- Beranda
- The Lounge
Penyebab Motor jadi Boros & Kiat hemat BBM
...
TS
lionelwin10
Penyebab Motor jadi Boros & Kiat hemat BBM
SELAMAT DATANG DI THREAD ANE 
Spoiler for BUKA YA GAN:
Agan yang baik selalu meninggalkan komeng dan klo berkenan
ya gan
ya gan
Spoiler for Buka Lagi :
Kalau udah ISO bagi Cendol
ya gan
ya gan
Spoiler for Buka Lagi:
JANGAN DIBATA
YA GAN 
YA GAN 
Quote:
Permisi gan...
berhubung BBM udah pada naik....
ane mau ngasih tips2 nih bagi agan2 yang sering pake kuda besi....
apalagi sekarang udah mau musim mudik... semoga tips ini bisa bermanfaat buat agan-agan


dijamin gak repost deh
berhubung BBM udah pada naik....
ane mau ngasih tips2 nih bagi agan2 yang sering pake kuda besi....
apalagi sekarang udah mau musim mudik... semoga tips ini bisa bermanfaat buat agan-agan


dijamin gak repost deh
Spoiler for NOREPOST:
Quote:
Quote:
A. Penyebab Motor Boros

Punya sepeda motor standar namun konsumsi bahan bakarnya menjadi boros tentu menjadi tanda tanya pemakainya. Apa penyebabnya?
setidaknya ada lima hal yang menjadi penyebab boros tidaknya konsumsi bensin, seperti:
Quote:
a. MACET 
Pertama, situasi jalan yang dilalui dalam kondisi macet, karena meskipun posisi
motor sedang berhenti, namun putaran mesin tidak berhenti.

Spoiler for ...:
Pertama, situasi jalan yang dilalui dalam kondisi macet, karena meskipun posisi
motor sedang berhenti, namun putaran mesin tidak berhenti.
Quote:
b. KONDISI JALAN
Kedua, kondisi jalanan yang dilalui menanjak, di mana pada kondisi jalan tersebut
pengendara motor membuka gas lebih banyak ketimbang kondisi jalan landai
atau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih tinggi dan konsumsi
bensin menjadi lebih banyak. Demikian juga pada jalan yang bergelombang, atau
cenderung rusak.
Spoiler for ...:
Kedua, kondisi jalanan yang dilalui menanjak, di mana pada kondisi jalan tersebut
pengendara motor membuka gas lebih banyak ketimbang kondisi jalan landai
atau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih tinggi dan konsumsi
bensin menjadi lebih banyak. Demikian juga pada jalan yang bergelombang, atau
cenderung rusak.
Quote:
c. MEMAINKAN GAS TERUS-MENERUS 
Ketiga, cara pemakaian juga mempengaruhi konsumsi bensin. Misalnya, ketika
motor berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas secara
terus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak. Selain itu faktor
lainnya adalah tidak melakukan servis secara rutin, sehinga settingan mesin telah
mengalami perubahan.

Spoiler for ..:
Ketiga, cara pemakaian juga mempengaruhi konsumsi bensin. Misalnya, ketika
motor berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas secara
terus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak. Selain itu faktor
lainnya adalah tidak melakukan servis secara rutin, sehinga settingan mesin telah
mengalami perubahan.
Quote:
d. SUHU 
Faktor keempat yang turut mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalah
suhu. Makin panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakin
tinggi.

Spoiler for ..:
Faktor keempat yang turut mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalah
suhu. Makin panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakin
tinggi.
Quote:
e. KONDISI MOTOR 
Terakhir, kondisi fisik motor. Misalnya, ban kempes atau kurang angin,
penggunaan aksesori body yang berat dan mengakibatkan bertambahnya
hambatan udara, atau beban angkut yang berlebihan.

