TS
angel3wijaya
[share] Serat Hidayat Jati
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Assalamu'alaikum.wr.wb
![★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★](https://dl.kaskus.id/i581.photobucket.com/albums/ss258/angel3wijaya/salaman2.gif)
Assalamu'alaikum.wr.wb
![★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★](https://dl.kaskus.id/i581.photobucket.com/albums/ss258/angel3wijaya/salaman2.gif)
Quote:
Sebelumnya saya mohon ijin posting kepada momods & para sesepuh budaya semua.
Saya bermaksud untuk sharing mengenai Serat Hidayat Jati yang banyak dianggap sebagai petunjuk
sejati yang menjelaskan kedudukan ilmu marifat yang lahir dari ajaran para Wali ditanah Jawa.
Tulisan ini saya salin dari buku Penelitian dan Pengkajian Serat Hidayat Jati, yang bersumber dari Buku milik Kantor Balai Kajian Sejarah & Nilai Tradisonal di Yogyakarta, jadi mungkin ada perbedaan susunan & bahasanya dari kitab Serat Hidayat Jati yang lain.
semua ini adalah suatu upaya untuk melestarikan, memelihara & mengembangkan warisan budaya bangsa, bukan untuk membahas kebatinan atau agama tertentu. Jadi mohon maaf kepada para sesepuh sekalian jika mungkin saya tidak akan bisa menjawab pertanyaan yang sangat mendalam tentang isi buku ini
Sekilas Tentang Kitab Serat Hidayat Jati
Quote:
Kitab Serat Hidayat Jati merupakan salah sebuah karya sastra seorang pujangga besar di Surakarta, yaitu R. Ng. Ranggawarsita yang mendapat gelar pujangga penutup di kraton Surakarta, isi didalamnya berupa petunjuk-petunjuk atau pengetahuan tentang hubungan manusia dengan keyakinan yang dalam penerapannya lebih bersifat spiritual serta berisi pelajaran tentang nilai-nilai kerohanian yang dapat dipakai sebagai usaha mencerdaskan manusia dalam menelaah identitas manusia itu sendiri, untuk memahami buku ini pembaca harus sudah membekali diri secara bijaksana agar tidak salah mengerti yang menyebabkan perdebatan tak berujung, disamping itu buku ini merupakan Ilmu pengetahuan yang sangat berguna sebagai suatu perbendaharaan hidup, semoga amanat yang terkandung didalamnya dapat menggugah kalbu, menghayati serta berkenan melaksanakan dan menyebar luaskan dengan arif dan bijaksana
Wassalamu'alaikum.wr.wb
Sumber Tulisan
![★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★](https://dl.kaskus.id/i581.photobucket.com/albums/ss258/angel3wijaya/sumber.jpg)
Sumber
Quote:
Praktek dan Maksud terpendam dalam Materi diluar tanggung jawab penulis
Dalam hal ini saya mohon pengertian, tidak ada kewajiban ts untuk menjelaskan apa maksud materi yang terkandung didalamnya, buku ini saya sajikan sebagai sebuah bentuk kitab budaya, dan mengenai isi buku tsb, saya serahkan kepada masing masing pihak yang membacanya
Dalam hal ini saya mohon pengertian, tidak ada kewajiban ts untuk menjelaskan apa maksud materi yang terkandung didalamnya, buku ini saya sajikan sebagai sebuah bentuk kitab budaya, dan mengenai isi buku tsb, saya serahkan kepada masing masing pihak yang membacanya
0
25.9K
Kutip
305
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Budaya
2.5KThread•1.6KAnggota
Tampilkan semua post
angel.wijaya
#88
Spoiler for Bab. 8 Sasahidan:
[quote=][quote=]
Bab. 8 Sasahidan
Wejangan ingkng kaping wolu, dipun wastani sasahidan. Awit dening pamejangipun kinen asahida dhateng wahananing sanak kita, inggih punika kahananing dumadi kang gumelar wonten ing alam donya kadosta : bumi, langit, surya, wulan, lintang, latu, angin, toya sak panunggilanipun. Sami aneksenana yen kita mangke sampun purun angakeni jumeneng dating Gusti Kang Maha Suci, dados sipating Pangeran Kang Sejati, kasebut ing dalem kiyas wawarahing panhita, enggening amencaraken nukilan saking khawin mahdus salebeting bab maklumatul uluhiyah, wiyosipun anartani anetep santosaning iman, dados panungtuning tokhid ingkang ambatos dhateng iktikat. Inggih ugi peperidian saking cipta sasmitaning Kangjeng nabi Muhammad Rosulolah, ingkang kawangsitaken dhateng Sayidina Ngali, makaten jarwanipun.
