- Beranda
- Help, Tips & Tutorial Music
[Tutorial] Scales : The modes, dan Penerapannya. Gitaris dan Bassis masuk sini!
...
TS
males_mandi
[Tutorial] Scales : The modes, dan Penerapannya. Gitaris dan Bassis masuk sini!
Quote:
Banyak gw liat thread yang isinya gitaris dan bassis nanya gimana caranya belajar gitar / bass bagi pemula. disini gw mo share tentang scales, khususnya modes, dan gimana cara menerapkannya.
kenapa gw sebut modes? karena scales itu sangat luas. dari sekedar pentatonik minor, sampai yang aneh seperti javanese, whole tone, bahkan sampai chromatic scales. sedangkan modes adalah susunan scales yang lebih terkonsentrasi kepada tangga nada. lebih tepatnya modes major. bisa dibilang, ini mbah nya scales kali ya..
:maho
oke gan, kita mulai aja.
pertama, agan harus tau struktur chord. misalnya kalo major tuh 1-3-5, minor tuh 1-3b-5, dan seterusnya.
menurut gw ngafalin ini ribet. pemula yang niatnya belajar improvisasi, kalo uda ketemu gituan bisa jiper duluan

kalo gw, gw ngafalin bentukannya di tangan. berhubung ane pemain bass, ane cuma kasih bentukan di senar 4 teratas (senar 3, 4, 5, 6 untuk gitar, senar 1, 2, 3, 4 untuk bass)
bentukan di contoh ini gw terapin di fret 12 (kunci E)
Spoiler for major 7:
Spoiler for minor 7:
Spoiler for dominant:
Spoiler for half diminish:
Spoiler for diminish:
catatan: ini bukan chord! jadi metiknya bergantian. contoh untuk major : (untuk bassist) mulai petik dari senar 4 fret 12, lalu senar 3 fret 11, lalu senar 3 fret 14, terakhir senar 2 fret 13.
itu semua dalam kunci E. lalu gimana kalau main di kunci A?

gampang..pindah aja ke fret 5. sisanya? sama bentuknya..

untuk yang gitaris, sisa senar dibawahnya cari sendiri ya, setelah nada ke empat, balik lagi ke root tapi di senar selanjutnya. seterusnya akan menjadi arpeggio.
ini harus dihafal mati gan! bagi yang bassist, banyak yang kalo ngiringin lagu, bassline nya cuma sekitar root, 5th, octave. apapun jenis chordnya, walaupun major atau minor, tetep dihajar seperti itu bassline nya. itu ga salah, tapi chord yang sebenarnya kurang kerasa, apakah itu major atau minor.
oke, setelah hafal mati bentukan chord ini, mari kita langsung aja masuk ke modes...

untuk gampangnya, kita belajar dari tangga nada C major.
![[Tutorial] Scales : The modes, dan Penerapannya. Gitaris dan Bassis masuk sini!](https://dl.kaskus.id/i296.photobucket.com/albums/mm172/adrian_mahendra/formulamodes.jpg)
itu ada daftar urutan nama modes, dan chord yang ada didalam masing2 modes (dalam hal ini, kita menggunakan tangga nada C major)
kok bisa gitu gan?? apa hubungannya modes dengan chord??

