dalem tigang dinten tigang dalu, mboten kenging angemu sak serik duka cipta. Manawi siyamipun kantun sedinten sadalu sampun ngantos sare, sareng ing wanci tengah dalu siram lajeng ngagem busana ingkang sarwa suci, sarta kekonyoh gonda wida jebat wangi, adedupa majeng ngetan utawi mangilen angajengaken keblatipun piyambak.
Adapun sewaktu hendak memusatkan pikiran (semedi), atas petunjuk Panembahan Senopati cara melatihnya sebagai berikut.
Di awali dengan mengurangi makan dan tidur, serta mencegah senggama, menguasai hawa nafsu, demikian berlaku beberapa hari. Selanjutnya melakukan puasa dan membisu selama tiga hari tiga malam, tidak boleh memendam rasa sakit hati dan sedih hati. Jika puasanya tinggal sehari jangan tidur, dan di saat tengah malam harus mandi, lalu kenakan baju serba bersih dan lumuri bebauan yang harum (wangi). Kemudian membakar setanggi/kemenyan sambil menghadap ke timur atau ke barat, menurut kiblatnya sendiri, yaitu di dada.
Inggih punika ing jaja, anutupi babahan hawa sanga, wonten kadulu sampun dipun tingali, wonten kapiyarsa sampun kamirengaken, wonten gonda sampun kaambet, wonten wiraos sampun kasauran, wonten karaos punapa-punapa sampun dipun raosaken, lajeng amepeta turas sarta ngampeta sarit kaliyan sesuker.
Dene patrapipun lenggah pituker, jempol suku kapanggihaken kaliyan sami jempol suku den rapet. Polok kapanggihaken sami polok den gathuk, jengku kapanggihaken sami jengku den rapet. Pajaleran palandungan sinipat kaliyan jempol suku den leres sampun ngantos katindhihan. Nunten asta kalih angrangkul jengku atrap sidhakep suku tunggal, darijining asta sami antuking selaning driji kados anga purancang, jempol asta jinejer lajeng winawas kaliyan pucuking grana, nunten lidhah katekuk manginggil, lathi kaingkemaken, sarta lajeng anata panjing wedaling napas tanapas, anpas, nupus, sampun ngantos tumpang suh kumpulipun dados satunggal.
Setelah dinihari mulai menjalankan tafakur dan mematikan jasmani, menutupi sembilan pintu hawa. Bila ada sesuatu terlihat jangan dipandang, ada suara jangan didengar, ada bau jangan dicium. Ada pembicaraan jangan disahuti, ada sesuatu yang terasa jangan dirasakan. Kemudian harus dapat menahan rasa ingin buang air kecil, kentut dan buang air besar.
Mengenai cara duduk tafakur, ibu jari kanan dan kiri rapat diketemukan. Polok (tulang kemiri, dekat tumit) sebelah kiri dan kanan ditempelkan rapat, demikian pula kedua lutut ditemukan rapat. Pelir dan kandungan pelir diluruskan segaris dengan ibu jari kaki, jangan sampai tertindih. Selanjutnya kedua tangan merangkul lutut tadi, bersikap sedakep suku tunggal. Jari-jari tangan saling bertemu di antara sela-sela jari seperti ngapurancang, ibu jari tangan di sejajarkan, lau dipandang ujung hidung. Selanjutnya lidah ditekuk keatas mulut tertutup, lalu mengatur keluar masuknya nafas, antara menarik, menahan dan mengeluarkan bafas, berkumpulnya menjadi satu jangan sampai campur aduk.
Ingriku tinarik saking kiwa demugi ing puser kendel sak watawis dangunipun, lajeng katurunaken nengen medaling lenging grana tengen demugi ing puser kendel sawatawis dangunipun, lajeng katurunaken mangiwa medal ing lenging grana kiwa ingkang alon sampun ngantos kasesa, ambal kaping tiga makaten panariking napas. Ing wekasanipun amanawi sampun sareh anarika napas malih saking kiwa mubeng manengen, saking tengen mubeng mangiwa, kakumpulaken dados satunggal ing puser, lajeng katarik manginggil malih ingkang alon-alon kendel tinata ing jaja, lajeng katarik manginggil malih ingkang leres ingkang sareh, kendel tinata ing sirah. Ingriku angeningaken cipta sarwi osik amatrapaken panjenenganing Dat kita, kados makaten :
“ Ingsun tajalining Dat Kang Amaha Suci, Kang Amurba Amisesa, Kang Angandika kun fayakun, dadi sak ciptaningsun, teka saka karsaningsun, Aku metu saka ing kodratingsun”.
