- Beranda
- All About Design
[share] all about freelance
...
TS
agusdemak
[share] all about freelance
ALL ABOUT FREELANCE
Thread ini dibuat bukan bermaksud untuk menggurui, melainkan saling berbagi pengalaman dalam bentuk artikel... Silakan jika Anda mempunyai artikel untuk ditambahkan disini... Baik artikel yang keluar dari pemikiran Anda, dari buku maupun dari berbagai sumber yang tersebar di internet.
Mari jadikan satu di sini supaya menjadi sebuah wadah untuk belajar bareng dan berbagi pengalaman, network, maupun job.
Salam...
Thread ini dibuat bukan bermaksud untuk menggurui, melainkan saling berbagi pengalaman dalam bentuk artikel... Silakan jika Anda mempunyai artikel untuk ditambahkan disini... Baik artikel yang keluar dari pemikiran Anda, dari buku maupun dari berbagai sumber yang tersebar di internet.
Mari jadikan satu di sini supaya menjadi sebuah wadah untuk belajar bareng dan berbagi pengalaman, network, maupun job.
Salam...
[INDEX] All About Freelance
Freelence designer ...dah punya NPWP belum ?
5 Steps to Winning Any Client Project
5 Useful Things You Could Do Tomorrow
5 Tricks That Make You More Attractive to Clients
5 Useless Things You Did Today
6 Simple Ways to Promote Your Online Business Offline
freaklancer
Apakah Freelancer membutuhkan rencana bisnis ?
Freelancer, Kita Adalah Pejuang Independen!
Personal Branding Sebagai Senjata Rahasia Para Freelancer
Pekerjaan Tetap: Peluang atau Hambatan
Fresh Graduate Siap Tempur
Ebook gratis: Go Freelance The complete guide to going freelance
Ebook gratis: Creative Freelancing
Mengatasi Gangguan Saat Bekerja
10 Hidden Skills of Successfull Freelancers
10 Steps to Attract New Clients for Your Graphic Design Business
10 Things to Do When a Customer Rejects Your Work
12 Things You Should Never Say to a Client
Terlalu Letih Mengejar Client
3 Hal yang ga banget untuk dilakukan ke klien
Percakapan dengan Klien: Formal atau Santai ?
3 Cara Mudah Mendapatkan Klien Secara Reguler
7 Mantra Sakti Menjadi Freelancer/Entrepreneur
Freelancer itu (Harus) Seperti Kecoa !
Freaklancer
Apakah Freelancer membutuhkan rencana bisnis ?
Freelancer, Kita Adalah Pejuang Independen!
Personal Branding Sebagai Senjata Rahasia Para Freelancer
Pekerjaan Tetap: Peluang atau Hambatan
Fresh Graduate Siap Tempur
Ebook gratis: Go Freelance The complete guide to going freelance
Ebook gratis: Creative Freelancing
Mengatasi Gangguan Saat Bekerja
Customer Service ala Sopir Angkot
Refreshing Singkat Bagi Freelancer
6 Hal yang sering dilupakan oleh freelancer
Cara Membuat Klien Setia Pada Anda
Membangun Kepercayaan Klien
Cara Menaikkan Harga Jasa Anda
Mengatur Waktu Anda Lebih Efektif
Mengatur Waktu Anda Lebih Kreatif (Lanjutan)
Salam Freelancer...
5 Steps to Winning Any Client Project
5 Useful Things You Could Do Tomorrow
5 Tricks That Make You More Attractive to Clients
5 Useless Things You Did Today
6 Simple Ways to Promote Your Online Business Offline
freaklancer
Apakah Freelancer membutuhkan rencana bisnis ?
Freelancer, Kita Adalah Pejuang Independen!
Personal Branding Sebagai Senjata Rahasia Para Freelancer
Pekerjaan Tetap: Peluang atau Hambatan
Fresh Graduate Siap Tempur
Ebook gratis: Go Freelance The complete guide to going freelance
Ebook gratis: Creative Freelancing
Mengatasi Gangguan Saat Bekerja
10 Hidden Skills of Successfull Freelancers
10 Steps to Attract New Clients for Your Graphic Design Business
10 Things to Do When a Customer Rejects Your Work
12 Things You Should Never Say to a Client
Terlalu Letih Mengejar Client
3 Hal yang ga banget untuk dilakukan ke klien
Percakapan dengan Klien: Formal atau Santai ?
3 Cara Mudah Mendapatkan Klien Secara Reguler
7 Mantra Sakti Menjadi Freelancer/Entrepreneur
Freelancer itu (Harus) Seperti Kecoa !
Freaklancer
Apakah Freelancer membutuhkan rencana bisnis ?
Freelancer, Kita Adalah Pejuang Independen!
Personal Branding Sebagai Senjata Rahasia Para Freelancer
Pekerjaan Tetap: Peluang atau Hambatan
Fresh Graduate Siap Tempur
Ebook gratis: Go Freelance The complete guide to going freelance
Ebook gratis: Creative Freelancing
Mengatasi Gangguan Saat Bekerja
Customer Service ala Sopir Angkot
Refreshing Singkat Bagi Freelancer
6 Hal yang sering dilupakan oleh freelancer
Cara Membuat Klien Setia Pada Anda
Membangun Kepercayaan Klien
Cara Menaikkan Harga Jasa Anda
Mengatur Waktu Anda Lebih Efektif
Mengatur Waktu Anda Lebih Kreatif (Lanjutan)
Salam Freelancer...
sealgeek memberi reputasi
1
18.3K
210
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
All About Design
13.8KThread•3.2KAnggota
Tampilkan semua post
TS
agusdemak
#33
3 Hal yang ga banget untuk dilakukan ke klien
Kita sebagai freelancer mempunyai reputasi yang harus dijunjung tinggi, kita tentunya sudah tidak bisa bersembunyi dibalik bos kita atau bahkan nama perusahaan kita.
