![angel3wijaya](https://s.kaskus.id/user/avatar/2009/04/16/avatar801505_2.gif)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
TS
angel3wijaya
[share] Serat Hidayat Jati
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Assalamu'alaikum.wr.wb
![★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★](https://dl.kaskus.id/i581.photobucket.com/albums/ss258/angel3wijaya/salaman2.gif)
Assalamu'alaikum.wr.wb
![★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★](https://dl.kaskus.id/i581.photobucket.com/albums/ss258/angel3wijaya/salaman2.gif)
Quote:
Sebelumnya saya mohon ijin posting kepada momods & para sesepuh budaya semua.
Saya bermaksud untuk sharing mengenai Serat Hidayat Jati yang banyak dianggap sebagai petunjuk
sejati yang menjelaskan kedudukan ilmu marifat yang lahir dari ajaran para Wali ditanah Jawa.
Tulisan ini saya salin dari buku Penelitian dan Pengkajian Serat Hidayat Jati, yang bersumber dari Buku milik Kantor Balai Kajian Sejarah & Nilai Tradisonal di Yogyakarta, jadi mungkin ada perbedaan susunan & bahasanya dari kitab Serat Hidayat Jati yang lain.
semua ini adalah suatu upaya untuk melestarikan, memelihara & mengembangkan warisan budaya bangsa, bukan untuk membahas kebatinan atau agama tertentu. Jadi mohon maaf kepada para sesepuh sekalian jika mungkin saya tidak akan bisa menjawab pertanyaan yang sangat mendalam tentang isi buku ini
Sekilas Tentang Kitab Serat Hidayat Jati
Quote:
Kitab Serat Hidayat Jati merupakan salah sebuah karya sastra seorang pujangga besar di Surakarta, yaitu R. Ng. Ranggawarsita yang mendapat gelar pujangga penutup di kraton Surakarta, isi didalamnya berupa petunjuk-petunjuk atau pengetahuan tentang hubungan manusia dengan keyakinan yang dalam penerapannya lebih bersifat spiritual serta berisi pelajaran tentang nilai-nilai kerohanian yang dapat dipakai sebagai usaha mencerdaskan manusia dalam menelaah identitas manusia itu sendiri, untuk memahami buku ini pembaca harus sudah membekali diri secara bijaksana agar tidak salah mengerti yang menyebabkan perdebatan tak berujung, disamping itu buku ini merupakan Ilmu pengetahuan yang sangat berguna sebagai suatu perbendaharaan hidup, semoga amanat yang terkandung didalamnya dapat menggugah kalbu, menghayati serta berkenan melaksanakan dan menyebar luaskan dengan arif dan bijaksana
Wassalamu'alaikum.wr.wb
Sumber Tulisan
![★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★](https://dl.kaskus.id/i581.photobucket.com/albums/ss258/angel3wijaya/sumber.jpg)
Sumber
Quote:
Praktek dan Maksud terpendam dalam Materi diluar tanggung jawab penulis
Dalam hal ini saya mohon pengertian, tidak ada kewajiban ts untuk menjelaskan apa maksud materi yang terkandung didalamnya, buku ini saya sajikan sebagai sebuah bentuk kitab budaya, dan mengenai isi buku tsb, saya serahkan kepada masing masing pihak yang membacanya
Dalam hal ini saya mohon pengertian, tidak ada kewajiban ts untuk menjelaskan apa maksud materi yang terkandung didalamnya, buku ini saya sajikan sebagai sebuah bentuk kitab budaya, dan mengenai isi buku tsb, saya serahkan kepada masing masing pihak yang membacanya
0
25.9K
Kutip
305
Balasan
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
![Budaya](https://s.kaskus.id/r200x200/ficon/image-389.png)
Budaya![KASKUS Official KASKUS Official](https://s.kaskus.id/kaskus-next/next-assets/images/icon-official-badge.svg)
2.3KThread•1.1KAnggota
Tampilkan semua post
![angel3wijaya](https://s.kaskus.id/user/avatar/2009/04/16/avatar801505_2.gif)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
TS
angel3wijaya
#4
Spoiler for Bab 2. Wedharing Wahananing Dat:
[quote=][quote=]
Bab 2. Wedharing Wahananing Dat
Wewejangan ingkang kaping kalih dipun wastani : wedharan wahananing dat. Awit dening pamejangipun amarahi urut-urutan dumadining dat sipat, wahananing kasebut ing dalem daliling ngelmi kaping kalih, nukilan saking warahing kitan dakaikal kakaik. Amratelakaken wang siting Pangeran Kang Amaha Suci dhateng kangjeng Nabi Muhammad Rosulolah, karaos ing dalem rahsa makaten jarwanipun :
Sajatining Ingsun Dat Kang Amurba Amisesa kang Kkawasa anitahake sawiji-wiji dadi, ing kono wus kanyatan pratadhaning apngal Ingsun, kang minongka bebukaning Iradat Ingsun, kang dhingin ingsun anitahake kayu, aran sajaratul yakin, tumuwuh ing jroning ngalam adam makdum ajali-abadi.
