Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
9994
Lapor Hansip
03-02-2012 23:00

All About SEIKO

Quote:Mengenai thread ini:
  • Tempat berdiskusi dan berbagi info mengenai semua jenis jam SEIKO, tipe apa saja, vintage maupun modern. Hasil diskusi akan dirangkum di Page One untuk kemudahan pencarian.
  • Info2 di thread ini bersifat terbuka dan terus di-update. Mohon partisipasinya untuk memberikan masukan atau koreksi terhadap info yang kurang atau salah.

Rules:
  • No junkers.
  • Jangan mempromosikan jam atau aksesoris jam yang sedang dijual di FJB baik secara langsung (posting link ke FJB) maupun secara tidak langsung melalui posting2 yang bersifat implisit. Thread ini bersifat netral dan non-komersial.
  • Tidak bertanya soal Recommended Seller (Recsel) di forum diskusi ini. Sebelum membeli lakukan googling dan riset sendiri. Kalau kurang yakin dengan seller, minta transaksi secara COD (Cash on Delivery, tatap muka) atau gunakan fasilitas Rekening Bersama (Rekber) yang ada di Kaskus. Kalau masih kurang yakin lagi, kontak Kaskuser lain melalui jalur PM untuk minta rekomendasi.
  • Untuk mencari tahu harga jam tangan SEIKO (vintage maupun modern), bisa googling dengan keyword misalnya: "FS Grand Seiko 6145". setelah itu amati kondisi dan deskripsi jam yang dijual tersebut (keaslian, kemulusan, service history, kelengkapan berupa box/paper, dll.). Jika masih bingung barulah PM atau tanyakan di forum.


Happy sharing and enjoy your stay. emoticon-Cendol (S)

SEIKO dalam Selayang Pandang

Selamat datang di thread All about SEIKO-Kaskus. Silakan share, diskusi, dan bertanya mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan produk SEIKO.

Pada tahun 1877, Kintaro Hattori yang berumur 16 tahun memulai usaha perbaikan jam dinding di rumahnya di daerah Ginza, Jepang. Tahun 1881, Hattori mendirikan perusahaan bernama Seikosha yang memproduksi jam dinding. Perusahaan jam kecil tersebut berkembang terus hingga menjadi raksasa SEIKO group sekarang dengan bidang bisnis antara lain:
  • berbagai jenis jam,
  • perhiasan,
  • kacamata/optik,
  • perlengkapan olahraga,
  • printer (SEIKO EPSON),
  • semiconductor,
  • berbagai peralatan elektronik, dll.

SEIKO adalah salah satu perusahaan jam dengan kemampuan terlengkap dan teknologi terbaik di dunia saat ini. Satu2nya "true in-house manufacturer" di dunia yang mampu mendesign dan produksi sendiri semua komponen jam mulai dari:
  • case and bracelet (stainless steel, titanium, ceramic, tungsten, gold, platinum, dll),
  • crystal (sapphire, hardlex, dll),
  • mesin dan komponen2nya (balance spring, gasket, dll.),
  • berbagai jenis minyak pelumas dan grease untuk mesin jam,
  • bahkan hingga material lumibrite pada dial dan jarum jam yang dapat berpendar dalam gelap.

SEIKO juga merupakan satu2nya perusahaan horologi di dunia yang menguasai seluruh teknologi horologi yang ada saat ini:
  • mechanical
  • quartz analog/digital (battery, solar, thermic)
  • kinetic,
  • spring drive,
  • radio wave controlled,
  • GPS satellite controlled, dll.

SEIKO memiliki tradisi membuat jam dengan range kualitas dan harga yang sangat bervariasi, mulai dari jam ALBA seharga Rp. 400.000 hingga SEIKO CREDOR JURI yang harganya lebih dari Rp. 5.000.000.000. Umumnya produk2 SEIKO yang banyak beredar dan dikenal oleh masyarakat adalah produk2 entry level dengan harga sangat terjangkau, akibatnya persepsi publik mengenai SEIKO adalah produsen jam murah. Hal ini disebabkan karena di masa lalu produk2 SEIKO kelas menengah dan atas hanya dijual di Jepang (JDM). Saat ini SEIKO sudah membuka diri dan dalam proses memperkenalkan produk2 horologi berkualitas tinggi "haute horlogerie" kepada seluruh dunia.