berhubungan sekali tentunya..mari kita lihat susunan modes masing2.
C Ionian :
![[Tutorial] Scales : The modes, dan Penerapannya. Gitaris dan Bassis masuk sini!](https://dl.kaskus.id/www.jazzguitar.be/images/lessons/fretboard_C_ionian.gif)
D Dorian :
![[Tutorial] Scales : The modes, dan Penerapannya. Gitaris dan Bassis masuk sini!](https://dl.kaskus.id/www.jazzguitar.be/images/lessons/fretboard_D_dorian.gif)
E Phyrigian :
![[Tutorial] Scales : The modes, dan Penerapannya. Gitaris dan Bassis masuk sini!](https://dl.kaskus.id/www.jazzguitar.be/images/lessons/fretboard_E_phrygian.gif)
F Lydian :
![[Tutorial] Scales : The modes, dan Penerapannya. Gitaris dan Bassis masuk sini!](https://dl.kaskus.id/www.jazzguitar.be/images/lessons/fretboard_F_lydian.gif)
G Mixolydian :
![[Tutorial] Scales : The modes, dan Penerapannya. Gitaris dan Bassis masuk sini!](https://dl.kaskus.id/www.jazzguitar.be/images/lessons/fretboard_G_mixolydian.gif)
A Aeolian :
![[Tutorial] Scales : The modes, dan Penerapannya. Gitaris dan Bassis masuk sini!](https://dl.kaskus.id/www.jazzguitar.be/images/lessons/fretboard_A_aeolian.gif)
B Locrian :
![[Tutorial] Scales : The modes, dan Penerapannya. Gitaris dan Bassis masuk sini!](https://dl.kaskus.id/www.jazzguitar.be/images/lessons/fretboard_B_locrian.gif)
nah..ini mau ga mau harus hafal mati gan. ini nyawanya improvisasi!
pusing deh lu yang baru belajar hehe
bingungoh ya, ini semua berurutan gan. anggep lah masing2 modes punya petaknya di fret gitar/bass. berarti setelah ionian, petak selanjutnya (dalam hal ini berarti dimulai dari fret 10) adalah dorian.
untuk memudahkan hafalin urutannya, gw punya rumus nih :
If Dora Plays Like Me, All Lose
masing2 huruf yang gw bold mewakili modes nya. nah, jadi gampang kan ngafalin urutannya?

Ok, kita uda sampai ke bagian tersulit dari thread ini : yaitu menerapkan modes tersebut untuk improvisasi.
tadi gw sempet kasih tabel hubungan modes dengan chord. ok, sekarang gw jelasin dulu itu.
masing2 modes memang memiliki hubungan dengan chord. dalam hal ini, kita pakai tangga nada C.
contohnya kita ambil mode Ionian.
![[Tutorial] Scales : The modes, dan Penerapannya. Gitaris dan Bassis masuk sini!](https://dl.kaskus.id/www.jazzguitar.be/images/lessons/fretboard_C_ionian.gif)
ini ada hubungannya dengan bentukan chord yang gw kasih di awal thread. hayoooo masih pada inget ga? apa uda pada lupa nih??

di tabel yang gw kasih diatas, mode Ionian berhubungan dengan chord Cmaj7. begini penjelasannya:
mode ini dimulai dari senar paling atas fret 8. kenapa begitu? kenapa bukan dimulai dari not B di fret 7?
karena ini tangga nada C major brader. root C ada di fret 8. lagipula uda ada tandanya kan, warnanya orange. itu adalah nada dasar masing2 modes.
sekarang kita lihat bentukan untuk Major 7:
![[Tutorial] Scales : The modes, dan Penerapannya. Gitaris dan Bassis masuk sini!](https://dl.kaskus.id/i296.photobucket.com/albums/mm172/adrian_mahendra/major7.jpg)
naah sekarang coba kita lihat. di dalam modes Ionian terdapat bentukan major 7, yaitu not C, E, G, B. maka kesimpulannya: mode ini bisa dipakai improvisasi untuk kunci C major.
lalu, mode ke 2 : Dorian
![[Tutorial] Scales : The modes, dan Penerapannya. Gitaris dan Bassis masuk sini!](https://dl.kaskus.id/www.jazzguitar.be/images/lessons/fretboard_D_dorian.gif)
dan perhatikan bentukan untuk minor 7
![[Tutorial] Scales : The modes, dan Penerapannya. Gitaris dan Bassis masuk sini!](https://dl.kaskus.id/i296.photobucket.com/albums/mm172/adrian_mahendra/minor7.jpg)
disitu jelas terlihat, kalau bentukan minor 7 ada di dalam mode Dorian, yaitu nada D, F, A, C. maka kesimpulannya mode ini cocok dipakai improvisasi untuk kunci D minor. (catatan : semua kunci minor cocok dengan dorian)
Lanjut di bawah.

