TS
ronieyuan
Naval Architecture Masuk Sini
halo semuanya
hehe lama ga sempat menata trit ini
jadi gini naval architecture and shipbuilding ditempat saya dulu kuliah (Teknik Perkapalan ITS red) terdiri dari beberapa program studi diantaranya studi rekayasa kapal yang meliputi konstruksi kapal (bidang yang mempelajari konstruksi kapal berdasarkan rule yang ada seperti BKI) kemudian hydrodynamic (bidang yang mempelajari pengaruh gelombang terhadap kapal dan aspek yang berhubungan dengan hydro) design/perancangan kapal (bidang yang mempelajari aspek design yang sesuai dengan estetika maupun teknologi terkini) dan program studi yang kedua adalah bidang studi industri kapal yaitu bidang yang mempelajari manajemen industri galangan kapal, manajemen material, KOROSI dan membahas teknologi produksi pembangunan kapal itu sendiri
setelah berbicara masalah macam2 bidang naval architecture maka pertanyaan selanjutnya prospek kerjanya gimana?
faktanya bahwa pekerjaan di bidang perkapalan ini sangat besar namun lulusan yang ada masih belum mencukupi untuk menutupi kebutuhan terhadap pegawai. oleh karena itu jangan khawatir kalo maslah kerja. 4 bulan setelah lulus dari perkapalan dijamin kerja. kenapa begitu? lulusan perkapalan bisa bekerja di :
1. Galangan kapal so pasti di segala aspek mulai dari pekerja kantoran sampai pekerja lapangan
2. Engineer di bidang selain non perkapalan
3. Badan klasifikasi seperti BKI (biro klasifikasi Indonesia), dll.
4. Badan Consultant mulai dari drawing consultant, construction consultant dll.
5. Pihak Bank , nah kok bisa? faktanya orang bank membutuhkan orang yang mengerti tentang dunia perkapalan dalam melakukan pengawasan pembangunan kapal
6. Owner surveyor, bertugas melaporkan progress report pembangunan kapal / reparasi kapal terhadap pemilik kapal. Akhir akhir ini pihak perminyakan sedang gencar gencarnya dalam pembuatan kapal sehingga bidang ini orang perkapalan bisa masuk dalam perusahaan perminyakan
7. Other Surveyor , mengapa saya namakan other surveyor ? karena ruang lingkup surveyor ini sangat luas mulai dari NDT (non destructive test) surveyor yang memiliki kemampuan PT,MT,UT . coating surveyor (yang konon bayarannya mencapai 10 juta per hari) dan sampai contain surveyor ( yang mensurvey isi volumetric dari suatu barang misalnya batubara yang diangkut dalam barge) dll.
Nb:
TS merupakan dosen di Teknik Perkapalan ITS
untuk yang mau tanya2, mau ngasih project please contact me
ichan_narch@yahoo.co.id
THX TO AGAN BILMA
hehe lama ga sempat menata trit ini
jadi gini naval architecture and shipbuilding ditempat saya dulu kuliah (Teknik Perkapalan ITS red) terdiri dari beberapa program studi diantaranya studi rekayasa kapal yang meliputi konstruksi kapal (bidang yang mempelajari konstruksi kapal berdasarkan rule yang ada seperti BKI) kemudian hydrodynamic (bidang yang mempelajari pengaruh gelombang terhadap kapal dan aspek yang berhubungan dengan hydro) design/perancangan kapal (bidang yang mempelajari aspek design yang sesuai dengan estetika maupun teknologi terkini) dan program studi yang kedua adalah bidang studi industri kapal yaitu bidang yang mempelajari manajemen industri galangan kapal, manajemen material, KOROSI dan membahas teknologi produksi pembangunan kapal itu sendiri
setelah berbicara masalah macam2 bidang naval architecture maka pertanyaan selanjutnya prospek kerjanya gimana?
