TS
angel3wijaya
[share] Serat Hidayat Jati
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Assalamu'alaikum.wr.wb
Assalamu'alaikum.wr.wb
Quote:
Sebelumnya saya mohon ijin posting kepada momods & para sesepuh budaya semua.
Saya bermaksud untuk sharing mengenai Serat Hidayat Jati yang banyak dianggap sebagai petunjuk
sejati yang menjelaskan kedudukan ilmu marifat yang lahir dari ajaran para Wali ditanah Jawa.
Tulisan ini saya salin dari buku Penelitian dan Pengkajian Serat Hidayat Jati, yang bersumber dari Buku milik Kantor Balai Kajian Sejarah & Nilai Tradisonal di Yogyakarta, jadi mungkin ada perbedaan susunan & bahasanya dari kitab Serat Hidayat Jati yang lain.
semua ini adalah suatu upaya untuk melestarikan, memelihara & mengembangkan warisan budaya bangsa, bukan untuk membahas kebatinan atau agama tertentu. Jadi mohon maaf kepada para sesepuh sekalian jika mungkin saya tidak akan bisa menjawab pertanyaan yang sangat mendalam tentang isi buku ini
Sekilas Tentang Kitab Serat Hidayat Jati
Quote:
Kitab Serat Hidayat Jati merupakan salah sebuah karya sastra seorang pujangga besar di Surakarta, yaitu R. Ng. Ranggawarsita yang mendapat gelar pujangga penutup di kraton Surakarta, isi didalamnya berupa petunjuk-petunjuk atau pengetahuan tentang hubungan manusia dengan keyakinan yang dalam penerapannya lebih bersifat spiritual serta berisi pelajaran tentang nilai-nilai kerohanian yang dapat dipakai sebagai usaha mencerdaskan manusia dalam menelaah identitas manusia itu sendiri, untuk memahami buku ini pembaca harus sudah membekali diri secara bijaksana agar tidak salah mengerti yang menyebabkan perdebatan tak berujung, disamping itu buku ini merupakan Ilmu pengetahuan yang sangat berguna sebagai suatu perbendaharaan hidup, semoga amanat yang terkandung didalamnya dapat menggugah kalbu, menghayati serta berkenan melaksanakan dan menyebar luaskan dengan arif dan bijaksana
Wassalamu'alaikum.wr.wb
Sumber Tulisan
Sumber
Quote:
Praktek dan Maksud terpendam dalam Materi diluar tanggung jawab penulis
Dalam hal ini saya mohon pengertian, tidak ada kewajiban ts untuk menjelaskan apa maksud materi yang terkandung didalamnya, buku ini saya sajikan sebagai sebuah bentuk kitab budaya, dan mengenai isi buku tsb, saya serahkan kepada masing masing pihak yang membacanya
Dalam hal ini saya mohon pengertian, tidak ada kewajiban ts untuk menjelaskan apa maksud materi yang terkandung didalamnya, buku ini saya sajikan sebagai sebuah bentuk kitab budaya, dan mengenai isi buku tsb, saya serahkan kepada masing masing pihak yang membacanya
0
25.9K
Kutip
305
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Budaya
2.3KThread•1.1KAnggota
Tampilkan semua post
agung.wijaya
#189
Spoiler for Bab. 6 Kayektene Kahanan Kang Maha Suci lanjutan:
[quote=][quote=]
lanjutan
Bab. 6 Kayektene Kahanan Kang Maha Suci .
Wasiyating guru ingkang amedharakaken ngelmi pambukaning ngelmi pambukaning tata malige ing dalem betal mukhadas, utaminipun anglampahi boten karsa dhahar ulam pringsilan sapanunggilanipun, madyanipun sampun ngantos amastani mani. Kabar pakantukipun ingkang sampun kalampahan asring katarima ngelminipun. Dene ingkang amsthi wajib dipun lampahi punika anyuda sare sahwat, manawi kalampahan makaten saestu dipun tarima ngelminipun.
Wasiat guru yang menerangkan ilmu pembuka tata malige ing dalem betal mukadas, seyogyanya murid melaksanakan pantang makan daging buah pelir dan sebagainya, setidak-tidaknya jangan menyebut mani. Menurut kabar apa yang pernah berlaku dikerjakan, maka ilmunya pasti berhasil. Sedang yang harus dilaksanakan yaitu mengurangi senggama, apabila itu dapat dilaksanakan maka ilmunya akan terkabul.