Nuli cahya aran nur muhammad, nuli kaca aran miratul kayahi, nuli nyawa aran rohilapi, nuli damar aran kandil, nuli sesotya aran rahsa, nuli dhidhing jalal aran kijab, iku kang minongka warananing kalarat Ingsun.
Ajaran kedua ialah wedharan wahananing dat (kendaraan dat atau bentuk penjelmaan dat). Dinamai demikian karena cara mengajarkan tentang terjadinya dat sifat tersebut secara berurutan. Terbentuknyatali tersebut dalam dalil ilmu kedua, kutipan dari kitab Dakaidal kakaik, berisi petnjuk Allah Yang Maha Suci kepada Kanjeng Nabi Muhammad Rosululah, terasa dalam gaib demikianlah artinya :
Sebenarnya Aku ini dat yang berhak dan berkuasa menciptakan sesuatu benih yang jadi. Disinilah kenyataan akan tindakan Ku, untuk mengawali kehendak Ku. Pertama Aku menciptakan kayu bernama sajaratul yakin, tumbuh didalam alam abadi.
Kemudian cahaya disebut Nur Muhammad, lalu kaca dinamai miratul kayaki, terus nyawa disebut rohilafi. Selanjutnya damar (pelita) bernama kandil, lalu sesotya (permata) disebut rahsa, kemudian dhindhing jalal bernama kijab. Semua itu untuk tutup (tirai) kalarat Ku.
Menggah dunungipun makaten :
1.\tSajaratul yakin tumuwuh wonten ing salebeting alam makdum ajali abadi, tegesipun kajeng pasti tumuwuh ing jagad sonya ruri taksih awang uwung, salaminipun ing kahanan kita punika kakekate dat mutlak kang kadim, tegesipun sajatining dat kang amasthi rumuhun piyambak, inggih punika dating atma, dados wahaning alam wakhadiyat.
2.\tNur Muhammad tegesipun cahya pinuji, kacariyos ing kadis warniningpun kados peksi merak, wonten ing dalem sasotya kang pethak dumunung ing irah-irahing sajaratul yakin, punika kakekating cahya, ingaken tajalining dat wonten salebeting nukat gaib, minongka sipating atma, dados wahananing alam wahdat.
3.\tMiratulkayai, tegesipun kaca wirangi, kacariyos ing kadis dumunung wonten sangjenging nur Muhammad, punika kakekating pramana, kang angaken rahsaning dat, minongka asmaning atma, dados wahananing alam wakadiyat.
4.\tRahilapi, tegesipun sasanhaning nyawa, inggih punika nyawa kang awening, kacariyos ing kadis asal nur Muhammad, punika kakekating sukma kang ingaken kahananing dat, minongka apngaling atma, dados wahaning alam arwah.
5.\tKandil, tegesipun dilah, inggih punika tanpa latu, kacariyos ing kadis awarni sesotya kang mancur mancorong gumantung tanpa canthelan, ing riku kahananing nur Muhammad, sarta enggen pakumulaning roh sedaya, punika kakekating angen-angen ingkang ngaken wawayanganing dat,minongka embananing atma, dados wahananing alam misal.
6.\tDarah, tegesipun sesotya, kacariyos ing kadis darbe saot moca-warni, sami kanggenan malaekat, punika kakekating budi, kang angaken papaesaning dat, minongka wiwaraning atma, dados wahananing alam ajsam.
7.\tKijab, winastan dhindhing jalal, tegesipun warana kang agung, kacariyos ing kadis medal saking sesotya kang amonca warni, ing nalika mosik anganakaken tigang warana ; 1.Uruh, 2.Kukus, 3.Toya, punika kakekating jasat, kang angaken warananing dat, minongka sasandhaning atma, dados wahananing alam insan kamil.