Ingsun anekseni ing Dat Ingsun dhewe, satuhune ora ana Pangeran, nanging Ingsun. Lan Ingsun satuhune Muhammad iku utusan Ingsun, hiya satuhune Kang aran Pangeran diku badan Ingsun, Rasul iku rahsa Ingsun, Muhammad iku cahyaning Ingsun, hiya Ingsun kang urip tan kena pati. Hiya Ingsun kang eling ora kena lali, hiya ingsun kang langgeng ora kena owah gingsir ing kahanan jato, hiya Ingsun kang amurba amisesa kang kawasa wicaksana ora kurang ing pangreti, byar sampurna padhang terawangan, ora ana apa-apa, ora ana katon apa-apa, amung ingsun kang nglimputi ing alam kabeh kalawan kodrat Ingsun .
Ajaran kedelapan adalah sasahidan. Disebut demikian karena mengajarkannya dengan cara agar kita bersaksi atas keadaan saudara kita, yaitu keadaan apa adanya, yang tercipta di alam raya ini. Misal bumi, langit, matahari, bulan, bintang, api, angin, air dan sebagainya, itu supaya menjadi saksi bahwa kita sudah mau mengakui adanya Allah Yang Maha Suci dan menjadi sifat Allah Yang Sejati. Disebutkan di dalam kias, tentang ajaran pendeta yang menyiarkan petikan dari kadim mahdus, didalam bab Mahlumatul uluhiyah, yang berarti bahwa dengan sabar orang berusaha menguatkan iman, secara berfikir bersungguh-sungguh terhadap keyakinan itu, yang akhirnya benar-benar menjadi percaya. Mengenal hal tersebut ajaran yang diambil dari Kanjeng Nabi Muhammad Rosulullah kepada Sayidina Ali, Inilah jelasnya
Aku menjadi saksi akan dat Ku sendiri. Sebenarnya tidak ada Tuhan Kecuali Aku, dan Aku bersaksi bahwa Muhammad itu utusan Ku. Ya sebenarnya yang di namai Tuhan itu badan yang hidup tak terkena maut. Akulah yang selalu ingat, tak akan dapat lupa. Akulah yang abadi tak dapat berubah dari keadaan yang sebenarnya. Aku inilah yang dapat melihat yang tersamar dan satu demi satu mengetahuinya. Akulah yang berhak, berkuasa dan bijaksana serta serba mengetahui, dan sempurna bersinar terang. Kosong tak terlihat suatupun, hanya Aku yang melingkupi semua alam atas kehendak Ku .
Menggah dunungipun makaten.
Ingkang wastani Pangeran punika dating gesang kita pribadi. Ingkang dipun wastani Muhammad punika sipating cahya kita pribadi. Manawi ingkang kasebut ing dalem dhikir hula illa ha ilallah, Muhammada Rosulolah, tegesipun mboten wonten Pangeran nanging Allah, nabi Muhammad punika utusaning Allah.
Sedang jelasnya seperti berikut :
Adapun yang disebut Tuhan itu adalah dat hidup kita pribadi, dan yang disebut Muhammad itu sifat cahaya kita pribadi. Sedangkan yang termuat dalam dhikir hula ilaha ilallah Muhammadar rosulullah itu, berarti bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.
