TS
mindprogressor
Anda bertanya, Kami jawab: Tentang teknik atau cara belajar!!!
Quote:
Rangkaian teknik belajar yang ditulis dan disarikan dari buku yang sedang saya susun. Thread ini juga menjawab semua permasalahan yang terkait belajar...so fasten your seatbelt, and enjoy the ride!!
Quote:
Untuk mengikuti Kul-Twit follow @OfficialMuzaaka
The Case Book i
Quote:
1. Mengakali Sistem Kebut Semalem (SKS)
2. Melahap buku secara efektif
3. Strategi belajar Visual
4. Strategi belajar Tactile
5. Strategi belajar efektif
6. Durasi maksimal konsentrasi
7. Tentang ADHD
8. Rasa kantuk ketika belajar
9. RAS, kantuk, dan Cramming
10. Primacy & Recency Effect
11. Optimalisasi waktu belajar
11. Magic of re-notes
12. Photographic memory
13. Kelemahan mind-mapping
14. Strategi belajar kinestetik
15. About rumus
16. Self motivation
17. Strategi belajar auditory
18. Kenapa kita susah konsentrasi?
19. 60 detik sebelum ujian, harus ngapain?
20. Mindmap dalam rumus
21. English learning strategy
22. Malam belajar, besok lupa (cramming)
23. NLP dan pembelajaran
24. Mengajari anak berhitung
25. Self affirmation
26. "Acquiring information" ketika guru menjelaskan
27. The golden rule
28. How brain remembering
29. Age & learning process
30. Quantum learning
31. Why cramming never good
32. The alpha waves
33. Change your self
34. Informasi ke permanent memory
35. Exact learning strategy
36. Avoiding Procrastination
37. Modalitas belajar
38. Kenapa kita susah konsentrasi
39. Mengurangi tingkat stress
40. Menghapus kantuk
41. Mengatasi rasa malas
42. Psikologis Rasa Kantuk
43. Tentang buku: Ma6ic Learnin9:The art of learning
44. Mindmap = Mencatat?
45. Mindmap sample
46. Cramming Again
47. Against Procrastiantion / Postpone ii
48. Brain Connection = Understanding
49. The brain foods
50. Brain cells: how the brain communicate
51. Swiss knife techniques
52. English learning strategy
53. Singkong membuat cerdas?
54. Strategi belajar untuk Olimpiade Matematika
55. Belajar sejarah: Remembering the fact
56. Transfer ke memori jangka panjang (permanen)
57. Breaking the habit
58. About E-book
59. Strategi Belajar Akuntansi
60. The alpha waves ii
61. Rasa kantuk ketika belajar iii
62. Avoiding Procrastination iii
63. Strategi Belajar Bahasa Asing
64. Efektivitas belajar sambil menonton televisi
65. Gelombang Alpha dan Sampelnya
66. Fungsi dari menurunkan gelombang otak
67. Kejutan di akhir Juni
68. Teknik mengerjakan soal ujian i
69. Magic tips for recall missing information
70. Ciri otak dalam kondisi alpha
71. Tips cepet menghafal kalimat baku(Tips Mahal)
72. Pendapat salah kaprah (posted by ID estikajati
73. Main game, memudahkan kita belajar?
74. Belajar sedikit tapi efektif
75. Cara mengakali ujian
76. Swiss knife techniques for advance
77. Sebelum belajar, ngapain dulu?
78. Menyingkirkan rasa "malas" saat memulai belajar
79. Otak dan tekanan psikologis
80. Emotionally 1/4 notes technique
81. Memotivasi mentee
2. Melahap buku secara efektif
3. Strategi belajar Visual
4. Strategi belajar Tactile
5. Strategi belajar efektif
6. Durasi maksimal konsentrasi
7. Tentang ADHD
8. Rasa kantuk ketika belajar
9. RAS, kantuk, dan Cramming
10. Primacy & Recency Effect
11. Optimalisasi waktu belajar
11. Magic of re-notes
12. Photographic memory
13. Kelemahan mind-mapping
14. Strategi belajar kinestetik
15. About rumus
16. Self motivation
17. Strategi belajar auditory
18. Kenapa kita susah konsentrasi?
19. 60 detik sebelum ujian, harus ngapain?