Adapun jelasnya demikian :
1.\tSajaratul yakin, tumbuh didalam alam abadi, artinya kayu asli yang tumbuh di dunia sunyi masih kosong. Selama itu keadaan kita sungguh sebagai dat mutlat yang kekal tak terbatas. Artinya dat asli yang menentukan pertama kali, ialah dat utama (nyawa), menjadi adanya alam wakhadiyat (alam tunggal).
2.\tNur Muhammad, berarti cahay yang terpuji, diceritakan dalam riwayat, bahwa cahaya itu berujud seperti burung merak, berada di dalam permata putih terletak di arah sajaratul yakin. Itulah kebenaran cahaya, yang diakui tajalining dat (dat yang nyata) berada dalam nukat gaib merupakan sifat jiwa, menjadikan adanya alam wahdat (alam yang Esa)
3.\tMiratul kayai, mempunyai arti cerminn diri. Diceritakan dalam babad, bahwa itu terletak didepan Nur Muhammad. Inilah kenyataan pramana (penglihatan bathin) yang diakui sebagai rahsa dat, sebagai sebutan bagi jiwa, menjadikan adanya keesaan alam.
4.\tRohilafi, ini seumpama nyawa, nyawa yang jernih. Menurut cerita, berasal dari Nur Muhammad. Itu merupakan kenyataan sukma yang di akui sebagai keadaan dat, sebagai perbuatan jiwa yang menjadi adanya dalam roh.
5.\tKandil, artinya lampu, yang dimaksud ialah lampu tanpa percikan api. Menurut riwayat, itu berupa permata yang bersinar terang menggantung tanpa pengait. Disitulah adanya Nur muhammad tempat semua roh berkumpul. Ini adalah kenyataan angan-angan yang disebut bayangan dat, sebagai bingkai nyawa, dan menjadikan alam yang tidak nyata.
6.\tDarah, berarti permata. Diceritakan dalam babad, benda itu mempunyai sinar berwarna-warni, dan semua memiliki malaikat. Itulah yang sebenarnya budi yang diakui sebagai hiasan dat, sebagai pintu nyawa, menjadikan adanya alam yang sebenarnya (nyata).
7.\tKijab, disebut dhindhing jalal, artinya tirai agung. Menurut cerita, itu keluar dari permata yang beraneka warna dan sewaktu bergerak menimbulkan tiga tirai. Pertama ruh, kedua kukus, ketiga toya. Itu merupakan kebenaran jasad yang disebut tirai dat, sebagai sandaran nyawa, menjadikan adanya alam manusia yang sempurna.
Menggah pratelanipun saking ajmak kiyas, papangkataning dhindhing jalal kang awarni uruh, kukus, toya, sami dados nigang warana malih, kasebut ing ngandhap punika.
Ingkang rumiyin uruh, amedalaken tigang pangkat.
1.\tKijabkisma, dados wahyaning jasat ing jawi, kulit daging sapananunggilanipun.
2.\tKijabrukmi, dados wahananing jasat ing nglebet, kadosta : utek, manik, manah jantung sapananunggilanipun.
3.\tKijabretna, dados wayaning jasat kang alembat kadosta : mani, erah sungsum sapananunggilanipun.
Ingkang kaping kalih kukus angedalaken tigang pangkat.
1.\tKijab pepeteng, dados wahananing napas sapananunggilanipun.
2.\tKijab guntur, dados wahananing pancadriya.
3.\tKijab latu, dados wahananing napsu.
Ingkang kaping tiga toya angedalaken tigang pangkat
1.\tKijab ebun toya gesang, dados kahananing sukma.
2.\tKijab nurasa, dados kahananing rahsa.
3.\tKijab burcahya, ingkang sakalangkung padhang, dados kahananing atma, sadaya warananing dat sami dumunung wonten ing insankamil, tegesipun kasampurnaning manungsa.
Adapun keterangan hasil dari berbagai perbandingan, mengenai tingkatan dhindhing jalal yang disebut uruh, kukus dan toya (air), terpisah menjadi tiga tirai lagi, yaitu sperti tertulis dibawah ini :
Pertama uruh, menghasilkan tiga tingkatan:
1.\tKijab kisma, menjadikan bentuk jasad yang diluar, kulit daging dan sebagainya.
