Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

merkapaAvatar border
TS
merkapa
Chinese Fighter : 1950 to Today
Sejarah industri pesawat udara China dimuali paska kemenangan komunis China, saat itu dengan dibantu Uni Sovyet China mendirikan pabrikan Shenyang Aircraft Corp (Shenyang Feiji Gongsi), Liaoning di awal 50-an, walaupaun sebenarnya saat itu mereka sudah memiliki pabrikan Nanchang, Jiangxi hasil peninggalan Jepang.

Namun Pemerintah lebih memilih Shenyang yang kemudian menjadi pabrikan pesawat utama China sampai sekarang

Shenyang J-4
Pesawat tempur yang dilisensi awalnya adalah MiG-15 dengan kode J-4, Sekalipun demikian J-4 bantuan RRC ke Vietnam sempat menghancurkan 4 pesawat AS (conform kills) di antaranya F-105 dan A-1C AS di awal2 perang Vietnam.

Ini meruapakan 4 korban terakhir MiG-15


Shenyang J-5

Karena J-4 diangap kuno, maka RRC segera mengambil lisensi MiG-17, yang diproduksi di Shenyang dengan nama J-5 yang diproduksi sebanyak 1.820 unit

* Crew: (JJ/5 - 2) 1
* Length: (JJ-5 - 11.5 m)(J-5A - 11.36 m/)
* Wingspan: 9.628 m
* Height: 3.8 m
* Wing area: 22.6 m²
* Empty weight: JJ-5 - 4,080 kg
J-5A - 4,151kg
* Gross weight: JJ-5 - 6,215; J-5 kg 6,000 kg
* Powerplant: 1 × Wopen WP-5, (JJ-5(WP-5D) - 22.27 kN/5,000 lbf) 25.5 kN (5,730 lbf) thrust

Performance

* Maximum speed: @ 5,000 m (JJ-5 - 1,048 km/h )(J-5A - 1,145 km/h/
* Range: with drop tanks @ 10,000 m (JJ-5 - 1,230 km/764 mi) (J-5A - 1,730 km/1,075 mi) 1,424 km (1,037 miles)
* Service ceiling: (JJ-5 - 14,300 m/46,900 ft) (J-5A - 16,300 m/53,500 ft) 16,500 m (54,000 ft)
* Rate of climb: @ 5,000 m (JJ-5 - 27 m/s/5,315 ft/min) (J-5A - 55 m/s/10,830 ft/min) 65 m/s (12,795 ft/min)

Senjata

* (JJ-5 - 1 x Type 23-1 23 mm aircraft cannon)
* (J-5A - 3 x Type 23-1 23 mm aircraft cannon)

Pabrikan : Shenyang (J-5),Chengdu (JJ-5)
Varian

Shenyang J-5: dibangun berdasarkan MiG-17
J-5A: lisensi dr MiG-17 PF
JJ-5 versi latih yg dibangun Chengdu (CAC) dengan menggabungkan airframe J-5 dan tandem cockpit JJ-2 (MiG-15 UTI), versi ekspornya dijual dengan nama FT-5

Spoiler for JJ-5:


Pemakai: Albania, China (AL dan AU), Pakistan, Korea Utara, Banglades, Sudan, Srilanka, Tanzania, Zimbabwe, Somalia, Vietnam

Saat ini kemungkinan hanya Korea utara sebagai versi latih China sendiri sudah memensiunkannya sejak 1992

Total Produksi : 1.800 unit



Spoiler for J-5 dalam dinas AU China:

Spoiler for Kokpit:


Pertempuran

Sejumlah J-5 digunakan China dalam pertempuran di selat Taiwan di tahun 1958 dengan korban 31: 1 (menurut Taiwan) dalam petempuran itu sebuah J-5 membawa pulang oleh2 AIM 9 B yg tak meledak

Dalam perang Vietnam, Vietnam menggunakan J-5 untuk melawan pesawat AS berdampingan dengan MiG-17 mereka

J-5 sempat diekspor ke Indonesai dalam kepentingan Trikora

Di beberapa negara Afrika J-5 malah digunakan sebagai pesawat serang yang membawa dua pod roket dan dua bom

