Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

agusdemakAvatar border
TS
agusdemak
[share] all about freelance
ALL ABOUT FREELANCE

Thread ini dibuat bukan bermaksud untuk menggurui, melainkan saling berbagi pengalaman dalam bentuk artikel... Silakan jika Anda mempunyai artikel untuk ditambahkan disini... Baik artikel yang keluar dari pemikiran Anda, dari buku maupun dari berbagai sumber yang tersebar di internet.

Mari jadikan satu di sini supaya menjadi sebuah wadah untuk belajar bareng dan berbagi pengalaman, network, maupun job.

Salam...





[INDEX] All About Freelance


Freelence designer ...dah punya NPWP belum ?

5 Steps to Winning Any Client Project

5 Useful Things You Could Do Tomorrow

5 Tricks That Make You More Attractive to Clients

5 Useless Things You Did Today

6 Simple Ways to Promote Your Online Business Offline

freaklancer

Apakah Freelancer membutuhkan rencana bisnis ?

Freelancer, Kita Adalah Pejuang Independen!

Personal Branding Sebagai Senjata Rahasia Para Freelancer

Pekerjaan Tetap: Peluang atau Hambatan

Fresh Graduate Siap Tempur

Ebook gratis: Go Freelance – The complete guide to going freelance

Ebook gratis: Creative Freelancing

Mengatasi Gangguan Saat Bekerja

10 Hidden Skills of Successfull Freelancers

10 Steps to Attract New Clients for Your Graphic Design Business

10 Things to Do When a Customer Rejects Your Work

12 Things You Should Never Say to a Client

Terlalu Letih Mengejar Client

3 Hal yang ga banget untuk dilakukan ke klien

Percakapan dengan Klien: Formal atau Santai ?

3 Cara Mudah Mendapatkan Klien Secara Reguler

7 Mantra Sakti Menjadi Freelancer/Entrepreneur

Freelancer itu (Harus) Seperti Kecoa !

Freaklancer

Apakah Freelancer membutuhkan rencana bisnis ?

Freelancer, Kita Adalah Pejuang Independen!

Personal Branding Sebagai Senjata Rahasia Para Freelancer

Pekerjaan Tetap: Peluang atau Hambatan

Fresh Graduate Siap Tempur

Ebook gratis: Go Freelance – The complete guide to going freelance

Ebook gratis: Creative Freelancing

Mengatasi Gangguan Saat Bekerja

Customer Service ala Sopir Angkot

Refreshing Singkat Bagi Freelancer

6 Hal yang sering dilupakan oleh freelancer

Cara Membuat Klien Setia Pada Anda

Membangun Kepercayaan Klien

Cara Menaikkan Harga Jasa Anda

Mengatur Waktu Anda Lebih Efektif

Mengatur Waktu Anda Lebih Kreatif (Lanjutan)





Salam Freelancer...

sealgeek
sealgeek memberi reputasi
1
18.3K
210
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
All About Design
All About DesignKASKUS Official
13.8KThread3.2KAnggota
Tampilkan semua post
agusdemakAvatar border
TS
agusdemak
#92
Cara Membuat Klien Setia Pada Anda
Hubungan yang terjadi antara freelancer dan klien merupakan hubungan simbiosis mutualisme. Suatu hubungan di mana kedua belah pihak berhak dan wajib mendapatkan keuntungan yang seimbang. Klien mendapatkan hasil kerja yang memuaskan, freelancer mendapatkan pembayaran sesuai dengan kesepakatan dan tepat waktu.

Sebagai freelancer, pekerjaan yang terus menerus dari seorang klien adalah suatu pengharapan. Dengan demikian pemasukanpun tidak terputus. Namun adakalanya ketika Anda sudah selesai mengerjakan suatu proyek, pembayaran sudah dilakukan, kemudian klien tersebut tidak terdengar lagi kabarnya. Kemungkinannya ada dua, mereka memang belum mempunyai proyek baru untuk Anda. Atau mereka tidak mau memakai jasa Anda lagi dengan berbagai alasan.

Bila Anda serius menjadi seorang freelancer dan menggantungkan pemasukan dari pekerjaan ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam membuat klien selalu kembali kepada Anda.

Bangunlah hubungan baik dengan klien dan pahami kebutuhan mereka

Perlakukan klien seperti Anda ingin diperlakukan. Anda suka membicarakan diri sendiri, kan? Biarkan mereka bercerita tentang diri mereka. Kenali mereka secara pribadi. Bila perlu, ingat detil-detil kecil yang bagi mereka terlihat penting. Misalnya hari ulang tahun mereka, kepercayaan agama mereka, hari ulang tahun pernikahan mereka. Kirimkan ucapan selamat melalui sms atau kartu ucapan. Jangan lupa berikan sentuhan atau pesan personal.

Tanyakan hal-hal yang berkenaan dengan proyek yang mereka ajukan, sedetil dan serinci mungkin. Pertama, untuk menghindari kesalahan kecil namun seringkali fatal karena Anda tidak memperhatikan detail yang diinginkan. Kedua, untuk meyakinkan klien bahwa Anda sangat tertarik dengan proyek mereka dan mencurahkan perhatian penuh.

Mudah dihubungi

Jawab email, sms, telepon mereka sesegera mungkin. Kecuali bila mereka menghubungi di saat Anda sedang tidur, berikan tanggapan di pagi hari. Bila Anda sedang tidak bisa menjawab panggilan mereka, segera beri respon setelah Anda bisa meluangkan waktu.

Tenggat waktu

Buat jadwal yang teratur. Perkiraan kemampuan kerja Anda. Bila klien meminta pekerjaan selesai dalam waktu singkat sementara Anda juga punya proyek lain yang harus diselesaikan, berikan alternatif tenggat waktu pada mereka. Bila mereka memaksa, dan Anda yakin tidak bisa melakukannya, berikan alternatif rekan freelancer yang kira-kira bisa membantu. Lebih baik menolak suatu pekerjaan, daripada menerima pekerjaan itu lalu memaksakan diri dan hasilnya mengecewakan klien.

Bila tenggat waktu sudah disepakati, hindari godaan untuk menunda. Semakin cepat Anda menyelesaikan pekerjaan, Anda punya lebih banyak waktu luang untuk melakukan editing dan revisi, dan bisa menyerahkan pekerjaan kepada klien dengan sempurna.

Semua ada

Pastikan klien mengetahui bahwa Anda tidak hanya bisa melakukan satu pekerjaan. Anda seorang web designer yang jago fotografi dan lihai dalam menerjemahkan ke bahasa asing. Bila klien mengetahui bahwa Anda bisa melakuakn semua itu.

Bila ternyata tidak? Rekrut teman freelancer yang Anda tahu bisa diandalkan hasil kerjanya. Dan yang fee-nya sesuai dengan budget yang diberikan oleh klien.

Dengan demikian, proyek apapun yang ada pada klien Anda, mereka akan menghubungi Anda.




0
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.