20. Mindmap dalam rumus
21. English learning strategy
22. Malam belajar, besok lupa (cramming)
23. NLP dan pembelajaran
24. Mengajari anak berhitung
25. Self affirmation
26. "Acquiring information" ketika guru menjelaskan
27. The golden rule
28. How brain remembering
29. Age & learning process
30. Quantum learning
31. Why cramming never good
32. The alpha waves
33. Change your self
34. Informasi ke permanent memory
35. Exact learning strategy
36. Avoiding Procrastination
37. Modalitas belajar
38. Kenapa kita susah konsentrasi
39. Mengurangi tingkat stress
40. Menghapus kantuk
41. Mengatasi rasa malas
42. Psikologis Rasa Kantuk
43. Tentang buku: Ma6ic Learnin9:The art of learning
44. Mindmap = Mencatat?
45. Mindmap sample
46. Cramming Again
47. Against Procrastiantion / Postpone ii
48. Brain Connection = Understanding
49. The brain foods
50. Brain cells: how the brain communicate
51. Swiss knife techniques
52. English learning strategy
53. Singkong membuat cerdas?
54. Strategi belajar untuk Olimpiade Matematika
55. Belajar sejarah: Remembering the fact
56. Transfer ke memori jangka panjang (permanen)
57. Breaking the habit
58. About E-book
59. Strategi Belajar Akuntansi
60. The alpha waves ii
61. Rasa kantuk ketika belajar iii
62. Avoiding Procrastination iii
63. Strategi Belajar Bahasa Asing
64. Efektivitas belajar sambil menonton televisi
65. Gelombang Alpha dan Sampelnya
66. Fungsi dari menurunkan gelombang otak
67. Kejutan di akhir Juni
68. Teknik mengerjakan soal ujian i
69. Magic tips for recall missing information
70. Ciri otak dalam kondisi alpha
71. Tips cepet menghafal kalimat baku(Tips Mahal)
72. Pendapat salah kaprah (posted by ID estikajati
73. Main game, memudahkan kita belajar?
74. Belajar sedikit tapi efektif
75. Cara mengakali ujian
76. Swiss knife techniques for advance
77. Sebelum belajar, ngapain dulu?
78. Menyingkirkan rasa "malas" saat memulai belajar
79. Otak dan tekanan psikologis
80. Emotionally 1/4 notes technique
81. Memotivasi mentee
Polling
0 suara
Menurut agan, judul yang pas untuk buku ane apaan ya?? Please suggest me
Diubah oleh mindprogressor 04-03-2013 03:44
0
141.9K
Kutip
1.5K
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
22.5KThread•13.6KAnggota
Tampilkan semua post
TS
mindprogressor
#861
Visual Learner
Quote:
Original Posted By efamous►Gan ane mau minta pendapat agan/sista disini,belum lama ane dapet hasil psikotes dan ane divonis cara belajarnya VISUAL nah maksudnya apa tuh gan?cara belajar yg bener pada orang2 VISUAL tuh kayak gimana biar efektif makasih sebelumnya
Tammbahan:tadi ane beli CD pembelajaran mapel sekolah untuk belajar dirumah apakah berlangsung efektif pake CD itu bagi org visual?
Tammbahan:tadi ane beli CD pembelajaran mapel sekolah untuk belajar dirumah apakah berlangsung efektif pake CD itu bagi org visual?
Thanks for asking gan...
Check artikel saya berikut ini:
Quote:
pertama gaya belajar memang berpengaruh walaupun kebanyakan manusia belajar dengan menggunakan semua inderanya, kalau saya berdasarkan tes tersebut, ketiga gaya nya dominan semua, ga ada yang menonjol
tips buat pembelajar visual (terutama ketika belajar mau tes):
1. Gunakan mind mapping (teknik tony buzan)
2. Gunakan teknik highliter (mewarnai dan mencoret hal hal penting dengan stabillo atau spidol)
3. Baca kata kata yang telah di highliter-i
4. Tuangkan ide (rangkuman materi pembelajaran) dalam bentuk powerpoint, hiasi powerpoint kamu, jadi lebih menarik
5. Gunakan lampu yang terang ketika belajar
6. Hindari pemasangan poster, televisi, coretan, tempelan, dll dalam kamar atau tempat belajar kamu, karena hanya kan membuat polusi visul, akibatnya kamu ketika belajar ga konsen
7. BUat rangkuman materi dengan kertas kertas warna atau spidol
8. dll
tentang daya pemahaman memang berbeda beda tiap orang, dikarena kan kualitas belajar kita yang dibentuk dari lingkungan dan gaya pendidikan dan kebiasaan (bahkan dalam penelitian saya, tingkat kecerdasan dapat ditentukan oleh makanan yan gkita konsumsi tiap hari)
Tapi yang mengejutkan, ternyata sebuah informasi dapat kita tangkap masuk dalam otak kita, lebih karena adanya informasi yang mendahuluinya, sehingga neuron syaraf otak kita ini, ketika ada informasi masuk, langusng dah nyari syaraf neuron yang serupa, dan langusng membuat koneksi.
