- Beranda
- Kendaraan Roda 4
cerita ngebut community
...
TS
solidsnakez
cerita ngebut community
Mari para agan2 yg punya cerita seru ngebut di mana aja(tol, jalan raya,jalan pegunungan) share disini, siapa tau ada tips yg bisa diambil. Tp inget ngebut jg kira2
, jgn ngebut di daerah yg rame
cerita ngebut ts jika sempat akan dipost jg, jd tunggu aja ya
ada suhu drift angkat bicara gan di thread ane
buat yg hanya ingin melihat ceritanya saja bisa dilihat pada index yg sudah dibuat oleh suhu dreamvin
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=1196
ada tips ngebut dari suhu takumi
foto 1st gath
Halo gan, stlah terpisah beberapa tahun, akhirnya kami berkumpul kembali di grup line, TS suka lupa mantau trit jd lsg aja diadd ya, untuk info lengkap sudah dibagikan suhu rend.r
, jgn ngebut di daerah yg rame
cerita ngebut ts jika sempat akan dipost jg, jd tunggu aja ya
ada suhu drift angkat bicara gan di thread ane

Quote:
Original Posted By DreamVin►ane kasi cara ane drift (bukan drift tp slalom krn pk mobil FWD ane) 
di comment ane,ane bkl pk kata drift drpd slalom krn lbh keren jk diblg drift drpd slalom..
ane testnya pake mobil Vios '07 di parkiran sun plaza medan.
ane emg sering baca majalah n nonton video ttg cara drift..tp g ad yg saranin pk mobil FWD drift krn driftnya g bs bgs/thn lama. jd bukan asli drift tp sekedar gaya belaka.
ane coba mutar nikung dgn kecepatan sktr 25 kmh stir belok dulu da tuh narik e-brake..itu pertama kali ane nge-test2..di kecepatan rndh mobil stabil dgn sdkt understeer..tp kesyuran jd ane test lg. sebnrnya prosedur drift hrs pk ban spesial drift ato yg lbh grippy krn secara drift tp kl g ad grip sama aja cari mati.
:
dan juga hrs ad berbagai modifikasi mulai dr LSD, stablizer sampai kaki2 supaya lancar kl bnr2 mau drift kyk master drifter. tp aturan pertama tetap hrs RWD. kl aturan pertama tak terpenuhi jgn harap bs melakukan drift yg cantik dan cool
AWD/4WD jg g bs diajak drift krn trll stabil jd hrs convert ke RWD..tp tetap lbh baik AWD drpd FWD kl mau drift..terbaik itu RWD..
:
jd ane test lg di kecepatan 30 kmh di bagian tikungan sktr 90 derajat k kiri mutar stir then e-brake [tidak pejek gas] jg msh ngepot trll jauh alias understeer dl br oversteer kmdn.. krn byk tiang di wilayah pakiran jd ane kurung niat ane buat ngetest drift 90 derajat..drift di wilayah parkiran itu bahaya.apalagi parkirannya groundnya dibuat dr semen,bukan aspal.jd g ad grip sama skali wkt drift d parkiran.lain critanya d jalan aspal yg agk kasar jd at least lbh grippy drpd wilayah parkiran.
stlh melewati bbrp hr / mggu dan melewati serangkaian eksperimen,ane coba lagi.tp skrg uda g 90 derajat..ane nekad test 360 derajat. kali ini ane bw teman. teman2 ane jg bw mobil tp mrk g brani test drift krn mrk g senekad ane..
drift 360 derajat ini lbh mengarah k arah drift yg sebnrnya dibanding drift 90 derajat itu sndr.krn di drift 90derajat aneg brani pejek gas krn g ad grip. tp di drift 360 derajat mobil ane kecepatannya plgan 10-15kmh saja jd msh ad grip tp g se-grip yg agan bayangkan ampe bs buat kyk film2..
untuk drift 360 derajat ane kasi kronologinya saja spy lbh mudah dimengerti:
1. cari spot/titik dmn agan mau membuat drift melingkar [bhs inggris: donut drift].
2. lajulah dgn kecepatan tetap spt : 20kmh/25kmh lurus sampai d titik yg agan buat.
3. jika mobil anda torsi kuat,biarlah di gigi 2. tp jika torsi lemah spt kasus ane vios ane taruh gigi 1.
3. stlh sampai,belokkan stir dan tarik e-brake dgn gas tetap stabil sampai gas mulai redup*