Ananging manawi hakekatipun ingkang dipun wastani Allah punika apngaling rasul ing badan kita, rasul punika asmaning Muhammad dumunung ing rahsa kita, Muhammad punika sipating cahya dumunung ing gesang kita, sajatining gesang kita punika dat ing Pangeran ingkang Maha Suci. Kayektosipun kasebut ing dalem dalil kuran manawi Pangeran Kang Maha Suci punika kawasa amijilaken gesang saking pejah, wijiling pejah saking agesang inggih gesang kita pribadi punika, sayekti awit saking pejah ing wekasan mboten kenging pejah, dipun basakaken khayun pindareni, tegesing gesang ing kahanan kekalih. Wonten ing alam sahir kita gesang, wonten ing alam kabir kita inggih gesang, sarta mboten kasupen ing dat kita ingkang agung.
Tetapi hakekatnya, sebutan Allah itu ialah afngal (perbuatan) rasul yang ada pada badan kita. Rasul tadi bernama Muhammad, yang berada pada rasa kita, sedang Muhammad itu adalah sifat cahaya yang berada pada hidup kita, jadi sesungguhnya hidup kita ini adalah dat Allah Yang Maha Suci. Hal ini terbukti dalam dall quran, bahwa Allah Yang Maha Suci tadi berkuasa mengeluarkan hidup dari maut. Keluarnya maut dari hidup, ya hidup kita pribadi ini. Sungguh di awali dari maut namun yang akhirnya tidak terkena maut, dinamai khayan pindareni artinya hidup di dua alam. Di alam sahir kita hidup dan di alam kabir pun kita jga hidup, serta tidak melupakan dat kita yang agung.
Boten ewah gingsir ing sipat kita ingkang elok, boten kasamaran ing atma kita kang wisesa, boten kekirangan ing apngal kita kang sampurna, dados peputoning tokhid ingkang ambontos dhateng iktikat.
Sampurnaning gesang kita punika mboten wonten karaos tanpa katingal punapa-punapa, amung waluya jati lajeng anglimputi ing alam sadaya sampun uwas sumelang malih.
Sifat kita yang elok tidak berubah, faham sekali akan kekuasaan hidup kita, tanpa kekurangan dalam hidup kita yang sempurna, menjadikan akhir dari keyakinan dan kepercayaan kita.
Kesempurnaan hidup itu tidak terasa atau tidak tampak, hanya kembali asli terus melingkupi alam semuanya. Untuk ini tidak usah khawatir lagi.
Wasiyating guru ingkang medharaken ngelmi sasahidan kaprayogekaken sami anglampahana sampun ngantos anyebut Allah. Kaisbatena anyebut Pangeran, kados ing bebasan saking karsaning Allah, isbatipun saking karsaning Pangeran, khabar pikantukipun ingkang sampun kalampahan asring kadhawahan ilham, dados amewahi teranging pambudi.
Peninggalan (ajaran) guru yang menerangkan ilmu sasahidan, seyogyanya agar mereka menjalankan pantang menyebut Allah. Sebutlah dengan nama Pangeran, seperti dalam pribahasa saking kersaning Allah, sebutlah dari kehendak Pangeran. Kabar yang diperoleh dari mereka yang telah melaksanakannya, sering mendapat ilham, sehingga menambah terangnya budi.
Ananging wasiyating guru ingkang sami kawaleraken sadaya punika manawi kasupen mboten dados awisaning ulah ngelmi kasampernan punika amung napsu. Manawi saged ambirat napsu hawa, sking adat kadunungan manah awas-emut. Manawi tansah awas utawi emut saestu manggih kamulyan ing sangkan paran sasaminipun. Kados riwayating para ahli ngelmi kasebut ngandhap punika.
1.\tTaber suci temen. Mongka pamberating durgandana ing tembe, tegesipun godan awon.
2.\tAngengirangi dhahar nginum. Mongka pangluluhing raga ing tembe.
3.\tAngawisi sare sahwat. Mongka pangluyutaning jiw ing tembe.