tips buat pembelajar visual (terutama ketika belajar mau tes):
1. Gunakan mind mapping (teknik tony buzan)
2. Gunakan teknik highliter (mewarnai dan mencoret hal hal penting dengan stabillo atau spidol)
3. Baca kata kata yang telah di highliter-i
4. Tuangkan ide (rangkuman materi pembelajaran) dalam bentuk powerpoint, hiasi powerpoint kamu, jadi lebih menarik
5. Gunakan lampu yang terang ketika belajar
6. Hindari pemasangan poster, televisi, coretan, tempelan, dll dalam kamar atau tempat belajar kamu, karena hanya kan membuat polusi visul, akibatnya kamu ketika belajar ga konsen
7. BUat rangkuman materi dengan kertas kertas warna atau spidol
8. dll
tentang daya pemahaman memang berbeda beda tiap orang, dikarena kan kualitas belajar kita yang dibentuk dari lingkungan dan gaya pendidikan dan kebiasaan (bahkan dalam penelitian saya, tingkat kecerdasan dapat ditentukan oleh makanan yan gkita konsumsi tiap hari)
Tapi yang mengejutkan, ternyata sebuah informasi dapat kita tangkap masuk dalam otak kita, lebih karena adanya informasi yang mendahuluinya, sehingga neuron syaraf otak kita ini, ketika ada informasi masuk, langusng dah nyari syaraf neuron yang serupa, dan langusng membuat koneksi.
Quote:
Membuat belajar jadi nyaman dan tidak membosankan itu menjadi tujuan utama proses belajar itu sendiri. Otak sendiri tidak dapat bekerja optimal dalam kondisi tertekan atau stress, sehingga menu dan cara belajar kita hendaknya mengikuti mekanisme yang sesuai dengan cara kerja otak.
Otak hanya akan menandai (baca mengingat) dan menyimpan dengan cepat informasi yang berbentuk unik dan mencolok. Bahasa lainnya adalah konyol dan menarik. Sehingga ketika kita biasa biasa saja dalam belajar, mungkin hanya 30 persen dari materi yang kita baca, yang bisa ditangkap otak.
Bicara tentang strategi, saya membasiskan pada gaya belajar atau modalitas masing masing orang. Ada cara belajar visual, auditori, dan kinestetik.
Bagi orang orang dengan tipe belajar visual, cara cara semacam, mind mapping, peta konsep, idea mapping, merangkum, simbolisasi, mewarnai, mengkonvert materi ke power point, dll menjadi hal yang sangat menarik.
Bagi tipe belajar auditori, cara cara semacam merekam dan memutar kembali rekaman tersebut, mendengarkan CD rekaman penjelasan dosen, membaca keras dalam bentuk puisi, menggubak lirik lagu dan syair, menghafal dengan soundtrack tertentu, menjadi sangat mengasyikkan.
Bagi kinestetik, mempraktekan dan memetakan konsep materi yang dipelajari, membuat miniatur pola konsep, melakukan kombinasi gerakan dalam materi tertentu, dll, menjadi sangat cocok dan memudahkan poses acquiring informasi.
Tinggal tergantung gaya anda dalam belajar.
Tentang rasa malas dan perasaan kecenderugan untuk menunda belajar sudah dijelaskan di posting atas nya.
Untuk mengurangi rasa cape untuk belajar, anda memang harus istirahat, ingat prinsip kerja otak, tidak mau kompromi ketika anda dalam keadaan stress dan terlalu cape, harus rileks dan nyantai (sudah dijelaskan dalam posting sebelum sebelumnya)
Otak hanya akan menandai (baca mengingat) dan menyimpan dengan cepat informasi yang berbentuk unik dan mencolok. Bahasa lainnya adalah konyol dan menarik. Sehingga ketika kita biasa biasa saja dalam belajar, mungkin hanya 30 persen dari materi yang kita baca, yang bisa ditangkap otak.
Bicara tentang strategi, saya membasiskan pada gaya belajar atau modalitas masing masing orang. Ada cara belajar visual, auditori, dan kinestetik.
Bagi orang orang dengan tipe belajar visual, cara cara semacam, mind mapping, peta konsep, idea mapping, merangkum, simbolisasi, mewarnai, mengkonvert materi ke power point, dll menjadi hal yang sangat menarik.
Bagi tipe belajar auditori, cara cara semacam merekam dan memutar kembali rekaman tersebut, mendengarkan CD rekaman penjelasan dosen, membaca keras dalam bentuk puisi, menggubak lirik lagu dan syair, menghafal dengan soundtrack tertentu, menjadi sangat mengasyikkan.
Bagi kinestetik, mempraktekan dan memetakan konsep materi yang dipelajari, membuat miniatur pola konsep, melakukan kombinasi gerakan dalam materi tertentu, dll, menjadi sangat cocok dan memudahkan poses acquiring informasi.
Tinggal tergantung gaya anda dalam belajar.
Tentang rasa malas dan perasaan kecenderugan untuk menunda belajar sudah dijelaskan di posting atas nya.
Untuk mengurangi rasa cape untuk belajar, anda memang harus istirahat, ingat prinsip kerja otak, tidak mau kompromi ketika anda dalam keadaan stress dan terlalu cape, harus rileks dan nyantai (sudah dijelaskan dalam posting sebelum sebelumnya)
CD interaktif, berguna sekali buat pembelajar visual, karena itu memang yang disukai gaya belajar mereka.
0
Kutip
Balas