4. stlh mesin mulai redup,geber lagi gas dalam2 sampai mobil meraung dan turunkan dan naikkan gas sesuaikan dengan irama drift
5. selamat mencoba dan jgn lakukan di tempat dimana anda akan mengganggu pengguna jalan lain. jangan lupa jg "DRIVE SAFE and ALWAYS WEAR YOUR SEATBELT"
*= sesuai e-brake anda.yg saya maksud disini pegang terus e-brake anda krn mgkn e-brake anda trll pakem jd membuat mesin bekerja trll keras.sesuaikan dengan kondisi mesin.kdg tarik e-brake kuat kdg lemahin supaya mobil tetap melaju dan tetap on the track.
stlh bbrp kali mencoba,anda boleh mengikuti cara para master drifter drift (lbh enak pk mobil RWD)
ane kasi kronologi para master drift di jalanan belokan yg panjang (powerslide) :
1. buat target kecepatan yg akan dicapai. contoh : 60km/h
2. tetap bayangkan suatu titik dimana anda akan memulai drift.
3. usahakan RPM mesin tinggi supaya mendapat power slide yg indah.
4. usahakan menggunakan gigi 2 / 3 di RPM tinggi*
5. sesampai di titik yg ditentukan putar stir searah arah belokkan (contoh bila belokan k kiri,putar k kiri secepat mgkn)**
6. sewaktu putar stir,kaki menginjak rem supaya bgn blkg mobil terdorong k samping sambil meluncur.**
7. stlh mobil meluncur counter stir (dari arah kiri skrg k arah kanan) dan tekan gas sekaligus rem sesuai irama dan kecepatan mobil. (terkadang gas ditekan lbh dalam drpd rem dan terkadang rem ditekan lbh dalam drpd gas,semua itu tergantung pada situasi)
8. pada saat mobil meluncur,sesuaikan luncuran mobil. bila bgn blkg oversteer,kurangi dgn cara gas dgn syarat rem tetap ditekan untuk menjaga mobil tetap meluncur.
* : penggunaan gigi 2 atau gigi 3 itu ditentukan oleh torsi mobil dan kecepatan mobil saat drift. bila torsi trll tinggi,pakailah gigi 3 tetapi apabila torsi tak begitu tinggi boleh digunakan gigi 2.
** : harus dilakukan pada saat yg hmpr bersamaan
master drifter kebykan melakukan driftnya untuk kecepatan belaka..karena mereka mengikuti kompetisi drift cepat n gaya dan style itu dinomor duakan.
jadi kalo agan2 mau ikutin cara master drifter tp mau gaya dan style diutamakan,boleh menggunakan pengembangan cara drift masing-masing..
mgkn timbul pertnyan :
KENAPA TIDAK MENGGUNAKAN REM TANGAN?
rem tangan seharusnya tidak digunakan karena mengurangi kecepatan mobil secara dramatis. tetapi ada juga drifter professional memakai e-brake dgn alasan supaya mobil kembali stabil krn posisi meluncur susah dijaga kestabilannya. mereka hanya memakai e-brake untuk:
1. membuat posisi mobil lebih terarah dan on the track pd awal drift
2. menstabilkan kembali mobil yg mulai kehilangan kestabilan karena jika dengan rem mobil tidak akan begt mudah distabilkan
3. bila rem mereka mulai panas dan licin yg mengakibatkan kinerja rem tidak maksimal*
* : ini jarang terjadi kepada master drifter tetapi pada kompetisi endurance(tes ketahanan), gejala ini sering terjadi.
Note : drift dgn mobil standard bs mengakibatkan KECELAKAAN,kain e-brake cpt habis,ban cpt gundul,bbm cepat habis krn tarikan RPM tinggi,bila dilakukan di jalan yg tidak rata dpt mengakibatkan ban anda baling,kaki2 mesin2 mudah rusak,dll sebagainya. jadi mikir-mikir dulu konsekuensinya bila mau drift. kalau semua itu bisa ditolerir,selamat mencoba dan menikmati gan..
Note2 : kl mau drift usahakan bw sedan gan..lebih stabil dan aerodinamis. ane sih g gt saranin wagon tp msh bs ditolerir. yg plg ane g saranin tuh hatchback ma SUV. jgn sekali2 mencoba dgn 2 jenis mobil tersebut atau lambat laun anda akan celaka.

di comment ane,ane bkl pk kata drift drpd slalom krn lbh keren jk diblg drift drpd slalom..