Dalam percakapannya dengan seorang wartawan dari majalah Watchtime, seorang CEO dari sebuah brand jam swiss mengatakan:
Quote:"Seiko makes the best mechanical watch in the world. I hate to say it, but it's true."
("GRAND SEIKO", Watchtime magazine, April 2012)

read more: http://old.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=432

Kiranya opini tersebut memberikan kepada kita sedikit gambaran mengenai sebuah perusahaan bernama SEIKO dan pengaruhnya di dalam dunia horologi. Masih banyak lagi berbagai produk dan pencapaian SEIKO yang mungkin tidak ada habis2nya dibahas. Silakan berbagi pengetahuan dan passion Anda terhadap SEIKO di thread ini. Happy reading and happy sharing. emoticon-Smilie


All About SEIKO
SEIKO World's Achievements


SEIKO Indonesia Customer Service Centers

Service Centers


Other SEIKO thread:
All About SEIKO Divers
Diubah oleh nikidasi
profile-picture
verdian56 memberi reputasi
2
icon-close-thread
Thread sudah digembok
All About SEIKO
03-02-2012 23:36

SEIKO SOLAR dan SEIKO THERMIC

SEIKO SOLAR


Seiko solar adalah salah satu jawaban Seiko terhadap teknologi yang ramah lingkungan. Jam tangan Seiko solar akan menggunakan cahaya apa saja sebagai sumber tenaga pengisi batterenya. Sehingga Seiko solar tidak pernah/jarang sekali mengganti battery. Karena batere yang ada dapat terus menerus terisi sekama terkena cahaya. Seiko solar mengunakan tenaga mesin Seiko quartz yang hemat energi sehingga waktu yang di butuhkan untuk mengisi dan menjalankan jam bias lebih efisien.

Kelebihan Seiko solar:
• Walaupun namanya “Solar” yg berarti matahari, jam Seiko solar mengunakan segala jenis cahaya untuk pengisian batere, tidak hanya cahaya matari.
• Pengisian power yang cepat, cukup 2 menit dibawah sinar matarai cukup untuk memberi daya jam selama satu hari, dan untuk full-charge nya hanya membutuhkan 3 jam.
• Daya simpan (power reserved/ PR) yang lama, dari full-charge jam dapat bertahan selama 6 bulan (12 bulan pada model tertentu) jika jam disimpan dalam keadan gelap total
• Jika jam kehabisan daya sama sekali, cukup taruh 8 menit dibawah sinar matahari maka jam akan berjalan normal kembali.

Cara kerja Seiko Solar:
1. Cahaya masuk melalui dial yang tembus cahaya, walau dengan seiko teknologi, dial ini akan terlihat solid (tidak transparant) seperti umumnya dial jam lain. gambar: All About SEIKO
2. Cahaya yang sudah masuk menembus dial akan mengenai sensor penangkap cahaya (solar cell) yang terbuat dari photovoltaic (PV) cell. sesuai namanya, Photo adalah cahaya dan Voltaic adalah Listrik. jadi Cell photo voltaic ini akan mengubah cahaya yang diterimanya dalam bentuk listrik.
gambar PV cell yang berada di bawah dial: All About SEIKO
3. PV cell sendiri terdiri dari 2 lapisan silicon (semi-konduktor) yang satu terdiri dari silikon yang kurang electron dan lapisan yang satu lagi dibuat kaya (lebih) electron. Saat cahaya (photon) mengenai lapisan yang kurang electron, maka lapisan akan memindahkan electron2 ke bagian lapisan yang kaya electron. Sementara itu lapisan yang kaya electron juga menerima cahaya/photon dan juga kiriman electron dari lapisan yang kurang, akan tetapi sistem sirkuit "one-way" mencegah lapisan kaya electron ini mengirim balik ke lapisan yang kurang electron, melainkan dari lapisan kaya electron ini harus mengirimkan kelebihan electronnya (electron yang bergerak=listrik) ke ESU (electronic storage unit) untuk kemudian digunakan mengisi battery dan menjalankan jam. Electron yang sudah terpakai kemudian dialirkan kembali ke lapisan yang kurang electron untuk menjalani siklus selanjutnya yang berulang terus.
4. Selanjutnya listrik dari battery yang sudah dicharge ini akan digunakan untuk menjalankan mesin seiko quartz.:
gambar skema kerja seiko solar: All About SEIKO