4.\tAnyenyuda napsu wuwus. Mongka palenyepaning rahsa ing tembe.
Tetapi nasehat guru, bahwa semua yang dipantangkan tadi, apabila terlupa tidak menjadikan sebab. Karena sebenarnya larangan itu bagi orang yang mengajarkan ilmu kasampurnan (kesempurnaan) tadi hanyalah nafsu. Jika dapat menghilangkan hawa nafsu tersebut, biasanya hati menjadi ingat dan waspada. Kalau selalu waspada dan ingat benar-benar, maka dari mana dan ini dimana saja akan mendapat kemuliaan, seperti halnya riwayat para ahli ilmu yang antara lain :
1.\tRajin, suci, jujur, kelak berguna mengusir durgandana (bau busuk).
2.\tMengurangi makan & minum, dikemudian hari untuk melebur raga.
3.\tMengurangi tidur dan syahwat, kelak berguna untuk membantu lolosnya jiwa sewaktu meninggal.
4.\tMengurangi nafsu berbicara, guna menghilangkan rasa dikemudian hari.
Manawi sampun lenyep rahsanipun, kabar demugining delahan ing tembe lajeng layat dados cajya gumilang tanpa wewayangan kahanan kita kang sejati.
Punika sarehning kula dereng saged anglampahi piyambak, dados amung anyumanggaken pamanggihing galih kemawon. Mbokmanawi kalampahan makaten inggih walahu alam katarimahipun.
Apabila rasa itu sudah hilang, maka setibanya di alam akhirat kelak, akan musnah menjadi cahaya terang tanpa bayangan dalam keadaan kita yang sejati.
Karena saya belum dapat melakukannya sendiri, maka hanya terserah pada pemikiran dalam hati saja. Barang kali dapat terlaksana, maka hal diterimanya itu, hanya Allah yang lebih mengetahuinya.[/quote]
[/quote]
Quote:
Bab. 8 Sasahidan
Wejangan ingkng kaping wolu, dipun wastani sasahidan. Awit dening pamejangipun kinen asahida dhateng wahananing sanak kita, inggih punika kahananing dumadi kang gumelar wonten ing alam donya kadosta : bumi, langit, surya, wulan, lintang, latu, angin, toya sak panunggilanipun. Sami aneksenana yen kita mangke sampun purun angakeni jumeneng dating Gusti Kang Maha Suci, dados sipating Pangeran Kang Sejati, kasebut ing dalem kiyas wawarahing panhita, enggening amencaraken nukilan saking khawin mahdus salebeting bab maklumatul uluhiyah, wiyosipun anartani anetep santosaning iman, dados panungtuning tokhid ingkang ambatos dhateng iktikat. Inggih ugi peperidian saking cipta sasmitaning Kangjeng nabi Muhammad Rosulolah, ingkang kawangsitaken dhateng Sayidina Ngali, makaten jarwanipun.
Ingsun anekseni ing Dat Ingsun dhewe, satuhune ora ana Pangeran, nanging Ingsun. Lan Ingsun satuhune Muhammad iku utusan Ingsun, hiya satuhune Kang aran Pangeran diku badan Ingsun, Rasul iku rahsa Ingsun, Muhammad iku cahyaning Ingsun, hiya Ingsun kang urip tan kena pati. Hiya Ingsun kang eling ora kena lali, hiya ingsun kang langgeng ora kena owah gingsir ing kahanan jato, hiya Ingsun kang amurba amisesa kang kawasa wicaksana ora kurang ing pangreti, byar sampurna padhang terawangan, ora ana apa-apa, ora ana katon apa-apa, amung ingsun kang nglimputi ing alam kabeh kalawan kodrat Ingsun .