ane testnya pake mobil Vios '07 di parkiran sun plaza medan.
ane emg sering baca majalah n nonton video ttg cara drift..tp g ad yg saranin pk mobil FWD drift krn driftnya g bs bgs/thn lama. jd bukan asli drift tp sekedar gaya belaka.
ane coba mutar nikung dgn kecepatan sktr 25 kmh stir belok dulu da tuh narik e-brake..itu pertama kali ane nge-test2..di kecepatan rndh mobil stabil dgn sdkt understeer..tp kesyuran jd ane test lg. sebnrnya prosedur drift hrs pk ban spesial drift ato yg lbh grippy krn secara drift tp kl g ad grip sama aja cari mati.
:dan juga hrs ad berbagai modifikasi mulai dr LSD, stablizer sampai kaki2 supaya lancar kl bnr2 mau drift kyk master drifter. tp aturan pertama tetap hrs RWD. kl aturan pertama tak terpenuhi jgn harap bs melakukan drift yg cantik dan cool

AWD/4WD jg g bs diajak drift krn trll stabil jd hrs convert ke RWD..tp tetap lbh baik AWD drpd FWD kl mau drift..terbaik itu RWD..
:jd ane test lg di kecepatan 30 kmh di bagian tikungan sktr 90 derajat k kiri mutar stir then e-brake [tidak pejek gas] jg msh ngepot trll jauh alias understeer dl br oversteer kmdn.. krn byk tiang di wilayah pakiran jd ane kurung niat ane buat ngetest drift 90 derajat..drift di wilayah parkiran itu bahaya.apalagi parkirannya groundnya dibuat dr semen,bukan aspal.jd g ad grip sama skali wkt drift d parkiran.lain critanya d jalan aspal yg agk kasar jd at least lbh grippy drpd wilayah parkiran.
stlh melewati bbrp hr / mggu dan melewati serangkaian eksperimen,ane coba lagi.tp skrg uda g 90 derajat..ane nekad test 360 derajat. kali ini ane bw teman. teman2 ane jg bw mobil tp mrk g brani test drift krn mrk g senekad ane..

drift 360 derajat ini lbh mengarah k arah drift yg sebnrnya dibanding drift 90 derajat itu sndr.krn di drift 90derajat aneg brani pejek gas krn g ad grip. tp di drift 360 derajat mobil ane kecepatannya plgan 10-15kmh saja jd msh ad grip tp g se-grip yg agan bayangkan ampe bs buat kyk film2..
untuk drift 360 derajat ane kasi kronologinya saja spy lbh mudah dimengerti:
1. cari spot/titik dmn agan mau membuat drift melingkar [bhs inggris: donut drift].
2. lajulah dgn kecepatan tetap spt : 20kmh/25kmh lurus sampai d titik yg agan buat.
3. jika mobil anda torsi kuat,biarlah di gigi 2. tp jika torsi lemah spt kasus ane vios ane taruh gigi 1.
3. stlh sampai,belokkan stir dan tarik e-brake dgn gas tetap stabil sampai gas mulai redup*
4. stlh mesin mulai redup,geber lagi gas dalam2 sampai mobil meraung dan turunkan dan naikkan gas sesuaikan dengan irama drift
5. selamat mencoba dan jgn lakukan di tempat dimana anda akan mengganggu pengguna jalan lain. jangan lupa jg "DRIVE SAFE and ALWAYS WEAR YOUR SEATBELT"
*= sesuai e-brake anda.yg saya maksud disini pegang terus e-brake anda krn mgkn e-brake anda trll pakem jd membuat mesin bekerja trll keras.sesuaikan dengan kondisi mesin.kdg tarik e-brake kuat kdg lemahin supaya mobil tetap melaju dan tetap on the track.
stlh bbrp kali mencoba,anda boleh mengikuti cara para master drifter drift (lbh enak pk mobil RWD)
ane kasi kronologi para master drift di jalanan belokan yg panjang (powerslide) :
1. buat target kecepatan yg akan dicapai. contoh : 60km/h
2. tetap bayangkan suatu titik dimana anda akan memulai drift.
3. usahakan RPM mesin tinggi supaya mendapat power slide yg indah.
4. usahakan menggunakan gigi 2 / 3 di RPM tinggi*
5. sesampai di titik yg ditentukan putar stir searah arah belokkan (contoh bila belokan k kiri,putar k kiri secepat mgkn)**
6. sewaktu putar stir,kaki menginjak rem supaya bgn blkg mobil terdorong k samping sambil meluncur.**
7. stlh mobil meluncur counter stir (dari arah kiri skrg k arah kanan) dan tekan gas sekaligus rem sesuai irama dan kecepatan mobil. (terkadang gas ditekan lbh dalam drpd rem dan terkadang rem ditekan lbh dalam drpd gas,semua itu tergantung pada situasi)
8. pada saat mobil meluncur,sesuaikan luncuran mobil. bila bgn blkg oversteer,kurangi dgn cara gas dgn syarat rem tetap ditekan untuk menjaga mobil tetap meluncur.
* : penggunaan gigi 2 atau gigi 3 itu ditentukan oleh torsi mobil dan kecepatan mobil saat drift. bila torsi trll tinggi,pakailah gigi 3 tetapi apabila torsi tak begitu tinggi boleh digunakan gigi 2.
** : harus dilakukan pada saat yg hmpr bersamaan
master drifter kebykan melakukan driftnya untuk kecepatan belaka..karena mereka mengikuti kompetisi drift cepat n gaya dan style itu dinomor duakan.
jadi kalo agan2 mau ikutin cara master drifter tp mau gaya dan style diutamakan,boleh menggunakan pengembangan cara drift masing-masing..