2.\tKijab rukmi, menjadikan bentuk jasad yang didalam misalnya otak, bola mata, hati, jantung dan lain-lain.
3.\tKijab retna, menjadika bentuk jasad yang lembut yaitu mani, darah, sumsum dan seterusnya.
Kedua kukus, menghasilkan tiga tingkatan :
1.\tKijab pepeteng, yang menjadikan adanya napas dan sebagainya.
2.\tKijab guntur, menyebabkan adanya panca indra.
3.\tKijab latu, menjadikan timbulnya nafsu.
Ketiga toya/banyu (air), menghasilkan tiga tingkatan :
1.\tKijab ebun toya gesang, menjadikan adanya sukma.
2.\tKijab nurasa, menjadikan adanya mani.
3.\tKijab nurcahya, ini menyebabkan terang sekali, serta adanya nyawa.Semua dat tersebut berada di dalam insan kamil, artinya kesempurnaan manusia.
Sampun sumelang malih sabab kahaning khalarat kadosta : bale ngaras kursi, loh kil makpul, kalam, traju wot siratal mustakim, swarga naraka utawi saniskaraning dumadi kadosta : bumi langit sak isen-isenipun sadaya punika sampun kawengku woten salebeting warana, sina madan dening dat kita kang Maha agung, gumelar dados kaelokaning sipat kita kang Esa, anartani ing purbaning atma kita kang wisesa, amratandhani ing kawasaning apngal kita kang sampurna.
Janganlah khawatir lagi, sebab adanya kalarat, seperti bale ngaras kursi, lohkil makful, kalam, traju wot siratal mustakim, surga neraka atau semua yang diciptakan Tuhan seperti, bumi dan seisi langit itu, semua telah dikuasai dalam tirai. Diberkati oleh dat kita Yang Maha Agung, terpapar menjadi kehebatan sifat kita yang tunggal, membuat lega atas pengendalian nyawa kita yang kuasa. Ini menandakan akan kekuasaan sikap kita yng sempurna.
berlanjut
[/quote][/quote]
Quote:
Bab 2. Wedharing Wahananing Dat
Wewejangan ingkang kaping kalih dipun wastani : wedharan wahananing dat. Awit dening pamejangipun amarahi urut-urutan dumadining dat sipat, wahananing kasebut ing dalem daliling ngelmi kaping kalih, nukilan saking warahing kitan dakaikal kakaik. Amratelakaken wang siting Pangeran Kang Amaha Suci dhateng kangjeng Nabi Muhammad Rosulolah, karaos ing dalem rahsa makaten jarwanipun :
Sajatining Ingsun Dat Kang Amurba Amisesa kang Kkawasa anitahake sawiji-wiji dadi, ing kono wus kanyatan pratadhaning apngal Ingsun, kang minongka bebukaning Iradat Ingsun, kang dhingin ingsun anitahake kayu, aran sajaratul yakin, tumuwuh ing jroning ngalam adam makdum ajali-abadi.
Nuli cahya aran nur muhammad, nuli kaca aran miratul kayahi, nuli nyawa aran rohilapi, nuli damar aran kandil, nuli sesotya aran rahsa, nuli dhidhing jalal aran kijab, iku kang minongka warananing kalarat Ingsun.
Ajaran kedua ialah wedharan wahananing dat (kendaraan dat atau bentuk penjelmaan dat). Dinamai demikian karena cara mengajarkan tentang terjadinya dat sifat tersebut secara berurutan. Terbentuknyatali tersebut dalam dalil ilmu kedua, kutipan dari kitab Dakaidal kakaik, berisi petnjuk Allah Yang Maha Suci kepada Kanjeng Nabi Muhammad Rosululah, terasa dalam gaib demikianlah artinya :
Sebenarnya Aku ini dat yang berhak dan berkuasa menciptakan sesuatu benih yang jadi. Disinilah kenyataan akan tindakan Ku, untuk mengawali kehendak Ku. Pertama Aku menciptakan kayu bernama sajaratul yakin, tumbuh didalam alam abadi.
Kemudian cahaya disebut Nur Muhammad, lalu kaca dinamai miratul kayaki, terus nyawa disebut rohilafi. Selanjutnya damar (pelita) bernama kandil, lalu sesotya (permata) disebut rahsa, kemudian dhindhing jalal bernama kijab. Semua itu untuk tutup (tirai) kalarat Ku.