faktanya bahwa pekerjaan di bidang perkapalan ini sangat besar namun lulusan yang ada masih belum mencukupi untuk menutupi kebutuhan terhadap pegawai. oleh karena itu jangan khawatir kalo maslah kerja. 4 bulan setelah lulus dari perkapalan dijamin kerja. kenapa begitu? lulusan perkapalan bisa bekerja di :
1. Galangan kapal so pasti di segala aspek mulai dari pekerja kantoran sampai pekerja lapangan
2. Engineer di bidang selain non perkapalan
3. Badan klasifikasi seperti BKI (biro klasifikasi Indonesia), dll.
4. Badan Consultant mulai dari drawing consultant, construction consultant dll.
5. Pihak Bank , nah kok bisa? faktanya orang bank membutuhkan orang yang mengerti tentang dunia perkapalan dalam melakukan pengawasan pembangunan kapal
6. Owner surveyor, bertugas melaporkan progress report pembangunan kapal / reparasi kapal terhadap pemilik kapal. Akhir akhir ini pihak perminyakan sedang gencar gencarnya dalam pembuatan kapal sehingga bidang ini orang perkapalan bisa masuk dalam perusahaan perminyakan
7. Other Surveyor , mengapa saya namakan other surveyor ? karena ruang lingkup surveyor ini sangat luas mulai dari NDT (non destructive test) surveyor yang memiliki kemampuan PT,MT,UT . coating surveyor (yang konon bayarannya mencapai 10 juta per hari) dan sampai contain surveyor ( yang mensurvey isi volumetric dari suatu barang misalnya batubara yang diangkut dalam barge) dll.
Nb:
TS merupakan dosen di Teknik Perkapalan ITS
untuk yang mau tanya2, mau ngasih project please contact me
ichan_narch@yahoo.co.id
Quote:
THX TO AGAN BILMA
Diubah oleh ronieyuan 21-08-2014 07:32
xbangbudi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
110.9K
972
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Teknik
3KThread•1.2KAnggota
Tampilkan semua post
agressive.tea
#226
Quote:
salam kenal adek kelas ku... intinya di naval undip harus rajin ngerjain TR,

Quote:
Newbe coba sharing tentang x-ray.
Untuk dunia reparasi kapal mungkin x-ray bukan kata asing. BELIAU ini digunakan salah satunya untuk melakukan tes terhadap hasil pengelasan. E.g (hasil pengelasan penyambungan/penggantian plat kulit).
Secara garis besar pemeriksaan hasil pengelasan ada dua: Destructive test (uji yg sifatnya merusak benda uji) dan Non destructive test (ujia tidak merusak)
Sengaja saya berbagi hanya NDT saja karena di dalam nya terdapat metode x-ray tadi.
Non destrtructive testing (NDT)
Non destrtructive testing (NDT) adalah aktivitas tes atau inspeksi terhadap suatu benda untuk mengetahui adanya cacat, retak, atau discontinuity lain tanpa merusak benda yang kita tes atau inspeksi. Pada dasarnya, tes ini dilakukan untuk menjamin bahwa material yang kita gunakan masih aman dan belum melewati damage tolerance. Material pesawat diusahakan semaksimal mungkin tidak mengalami kegagalan (failure) selama masa penggunaannya.NDT dilakukan paling tidak sebanyak dua kali. Pertama, selama dan diakhir proses fabrikasi, untuk menentukan suatu komponen dapat diterima setelah melalui tahap-tahap fabrikasi. NDT ini dijadikan sebagai bagian dari kendali mutu komponen. Kedua, NDT dilakukan setelah komponen digunakan dalam jangka waktu tertentu. Tujuannya adalah menemukan kegagalan parsial sebelum melampaui damage tolerance-nya.
Metode utama Non Destructive Testing meliputi:
Visual Inspection
Sering kali metode ini merupakan langkah yang pertama kali diambil dalam NDT. Metode ini bertujuan menemukan cacat atau retak permukaan dan korosi. Dalam hal ini tentu saja adalah retak yang dapat terlihat oleh mata telanjang atau dengan bantuan lensa pembesar ataupun boroskop.