mgkn timbul pertnyan :
KENAPA TIDAK MENGGUNAKAN REM TANGAN?
rem tangan seharusnya tidak digunakan karena mengurangi kecepatan mobil secara dramatis. tetapi ada juga drifter professional memakai e-brake dgn alasan supaya mobil kembali stabil krn posisi meluncur susah dijaga kestabilannya. mereka hanya memakai e-brake untuk:
1. membuat posisi mobil lebih terarah dan on the track pd awal drift
2. menstabilkan kembali mobil yg mulai kehilangan kestabilan karena jika dengan rem mobil tidak akan begt mudah distabilkan
3. bila rem mereka mulai panas dan licin yg mengakibatkan kinerja rem tidak maksimal*
* : ini jarang terjadi kepada master drifter tetapi pada kompetisi endurance(tes ketahanan), gejala ini sering terjadi.
Note : drift dgn mobil standard bs mengakibatkan KECELAKAAN,kain e-brake cpt habis,ban cpt gundul,bbm cepat habis krn tarikan RPM tinggi,bila dilakukan di jalan yg tidak rata dpt mengakibatkan ban anda baling,kaki2 mesin2 mudah rusak,dll sebagainya. jadi mikir-mikir dulu konsekuensinya bila mau drift. kalau semua itu bisa ditolerir,selamat mencoba dan menikmati gan..

Note2 : kl mau drift usahakan bw sedan gan..lebih stabil dan aerodinamis. ane sih g gt saranin wagon tp msh bs ditolerir. yg plg ane g saranin tuh hatchback ma SUV. jgn sekali2 mencoba dgn 2 jenis mobil tersebut atau lambat laun anda akan celaka.