Spoiler for ...:
Terakhir, kondisi fisik motor. Misalnya, ban kempes atau kurang angin,
penggunaan aksesori body yang berat dan mengakibatkan bertambahnya
hambatan udara, atau beban angkut yang berlebihan.
Quote:
B. Kiat-kiat untuk menghemat BBM 
:BUKA-TUTUP GAS SEIRAMA
Jangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full. Tapi, mainkan irama sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi, pas pindah gigi. Jangan sampai telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas. Buka gasnya pun mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih rendah, jelas Freddy.
Paling gampang dicoba pas turunan dan tanjakan. Di turunan nggak usah open throttle. Cara seperti itu ngasih beban berlebihan. Bahan bakar deras, tapi enggak sesuai kebutuhan ruang bakar.
:KURANGI PENGGUNAAN ENGINE BRAKE (BUKAN GAK PAKE, TAPI KURANGI)
Di harian jangan disamakan dengan balap. Hapus teknik engine brake. Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi enggak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara enggak terbakar sempuran. Paling bagus pakai rem. Mesin enggak dipaksa berputar.
:HINDARI NGEREM SAMBIL NGEGAS
Ini biasa dilakukan kaum Hawa. Enggak nyadar, rem belakang diinjak, tapi gas tetap manteng. Sekali lagi, rpm dan torsi nggak keluar maksimal. Mirip sama orang mau buang air besar, tapi ditahan. Proses pembakaran yang semestinya menghasilkan daya, tapi tertahan. Pembakaran pun jadi sia-sia.
:HARAM GEBER DI LAMPU MERAH
Kebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir, kan. Posisi mesin langsam bisa dianggap saat bahan bakar banyak terbakar. Ditambah lagi main geber. Pasti jadi makin boros,
:JANGAN TERLALU LAMA MANASIN MESIN
Cara lama. Sebelum berangkat ngantor, sekolah, atau kuliah motor dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan membasahi semua komponen mesin sebelum motor dijalankan. Ingat lho, posisi mesin langsam bikin bahan bakar terbuang percuma.
lama waktu buat memanaskan mesin paling pas 1 sampai 2 menit aja

:BUKA-TUTUP GAS SEIRAMAJangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full. Tapi, mainkan irama sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi, pas pindah gigi. Jangan sampai telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas. Buka gasnya pun mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih rendah, jelas Freddy.
Paling gampang dicoba pas turunan dan tanjakan. Di turunan nggak usah open throttle. Cara seperti itu ngasih beban berlebihan. Bahan bakar deras, tapi enggak sesuai kebutuhan ruang bakar.
:KURANGI PENGGUNAAN ENGINE BRAKE (BUKAN GAK PAKE, TAPI KURANGI)Di harian jangan disamakan dengan balap. Hapus teknik engine brake. Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi enggak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara enggak terbakar sempuran. Paling bagus pakai rem. Mesin enggak dipaksa berputar.
:HINDARI NGEREM SAMBIL NGEGASIni biasa dilakukan kaum Hawa. Enggak nyadar, rem belakang diinjak, tapi gas tetap manteng. Sekali lagi, rpm dan torsi nggak keluar maksimal. Mirip sama orang mau buang air besar, tapi ditahan. Proses pembakaran yang semestinya menghasilkan daya, tapi tertahan. Pembakaran pun jadi sia-sia.
:HARAM GEBER DI LAMPU MERAHKebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir, kan. Posisi mesin langsam bisa dianggap saat bahan bakar banyak terbakar. Ditambah lagi main geber. Pasti jadi makin boros,
:JANGAN TERLALU LAMA MANASIN MESINCara lama. Sebelum berangkat ngantor, sekolah, atau kuliah motor dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan membasahi semua komponen mesin sebelum motor dijalankan. Ingat lho, posisi mesin langsam bikin bahan bakar terbuang percuma.
lama waktu buat memanaskan mesin paling pas 1 sampai 2 menit aja
Quote:
Quote:
UPDATE BUAT MATIC
gini gan.. memang sulit pungkiri.. emang metik agak boros.. tapi ada loh triknya..
KLO MENURUT ANE
motor metik itu kalo mau hemat ya kita musti sabar gan...
maksudnya??? motor metik itu biasanya klo kita di gas pasti kita langsung tancep aja gitu.. nah supaya gak boros.. kita gas aja pelan2 gan.. nikmati alurnya...
:
:
satu lagi kec. max nya itu 60 km/jam.. jadi klo agan pake metik pelan2 aja nge gas nya... ampe batas kec. max nya 60 km/jam..
gitu gan menurut ane..
:
silahkan dicoba gan...
gini gan.. memang sulit pungkiri.. emang metik agak boros.. tapi ada loh triknya..
KLO MENURUT ANE
motor metik itu kalo mau hemat ya kita musti sabar gan...
maksudnya??? motor metik itu biasanya klo kita di gas pasti kita langsung tancep aja gitu.. nah supaya gak boros.. kita gas aja pelan2 gan.. nikmati alurnya...
:
:satu lagi kec. max nya itu 60 km/jam.. jadi klo agan pake metik pelan2 aja nge gas nya... ampe batas kec. max nya 60 km/jam..
gitu gan menurut ane..
:silahkan dicoba gan...

