- Beranda
- Arsitektur
All About Graphisoft ArchiCAD Lovers
...
TS
berNavas
All About Graphisoft ArchiCAD Lovers

~ Introduction ~
Quote:

- Graphisoft ArchiCAD
Quote:
Graphisoft adalah pionir & penggagas awal teknologi Virtual Building Information (VIB) yang kini dikenal luas dengan konsep Building Information Modeling (BIM)
ArchiCAD pertama kali diluncurkan oleh Graphisoft sejak tahun 1982, & scra konsisten sampai saat ini slalu update dri versi yang paling awal sampai ke versi saat ini yg sedang beredar.
ArchiCAD dibuat oleh Arsitek utk Arsitek, krn ArchiCAD memang scra spesifik diperuntukkan bagi Dunia Desain Arsitektur, Enginering & Konstruksi ( A/E/C ) bukan software CAD generik biasa. Sehingga dgn ArchiCAD, para desainer akan menghasilkan sebuah model projek yang lebih fokus pada desain,dapat diprediksikan dalam pelaksanaan konstruksinya, serta lebih murah dan efisien dlm operasinya.
ArchiCAD memanfaatkan GDL (Geometric Description Language) dlm menyimpan seluruh informasi tentang element bangungan, sebagai 2D, 3D, & spesifikasi text utk dipergunakan dlm gambar, presentasi, & perhitungan quantity.
Utk rendering, ArchiCAD dapat diandalkan, krn hasilnya terbilang sgt baik,menyamai 3Dmax.
ArchiCAD slalu mendapatkan penghargaan (Award) sejak tahun 1994 & setiap periodik setiap tahunnya sampai saat ini, dri berbagai jurnal lembaga penilai independen yang ada di Eropa, Amerika & Asia.
ArchiCAD pertama kali diluncurkan oleh Graphisoft sejak tahun 1982, & scra konsisten sampai saat ini slalu update dri versi yang paling awal sampai ke versi saat ini yg sedang beredar.
ArchiCAD dibuat oleh Arsitek utk Arsitek, krn ArchiCAD memang scra spesifik diperuntukkan bagi Dunia Desain Arsitektur, Enginering & Konstruksi ( A/E/C ) bukan software CAD generik biasa. Sehingga dgn ArchiCAD, para desainer akan menghasilkan sebuah model projek yang lebih fokus pada desain,dapat diprediksikan dalam pelaksanaan konstruksinya, serta lebih murah dan efisien dlm operasinya.
ArchiCAD memanfaatkan GDL (Geometric Description Language) dlm menyimpan seluruh informasi tentang element bangungan, sebagai 2D, 3D, & spesifikasi text utk dipergunakan dlm gambar, presentasi, & perhitungan quantity.
Utk rendering, ArchiCAD dapat diandalkan, krn hasilnya terbilang sgt baik,menyamai 3Dmax.
ArchiCAD slalu mendapatkan penghargaan (Award) sejak tahun 1994 & setiap periodik setiap tahunnya sampai saat ini, dri berbagai jurnal lembaga penilai independen yang ada di Eropa, Amerika & Asia.
source : archicadindonesia
Quote:
- Index Thread :
Quote:
Spoiler for index I:
- Mengapa pilih ArchiCAD?
- penjelasn singkat konsep BIM
- Anjuran Interface AC
- Perbandingan archiCAD dan autoCAD> 2 > 3
- Antara archicad/revit building
- masukin model ke AC di library
- Perubahan AC 15
- Archicad Tutorial
- Cara seting ketebalan garis di areal gambar
- +Library & +Library
- file .skp bisa di import ke AC gak? ->>> Dan penjelasanya
- cara buka kunci setting tebal slab pada ac 11
- Ghost story
- rubah warna kusen jendela (window) ama warna pintu?
- cra ganti cat & ukuran tegel
- cara bikin jendela/ventilasi
- term and condition wall split
- bikin wall trapesium cocok aplikasi utk pondasi
- sedikit tentang kamera
- vray & ac
- import hsl Archicad ke 3dsMax
- cara munculin warna di wall
- Kualitas render ac
- Tips mrender
- Bhs soal Renderan
- Plugin material
- AC import cad
- News update AC15.
- tmpt donlot komponen
- info Archicad 16
- mengintip archicad 18 & video ac 18
Spoiler for index II:
- Tips & Tutorial :
Quote:
Menarik di simak
Quote:
- TKP Interface for Living Design Internationalby boay1304
- Bikin Ventilasi
- Bikin ventilasi X & ventilasi 2
- cra bikin atap yg lancip terus patah
- Cara ngcrop 1
- Cra ngcrop sprti dipotoshop
- ngedit wall jdi 1 segmen
- Penggunaan Complex Profile+fitur multiply component
- Tutor for roof AC15 -mengenai roof archicad 15 -melakukan editing roof
- Export to Autocad dr archicad
- 3ds export dari archicad
- Mmberi pnutup pd sisi kosong atap pelana
- Cara masukin image ke 2D & 3D AC
- TIPS presentasi 3D arsitektur pd klien
Quote:
~[FAQ] thread archicad~
Quote:
....
X : Gan, mau post hasil karya AC gw boleh...??? [mau narsis nih]
Y : Boleh gan,Silahkan
Mau di sini atau di Thread [POST]Hasil render karya Arsitekturmu Silahkan. Kalo gede baiknya di spoiler. Klo disini nanti masuk post index karya disini + reward
.
.......
X : Woi gan...!!! gw nanya nih,butuh jwbn cpt, kasih pencerahan dong
:
Y : yaelahhh.Sabar gan,klo emang jodoh psti di jawab. Tiap orang punya kesibukan masing2. Mohon pengertiannya
Dan kemungkinan pertanyaan agan repost,biasakan baca page one.
......
X : Gan, mau post hasil karya AC gw boleh...??? [mau narsis nih]
Y : Boleh gan,Silahkan
Mau di sini atau di Thread [POST]Hasil render karya Arsitekturmu Silahkan. Kalo gede baiknya di spoiler. Klo disini nanti masuk post index karya disini + reward
........
X : Woi gan...!!! gw nanya nih,butuh jwbn cpt, kasih pencerahan dong
: Y : yaelahhh.Sabar gan,klo emang jodoh psti di jawab. Tiap orang punya kesibukan masing2. Mohon pengertiannya