buat yg hanya ingin melihat ceritanya saja bisa dilihat pada index yg sudah dibuat oleh suhu dreamvin
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=1196
ada tips ngebut dari suhu takumi
Quote:
Original Posted By Takumi`►bener sih , sedikit masukan dari newbie deh..
1.Ngebut jgn di raya kondisi jakarta skrg bahaya karena udah padat dan banyak penampakan lewat tiba2.. , ngebut pas sepi malem2 cuman jgn maximal dan perhitungan .. lebih enak di tol aja deh
(berlaku untuk roda 4 sih)
2. Ngebut di tol perhitungan jarak, dan blind spot itu wajib, Jgn Pernah maksa sampai ngecelakain orang (Menggunting secara mendadak sementara yg di potong lebih kencang..) sehingga membuat mereka panic braking or menghindar tiba2., kalo jalanan udah semakin padat udah calm down aja soalnya risk makin besar dan cuman hoki jalur doang jatohnya ,biarin aja lawan lo think positive , elo ngalah for saftey , dan juga mungkin lo membantu ga jadi mencelakaan dia juga..
3. usahain jgn ambil bahu jalan (We assume you've already lost) , terkecuali emergency case (ngerem ga dapet lo terpaksa menghindar ke bahu) dengan catatan balik lagi ke jalur utama .
karena di bahu kondisi jalanan berbahaya (berpasir belum tau ada bekas paku2 , balok dari truk2 pernah berhenti) , dan itu jalur emergency klo ada mobil mogok..( bayangin lo nabrak mobil yg berhenti di jalur , seberapa fatal?)
4. Terpenting juga adalah JAGA JARAK!, dengan kondisi depan lo..
lo lagi ngebut nempelin lawan lo tapi lo harus tau kondisi depan nya , kalo zero visibility alias lo ga bisa liat keadaan depanya lo jaga jarak , semakin kencang makin jauhkan jarak lo (perpare kalo ada apa2 lo bakal ambil jalur hindar kiri or kanan), biarin aja lawan lo kira lo di tinggal , yg penting safe.. menang ga dapet apa2 kan..
5. Kenali kemampuan maksimal kendaraan anda.., walapun tenaga masih ada.. tetapi mobil udah berasa limbung ga stabil ga usah di paksain ..
begitu juga tikungan. Man .. itu tol bukan track, lo bayangin aja beton corr yg di garis2in pake sapu lidi.. begitu lo belok melintir kalo ga nabrak ya guling..
ga usah di paksain belok kenceng..
soalnya gw sering denger ceirta2 banyak abg ngebut2 ujung2 accident di tikungan tol...
kalo di track gpp paling melintir or masuk gravell... lah klo ini??
yang pasti sih udah wajib hukumnya, kondisi kaki2 sehat.., cek tekanan angin ban (lebih tidak apa2, kurang jangan!) dan kondisi rem & minyak rem..
terutama gunakan safteybelt (itu bukan hiasan doang)
ngebut2 sih boleh have fun, adrenalin rush.. dan melepas stress..
tapi masih harus ada perhitungan,tidak mengorbankan/membahayakan orang laen, toh ga dapet apa2 ini juga kalo menang or kalah.. yang penting saftey is first..
hmm pa lagi ya
segitu aja dulu deh kalo ada yg mo nambahin juga boleh
semoga membantu deh..
1.Ngebut jgn di raya kondisi jakarta skrg bahaya karena udah padat dan banyak penampakan lewat tiba2.. , ngebut pas sepi malem2 cuman jgn maximal dan perhitungan .. lebih enak di tol aja deh
(berlaku untuk roda 4 sih)2. Ngebut di tol perhitungan jarak, dan blind spot itu wajib, Jgn Pernah maksa sampai ngecelakain orang (Menggunting secara mendadak sementara yg di potong lebih kencang..) sehingga membuat mereka panic braking or menghindar tiba2., kalo jalanan udah semakin padat udah calm down aja soalnya risk makin besar dan cuman hoki jalur doang jatohnya ,biarin aja lawan lo think positive , elo ngalah for saftey , dan juga mungkin lo membantu ga jadi mencelakaan dia juga..
3. usahain jgn ambil bahu jalan (We assume you've already lost) , terkecuali emergency case (ngerem ga dapet lo terpaksa menghindar ke bahu) dengan catatan balik lagi ke jalur utama .
karena di bahu kondisi jalanan berbahaya (berpasir belum tau ada bekas paku2 , balok dari truk2 pernah berhenti) , dan itu jalur emergency klo ada mobil mogok..( bayangin lo nabrak mobil yg berhenti di jalur , seberapa fatal?)
4. Terpenting juga adalah JAGA JARAK!, dengan kondisi depan lo..
lo lagi ngebut nempelin lawan lo tapi lo harus tau kondisi depan nya , kalo zero visibility alias lo ga bisa liat keadaan depanya lo jaga jarak , semakin kencang makin jauhkan jarak lo (perpare kalo ada apa2 lo bakal ambil jalur hindar kiri or kanan), biarin aja lawan lo kira lo di tinggal , yg penting safe.. menang ga dapet apa2 kan..
5. Kenali kemampuan maksimal kendaraan anda.., walapun tenaga masih ada.. tetapi mobil udah berasa limbung ga stabil ga usah di paksain ..
begitu juga tikungan. Man .. itu tol bukan track, lo bayangin aja beton corr yg di garis2in pake sapu lidi.. begitu lo belok melintir kalo ga nabrak ya guling..
ga usah di paksain belok kenceng..
soalnya gw sering denger ceirta2 banyak abg ngebut2 ujung2 accident di tikungan tol...
kalo di track gpp paling melintir or masuk gravell... lah klo ini??
yang pasti sih udah wajib hukumnya, kondisi kaki2 sehat.., cek tekanan angin ban (lebih tidak apa2, kurang jangan!) dan kondisi rem & minyak rem..
terutama gunakan safteybelt (itu bukan hiasan doang)
ngebut2 sih boleh have fun, adrenalin rush.. dan melepas stress..
tapi masih harus ada perhitungan,tidak mengorbankan/membahayakan orang laen, toh ga dapet apa2 ini juga kalo menang or kalah.. yang penting saftey is first..

