sekbangAvatar border
TS
sekbang
Lounge Sekolah Penerbangan/Sekolah Pilot di Indonesia
Informasi Sekolah Penerbangan/Sekolah Pilot di Indonesia

Quote:


Berikut ini adalah daftar Flying School (FS) yang terdapat di Indonesia. Terdapat juga beberapa FS dari luar negeri yang memiliki siswa-siswa asal Indonesia

Quote:



Quote:


Nah itu dia pertanyaan perangsang pertama emoticon-Big Grin kita dapat apa dengan join ke FS?
ya mau jadi pilot lah
Tau bos, tapi pilot yang mana dulu?
Lho memangnya pilot ada banyak macamnya ya?
mmm bukan begitu sih, tapi lebih tepatnya, dengan join ke FS, kita dapet lisensi apa nih?
ow yayayaya emoticon-Big Grin jelasin dong gan emoticon-Peace

Jadi, lisensi seorang pilot itu ada macam2nya. FYI, pada umumnya FS akan memberikan dua jenis lisensi ketika kita lulus, yaitu PPL (private pilot licence) dan atau CPL (commercial pilot licence). Lalu apa perbedaan antara keduanya?


Quote:

Quote:


Kalau tujuan kita mau jadi pilot buat hepi2 aja, terbang saat weekend, maka lisensi yang diperlukan hanyalah PPL. tapi kalau tujuan utamanya adalah menjadi pilot profesional dan terbang dengan maskapai, ya harus punya CPL. Ingat, CPL tidak bisa didapatkan tanpa sebelumnya meraih PPL dulu. Ibarat mau masuk SMA, mesti lulus SMP. Selain CPL, FS juga biasanya memberikan lisensi IR (instrumen rating). Ini biasanya satu paket dengan CPL.
Quote:


Penjelasan mengenai lisensi2 pilot TS kutip dari :
http://ilmuterbang.com/blog-mainmenu...-sekolah-pilot
BTW, TS berpesan kepada agan2 semua yang belum tahu, tapi suka sama dunia penerbangan, buat sering2 main ke situs di atas. Dijamin bikin makin pinter emoticon-thumbsup


Quote:

Setelah mengetahui daftar FS yang ada, maka pertanyaan berikutnya bagi para calon siswa ialah bagaimana cara mendaftar (enroll) ke FS? Pada umumnya enrollment tiap sekolah bisa jadi berbeda satu sama lain. Tetapi, terdapat garis besar dimana setiap FS memiliki kesamaan persyaratan untuk calon siswanya. Persyaratan utama itu antara lain : Medical Examination (Medex), English Proficiency, terakhir Psikotest dan atau Aptitude Test. Beberapa FS bahkan menambahkan lagi persyaratan lain seperti tes fisik (misalnya di STPI Curug), Tes NBO (misalnya di BIFA), atau bahkan wawancara (di STPI dan BIFA juga). Hal ini adalah normal mengingat persyaratan enrollment adalah hak prerogatif tiap FS.

Namun sebelum dibahas mengenai 3 persyaratan di atas, pastinya tiap FS memiliki persyaratan umum bagi calon siswa. Persyaratan tersebut antara lain :
1. Berusia minimal 17 atau 18 tahun
2. Lulus SMU atau sederajat
3. Tinggi minimal 165 atau 170 bagi lelaki dan 160 bagi perempuan

Untuk latar belakang usia, walaupun tidak dijelaskan batasan maksimumnya, namun beberapa FS seperti STPI dan BIFA memberikan batasan umur maksimal. Jenis kelamin bebas. Latar belakang jurusan ketika SMU biasanya juga bebas. Selama ini setahu TS hanya STPI Curug saja yang mengharuskan calon siswanya dari jurusan IPA. Untuk tinggi badan akan ditentukan ketika Medex. Sejauh ini tidak dijelaskan mengenai batasan berat badan, namun pada umumnya yang diminta adalah ideal, dan ini juga ditentukan ketika Medex.

Panduan menghitung berat badan yang ideal bisa dilihat disini :

http://www.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=466
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=1021

Panduan singkat menjadi penerbang bisa dilihat disini :
http://ilmuterbang.com/blog-mainmenu...-sekolah-pilot

Untuk Informasi persyaratan umum calon siswa ini silahkan dikonfirmasi kembali dengan FS masing2.



Quote:


Medex merupakan istilah dari tes kesehatan bagi calon siswa penerbang. Walaupun begitu, Medex tidak hanya dikhususkan bagi calon siswa saja, malah medex menjadi rutin bagi para pilot, pramugari/pramugara serta flight engineer/teknisi yang dalam pekerjaanya berhubungan dengan pesawat udara secara langsung. Untuk Indonesia, medex dilaksanakan di Balai Kesehatan Penerbang (Hatpen) di Kemayoran, Jakarta Pusat. Termasuk para warga negara asing berprofesi di atas, baik itu calon siswa di FS Indonesia ataupun bekerja di maskapai Indonesia, sama2 mesti melaksanakan medex di Hatpen.
Diubah oleh zhulato 01-05-2013 08:40
0
788.6K
10K
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.4KAnggota
Tampilkan semua post
OptraAvatar border
Optra
#1329
Hai semuanya...sekedar sharing guys... benar yg dikatakan agan badak. Barusan ane ketemu om tmn ane yg kebetulan ud jd PiCnya Garuda. Dulunya om tmn ane lulusan flying school di Texas. Om tmn ane bilang kalo biaya flying school di luar jauh lbh murah dr Indo. Karena di Indo pesawat itu termsk barang mewah & kena pajak brg mewah (makanya mahal yakkk emoticon-Hammer).

Pendidikan di luar maupun di Indo sama aja, krn mengikuti prosedur FAA. Yg penting ada niat & usaha buat belajar, Insya Allah semuanya lancar gan. Malah kalo di luar, agan lbh bisa mahir bahasa Inggrisnya, karena mau ga mau agan komunikasi pake Inggris terus emoticon-Big Grin

Setelah lulus jgn kuatir gan ga dpt kerjaan. Karena saat2 ini, bisnis penerbangan lg berkembang sgt pesat. Dan om tmn ane juga membenarkan, kalo di Asia termsk Indo lg kekurangan pilot. Om tmn ane jg cerita kalo di Garuda, byk pesawat yg pd nganggur (alias kaga ad pilotnya). Banyak banget jadwal penerbangan yg seharusnya bs jalan, tapi ga ada pilotnya.

Belom lg perusahaan pesan byk pesawat baru yg diperkirakan byk berdatangan di taun depan. Itu baru di Garuda gan, belom Airlines2 lain di Indo maupun luar. Yah semakin luas lah kesempatan kerja di Airlines. Sedikit bocoran dr om tmn ane. Beliau pernah punya kesempatan 2 kali kerja di Airlines luar (India & Korea). Tapi om tmn ane memilih tetep di Garuda (nasionalis bgt yakkk emoticon-Big Grin). Itu menandakan peluang besar buat kerja jd pilot Airlines.

Sekian cerita dari ane yg narasumbernya dari om tmn ane emoticon-Big Grin. Mudah2an bs jd info yg berguna bagi agan2 di sini. Dan ane akan segera menyusul menjadi pilot Airlines emoticon-Smilie
0
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.