Manawi sampun makaten, nunten epek-epektipun asta kiwaka kempit ing cangklakan tengen, epek-epeking sta tengen kakempit ing cangklakan kiwa, lajeng angeningaken cipta. Adat sami sak nalika kemawon kayektosan ingkang dados tandhanipun, katinggal saking pramananing netra, karaos ing dalaem rahsa. Nunten panariking napas katurunaken medal lenging grana kalih pisan ingkang alon sampun ngantos kasesa, ing wekasan pasrah analongsa dhateng Dat kita pribadi.
Disini nafas ditarik dari sebelah kiri sampai pusar berhenti beberapa lama, lalu diturunkan keluar melalui lubang hidung kanan, sampai dipusar berhenti lagi beberapa lama, kemudian diturunkan ke kiri melalaui lubang hidung kiri, secara perlahan-lahan, tidak perlu tergesa-gesa, penarikan nafas tersebut dilakukan hingga tiga kali. Akhirnya apabila sudah tenang, tarik nafas lagi dari kiri berputar ke kanan, dari kanan berputar kekiri, dikumpulkan jadi satu dipusar, lalu ditarik lagi keatas perlahan-lahan, berhenti & di atur di dada, lalu tarik lagi ke atas dengan benar dan tenang, kemudian berhenti dan diatur dikepala. Disitu heningkanlah cipta (perasaan), seraya mengetrapkan hadirnya dat kita seperti demikian :
“ Aku ini tajali dat Yang Maha Suci yang berwenang, berkuasa, yang berkata kun fayakun dan terjadilah apa yang diciptakan, berasal dari kehendakku, yang keluar dari kodratku”.
Sesudah itu maka telapak tangan kiri dikempit diketiak kanan, telapak tangan kanan dikempit diketiak kiri, lalu mengheningkan cipta.
Biasanya seketika itu juga terlihat tanda-tanda dari tajamnya penglihatan (bathin) yang terasa dalam rasa. Kemudian tarikan nafas diturunkan perlahan-lahan dari kedua lubang hidung, tidak perlu tergesa-gesa, dan pada akhir pasrah kepada dat kita pribadi[/quote][/quote]
Quote:
Warahing Maklumat Jati bag. 3
menggah liring bebasan tigang pangkat ingkang sampun kasebut nginggil punika saestunipun inggih saking kodrat iradating dat kita sedaya, sampun uwas sumelang ing galih, bokmanawi kenging pambangusing ambarang barongan.
Dene babaring gesang kita ingkang mawi pepangkatan dumunung ing dalem pitung kahanan wau, manawi kagreba papangkatanipun punika amung dumunung ing dalem tigang kahanan, inggih minongka warananing dat, dados wahananing sipat asma apngal kita sedaya. Kapratelakaken ing ngandhap punika urutipun satunggal-satunggal.
1.\tRoh, dipun wastani atma, dados wahananing gesang, anglimputi ing dalem sarira kita, amengku jamaning akirat.
2.\tMalaekat, dipun wastani pramana, dados wahananing gesang, angreksa indhak lumungsuripun ing dalem sarira kita, amengku jamaning alam sumpena.
3.\tSetan, tananging dede eblis laknat, inggih punika napsu, dipun wastani hawa, dados kahananing gesang, anyolahakening karkatipun ing dalem sarira kita, amengku jamaning alam donya.
Mengenai arti tiga macam pribahasa tadi sebenarnya semua atas dasar kehendak dat. Tidak perlu khawatir apa bila terkena godaan.
Adapun kenyataan hidup yang terungkap dalam tujuh tingkatan tadi, jika di artikan hanya berada dalam tiga macam tingkatan yaitu tirai dat. Menjadika adanya sebutan bagi semua sifat afngal kita, dibawah inilah jelasnya satu demi satu.
1.\tRoh disebut menjadikan adanya hidup, meliputi diri kita, mengalami jaman alam akhirat.
2.\tMalaikat disebut pramana, menjadikan adanya hidup, menjaga keseimbangan diri kita, menjalani jaman alam mimpi.