Menggah dunungipun makaten :
1.\tSajaratul yakin tumuwuh wonten ing salebeting alam makdum ajali abadi, tegesipun kajeng pasti tumuwuh ing jagad sonya ruri taksih awang uwung, salaminipun ing kahanan kita punika kakekate dat mutlak kang kadim, tegesipun sajatining dat kang amasthi rumuhun piyambak, inggih punika dating atma, dados wahaning alam wakhadiyat.
2.\tNur Muhammad tegesipun cahya pinuji, kacariyos ing kadis warniningpun kados peksi merak, wonten ing dalem sasotya kang pethak dumunung ing irah-irahing sajaratul yakin, punika kakekating cahya, ingaken tajalining dat wonten salebeting nukat gaib, minongka sipating atma, dados wahananing alam wahdat.
3.\tMiratulkayai, tegesipun kaca wirangi, kacariyos ing kadis dumunung wonten sangjenging nur Muhammad, punika kakekating pramana, kang angaken rahsaning dat, minongka asmaning atma, dados wahananing alam wakadiyat.
4.\tRahilapi, tegesipun sasanhaning nyawa, inggih punika nyawa kang awening, kacariyos ing kadis asal nur Muhammad, punika kakekating sukma kang ingaken kahananing dat, minongka apngaling atma, dados wahaning alam arwah.
5.\tKandil, tegesipun dilah, inggih punika tanpa latu, kacariyos ing kadis awarni sesotya kang mancur mancorong gumantung tanpa canthelan, ing riku kahananing nur Muhammad, sarta enggen pakumulaning roh sedaya, punika kakekating angen-angen ingkang ngaken wawayanganing dat,minongka embananing atma, dados wahananing alam misal.
6.\tDarah, tegesipun sesotya, kacariyos ing kadis darbe saot moca-warni, sami kanggenan malaekat, punika kakekating budi, kang angaken papaesaning dat, minongka wiwaraning atma, dados wahananing alam ajsam.
7.\tKijab, winastan dhindhing jalal, tegesipun warana kang agung, kacariyos ing kadis medal saking sesotya kang amonca warni, ing nalika mosik anganakaken tigang warana ; 1.Uruh, 2.Kukus, 3.Toya, punika kakekating jasat, kang angaken warananing dat, minongka sasandhaning atma, dados wahananing alam insan kamil.
Adapun jelasnya demikian :
1.\tSajaratul yakin, tumbuh didalam alam abadi, artinya kayu asli yang tumbuh di dunia sunyi masih kosong. Selama itu keadaan kita sungguh sebagai dat mutlat yang kekal tak terbatas. Artinya dat asli yang menentukan pertama kali, ialah dat utama (nyawa), menjadi adanya alam wakhadiyat (alam tunggal).
2.\tNur Muhammad, berarti cahay yang terpuji, diceritakan dalam riwayat, bahwa cahaya itu berujud seperti burung merak, berada di dalam permata putih terletak di arah sajaratul yakin. Itulah kebenaran cahaya, yang diakui tajalining dat (dat yang nyata) berada dalam nukat gaib merupakan sifat jiwa, menjadikan adanya alam wahdat (alam yang Esa)
3.\tMiratul kayai, mempunyai arti cerminn diri. Diceritakan dalam babad, bahwa itu terletak didepan Nur Muhammad. Inilah kenyataan pramana (penglihatan bathin) yang diakui sebagai rahsa dat, sebagai sebutan bagi jiwa, menjadikan adanya keesaan alam.
4.\tRohilafi, ini seumpama nyawa, nyawa yang jernih. Menurut cerita, berasal dari Nur Muhammad. Itu merupakan kenyataan sukma yang di akui sebagai keadaan dat, sebagai perbuatan jiwa yang menjadi adanya dalam roh.
5.\tKandil, artinya lampu, yang dimaksud ialah lampu tanpa percikan api. Menurut riwayat, itu berupa permata yang bersinar terang menggantung tanpa pengait. Disitulah adanya Nur muhammad tempat semua roh berkumpul. Ini adalah kenyataan angan-angan yang disebut bayangan dat, sebagai bingkai nyawa, dan menjadikan alam yang tidak nyata.