Ajaran kedelapan adalah sasahidan. Disebut demikian karena mengajarkannya dengan cara agar kita bersaksi atas keadaan saudara kita, yaitu keadaan apa adanya, yang tercipta di alam raya ini. Misal bumi, langit, matahari, bulan, bintang, api, angin, air dan sebagainya, itu supaya menjadi saksi bahwa kita sudah mau mengakui adanya Allah Yang Maha Suci dan menjadi sifat Allah Yang Sejati. Disebutkan di dalam kias, tentang ajaran pendeta yang menyiarkan petikan dari kadim mahdus, didalam bab Mahlumatul uluhiyah, yang berarti bahwa dengan sabar orang berusaha menguatkan iman, secara berfikir bersungguh-sungguh terhadap keyakinan itu, yang akhirnya benar-benar menjadi percaya. Mengenal hal tersebut ajaran yang diambil dari Kanjeng Nabi Muhammad Rosulullah kepada Sayidina Ali, Inilah jelasnya
Aku menjadi saksi akan dat Ku sendiri. Sebenarnya tidak ada Tuhan Kecuali Aku, dan Aku bersaksi bahwa Muhammad itu utusan Ku. Ya sebenarnya yang di namai Tuhan itu badan yang hidup tak terkena maut. Akulah yang selalu ingat, tak akan dapat lupa. Akulah yang abadi tak dapat berubah dari keadaan yang sebenarnya. Aku inilah yang dapat melihat yang tersamar dan satu demi satu mengetahuinya. Akulah yang berhak, berkuasa dan bijaksana serta serba mengetahui, dan sempurna bersinar terang. Kosong tak terlihat suatupun, hanya Aku yang melingkupi semua alam atas kehendak Ku .
Menggah dunungipun makaten.
Ingkang wastani Pangeran punika dating gesang kita pribadi. Ingkang dipun wastani Muhammad punika sipating cahya kita pribadi. Manawi ingkang kasebut ing dalem dhikir hula illa ha ilallah, Muhammada Rosulolah, tegesipun mboten wonten Pangeran nanging Allah, nabi Muhammad punika utusaning Allah.
Sedang jelasnya seperti berikut :
Adapun yang disebut Tuhan itu adalah dat hidup kita pribadi, dan yang disebut Muhammad itu sifat cahaya kita pribadi. Sedangkan yang termuat dalam dhikir hula ilaha ilallah Muhammadar rosulullah itu, berarti bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.
Ananging manawi hakekatipun ingkang dipun wastani Allah punika apngaling rasul ing badan kita, rasul punika asmaning Muhammad dumunung ing rahsa kita, Muhammad punika sipating cahya dumunung ing gesang kita, sajatining gesang kita punika dat ing Pangeran ingkang Maha Suci. Kayektosipun kasebut ing dalem dalil kuran manawi Pangeran Kang Maha Suci punika kawasa amijilaken gesang saking pejah, wijiling pejah saking agesang inggih gesang kita pribadi punika, sayekti awit saking pejah ing wekasan mboten kenging pejah, dipun basakaken khayun pindareni, tegesing gesang ing kahanan kekalih. Wonten ing alam sahir kita gesang, wonten ing alam kabir kita inggih gesang, sarta mboten kasupen ing dat kita ingkang agung.
Tetapi hakekatnya, sebutan Allah itu ialah afngal (perbuatan) rasul yang ada pada badan kita. Rasul tadi bernama Muhammad, yang berada pada rasa kita, sedang Muhammad itu adalah sifat cahaya yang berada pada hidup kita, jadi sesungguhnya hidup kita ini adalah dat Allah Yang Maha Suci. Hal ini terbukti dalam dall quran, bahwa Allah Yang Maha Suci tadi berkuasa mengeluarkan hidup dari maut. Keluarnya maut dari hidup, ya hidup kita pribadi ini. Sungguh di awali dari maut namun yang akhirnya tidak terkena maut, dinamai khayan pindareni artinya hidup di dua alam. Di alam sahir kita hidup dan di alam kabir pun kita jga hidup, serta tidak melupakan dat kita yang agung.
Boten ewah gingsir ing sipat kita ingkang elok, boten kasamaran ing atma kita kang wisesa, boten kekirangan ing apngal kita kang sampurna, dados peputoning tokhid ingkang ambontos dhateng iktikat.