hmm pa lagi ya
segitu aja dulu deh kalo ada yg mo nambahin juga boleh
semoga membantu deh..
foto 1st gath
Quote:
Quote:
Original Posted By ngejosh_95►pagi suhu2 cerita ngebut...
kita punya grup bbm cerita ngebut namanya J-speed..
kalo suhu2 berkenan utk gabung langsung PM ane aja yaa..
atau
bisa juga langsung scan barcode nya..
jgn lupa perkenalkan diri yaa buat yg baru gabung..
thank you
kita punya grup bbm cerita ngebut namanya J-speed..
kalo suhu2 berkenan utk gabung langsung PM ane aja yaa..
atau
bisa juga langsung scan barcode nya..
jgn lupa perkenalkan diri yaa buat yg baru gabung..
thank you
Spoiler for J-speed_barcode:
Halo gan, stlah terpisah beberapa tahun, akhirnya kami berkumpul kembali di grup line, TS suka lupa mantau trit jd lsg aja diadd ya, untuk info lengkap sudah dibagikan suhu rend.r
Quote:
Original Posted By rend.r►Bagi agan2 yg mau sharing lebih lanjut, kebetulan kami punya line grup, jika berkenan gabung bisa langsung add line ane id : rendrapurwanto atau agan bill : bernardtehu
Karena keterbatasan waktu ga bisa mantau trit 24 jam, bisa langsung add line diatas aja untuk confirm
Note: ini si kokoh TS gapernah di pejwan apa yg ginian
Karena keterbatasan waktu ga bisa mantau trit 24 jam, bisa langsung add line diatas aja untuk confirm