0
93.2K
1K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Help, Tips & Tutorial Music
3.9KThread•2.1KAnggota
Tampilkan semua post
TS
males_mandi
#644
1 chord improvisation
update dulu ah sore2 
ada beberapa lagu yang chordnya cuma 1, misalnya jean pierre yang main di A7 doang, freedom jazz dance, atau misalnya lagi ngejam iseng dengan 1 chord aja.
seperti yang uda ane jelaskan di page 1, simple untuk nentuin scale apa yang harus dipakai untuk solo pada chord xxx. tapi permasalahannya, mungkin melodi yang keluar akan membosankan kalau kita solo dengan terus2an memakai 1 scale. katakanlah kita solo terus dengan D dorian di chord Dm7. kalau dapet jatah solo sebentar sih gapapa, kalo dapat jatah solo 8 bar lebih kyknya bisa keabisan nada tuh
nah, disini kita pakai lagi pengetahuan tentang modes major yang uda diajarin di page 1. biasanya yang ane lakukan kalau ane solo dengan lagu yang hanya 1 chord adalah :
1. cari tau dulu chord itu chord apa.
jelas dong. kalo ga tau chord nya mana bisa solo 
2. tentuin scale di chord tersebut. misalnya chord dominant, katakanlah A7. berarti scale yang dipakai adalah mixolidyan.
3. ini yang terpenting. misalnya kita uda pakai mixol untuk solo. lalu makin lama, makin ngebosenin deh kyknya nadanya begitu2 aja. skrg saatnya kita ganti scale. ingat, bahwa chord dominant adalah chord ke V. ingat rumus yang ada di page 1 :
I : ionian (mayor)
II : Dorian (minor)
III : Phrigyan (minor)
IV : Lidyan (mayor)
V : Mixolidian (dominant)
VI : Aeolian (minor)
VII : Locrian (half diminished)
lalu jangan lupakan interval tangga nada : 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2
skrg kita liat. A7 adalah chord V, scale yang dipakai adalah mixolidyan. berarti, menurut interval tangga nada, chord berikutnya (dalam hal ini adalah chord ke VI) adalah chord B minor. rumus scale untuk chord ke VI adalah aeolian. berarti kesimpulannya, di chord A7 kita bisa improvisasi menggunakan B minor aeolian.
mo coba scale lain? gampang.. menurut interval, chord ke IV adalah chord G mayor. berarti scale nya adalah lidyan. kesimpulan : untuk chord A7 kita juga bisa solo menggunakan lidyan G mayor.
berarti bisa kita tarik kesimpulan, untuk 1 chord, kita bisa solo menggunaan 7 scale yang berbeda.
selamat mencoba

ada beberapa lagu yang chordnya cuma 1, misalnya jean pierre yang main di A7 doang, freedom jazz dance, atau misalnya lagi ngejam iseng dengan 1 chord aja.
seperti yang uda ane jelaskan di page 1, simple untuk nentuin scale apa yang harus dipakai untuk solo pada chord xxx. tapi permasalahannya, mungkin melodi yang keluar akan membosankan kalau kita solo dengan terus2an memakai 1 scale. katakanlah kita solo terus dengan D dorian di chord Dm7. kalau dapet jatah solo sebentar sih gapapa, kalo dapat jatah solo 8 bar lebih kyknya bisa keabisan nada tuh

nah, disini kita pakai lagi pengetahuan tentang modes major yang uda diajarin di page 1. biasanya yang ane lakukan kalau ane solo dengan lagu yang hanya 1 chord adalah :
1. cari tau dulu chord itu chord apa.
jelas dong. kalo ga tau chord nya mana bisa solo 
2. tentuin scale di chord tersebut. misalnya chord dominant, katakanlah A7. berarti scale yang dipakai adalah mixolidyan.
3. ini yang terpenting. misalnya kita uda pakai mixol untuk solo. lalu makin lama, makin ngebosenin deh kyknya nadanya begitu2 aja. skrg saatnya kita ganti scale. ingat, bahwa chord dominant adalah chord ke V. ingat rumus yang ada di page 1 :
I : ionian (mayor)
II : Dorian (minor)
III : Phrigyan (minor)
IV : Lidyan (mayor)
V : Mixolidian (dominant)
VI : Aeolian (minor)
VII : Locrian (half diminished)
lalu jangan lupakan interval tangga nada : 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2
skrg kita liat. A7 adalah chord V, scale yang dipakai adalah mixolidyan. berarti, menurut interval tangga nada, chord berikutnya (dalam hal ini adalah chord ke VI) adalah chord B minor. rumus scale untuk chord ke VI adalah aeolian. berarti kesimpulannya, di chord A7 kita bisa improvisasi menggunakan B minor aeolian.
mo coba scale lain? gampang.. menurut interval, chord ke IV adalah chord G mayor. berarti scale nya adalah lidyan. kesimpulan : untuk chord A7 kita juga bisa solo menggunakan lidyan G mayor.
berarti bisa kita tarik kesimpulan, untuk 1 chord, kita bisa solo menggunaan 7 scale yang berbeda.
selamat mencoba

0