3.\tSetan, tetapi bukan iblis laknat, yaitu nafsu yang disebut hawa, menjadikan adanya hidup, menggerakan semua kekuatan didalam diri kita, mengalami alam dunia nyata.
Menggah santosaning pangesthi kayektosaken ingkang dados tandhanipun punika manawi pinusus sak lebeting getih sarwi manekung anungku semedi, pineleng enggenipun aneges karsaning tikidipun muhung amesu cipta lajeng amarsudi karsa. Adat ingkang sampun kalampahan wonten mangunah dhateng kabekta ing utusan medal saking sarira kita kang amaha mulya amawa tandha katingal saking pramananing netra, karaos ing dalem rahsa. Nalika ing riku manawi katarima ingkang cinipta dados, ingkang sinedya wonten, ingkang kinarsan dhateng saking marmaning kang Kawasa.
Mengenai kuatnya pemusatan pikiran dapat dilihat dari tanda-tanda, bahwa apabila itu dipusatkan didalam hati seraya memusatkan batin dengan khusyu, mengheningkan cipta, menyampaikan kehendak, maka adat yang telah berlaku biasanya ada kelebihan khusus yang terbawa keluar dari badan kita, yang maha mulia ini. Dapat terbukti dari awasnya penglihatan yang terasa didalam rasa. Pada saat itulah apa yang dicitakan akan terjadi, apa yang diinginkan terlaksana, ya semua itu atas kemurahan Yang Maha Kuasa.
Dene pratilekelipun manawi badhe manekung saking wasiyat dalem kangjeng Panembahan Senapati ingalaga kados ing ngandhap punika ngalatihipun.
Wiwit ngengirangi dhahar sare, anyegah sahwat ambirat napsu hawa ing dalem sawatwis dinten, laejng siyam anglowong sarta ambisu ing dalem tigang dinten tigang dalu, mboten kenging angemu sak serik duka cipta. Manawi siyamipun kantun sedinten sadalu sampun ngantos sare, sareng ing wanci tengah dalu siram lajeng ngagem busana ingkang sarwa suci, sarta kekonyoh gonda wida jebat wangi, adedupa majeng ngetan utawi mangilen angajengaken keblatipun piyambak.
Adapun sewaktu hendak memusatkan pikiran (semedi), atas petunjuk Panembahan Senopati cara melatihnya sebagai berikut.
Di awali dengan mengurangi makan dan tidur, serta mencegah senggama, menguasai hawa nafsu, demikian berlaku beberapa hari. Selanjutnya melakukan puasa dan membisu selama tiga hari tiga malam, tidak boleh memendam rasa sakit hati dan sedih hati. Jika puasanya tinggal sehari jangan tidur, dan di saat tengah malam harus mandi, lalu kenakan baju serba bersih dan lumuri bebauan yang harum (wangi). Kemudian membakar setanggi/kemenyan sambil menghadap ke timur atau ke barat, menurut kiblatnya sendiri, yaitu di dada.
Inggih punika ing jaja, anutupi babahan hawa sanga, wonten kadulu sampun dipun tingali, wonten kapiyarsa sampun kamirengaken, wonten gonda sampun kaambet, wonten wiraos sampun kasauran, wonten karaos punapa-punapa sampun dipun raosaken, lajeng amepeta turas sarta ngampeta sarit kaliyan sesuker.
Dene patrapipun lenggah pituker, jempol suku kapanggihaken kaliyan sami jempol suku den rapet. Polok kapanggihaken sami polok den gathuk, jengku kapanggihaken sami jengku den rapet. Pajaleran palandungan sinipat kaliyan jempol suku den leres sampun ngantos katindhihan. Nunten asta kalih angrangkul jengku atrap sidhakep suku tunggal, darijining asta sami antuking selaning driji kados anga purancang, jempol asta jinejer lajeng winawas kaliyan pucuking grana, nunten lidhah katekuk manginggil, lathi kaingkemaken, sarta lajeng anata panjing wedaling napas tanapas, anpas, nupus, sampun ngantos tumpang suh kumpulipun dados satunggal.