TAMBAHAN DARI JURAGAN
PARA JURAGAN YANG UDAH MENCOBA
Quote:
1.
Quote:
2.
Quote:
Original Posted By Andis95►Bener gan semakin cepet kita berkendara semakin, semakin boros konsumsi bahan bakarnya
ane udh uji sendiri fakta antara Yamaha Meong sama Honda Super Fit (Ane Tes Itu perjalanan dari pekalongan - jogja)
ketika kita mengendarai dengan kecepatan standard(stabil)konsumsi yg dihabiskan kedua motor tersebut sama.
ane udh uji sendiri fakta antara Yamaha Meong sama Honda Super Fit (Ane Tes Itu perjalanan dari pekalongan - jogja)
ketika kita mengendarai dengan kecepatan standard(stabil)konsumsi yg dihabiskan kedua motor tersebut sama.
3.
Quote:
Original Posted By neechaayee►
nice tips gan 
ane sekarang jadi nyaman, yang biasanya seminggu 20 rebu sekarang bisa seminggu 10 rebu

ane sekarang jadi nyaman, yang biasanya seminggu 20 rebu sekarang bisa seminggu 10 rebu

4.
Quote:
JANGAN LUPA BAGI CENDOL
YA GAN 
YA GAN 
Diubah oleh lionelwin10 06-07-2013 03:09
0
135.3K
Kutip
10K
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
1.3MThread•104KAnggota
Tampilkan semua post
TS
lionelwin10
#4
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.


Quote:
Original Posted By yuzantiexe►ane sering bnget mainin gas tuh...
emang kerasa banget tuh bros nya...
secara motor ane vespa lagi...
keseringan ane juga ngebut di lampu merah kaya yg siap2 mau ngdrug gtu..
ane terlalu bangga sama vespa ane yg bisa maju kenceg di lapu merah...
mungkin sekarag harus lebih tenang ane makenya irit bensin bbm mahal..
emang kerasa banget tuh bros nya...
secara motor ane vespa lagi...
keseringan ane juga ngebut di lampu merah kaya yg siap2 mau ngdrug gtu..

ane terlalu bangga sama vespa ane yg bisa maju kenceg di lapu merah...

mungkin sekarag harus lebih tenang ane makenya irit bensin bbm mahal..
21.
Quote:
Original Posted By ceperistbekasi►kalo ane sih itu semua udah diterapin, tapi ane lebih menitik beratkan kepada settingan karburator (karburator PE 28)
sebagai catatan, mau kebut ane setting ulang, jadi 10rb pertamax bisa abis jalan kisaran dari buah batu - cimahi.
mau irit? ane setting lagi, 10 rebu pertamax bisa nyampe kota baru parahyangan. tapi juga ya motor ane gak lemot lemot amat. cape ati juga kalo gak mau kebut

sekian sharing ane

#info : motor ane satria f tahun 2009
sebagai catatan, mau kebut ane setting ulang, jadi 10rb pertamax bisa abis jalan kisaran dari buah batu - cimahi.
mau irit? ane setting lagi, 10 rebu pertamax bisa nyampe kota baru parahyangan. tapi juga ya motor ane gak lemot lemot amat. cape ati juga kalo gak mau kebut


sekian sharing ane


#info : motor ane satria f tahun 2009
22.
Quote:
Original Posted By mylvdr►tambahan dari ane gan : perhatikan rante nya juga gan ,sering" kasih oli sama di kencengin
taro pejwan gan klo berkenan