Wonten riwayating guru, manawi amedharaken rahsaning ngelmi pambukaning tata malige ing betal mukadas, ingatasipun amejang dhateng pawestri kenang kiniyas makaten :
“ Ing nalika Pangeran Kang Maha Suci kersa anata malige wonten salebeting betal mukadas jumeneng ing baganipun siti kawa, ingkang wonten salebeting baga punika purana, ingkang wonten ing antawisipun purana punika retna, inggih punika mani, salebeting mani madi, salebeting madi wadi, salebeting wadi maningkem, salebeting maningkem rahsa, salebeting rahsa punika dating atma Kang Anglimputi ing kahanan jati “.
Ada riwayat guru, bahwa apabila (ia) mengajarkan rahsa ilmu pembuka tata malige ing dalem betal mukadas tadi, meskipun kepada kepada wanita dapat di kiaskan demikian.
“ Sewaktu Tuhan Yang Maha Suci hendak menagtur di dalam betal mukadas, Tuhan berdiri di dalam kemaluan wanita, yang di dalamnya terdapat purana, dan di antar purana tadi terdapat retna yaitu mani. Di dalam mani ada madi, di dalam madi ada wadi, didalam wadi terdapat maningkem. Sedang di dalam maningkem ada rahsa, didalam rahs itulah dat hidup yang melingkupi keadaan yang sebenarnya”.
Dene pitedahan makaten :
Baga timbanging baik, purana timbanging pringsilan ing salajengipun sami kaliyan ingatasipun amejang dhateng kakung. Anggenipun amardi supados sami marsudi ing waskithaning sangkan paran.
Adapun petunjuknya seperti berikut :
Kemaluan wanita imbangan kemaluan pria. Purana untuk imbangan buah pelir, selanjutnya sama dengan ajaran bagi kaum pria, yang mengajarkan supaya mereka mempelajari tentang kewaspadaan mengenai asal tujuan[/quote]
[/quote]
Quote:
lanjutan
Bab. 6 Kayektene Kahanan Kang Maha Suci .
Wasiyating guru ingkang amedharakaken ngelmi pambukaning ngelmi pambukaning tata malige ing dalem betal mukhadas, utaminipun anglampahi boten karsa dhahar ulam pringsilan sapanunggilanipun, madyanipun sampun ngantos amastani mani. Kabar pakantukipun ingkang sampun kalampahan asring katarima ngelminipun. Dene ingkang amsthi wajib dipun lampahi punika anyuda sare sahwat, manawi kalampahan makaten saestu dipun tarima ngelminipun.
Wasiat guru yang menerangkan ilmu pembuka tata malige ing dalem betal mukadas, seyogyanya murid melaksanakan pantang makan daging buah pelir dan sebagainya, setidak-tidaknya jangan menyebut mani. Menurut kabar apa yang pernah berlaku dikerjakan, maka ilmunya pasti berhasil. Sedang yang harus dilaksanakan yaitu mengurangi senggama, apabila itu dapat dilaksanakan maka ilmunya akan terkabul.
Wonten riwayating guru, manawi amedharaken rahsaning ngelmi pambukaning tata malige ing betal mukadas, ingatasipun amejang dhateng pawestri kenang kiniyas makaten :
“ Ing nalika Pangeran Kang Maha Suci kersa anata malige wonten salebeting betal mukadas jumeneng ing baganipun siti kawa, ingkang wonten salebeting baga punika purana, ingkang wonten ing antawisipun purana punika retna, inggih punika mani, salebeting mani madi, salebeting madi wadi, salebeting wadi maningkem, salebeting maningkem rahsa, salebeting rahsa punika dating atma Kang Anglimputi ing kahanan jati “.
Ada riwayat guru, bahwa apabila (ia) mengajarkan rahsa ilmu pembuka tata malige ing dalem betal mukadas tadi, meskipun kepada kepada wanita dapat di kiaskan demikian.
“ Sewaktu Tuhan Yang Maha Suci hendak menagtur di dalam betal mukadas, Tuhan berdiri di dalam kemaluan wanita, yang di dalamnya terdapat purana, dan di antar purana tadi terdapat retna yaitu mani. Di dalam mani ada madi, di dalam madi ada wadi, didalam wadi terdapat maningkem. Sedang di dalam maningkem ada rahsa, didalam rahs itulah dat hidup yang melingkupi keadaan yang sebenarnya”.
Dene pitedahan makaten :
Baga timbanging baik, purana timbanging pringsilan ing salajengipun sami kaliyan ingatasipun amejang dhateng kakung. Anggenipun amardi supados sami marsudi ing waskithaning sangkan paran.
Adapun petunjuknya seperti berikut :
Kemaluan wanita imbangan kemaluan pria. Purana untuk imbangan buah pelir, selanjutnya sama dengan ajaran bagi kaum pria, yang mengajarkan supaya mereka mempelajari tentang kewaspadaan mengenai asal tujuan
[/quote]
0
Kutip
Balas