Note: ini si kokoh TS gapernah di pejwan apa yg ginian
Diubah oleh solidsnakez 22-02-2016 00:39
0
166.1K
Kutip
6.4K
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
25.1KThread•19.3KAnggota
Tampilkan semua post
DreamVin
#949
Quote:
Original Posted By vahn_saryu►Mau sharing cerita ke-2 ah...
Setting : Jakarta - Temanggung (pp) via pantura.
Time : couple of days before Lebaran 2010.
Car : Honda Jazz iDsi 2006 A/T(MMC) & Honda Jazz iDsi 2004 A/T.
Ceritanya waktu itu hari Kamis siang dikabarin klo bokap temen meninggal. Jadi kita mo ngelayat rame2. Brkt hari Jumat malem planningnya.
Trus karena nunggu temen dateng dr Medan akhirnya jam 9an baru bisa start. Mikir tanggung bgt brkt jam segitu kena truk2 banyak apalagi uda mulai rame arus mudik akhirnya start diundur jd jam 00.00 (Sabtu Pagi).
Kondisi waktu itu ane Jumat kerja seharian cuma bermodalkan tidor 6jam. Pulang kerja mo tidor dl malah ga bs tidor.
Start dari Jakarta ane nyetir yg 2006. Jemput temen dulu di Bekasi. Jadi total dari Jakarta ada 8 org (1mobil diisi 4 org). FYI tiap mobil dikasi yg bs nyetir 2 org. Dari bekasi kira2 uda hampir jam 1/2 2 baru brkt. Perjalanan cukup lancar dengan speed di kisaran 120-140. Keluar tol cikampek agak turun speednya. Trus masuk ke tol cirebon, lanjut ke tol baru(tol bakrie) ampe Brebes. Nah di tol Bakrie itu ane ketinggalan lmyn jauh gara2 sempet kejebak 3truk berjejeran (temen ane sempet nyalip). Akhirnya pencet 7speed mode n maen di rpm tinggi terus buat ngejer temen ane. Top speed nyampe 160 (gas uda abis) tapi masi ga kekejer jg temen ane. Akhirnya kluar tol baru kekejer (sengaja ditungguin). BTW itu tol bakrie sumpah ga enak buat ngebut, berasa naek perahu aja.
Nah lanjot sampe sblm masuk Tegal (masih jam 6) brenti kencing di warung sambil pesen teh manis anget. Kira2 1/2 jam brenti ganti sopir(skrg yg punya jazz 2006 yg bawa) lanjut lagi sampe rumah temen ane di Tegal. Di Tegal temen ane mandi2 dl n ada yg numpang tidur. Oh iya yg di Tegal itu yg punya jazz 2004 n dia ud bawa dr jkt. Berhubung dy mandi katanya seger lagi jadi dia bilang mo lanjot bawa sendiri sampe secapenya. Jam 9an cabut dr Tegal menuju Semarang ane tetep lanjut istirahat tapi anehnya ga ngantuk jd ya cuma tidur2 ayam doank.
Nyampe Semarang kira2 jam 1, brenti lagi di rumah temen sekalian jemput (ud disediain makanan pula ma nyokapnya). Makan sambil ngobrol2 sampe jam 3. Trus cabut ke Temanggung. Semarang ke Temanggung ane lagi yg nyetir krn uda hafal kondisi jalan. Nah kira2 1/2 perjalanan ke Temanggung yg punya Jazz 2004 nyerah trus dia digantiin temennya. Sampe Temanggung kira2 jam 5 sore (gw bangun jem 7 hari jumatnya, itung ndiri ud brp jam tu
) trus mandi2 n rehat bentar trus brkt ngelayat.
Abis ngelayat pergi makan. Nah tadinya rencana mo nginep dl di Temanggung tapi ternyata ada 1 temen ane yg Minggu paginya musti kerja. Alhasil malem itu juga kita hrs balik lagi ke jkt.
Dari Temanggung kira2 jam 00.00 lagi baru brkt soalnya nunggu temen2 dari Semarang yg mo ngelayat juga (sekalian ketemuan). Temanggung sampe Pemalang (muter lewat Semarang lagi) disetirin sama temen ane lagi. Yg di mobil satunya si empunya mobil juga masi rehat alias ga nyetir. Itu uda ngantuk bgt tapi yg bawa malah kebut2an sendiri 2-2nya. Jadinya mo tidur pun ga bisa karena nyetirnya pada ababil style + musti bbrp kali nunjukkin jalan (ne 2-2nya yg bawa buta jalan).
Di Pemalang brenti di pom bensin sekalian substitution. Gw balik ke posisi sopir lagi (yg mobil atunya juga terjadi pergantian pemain). Sblm jalan kita berdua (driver) nenggak kratingdaeng dl sebotol. Mata lmyn melek tuh. Baru jalan paling 10 menit ni mata uda berasa berat lagi, gw telp mobil 1nya katanya dia jg sama aja... Terpaksa nyetir ngebut biar ga ngantuk (ada yg perna pake cara ini juga?? ) Perjalanan ke Jakarta nyiksa abis. Dari sejak gw nyetir gw ajak ngobrol copilot ane mulai dari topik sabang sampe topik merauke sampe ke kutub utara (kehabisan topik) sampe hibernasi (copilot tidorr
) Masuk tol cikampek musti muter pulak karena gerbang tolnya buat arus mudik smua. Di tol cikampek ane sampe nyetirnya zig-zag ganti2 lane biar ngilangin ngantuk. Akhirnya sampe bekasi kira2 jam 1/2 7 ato jam 7 pagi gitu (ud ga perhatiin jam saking ngantuknya). Trus dari bekasi ane nyerah balikin posisi pilot ke yg punya mobil lagi. Perjalanan Bekasi-Jakarta ga kerasa sama sekali (lgsg merem) tau2 uda sampe Jkt aja. Nyampe kos naek lgsg tidor lagi sampe sore....
Inti cerita : Kalo udah ngantuk bgt mo kratingdaeng segalon pun ga ngefek
Setting : Jakarta - Temanggung (pp) via pantura.
Time : couple of days before Lebaran 2010.
Car : Honda Jazz iDsi 2006 A/T(MMC) & Honda Jazz iDsi 2004 A/T.
Ceritanya waktu itu hari Kamis siang dikabarin klo bokap temen meninggal. Jadi kita mo ngelayat rame2. Brkt hari Jumat malem planningnya.
