TS
ronieyuan
Naval Architecture Masuk Sini
halo semuanya
hehe lama ga sempat menata trit ini
jadi gini naval architecture and shipbuilding ditempat saya dulu kuliah (Teknik Perkapalan ITS red) terdiri dari beberapa program studi diantaranya studi rekayasa kapal yang meliputi konstruksi kapal (bidang yang mempelajari konstruksi kapal berdasarkan rule yang ada seperti BKI) kemudian hydrodynamic (bidang yang mempelajari pengaruh gelombang terhadap kapal dan aspek yang berhubungan dengan hydro) design/perancangan kapal (bidang yang mempelajari aspek design yang sesuai dengan estetika maupun teknologi terkini) dan program studi yang kedua adalah bidang studi industri kapal yaitu bidang yang mempelajari manajemen industri galangan kapal, manajemen material, KOROSI dan membahas teknologi produksi pembangunan kapal itu sendiri
setelah berbicara masalah macam2 bidang naval architecture maka pertanyaan selanjutnya prospek kerjanya gimana?
faktanya bahwa pekerjaan di bidang perkapalan ini sangat besar namun lulusan yang ada masih belum mencukupi untuk menutupi kebutuhan terhadap pegawai. oleh karena itu jangan khawatir kalo maslah kerja. 4 bulan setelah lulus dari perkapalan dijamin kerja. kenapa begitu? lulusan perkapalan bisa bekerja di :
1. Galangan kapal so pasti di segala aspek mulai dari pekerja kantoran sampai pekerja lapangan
2. Engineer di bidang selain non perkapalan
3. Badan klasifikasi seperti BKI (biro klasifikasi Indonesia), dll.
4. Badan Consultant mulai dari drawing consultant, construction consultant dll.
5. Pihak Bank , nah kok bisa? faktanya orang bank membutuhkan orang yang mengerti tentang dunia perkapalan dalam melakukan pengawasan pembangunan kapal
6. Owner surveyor, bertugas melaporkan progress report pembangunan kapal / reparasi kapal terhadap pemilik kapal. Akhir akhir ini pihak perminyakan sedang gencar gencarnya dalam pembuatan kapal sehingga bidang ini orang perkapalan bisa masuk dalam perusahaan perminyakan
7. Other Surveyor , mengapa saya namakan other surveyor ? karena ruang lingkup surveyor ini sangat luas mulai dari NDT (non destructive test) surveyor yang memiliki kemampuan PT,MT,UT . coating surveyor (yang konon bayarannya mencapai 10 juta per hari) dan sampai contain surveyor ( yang mensurvey isi volumetric dari suatu barang misalnya batubara yang diangkut dalam barge) dll.
Nb:
TS merupakan dosen di Teknik Perkapalan ITS
untuk yang mau tanya2, mau ngasih project please contact me
ichan_narch@yahoo.co.id
THX TO AGAN BILMA
hehe lama ga sempat menata trit ini
jadi gini naval architecture and shipbuilding ditempat saya dulu kuliah (Teknik Perkapalan ITS red) terdiri dari beberapa program studi diantaranya studi rekayasa kapal yang meliputi konstruksi kapal (bidang yang mempelajari konstruksi kapal berdasarkan rule yang ada seperti BKI) kemudian hydrodynamic (bidang yang mempelajari pengaruh gelombang terhadap kapal dan aspek yang berhubungan dengan hydro) design/perancangan kapal (bidang yang mempelajari aspek design yang sesuai dengan estetika maupun teknologi terkini) dan program studi yang kedua adalah bidang studi industri kapal yaitu bidang yang mempelajari manajemen industri galangan kapal, manajemen material, KOROSI dan membahas teknologi produksi pembangunan kapal itu sendiri
setelah berbicara masalah macam2 bidang naval architecture maka pertanyaan selanjutnya prospek kerjanya gimana?