6.\tDarah, berarti permata. Diceritakan dalam babad, benda itu mempunyai sinar berwarna-warni, dan semua memiliki malaikat. Itulah yang sebenarnya budi yang diakui sebagai hiasan dat, sebagai pintu nyawa, menjadikan adanya alam yang sebenarnya (nyata).
7.\tKijab, disebut dhindhing jalal, artinya tirai agung. Menurut cerita, itu keluar dari permata yang beraneka warna dan sewaktu bergerak menimbulkan tiga tirai. Pertama ruh, kedua kukus, ketiga toya. Itu merupakan kebenaran jasad yang disebut tirai dat, sebagai sandaran nyawa, menjadikan adanya alam manusia yang sempurna.
Menggah pratelanipun saking ajmak kiyas, papangkataning dhindhing jalal kang awarni uruh, kukus, toya, sami dados nigang warana malih, kasebut ing ngandhap punika.
Ingkang rumiyin uruh, amedalaken tigang pangkat.
1.\tKijabkisma, dados wahyaning jasat ing jawi, kulit daging sapananunggilanipun.
2.\tKijabrukmi, dados wahananing jasat ing nglebet, kadosta : utek, manik, manah jantung sapananunggilanipun.
3.\tKijabretna, dados wayaning jasat kang alembat kadosta : mani, erah sungsum sapananunggilanipun.
Ingkang kaping kalih kukus angedalaken tigang pangkat.
1.\tKijab pepeteng, dados wahananing napas sapananunggilanipun.
2.\tKijab guntur, dados wahananing pancadriya.
3.\tKijab latu, dados wahananing napsu.
Ingkang kaping tiga toya angedalaken tigang pangkat
1.\tKijab ebun toya gesang, dados kahananing sukma.
2.\tKijab nurasa, dados kahananing rahsa.
3.\tKijab burcahya, ingkang sakalangkung padhang, dados kahananing atma, sadaya warananing dat sami dumunung wonten ing insankamil, tegesipun kasampurnaning manungsa.
Adapun keterangan hasil dari berbagai perbandingan, mengenai tingkatan dhindhing jalal yang disebut uruh, kukus dan toya (air), terpisah menjadi tiga tirai lagi, yaitu sperti tertulis dibawah ini :
Pertama uruh, menghasilkan tiga tingkatan:
1.\tKijab kisma, menjadikan bentuk jasad yang diluar, kulit daging dan sebagainya.
2.\tKijab rukmi, menjadikan bentuk jasad yang didalam misalnya otak, bola mata, hati, jantung dan lain-lain.
3.\tKijab retna, menjadika bentuk jasad yang lembut yaitu mani, darah, sumsum dan seterusnya.
Kedua kukus, menghasilkan tiga tingkatan :
1.\tKijab pepeteng, yang menjadikan adanya napas dan sebagainya.
2.\tKijab guntur, menyebabkan adanya panca indra.
3.\tKijab latu, menjadikan timbulnya nafsu.
Ketiga toya/banyu (air), menghasilkan tiga tingkatan :
1.\tKijab ebun toya gesang, menjadikan adanya sukma.
2.\tKijab nurasa, menjadikan adanya mani.
3.\tKijab nurcahya, ini menyebabkan terang sekali, serta adanya nyawa.Semua dat tersebut berada di dalam insan kamil, artinya kesempurnaan manusia.
Sampun sumelang malih sabab kahaning khalarat kadosta : bale ngaras kursi, loh kil makpul, kalam, traju wot siratal mustakim, swarga naraka utawi saniskaraning dumadi kadosta : bumi langit sak isen-isenipun sadaya punika sampun kawengku woten salebeting warana, sina madan dening dat kita kang Maha agung, gumelar dados kaelokaning sipat kita kang Esa, anartani ing purbaning atma kita kang wisesa, amratandhani ing kawasaning apngal kita kang sampurna.
Janganlah khawatir lagi, sebab adanya kalarat, seperti bale ngaras kursi, lohkil makful, kalam, traju wot siratal mustakim, surga neraka atau semua yang diciptakan Tuhan seperti, bumi dan seisi langit itu, semua telah dikuasai dalam tirai. Diberkati oleh dat kita Yang Maha Agung, terpapar menjadi kehebatan sifat kita yang tunggal, membuat lega atas pengendalian nyawa kita yang kuasa. Ini menandakan akan kekuasaan sikap kita yng sempurna.
berlanjut
0
Kutip
Balas