taro pejwan gan klo berkenan

23.
Quote:
Original Posted By Muselimin►soal ngerem nih
klo make rem depan usahain 3-4 jari yg neken tuas rem untuk menghindari gas masih kebuka saat ngerem, klo cuma pake satu jari biasa nya gas masih kebuka dikit...
trus pake bahan bakar yg sesuai sama spek motor
klo yg spek nya oktan 92 atau lebih ya jgn pake yg oktan 88
beban juga ngaruh gan
gw kalo boncengan bisa lbh boros drpd sendiri
klo make rem depan usahain 3-4 jari yg neken tuas rem untuk menghindari gas masih kebuka saat ngerem, klo cuma pake satu jari biasa nya gas masih kebuka dikit...
trus pake bahan bakar yg sesuai sama spek motor

klo yg spek nya oktan 92 atau lebih ya jgn pake yg oktan 88
beban juga ngaruh gan

gw kalo boncengan bisa lbh boros drpd sendiri

24.
Quote:
Original Posted By 100311►motor ane mio gan
ane setuju sama ente gan
ane pake kecepatan max 60 km/jam
kalo macet y buka gasnya pelan-pelan aja jgn digeber langsung gan
ane sdh buktiin gan ane pake t motor untuk jalan kira-kira sehari 25km dalam sehari dalam 25km it dalam sehari cuma habis 1 kotak gan,paling boros y 2 kotak itu kalo ane jalannya lebih dari 30km gan dalam sehari,ane ngisi minyak tiap 2 hari sekali paling cepet y lamanya 3hari sekali
namanya juga mio termasuk boros gan
ane setuju sama ente gan
ane pake kecepatan max 60 km/jam
kalo macet y buka gasnya pelan-pelan aja jgn digeber langsung gan
ane sdh buktiin gan ane pake t motor untuk jalan kira-kira sehari 25km dalam sehari dalam 25km it dalam sehari cuma habis 1 kotak gan,paling boros y 2 kotak itu kalo ane jalannya lebih dari 30km gan dalam sehari,ane ngisi minyak tiap 2 hari sekali paling cepet y lamanya 3hari sekali
namanya juga mio termasuk boros gan
25.
Quote:
Original Posted By rizqiiiw►Nice info gan.
Ane pake matic nih kebetulan motor ane ada 2 tipe yg carburator(biasa) + injeksi
Nah kesimpulan ane matic biasa lebih boros gan beda banget ama yg injeksi lebih irit. Walaupun lebih besar yg injeksi CC motornya tetep lebih irit gan
Ane pake matic nih kebetulan motor ane ada 2 tipe yg carburator(biasa) + injeksi
Nah kesimpulan ane matic biasa lebih boros gan beda banget ama yg injeksi lebih irit. Walaupun lebih besar yg injeksi CC motornya tetep lebih irit gan
26.
Quote:
Original Posted By dekifadilla►gw pake motor beat Injection. Waktu itu make motor jarak 2 KM ane gass poll eh bensin kurangnya banyak banget, trus ane coba hal yang sama dengan kec 40-50 KM/H teryata dikit gan keluar bensinya. btw kalau bawa motor kenceng jangan sekali gus ngeremnya, maksudnya pelan pelan aja
27.
Quote:
Original Posted By BERB►Mood Kita Saat Berkendara Juga Sangat Berperan Penting Dalam Menentukan Boros/Hemat Kendaraan Kita 
Kalo Suasana Hati Lagi Tenang, Otomatis Bawa Kendaraan Juga Kalem
Nah Kalo Lagi Bad Mood, Ya Bad Juga Cara Kita Bawa Kendaraan

Kalo Suasana Hati Lagi Tenang, Otomatis Bawa Kendaraan Juga Kalem
Nah Kalo Lagi Bad Mood, Ya Bad Juga Cara Kita Bawa Kendaraan
28.
Quote:
Original Posted By modjodjodjo►motor ane bisa tembus 10km,20km,30km,50km/Lato lebih jauh dari itu juga bisa gan..
nih ane kasih tau trik nya

nih ane kasih tau trik nya
Spoiler for TRIK:



Diubah oleh lionelwin10 15-07-2013 19:58
0
Kutip
Balas
POST 4 