faktanya bahwa pekerjaan di bidang perkapalan ini sangat besar namun lulusan yang ada masih belum mencukupi untuk menutupi kebutuhan terhadap pegawai. oleh karena itu jangan khawatir kalo maslah kerja. 4 bulan setelah lulus dari perkapalan dijamin kerja. kenapa begitu? lulusan perkapalan bisa bekerja di :
1. Galangan kapal so pasti di segala aspek mulai dari pekerja kantoran sampai pekerja lapangan
2. Engineer di bidang selain non perkapalan
3. Badan klasifikasi seperti BKI (biro klasifikasi Indonesia), dll.
4. Badan Consultant mulai dari drawing consultant, construction consultant dll.
5. Pihak Bank , nah kok bisa? faktanya orang bank membutuhkan orang yang mengerti tentang dunia perkapalan dalam melakukan pengawasan pembangunan kapal
6. Owner surveyor, bertugas melaporkan progress report pembangunan kapal / reparasi kapal terhadap pemilik kapal. Akhir akhir ini pihak perminyakan sedang gencar gencarnya dalam pembuatan kapal sehingga bidang ini orang perkapalan bisa masuk dalam perusahaan perminyakan
7. Other Surveyor , mengapa saya namakan other surveyor ? karena ruang lingkup surveyor ini sangat luas mulai dari NDT (non destructive test) surveyor yang memiliki kemampuan PT,MT,UT . coating surveyor (yang konon bayarannya mencapai 10 juta per hari) dan sampai contain surveyor ( yang mensurvey isi volumetric dari suatu barang misalnya batubara yang diangkut dalam barge) dll.
Nb:
TS merupakan dosen di Teknik Perkapalan ITS
untuk yang mau tanya2, mau ngasih project please contact me
ichan_narch@yahoo.co.id
Quote:
THX TO AGAN BILMA
Diubah oleh ronieyuan 21-08-2014 07:32
xbangbudi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
110.9K
972
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Teknik
3KThread•1.2KAnggota
Tampilkan semua post
Hanskapal99
#187
Gambaran ya.. hmm...
Ok, potensi geografis dulu. Indonesia dengan luas laut berdaulat 3.1 km2 dan ZEE 2.7 km2 plus 81,000 km garis pantai sudah merupakan lahan potensial untuk dunia maritim, termasuk dunia teknik perkapalan. saya rasa dari luasan laut yang seperti itu ga perlu lagi dijelaskan lebih lanjut, semua juga dah dapet waktu pelajaran geografi di sekolah dulu.
Potensi dunia perkapalan Indonesia semakin diperkuat dengan diterapkannya asas cabotage yang mewajibkan semua jalur perkapalan domestik harus dilayani oleh perusahaan perkapalan Nasional pula. Efeknya, dunia perkapalan Indonesia langsung bergairah. Sebagai ilustrasi, waktu ane mau docking dulu, semua galangan di Nilam Barat Surabaya dalam kondisi full load, sampe antri2. Pada tahun 2007, PT PAL sudah full booked sampai tahun 2012. Tapi kasus PT PAL hampir bangkrut tu kesalahan manajemennya ndiri lah.. yang lainnya pada tambaha makmur kok.
Dalam kondisi seperti ini, jelas sudah : Kebutuhan engineer engineer muda khususnya Naval Architect sangat dibutuhkan dari sisi :
1. Shipyard/galangan kapal = buat bikin kapal.. apa lagi??
2. Shipping line/perusahaan pelayaran = buat ngawasin waktu kapal dibangun & merawat waktu kapal beroperasi.
3. Classification bureau/biro klasifikasi = sebagai surveyor, buat memastikan kapal dibangun dalam kondisi aman, laik laut dan dibangun cukup kuat.
4. Regulator/pemerinatah = dalam hal ini ya DepHubLa.. dan departemen lain yang ngurusi dunia maritim kita. Tugasnya yaa.. memastikan semua kapal yang belayar dalam kondisi aman dan sesuai peraturan yang ada. For this part, agan welleveryday can explain much better..
Dengan sentra2 industri perkapalan yang betebaran, saya rasa kesempatan untuk sukses di dunia ini masi sangat besar.. Kita bisa lihat Surabaya, Semarang, Jakarta, Batam, Samarinda, Balikpapan, Makasar dan kota kota lain juga banyak memiliki galangan2 kapal. Belum lagi perusahaan lain yang memiliki disiplin ilmu yang berdekatan dengan dunia kita seperti Oil and Gas Company, gajinyaaa... nggarai pingin mesoh ae..
So.. itu adalah peluang di Indonesia..