Sampurnaning gesang kita punika mboten wonten karaos tanpa katingal punapa-punapa, amung waluya jati lajeng anglimputi ing alam sadaya sampun uwas sumelang malih.
Sifat kita yang elok tidak berubah, faham sekali akan kekuasaan hidup kita, tanpa kekurangan dalam hidup kita yang sempurna, menjadikan akhir dari keyakinan dan kepercayaan kita.
Kesempurnaan hidup itu tidak terasa atau tidak tampak, hanya kembali asli terus melingkupi alam semuanya. Untuk ini tidak usah khawatir lagi.
Wasiyating guru ingkang medharaken ngelmi sasahidan kaprayogekaken sami anglampahana sampun ngantos anyebut Allah. Kaisbatena anyebut Pangeran, kados ing bebasan saking karsaning Allah, isbatipun saking karsaning Pangeran, khabar pikantukipun ingkang sampun kalampahan asring kadhawahan ilham, dados amewahi teranging pambudi.
Peninggalan (ajaran) guru yang menerangkan ilmu sasahidan, seyogyanya agar mereka menjalankan pantang menyebut Allah. Sebutlah dengan nama Pangeran, seperti dalam pribahasa saking kersaning Allah, sebutlah dari kehendak Pangeran. Kabar yang diperoleh dari mereka yang telah melaksanakannya, sering mendapat ilham, sehingga menambah terangnya budi.
Ananging wasiyating guru ingkang sami kawaleraken sadaya punika manawi kasupen mboten dados awisaning ulah ngelmi kasampernan punika amung napsu. Manawi saged ambirat napsu hawa, sking adat kadunungan manah awas-emut. Manawi tansah awas utawi emut saestu manggih kamulyan ing sangkan paran sasaminipun. Kados riwayating para ahli ngelmi kasebut ngandhap punika.
1.\tTaber suci temen. Mongka pamberating durgandana ing tembe, tegesipun godan awon.
2.\tAngengirangi dhahar nginum. Mongka pangluluhing raga ing tembe.
3.\tAngawisi sare sahwat. Mongka pangluyutaning jiw ing tembe.
4.\tAnyenyuda napsu wuwus. Mongka palenyepaning rahsa ing tembe.
Tetapi nasehat guru, bahwa semua yang dipantangkan tadi, apabila terlupa tidak menjadikan sebab. Karena sebenarnya larangan itu bagi orang yang mengajarkan ilmu kasampurnan (kesempurnaan) tadi hanyalah nafsu. Jika dapat menghilangkan hawa nafsu tersebut, biasanya hati menjadi ingat dan waspada. Kalau selalu waspada dan ingat benar-benar, maka dari mana dan ini dimana saja akan mendapat kemuliaan, seperti halnya riwayat para ahli ilmu yang antara lain :
1.\tRajin, suci, jujur, kelak berguna mengusir durgandana (bau busuk).
2.\tMengurangi makan & minum, dikemudian hari untuk melebur raga.
3.\tMengurangi tidur dan syahwat, kelak berguna untuk membantu lolosnya jiwa sewaktu meninggal.
4.\tMengurangi nafsu berbicara, guna menghilangkan rasa dikemudian hari.
Manawi sampun lenyep rahsanipun, kabar demugining delahan ing tembe lajeng layat dados cajya gumilang tanpa wewayangan kahanan kita kang sejati.
Punika sarehning kula dereng saged anglampahi piyambak, dados amung anyumanggaken pamanggihing galih kemawon. Mbokmanawi kalampahan makaten inggih walahu alam katarimahipun.
Apabila rasa itu sudah hilang, maka setibanya di alam akhirat kelak, akan musnah menjadi cahaya terang tanpa bayangan dalam keadaan kita yang sejati.
Karena saya belum dapat melakukannya sendiri, maka hanya terserah pada pemikiran dalam hati saja. Barang kali dapat terlaksana, maka hal diterimanya itu, hanya Allah yang lebih mengetahuinya.
[/quote]
0
Kutip
Balas