Kita sebagai bisnis adalah kita sebagai profesional dan semua tindakan individual kita adalah cerminan pekerjaan kita di mata klien dan prospek. Maka dari itu sangatlah penting bagi kita untuk menampilkan image yang benar ke semua klien kita. Berikut adalah 3 hal yang akan sangat SANGAT merusak image tersebut.
Datang Terlambat
Saya orang yang paling benci menunggu karena menurut saya waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Cobalah untuk selalu datang 15 menit lebih awal dan persiapkan semuanya agar rapat Anda tidak bertele-tele. Jangan sekali-kali pakai alasan macet, kita semua juga tahu kalau jakarta itu macet! Sekalipun Anda terjebak macet, kabari klien Anda bahwa Anda terjebak macet dan kabari juga perkiraan Anda akan telat berapa lama. Setidaknya klien bisa mengestimasikan dan mungkin bisa mengerjakan hal lain yang perlu ia kerjakan.
Membuat janji palsu
Jangan membuat janji yang Anda tidak bisa tepati! Terutama untuk deadline. Lebih baik Anda siapkan waktu buffer dan janganlah overestimated kemampuan Anda. Faktor X akan selalu ada, jadi lebih baik bermain Aman daripada bermain Api.
Jangan juga bilang Anda bisa mengerjakan sesuatu yang Anda tidak bisa. Lebih baik Anda bilang: Akan saya usahakan, Nanti saya cek dulu atau Saya pertimbangkan dahulu. Klien juga tahu Anda bukan Superman yang bisa segalanya dan akan lebih menghargai jawaban pertimbangan dibandingkan dengan meng-iya-kan semuanya. Sudah tidak jaman lagi memberikan janji manis, ingat bahwa klien Anda tidak bodoh.
Kabur!
Nah ini ni yang paling saya benci! Biasanya yang berperilaku seperti ini adalah orang-orang yang membuat janji palsu. Ketika tidak bisa memenuhi janjinya, dia kabur. Ingatlah bahwa Anda mempunyai reputasi untuk dipertahankan, dunia ini kecil lho.. Dan kejelekan seseorang akan sangat cepat menyebar. Jangan sampai ketika Anda bertemu klien baru dan klien tersebut langsung mengenali Anda dari reputasi buruk yang Anda buat di proyek sebelumnya. Hadapilah klien walaupun Anda salah, dan perbaiki kesalahan Anda walaupun Anda akhirnya merugi.
Ok, coba kalian ingat-ingat lagi apakah kalian pernah melakukan ketiga hal diatas. Hayo jujur! Setiap kali Anda berpikir untuk melakukan 3 hal diatas, ingat saja bahwa dunia ini kecil and people talk!
Kita sebagai bisnis adalah kita sebagai profesional dan semua tindakan individual kita adalah cerminan pekerjaan kita di mata klien dan prospek. Maka dari itu sangatlah penting bagi kita untuk menampilkan image yang benar ke semua klien kita. Berikut adalah 3 hal yang akan sangat SANGAT merusak image tersebut.
Datang Terlambat
Saya orang yang paling benci menunggu karena menurut saya waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Cobalah untuk selalu datang 15 menit lebih awal dan persiapkan semuanya agar rapat Anda tidak bertele-tele. Jangan sekali-kali pakai alasan macet, kita semua juga tahu kalau jakarta itu macet! Sekalipun Anda terjebak macet, kabari klien Anda bahwa Anda terjebak macet dan kabari juga perkiraan Anda akan telat berapa lama. Setidaknya klien bisa mengestimasikan dan mungkin bisa mengerjakan hal lain yang perlu ia kerjakan.
Membuat janji palsu
Jangan membuat janji yang Anda tidak bisa tepati! Terutama untuk deadline. Lebih baik Anda siapkan waktu buffer dan janganlah overestimated kemampuan Anda. Faktor X akan selalu ada, jadi lebih baik bermain Aman daripada bermain Api.
Jangan juga bilang Anda bisa mengerjakan sesuatu yang Anda tidak bisa. Lebih baik Anda bilang: Akan saya usahakan, Nanti saya cek dulu atau Saya pertimbangkan dahulu. Klien juga tahu Anda bukan Superman yang bisa segalanya dan akan lebih menghargai jawaban pertimbangan dibandingkan dengan meng-iya-kan semuanya. Sudah tidak jaman lagi memberikan janji manis, ingat bahwa klien Anda tidak bodoh.
Kabur!
Nah ini ni yang paling saya benci! Biasanya yang berperilaku seperti ini adalah orang-orang yang membuat janji palsu. Ketika tidak bisa memenuhi janjinya, dia kabur. Ingatlah bahwa Anda mempunyai reputasi untuk dipertahankan, dunia ini kecil lho.. Dan kejelekan seseorang akan sangat cepat menyebar. Jangan sampai ketika Anda bertemu klien baru dan klien tersebut langsung mengenali Anda dari reputasi buruk yang Anda buat di proyek sebelumnya. Hadapilah klien walaupun Anda salah, dan perbaiki kesalahan Anda walaupun Anda akhirnya merugi.
Ok, coba kalian ingat-ingat lagi apakah kalian pernah melakukan ketiga hal diatas. Hayo jujur! Setiap kali Anda berpikir untuk melakukan 3 hal diatas, ingat saja bahwa dunia ini kecil and people talk!
0