Trus karena nunggu temen dateng dr Medan akhirnya jam 9an baru bisa start. Mikir tanggung bgt brkt jam segitu kena truk2 banyak apalagi uda mulai rame arus mudik akhirnya start diundur jd jam 00.00 (Sabtu Pagi).
Kondisi waktu itu ane Jumat kerja seharian cuma bermodalkan tidor 6jam. Pulang kerja mo tidor dl malah ga bs tidor.
Start dari Jakarta ane nyetir yg 2006. Jemput temen dulu di Bekasi. Jadi total dari Jakarta ada 8 org (1mobil diisi 4 org). FYI tiap mobil dikasi yg bs nyetir 2 org. Dari bekasi kira2 uda hampir jam 1/2 2 baru brkt. Perjalanan cukup lancar dengan speed di kisaran 120-140. Keluar tol cikampek agak turun speednya. Trus masuk ke tol cirebon, lanjut ke tol baru(tol bakrie) ampe Brebes. Nah di tol Bakrie itu ane ketinggalan lmyn jauh gara2 sempet kejebak 3truk berjejeran (temen ane sempet nyalip). Akhirnya pencet 7speed mode n maen di rpm tinggi terus buat ngejer temen ane. Top speed nyampe 160 (gas uda abis) tapi masi ga kekejer jg temen ane. Akhirnya kluar tol baru kekejer (sengaja ditungguin). BTW itu tol bakrie sumpah ga enak buat ngebut, berasa naek perahu aja.
Nah lanjot sampe sblm masuk Tegal (masih jam 6) brenti kencing di warung sambil pesen teh manis anget. Kira2 1/2 jam brenti ganti sopir(skrg yg punya jazz 2006 yg bawa) lanjut lagi sampe rumah temen ane di Tegal. Di Tegal temen ane mandi2 dl n ada yg numpang tidur. Oh iya yg di Tegal itu yg punya jazz 2004 n dia ud bawa dr jkt. Berhubung dy mandi katanya seger lagi jadi dia bilang mo lanjot bawa sendiri sampe secapenya. Jam 9an cabut dr Tegal menuju Semarang ane tetep lanjut istirahat tapi anehnya ga ngantuk jd ya cuma tidur2 ayam doank.
Nyampe Semarang kira2 jam 1, brenti lagi di rumah temen sekalian jemput (ud disediain makanan pula ma nyokapnya). Makan sambil ngobrol2 sampe jam 3. Trus cabut ke Temanggung. Semarang ke Temanggung ane lagi yg nyetir krn uda hafal kondisi jalan. Nah kira2 1/2 perjalanan ke Temanggung yg punya Jazz 2004 nyerah trus dia digantiin temennya. Sampe Temanggung kira2 jam 5 sore (gw bangun jem 7 hari jumatnya, itung ndiri ud brp jam tu
) trus mandi2 n rehat bentar trus brkt ngelayat.Abis ngelayat pergi makan. Nah tadinya rencana mo nginep dl di Temanggung tapi ternyata ada 1 temen ane yg Minggu paginya musti kerja. Alhasil malem itu juga kita hrs balik lagi ke jkt.
Dari Temanggung kira2 jam 00.00 lagi baru brkt soalnya nunggu temen2 dari Semarang yg mo ngelayat juga (sekalian ketemuan). Temanggung sampe Pemalang (muter lewat Semarang lagi) disetirin sama temen ane lagi. Yg di mobil satunya si empunya mobil juga masi rehat alias ga nyetir. Itu uda ngantuk bgt tapi yg bawa malah kebut2an sendiri 2-2nya. Jadinya mo tidur pun ga bisa karena nyetirnya pada ababil style + musti bbrp kali nunjukkin jalan (ne 2-2nya yg bawa buta jalan).
Di Pemalang brenti di pom bensin sekalian substitution. Gw balik ke posisi sopir lagi (yg mobil atunya juga terjadi pergantian pemain). Sblm jalan kita berdua (driver) nenggak kratingdaeng dl sebotol. Mata lmyn melek tuh. Baru jalan paling 10 menit ni mata uda berasa berat lagi, gw telp mobil 1nya katanya dia jg sama aja... Terpaksa nyetir ngebut biar ga ngantuk (ada yg perna pake cara ini juga?? ) Perjalanan ke Jakarta nyiksa abis. Dari sejak gw nyetir gw ajak ngobrol copilot ane mulai dari topik sabang sampe topik merauke sampe ke kutub utara (kehabisan topik) sampe hibernasi (copilot tidorr
) Masuk tol cikampek musti muter pulak karena gerbang tolnya buat arus mudik smua. Di tol cikampek ane sampe nyetirnya zig-zag ganti2 lane biar ngilangin ngantuk. Akhirnya sampe bekasi kira2 jam 1/2 7 ato jam 7 pagi gitu (ud ga perhatiin jam saking ngantuknya). Trus dari bekasi ane nyerah balikin posisi pilot ke yg punya mobil lagi. Perjalanan Bekasi-Jakarta ga kerasa sama sekali (lgsg merem) tau2 uda sampe Jkt aja. Nyampe kos naek lgsg tidor lagi sampe sore....Inti cerita : Kalo udah ngantuk bgt mo kratingdaeng segalon pun ga ngefek

critanya lawak tuh gan

tp keren bgt..nih br bnran latih endurance mobil dan pemain..kl agan ikut kompetisi endurance sih tim agan ane jamin menang

critany mantap uiii..
tp 1 saran buat smua : "kalo ngantuk,menepilah dan tidur sejenak..tidurnya usahakan nyenyak..ane jamin 15-30 saja uda kyk tidur 10 jam"
krn ane jg latihan endurance gan tp bukan di mobil tp d bagian kerja..

ane kerja dr pagi-malam 2 shift d australia..jdnya hrs fit terus spy bs kerja max krn kerjaan ane chef di 2 restaurant..jdnya kl ktm rame kl g fit bs babak belur..

ane stp pulang pst tidur setdknya 10menit - 1 jam..tiap tidur 1 jam efenya sama kyk tidur 10 menit. yg pntg nyenyak..krn ane uda rsin tidur g nyenyak 30 menit kyk g tidur sama skali..tp sekali nyenyak walaupun cm 10 menit uda berasa bangun malam 10 jam ampe pagi..tubuh lgsg fit n mata lgsg melek..ane uda pernah alami..

krn shift ane tidak tentu jg kdg cm bs tdr siang sktr 10-15 menit..

0
Kutip
Balas