Salah satu tipe Seiko Solar terbaik:
video

SEIKO ASTRON Solar GPS (jam pertama di dunia dgn fitur solar dan GPS yg dapat berpindah waktu dengan tepat sesuai lokasi kita di bumi)


SEIKO THERMIC


Ide memamfaatkan panas tubuh manusia (body heat) untuk menghasilkan energi listrik sudah lama di impikan para ilmuwan. Secara teori seorang pria yang sedang santai dapat menghasilkan energi 100-120watt, energi yang cukup besar untuk menjalankan peratatan rumah tangga seperti lampu2 dan kipas angin. Namun sayang pemamfaatan energi sebesar ini masih ada dalam impian dan film fiksi ilmiah seperti "the matrix". emoticon-Big Grin
Teknologi yang ada saat ini hanya bisa memamfaatkan panas tubuh manusia menjadi listrik sebesar beberapa miliwatt saja. Listrik sebesar itu hanya cukup untuk menjalankan jam tangan dan alat pemantau panas tubuh.

Pada tahun 1998 Seiko kembali menjadi produsen yang pertama didunia membuat jam tangan inovatif dengan tenaga panas tubuh manusia, yang disebut Seiko Thermic.
Foto seiko thermic: All About SEIKO
Sayang seiko thermic ini hanya dibuat sebanyak 500pcs sehingga menjadikan langka dan menjadi 'must have' for seiko colectors.

Cara kerja:
1. Seiko thermic berkerja dengan memamfaatkan perbedaan temperatur antara panas tubuh pemakai jam dan suhu udara sekitar. Jam seiko thermic akan mengambil panas tubuh dan mengalirkannya ke udara diluar yang lebih dingin.
Diagram prinsip kerja seiko thermic: All About SEIKO
2. Sensor untuk menyerap panas tubuh yang di gunakan adalah sensor thermoelctric semikonduktor yang bekerja berdasarkan seebeck efek, dimana perbedaan temperatur pada kedua sisi semikonduktor akan membuat arus listrik mengalir.
diagram semikonduktor dengan seebeck efek: All About SEIKO
3. Pada umumnya elemen tunggal thermoelectic hanya dapat menghasilkan daya 200microVolt pada perbedaan temperatur 1 derajat Celcius. Sementara jam tangan quartz membutuhkan power 1.5Volt, sehingga akan dibutuhkan 7500 elemen thermoelectric yang rangkai seri untuk menghasilkan 1.5V, bisa dibayangkan kesulitan dan daya tahan dari rangkaian tersebut. Untuk mengatasi ini Seiko membuat elemen Micro-Thermoelectric yang berukuran hanya 2mmx2mm dan mengandung 104 elemen thermoelectic tungal.
Foto: All About SEIKO
4. Sebanyak 10 Elemen micro-thermoelectric ini kemudian kemudian dirangkai secara seri, dan dipaking rapih dengan casing anti-shock dan menjadi unit siap pakai. Unit Ini kemudian menjadi unit thermoelctic terkecil didunia yang siap pakai.
Foto unit thermo electric terkecil didunia: All About SEIKO
5. Energi listrik dari rangkaian Thermoelectric ini kemudian disalurkan, diperbesar oleh IC pengontrol, yang selajutnya berperan juga dalam pengaturan pengisian batere titanium lithium-ion yang dapat diisi ulang.
gambar rangkaian umum: All About SEIKO
6. Tenaga dari betere ini yang kemudian digunakan untuk menjalankan mesin seiko quartz pada jam tangan Thermic.

Teknologi Seiko pada micro-thermoeletric ini telah mendapat penghargaan baik di jepang sendiri (technical development prize dari Japan Institute of Metals) maupun didunia International (Smithsonian museum in USA). emoticon-Add Friend (S) emoticon-Add Friend (S) emoticon-Add Friend (S)

Sumber:
http://www.natureinterface.com/e/ni03/P045-049/

(silakan kimkan komentar atau PM jika ada kesalahan atau koreksi tentang tulisan ini. Terima kasih)
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia