nyeniusAvatar border
TS
nyenius
Bagaimana Mengklaim Garansi Zippo (Lifetime Guarantee-nya Zippo)
Bagaimana Mengklaim Garansi Zippo (Lifetime Guarantee-nya Zippo)



Salam buat seluruh pencinta dan calon pencinta Zippo

Zippo sudah terkenal dengan slogannya: "It Works Or We Fix it FREE!"Lifetime Guarantee Zippo memang sudah membuat korek ini semakin membuat korek ini sebagai "pantas untuk dimiliki" alias worthed.

Gue ngalamin beli Zippo mulai dari yang baru, bekas, sampai yang udah rusak (partnya udah mencar-mencar). Dan juga punya beberapa teman yang menggunakan Zippo untuk sehari-hari dan untuk bermain trick.

Dari semua itu, tentu ada kerusakan (apalagi yang udah jelas-jelas rusak). Nah gw cari info ke [url]www.zippo.com[/url] tentang cara klaim garansi lifetime nya itu. Ternyata klaim garansi tidak bisa langsung kirim ke US secara personal. Itu sudah dibagi-bagi ke distributor tiap region. Kebetulan kita, Indonesia distribusinya menginduk ke Singapur, tepatnya Concern Trading PTE LTD. Jadi kesitulah kita mesti mengklaim garansi Zippo kita.

Nah gue mo share pengalaman klaim kerusakan Zippo. Akan gue coba ceritakan disini sedetail mungkin:

Pertama gue email Zippo.com, dan dibalas dengan saran supaya gue menghubungi ZIppo singapore, dikasih alamat dan no telpnya, juga alamat websitenya, dan ini alamatnya:

Quote:


Cari info tentang biaya pengiriman paket ke Singapur, ini hasilnya:
* POS Indonesia, Registered Mail sekitar 75-90 ribuan (gw lupa tepatnya), ini dah dapet tracking number, EMS 90-120 ribu (lupa juga tepatnya) ini dah dapet tracking number dan sampe lebih cepat.
* JNE, 450 ribu, dan masih ada fuel charge lagi
* Lupa paket apa, tapi dia nawarin 125 ribu.

Gue memutuskan pake POS INdonesia aja. Begitu sampe dikantor pos, gue jadi agak ragu, karena kok gue asal maen kirim aja, atas saran temen gue emailin dulu Zippo Singapur, tanya-tanya. Wah dah terlanjur di kantor pos, email lagi jadi lama, langsung aja gue telp ZIppo Singapur. Dengan tekad gak mao bolak-balik lagi ke kantor pos, dan dengan bahasa inggeris pas-pasan gue telp ZIppo Singapur.

Toba: "Hello is.. is this Zippo Singapore"
Cewek: "Yes"
Toba: "I, I want to repair my Zippo"
cewek: "First tell us where you from"
Toba: "oh yeh, I'm TOba from Indonesia"

~Selanjutnya dia nanya dengan bahasa inggris yang gak jauh kikuknya kayak gue, tentang bagaimana kerusakannya~

Toba: "My zippo is broken... the ... the... the hinge is broken"
cewek: "what, how is the damage, what need to be repaired, have you tried to send it to Mr.... ? (dia sepertinya me-refer ke seseorang perwakilan di Indonesia, yang sepertinya pernah gue hubungin juga (bukan soal kerusakan))"

~persetan, gue cuma mau dibenerin Zippo US, kalo ke indo dulu ntar jadi panjang lagi prosesnya~

Toba: "No I haven't, but... but,... now I'm already in the...postal ...office, going to .... send my Zippo"
cewek: "you send email to us, and then we'll send you the address"
Toba: "I already have the address.. from Zippo singapore website"
cewek: "oo you got the address from the website. Ok, then you have to ship it with package that has tracking code. Otherwise we can't guarantee if the package is lost on the way."
Toba: "Ok, I'll send with... registered mail. it has tracking number."
cewek: "and don't forget to include your contact person."
Toba: "Ok, I'll include it so... you can... reach me when my package arrived there"
cewek: "ok"
toba: "thank you"

~click telp gw tutup~

Gue tulis surat, kertasnya minta sama orang pos, pulpennya minjem (harusnya gue persiapin dirumah, diprint biar rapih). --Dan ternyata begitu zippo nya dikirim balik ke gue, surat gue di scan beserta Zippo yang gue kirim dan copy-annya ikut dikirim ke gue.

Karena gue kenal sama orang posnya, maka yang packing ya si petugasnya. wekekekeke, gue cuma bawa tuh 3 Zippo di kotak yang kaku aja, sisanya dia yang urus. Petugas pos nanyain berapa harga barang yang dikirim, gue bilang aja, ya barang rusak paling berapa, udah dia gak nanya lagi, improvisasi sendiri kayaknya dia

Dikirimlah 3 Zippo tersebut.


~~~~~ siiiing, 4 bulan berlalu hening tanpa kabar apapun, baik dari Zippo singapur apalagi Zippo US. ~~~~~~~


Dan suatu hari datanglah email dari Zippo singapore, yang mengabarkan 3 Zippo gue udah kelar dari perbaikan di US, dan sekarang udah ada di Singapur. Intinya dia nanya "How do you want us to send it to you?"

Nah mikir gue, bagaimana??? kok nanya lagi, kan tinggal kirim? Apa kena biaya pengiriman balik?? gue diemin satu jam an. Akhirnya gue jawab gini aja "Send it through singapore postal mail will be fine for me."

Dijawab lagi "Ok then, please send us your address and phone number". Gue bales dengan nama, alamat, dan telepon. Udah gak ada balasan lagi.

Sekitar 2 minggu dari situ barulah ZIppo-zippo tersebut muncul dirumah gue. Dengan satu halaman amplop yang dipenuhi perangko 35 cent

Setelah gue buka, isinya : 3 Zippo, 1 lembar copy 'surat cinta' gue.

Ini penampakannya:


kiri->kanan: Bottom UP (kondisi baru, lempeng pegas yang nyambung ke lobang sumbu patah), Zippo sexy (kondisi buruk, engsel rontok karena berulang kali coba benerin sendiri pake tang), ZIppo marlboro horseman yang emblemnya dah copot (kondisi tutup atas udah misah dengan body).


Bottom up (tidak nampak) diganti insertnya, sedangkan dua zippo ini diganti insert dan engselnya. Coba perhatikan lengkung cetokan engsel jadi lebih dalam. Dan gigi-gigi ensel jelas menunjukan itu engsel baru.


Ini gambar detilnya dari penjelasan gambar diatas. Garis merah, cetokan yang lebih dalam. Garis kuning, nunjukin kuatnya engsel baru


Berkilaunya engsel baru


Semua insert diganti dengan insert taun 2008, dan insert aslinya nggak dibalikin lagi. Seharusnya bisa dibalikin lagi insert aslinya, KALAU kita mention hal itu di surat yang dikirim, tapi gue gak melakukan itu, sedih juga


Khusus yang brass dililit dengan manual perawatan Zippo finishing brass.


Nih kalo gak percaya gue klaim garansi Zippo


Semua unit dinamai dan ditempel seperti ini.


Ini copy surat yang ikut dikirim (tulisan gue kayak anak TK kalo dipikir2..). Lingkar merah, tulisan orang sono. Kotak kuning, itu tulisan gue. Paling bawah scan zippo yang di repair.


Jadi "lifetime guarantee" yang tertulis di box dan iklan-iklan zippo bukan isapan jempol belaka, dan ongkos kirim tidak terlalu mahal, hanya saja memang proses nya agak lama. But I'm happy now, ZIppo-zippo gue sudah di revive kembali


***sorry kalo kepanjangan ceritanya.... Gak mirip 'how to' yang praktis ya... hahahahahahhaa

Kalo bro pikir info ini bermanfaat, mohon bantu rate ***** ya emoticon-Smilie

Update:
- pengalaman gue reparasi zippo 4 bulan
- pengalaman bro ibnusinna reparasi zippo 2,5 bulan
- jadi sepertinya memang naik turun waktunya, bisa lama bisa cepet



Pengalaman Pengguna ZIppo Lainnya:

Quote:







emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
Polling
0 suara
Apakah anda akan coba klaim garansi langsung ke Zippo?
Diubah oleh nyenius 30-10-2012 09:16
0
30.9K
358
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Tampilkan semua post
ruly.prodAvatar border
ruly.prod
#2
iya gan bener2 info yang bermanfaat..
ane cari Zippo bokap ane dulu gan emoticon-Ngacir
sapa tau masih bisa di perbaiki emoticon-Big Grin
emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
0
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.