Dan kemungkinan pertanyaan agan repost,biasakan baca page one.
......
*akn dtmbhkn hal yg dprlkn
Quote:
Tingkatkan kembali kemampuan profesional anda di bidang Desain & Arsitektur dgn mempelajari & menggunakan archicad dlm mewujudkan ide & gagasan anda dgn sangat produktif, serta berperan serta dlm mewujudkan GREEN DESIGNpada karya anda sebagai tanggung jwb trhadap Bumi & Lingkungan dgn EcoDesigner.
slamat ber-arsitektur !



*yuks bertuker pikiran & saling berbagi
*ada kesalahan/ketidaksesuaian mohon dikoreksi
*ada kesalahan/ketidaksesuaian mohon dikoreksi
Diubah oleh berNavas 03-09-2014 06:10
arinasubagiy361 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
388.1K
Kutip
2.1K
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Arsitektur
3.4KThread•1.8KAnggota
Tampilkan semua post
boay1304
#311
Quote:
Original Posted By JunkerNthusiast►@boay1304
kutip dari TKP: "despite never having taken formal training in the field"
tapi kerjaannya building ke building..
1. apakah archiCAD juga dapat digunakan untuk menghitung jumlah bahan bangunan? (RAB)
kutip dari TKP: "despite never having taken formal training in the field"
tapi kerjaannya building ke building..

1. apakah archiCAD juga dapat digunakan untuk menghitung jumlah bahan bangunan? (RAB)
Quote:
jawabannya: bisa tapi ane ga terlalu mendalami hitung RAB di archicad. krena input datanya panjang dilakukan perkomponen. akan lebih baik jika volume bangunan saja yang dibuat list di archicad terus export ke ms Excell.
![kaskus-image]()
Spoiler for interactive scheduler:

Quote:
caranya:
0. setelah buat bangunan
1. klik interactive scheduler di project map
2. kluar listnya silakan dilihat dan diedit jika mau langsung bikin RAB disitu
3. atau export ke format excell biar kalkulasi rupiah lebih mudah
0. setelah buat bangunan
1. klik interactive scheduler di project map
2. kluar listnya silakan dilihat dan diedit jika mau langsung bikin RAB disitu
3. atau export ke format excell biar kalkulasi rupiah lebih mudah
Quote:
bagi yang berminat sama Interface archicad ane. silaken klik [URL="http://www.media*fire..com/?7b656js5pfp7m2a"]TKP Interface for Living Design International by me[/URL]
setelah donklot mari ikuti cara-cara berikut ini.
![kaskus-image]()
setelah donklot mari ikuti cara-cara berikut ini.
Spoiler for bukan ga mau resize:

Quote:
note:
1. Jangan lupa extract dulu dan ingat-ingat dimana file di extract
2. klo kurang berkenan bisa dikembalikan ke standard view saja dengan cara yang sama seperti pada gambar tapi pada poin no.2 langsung pilih interface standard kemudaian apply jangan lupa set as default.
3. interface ane butuh beberapa goodies bawaan standard archicad. link buat donlot bisa dari archicad Help-> archicad 15 download.
4. versi bawah archicad rasanya tetep bisa pake dengan kelemahan beberapa tool tidak bisa terload. contoh tool yang ga ada di archicad 14 yaitu shell iconnya akan dibuat abu2.
1. Jangan lupa extract dulu dan ingat-ingat dimana file di extract
2. klo kurang berkenan bisa dikembalikan ke standard view saja dengan cara yang sama seperti pada gambar tapi pada poin no.2 langsung pilih interface standard kemudaian apply jangan lupa set as default.
3. interface ane butuh beberapa goodies bawaan standard archicad. link buat donlot bisa dari archicad Help-> archicad 15 download.
4. versi bawah archicad rasanya tetep bisa pake dengan kelemahan beberapa tool tidak bisa terload. contoh tool yang ga ada di archicad 14 yaitu shell iconnya akan dibuat abu2.
Quote:
Perhatian:
1. Inget kaskus selalu ngacak-ngacak LINK, so kalo ga nyambung silaken di perbaiki linknya.
1. Inget kaskus selalu ngacak-ngacak LINK, so kalo ga nyambung silaken di perbaiki linknya.
Quote:
Kerjaan lama yang pernah ta upload ke ini forum, ane rasa dah pada ilang.
![kaskus-image]()
cerita:
suru renov rumah seseorang dengan syarat ga boleh merubah dimensi apapun, boleh ditambah tapi ga boleh dibongkar terutama dinding.
![kaskus-image]()
![kaskus-image]()
![kaskus-image]()
Spoiler for project lama:

cerita:
suru renov rumah seseorang dengan syarat ga boleh merubah dimensi apapun, boleh ditambah tapi ga boleh dibongkar terutama dinding.
Spoiler for iseng bikin TTD:
Spoiler for kerjaan lama mall studio 3:



Quote:
cerita: done with archicad 10
not finish krena terlalu berat udah ditagih ram, waktu itu masih 32bit archicadnya
not finish krena terlalu berat udah ditagih ram, waktu itu masih 32bit archicadnya
0
Kutip
Balas