Visual inspection dengan boroskop
Liquid Penetrant Test
Metode Liquid Penetrant Test merupakan metode NDT yang paling sederhana. Metode ini digunakan untuk menemukan cacat di permukaan terbuka dari komponen solid, baik logam maupun non logam, seperti keramik dan plastik fiber. Melalui metode ini, cacat pada material akan terlihat lebih jelas. Caranya adalah dengan memberikan cairan berwarna terang pada permukaan yang diinspeksi. Cairan ini harus memiliki daya penetrasi yang baik dan viskousitas yang rendah agar dapat masuk pada cacat dipermukaan material. Selanjutnya, penetrant yang tersisa di permukaan material disingkirkan. Cacat akan nampak jelas jika perbedaan warna penetrant dengan latar belakang cukup kontras. Seusai inspeksi, penetrant yang tertinggal dibersihkan dengan penerapan developer.
Kelemahan dari metode ini antara lain adalah bahwa metode ini hanya bisa diterapkan pada permukaan terbuka. Metode ini tidak dapat diterapkan pada komponen dengan permukaan kasar, berpelapis, atau berpori.
Magnetic Particle Inspection
Dengan menggunakan metode ini, cacat permukaan (surface) dan bawah permukaan (subsurface) suatu komponen dari bahan ferromagnetik dapat diketahui. Prinsipnya adalah dengan memagnetisasi bahan yang akan diuji. Adanya cacat yang tegak lurus arah medan magnet akan menyebabkan kebocoran medan magnet. Kebocoran medan magnet ini mengindikasikan adanya cacat pada material. Cara yang digunakan untuk memdeteksi adanya kebocoran medan magnet adalah dengan menaburkan partikel magnetik dipermukaan. Partikel-partikel tersebuat akan berkumpul pada daerah kebocoran medan magnet.
Kelemahannya, metode ini hanya bisa diterapkan untuk material ferromagnetik. Selain itu, medan magnet yang dibangkitkan harus tegak lurus atau memotong daerah retak serta diperlukan demagnetisasi di akhir inspeksi.
Eddy Current Test
Inspeksi ini memanfaatkan prinsip elektromagnet. Prinsipnya, arus listrik dialirkan pada kumparan untuk membangkitkan medan magnet didalamnya. Jika medan magnet ini dikenakan pada benda logam yang akan diinspeksi, maka akan terbangkit arus Eddy. Arus Eddy kemudian menginduksi adanya medan magnet. Medan magnet pada benda akan berinteraksi dengan medan magnet pada kumparan dan mengubah impedansi bila ada cacat.
Keterbatasan dari metode ini yaitu hanya dapat diterapkan pada permukaan yang dapat dijangkau. Selain itu metode ini juga hanya diterapkan pada bahan logam saja.
Ultrasonic Inspection
Prinsip yang digunakan adalah prinsip gelombang suara. Gelombang suara yang dirambatkan pada spesimen uji dan sinyal yang ditransmisi atau dipantulkan diamati dan interpretasikan. Gelombang ultrasonic yang digunakan memiliki frekuensi 0.5 20 MHz. Gelombang suara akan terpengaruh jika ada void, retak, atau delaminasi pada material. Gelombang ultrasinic ini dibnagkitkan oleh tranducer dari bahan piezoelektri yang dapat menubah energi listrik menjadi energi getaran mekanik kemudian menjadi energi listrik lagi.
Radiographic Inspection
Metode NDT ini dapat untuk menemukan cacat pada material dengan menggunakan sinar X dan sinar gamma. Prinsipnya, sinar X dipancarkan menembus material yang diperiksa. Saat menembus objek, sebagian sinar akan diserap sehingga intensitasnya berkurang. Intensitas akhir kemudaian direkam pada film yang sensitif. Jika ada cacat pada material maka intensitas yang terekam pada film tentu akan bervariasi. Hasil rekaman pada film ini lah yang akan memeprlihatkan bagian material yang mengalami cacat.
0


)