Sedangkan peluang di luar Indonesia.. jauh lebih luas lagi.. Shipyard di negara2 tetangga kita pun masi sangat sedikit engineer yang memiliki disiplin ilmu Naval Architect. Mayoritas engineer asli mereka adalah Mechanical Engineer.. Sedangkan Naval Architectnya.. BANYAK NGIMPOR DARI INDONESIAA..
. Untuk Asia Tenggara, lulusan Teknik Perkapalan Indonesia sudah mendapat reputasi baik. So.. tinggal di lanjutin aja..
Ok.. mau ilustrasi? Saat ini salah satu angkatan lulusan Perkapalan ITS tersebar dari wilayah Indonesia, Asia Tenggara, Asia Timur bahkan ada yang sampe Afrika (mbuh lapo ae ng afrika iku..
). Jadi itu gambaran singkat tentang prospek kedepan Teknik Perkapalan kita..

Ok, potensi geografis dulu. Indonesia dengan luas laut berdaulat 3.1 km2 dan ZEE 2.7 km2 plus 81,000 km garis pantai sudah merupakan lahan potensial untuk dunia maritim, termasuk dunia teknik perkapalan. saya rasa dari luasan laut yang seperti itu ga perlu lagi dijelaskan lebih lanjut, semua juga dah dapet waktu pelajaran geografi di sekolah dulu.
Potensi dunia perkapalan Indonesia semakin diperkuat dengan diterapkannya asas cabotage yang mewajibkan semua jalur perkapalan domestik harus dilayani oleh perusahaan perkapalan Nasional pula. Efeknya, dunia perkapalan Indonesia langsung bergairah. Sebagai ilustrasi, waktu ane mau docking dulu, semua galangan di Nilam Barat Surabaya dalam kondisi full load, sampe antri2. Pada tahun 2007, PT PAL sudah full booked sampai tahun 2012. Tapi kasus PT PAL hampir bangkrut tu kesalahan manajemennya ndiri lah.. yang lainnya pada tambaha makmur kok.
Dalam kondisi seperti ini, jelas sudah : Kebutuhan engineer engineer muda khususnya Naval Architect sangat dibutuhkan dari sisi :
1. Shipyard/galangan kapal = buat bikin kapal.. apa lagi??
2. Shipping line/perusahaan pelayaran = buat ngawasin waktu kapal dibangun & merawat waktu kapal beroperasi.
3. Classification bureau/biro klasifikasi = sebagai surveyor, buat memastikan kapal dibangun dalam kondisi aman, laik laut dan dibangun cukup kuat.
4. Regulator/pemerinatah = dalam hal ini ya DepHubLa.. dan departemen lain yang ngurusi dunia maritim kita. Tugasnya yaa.. memastikan semua kapal yang belayar dalam kondisi aman dan sesuai peraturan yang ada. For this part, agan welleveryday can explain much better..
Dengan sentra2 industri perkapalan yang betebaran, saya rasa kesempatan untuk sukses di dunia ini masi sangat besar.. Kita bisa lihat Surabaya, Semarang, Jakarta, Batam, Samarinda, Balikpapan, Makasar dan kota kota lain juga banyak memiliki galangan2 kapal. Belum lagi perusahaan lain yang memiliki disiplin ilmu yang berdekatan dengan dunia kita seperti Oil and Gas Company, gajinyaaa... nggarai pingin mesoh ae..
So.. itu adalah peluang di Indonesia.. Sedangkan peluang di luar Indonesia.. jauh lebih luas lagi.. Shipyard di negara2 tetangga kita pun masi sangat sedikit engineer yang memiliki disiplin ilmu Naval Architect. Mayoritas engineer asli mereka adalah Mechanical Engineer.. Sedangkan Naval Architectnya.. BANYAK NGIMPOR DARI INDONESIAA..
. Untuk Asia Tenggara, lulusan Teknik Perkapalan Indonesia sudah mendapat reputasi baik. So.. tinggal di lanjutin aja.. Ok.. mau ilustrasi? Saat ini salah satu angkatan lulusan Perkapalan ITS tersebar dari wilayah Indonesia, Asia Tenggara, Asia Timur bahkan ada yang sampe Afrika (mbuh lapo ae ng afrika iku..
). Jadi itu gambaran singkat tentang prospek kedepan Teknik Perkapalan kita..
0


)