Fakta Unik: JJ-5 merupakan pesawat pertama yg digunakan oleh 1st August (Pa Yi) Aerobatic Team dengan dicat warna merah


Spoiler for JJ-5 yg digunakan oleh 1st August Aerobatic team :
Diubah oleh merkapa 25-03-2015 09:37
0
388.8K
2.4K
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.1KAnggota
Tampilkan semua post
merkapaAvatar border
TS
merkapa
#16
Chengdu J-7E

J-7E merupakan varian J-7 generasi ke 3 yang dikembangkan Chengdu di era 90-an, setelah gagal mengembangkan penempur segala cuaca J-7C dan D (J-7III)

Chengdu melakukan redesain kembali dari J-7II, mereka melakuakn desain double delta wing seperti pada Su-15 Flagon dan J-35 Drakken, dengan hasil Sayap baru mempertahankan sudut terdepan menyapu yang ada dari 57 ° ke dalam tetapi telah mengurangi sapuan sudut 42 ° di sayap luar. Hasilnya wing area juga bertambah besar sehingga dapat mengakomodasi BBM lebih banyak dr versi aslinya


Spoiler for Sayap double delta pada Su-15:


Spoiler for Sayap double delta pada J-35 Drakken:

Kanon tetap dipertahankan, namun mesin digantikan menjadi WP-13F yg lebih kuat dari WP-7B. Pesawat memasuki dinas aktif sejak tahun 1995

Spoiler for J-7E:


Dilengkapi dengan radar pulse doppler dan sudah dilengkapi Chaff, daya angkut meningkat menjadi 2 ton

F-7 MG: Versi ekspor dari J-7E yang dilengkapi dengan radar Super Skyranger dan Marconi avionic sudah HOTAS dan dilengkapi HUD. Belum ada peminatnya sampai sekarang

F-7PG: J-7e versi Pakistan dengan radar Griffo dan kanopi depan diganti dengan one piece canopy

[spoiler=F-7 PG milik Pakistan
[/spoiler]

J-7G:versi J=7E yang paling canggih, semua J-7E akan diupgrade avioniknya ke J-7G. Pesawat ini memasuki dinas sejak tahun 2004, divisi udara di Urumqi, Xinjiang adalah tempat pertama yg menerimanya

Spoiler for J-7G, perhatikan kanopi depan yg mengadopsi one piece canopy:


J-7EB: adalah pesawat khusus untuk aerobatik dengan melepas kanon dan dilengkapi dengan generator asap di perut

Spoiler for J-7 milik 1st August Aerobatik team:


Spoiler for J-7BG milik Bangladesh:


Spoiler for Kokpit F-7BG, Bangladesh:


Spesifikasi :
machine : 1x Liyang WP-13F
wingspan : 8.32 m
wing area: 24.88 sq_m
length (no probe) : 13.46 m
height : 4.125 m

empty weight : 5,292 kg
normal loaded weight : 7,540 kg
MTO weight : 9,100 kg

max speed at altitude : 2,175 KPH
service ceiling : 19,000 m
combat radius : 850 km

Senjata : 1 x Canon Tipe 30
AAM : PL-2, PL-7, Rocket launcher dan LGB 250 kg
Pabrikan: Chengdu



Pemakai J-7E: China (AU dan AL), Pakistan, Bangladesh, Nigeria, Namibia dan Tanzania

Total 2.400 unit J-7 series yang diprodusksi.China masih menggunakan sekitar 1.000-an J-7H dan J-7E/G, rencana ke depan akan digantikan oleh JF-17 dan J-10. Sekalipun J-7 sudah ditutup lini produksinya, namun sepanjang ada pesanan untuk J-7E/G masih akan dikerjakan seprti kasus Namibia dan Nigeria yang penyerahannya dilakukan 2008 lalu.Untuk seri J-7E/G sendiri hanya diproduksi 300-400 unit (Domestik dan ekspor)

Fakta unik:

1. J-7E/G merupakan satu-satunya turunan MiG-21 yang masih diproduksi sampai sekarang.
2. Saat para pilot senior J-7 dittransfer ke Su-27 mereka mengeluhkan ketidaknyamanan karena kokpit yang lebih luas ketimbang J-7 sehingga lebih lama dalam menjangkau tombol-tombol panel
0
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.