Setelah dinihari mulai menjalankan tafakur dan mematikan jasmani, menutupi sembilan pintu hawa. Bila ada sesuatu terlihat jangan dipandang, ada suara jangan didengar, ada bau jangan dicium. Ada pembicaraan jangan disahuti, ada sesuatu yang terasa jangan dirasakan. Kemudian harus dapat menahan rasa ingin buang air kecil, kentut dan buang air besar.
Mengenai cara duduk tafakur, ibu jari kanan dan kiri rapat diketemukan. Polok (tulang kemiri, dekat tumit) sebelah kiri dan kanan ditempelkan rapat, demikian pula kedua lutut ditemukan rapat. Pelir dan kandungan pelir diluruskan segaris dengan ibu jari kaki, jangan sampai tertindih. Selanjutnya kedua tangan merangkul lutut tadi, bersikap sedakep suku tunggal. Jari-jari tangan saling bertemu di antara sela-sela jari seperti ngapurancang, ibu jari tangan di sejajarkan, lau dipandang ujung hidung. Selanjutnya lidah ditekuk keatas mulut tertutup, lalu mengatur keluar masuknya nafas, antara menarik, menahan dan mengeluarkan bafas, berkumpulnya menjadi satu jangan sampai campur aduk.
Ingriku tinarik saking kiwa demugi ing puser kendel sak watawis dangunipun, lajeng katurunaken nengen medaling lenging grana tengen demugi ing puser kendel sawatawis dangunipun, lajeng katurunaken mangiwa medal ing lenging grana kiwa ingkang alon sampun ngantos kasesa, ambal kaping tiga makaten panariking napas. Ing wekasanipun amanawi sampun sareh anarika napas malih saking kiwa mubeng manengen, saking tengen mubeng mangiwa, kakumpulaken dados satunggal ing puser, lajeng katarik manginggil malih ingkang alon-alon kendel tinata ing jaja, lajeng katarik manginggil malih ingkang leres ingkang sareh, kendel tinata ing sirah. Ingriku angeningaken cipta sarwi osik amatrapaken panjenenganing Dat kita, kados makaten :
“ Ingsun tajalining Dat Kang Amaha Suci, Kang Amurba Amisesa, Kang Angandika kun fayakun, dadi sak ciptaningsun, teka saka karsaningsun, Aku metu saka ing kodratingsun”.
Manawi sampun makaten, nunten epek-epektipun asta kiwaka kempit ing cangklakan tengen, epek-epeking sta tengen kakempit ing cangklakan kiwa, lajeng angeningaken cipta. Adat sami sak nalika kemawon kayektosan ingkang dados tandhanipun, katinggal saking pramananing netra, karaos ing dalaem rahsa. Nunten panariking napas katurunaken medal lenging grana kalih pisan ingkang alon sampun ngantos kasesa, ing wekasan pasrah analongsa dhateng Dat kita pribadi.
Disini nafas ditarik dari sebelah kiri sampai pusar berhenti beberapa lama, lalu diturunkan keluar melalui lubang hidung kanan, sampai dipusar berhenti lagi beberapa lama, kemudian diturunkan ke kiri melalaui lubang hidung kiri, secara perlahan-lahan, tidak perlu tergesa-gesa, penarikan nafas tersebut dilakukan hingga tiga kali. Akhirnya apabila sudah tenang, tarik nafas lagi dari kiri berputar ke kanan, dari kanan berputar kekiri, dikumpulkan jadi satu dipusar, lalu ditarik lagi keatas perlahan-lahan, berhenti & di atur di dada, lalu tarik lagi ke atas dengan benar dan tenang, kemudian berhenti dan diatur dikepala. Disitu heningkanlah cipta (perasaan), seraya mengetrapkan hadirnya dat kita seperti demikian :
“ Aku ini tajali dat Yang Maha Suci yang berwenang, berkuasa, yang berkata kun fayakun dan terjadilah apa yang diciptakan, berasal dari kehendakku, yang keluar dari kodratku”.
Sesudah itu maka telapak tangan kiri dikempit diketiak kanan, telapak tangan kanan dikempit diketiak kiri, lalu mengheningkan cipta.
Biasanya seketika itu juga terlihat tanda-tanda dari tajamnya penglihatan (bathin) yang terasa dalam rasa. Kemudian tarikan nafas diturunkan perlahan-lahan dari kedua lubang hidung, tidak perlu tergesa-gesa, dan pada akhir pasrah kepada dat kita pribadi
0
Kutip
Balas